HajiTausiyahUmroh

Ustadz Hasbullah, Lc. MA: Hukum Dana Talangan Haji dan Umrah

Online Saykoji Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah alhamdulillahilladzi anzala sakinata Fi qulubil mukminin materi-materi ashaduala ilaha illallah wahdahula syarikalah muhammadan abduhu warasuluh Alaihi wasallim ala sayyidina wa Maulana wa habibina wa Saidina muhamadin apa yang membangun muslimin dan muslimat Jamaah sholat Maghrib yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa kita mengucapkan Alhamdulillah Hirobbil Alamin shalawat serta salam kita sampaikan kepada Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

mengucapkan apa maksud yang ada sayyidina muhammad wa ala ali syaidina Muhamad salam alaika ya rasul Allah yang digunakan homo Subhanahu Wa Ta’ala sebagaimana Biasanya kita mempelajari fiqih muamalah maka pada kesempatan kali ini Salah satu bahasan fiqih muamalah kontemporer pada hari ini adalah tentang dana talangan haji dan umroh dan haji tidak ada sekarang masih banyak yang menjalani istilahnya dikredit sampai kemudian dia bisa berangkat tadi walaupun sudah ditutup tapi masih sering muncul pertanyaan karena masih banyak yang menjalani Kalau dana talangan umroh ini masih berlaku dan masih banyak Bahkan dia lagi naik daun pada hari ini

apa yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena betul bahwa haji dan umroh Ani walidaini manistatho’a nilai Nisa bilang bahwa memang betul bahwa Haji wajib ketika kita mampu umroh pun juga begitu wajib ketika mampu cuman persoalannya terkadang rasa rindu ayah membuat kita berusaha untuk dengan segala cara membuat kita mampu walaupun pada hakekatnya sebenarnya belum mampu tapi karena ingin

menginjakkan kaki di dua tempat yang mulia dan Agung tersebut sehingga berbagai cara kita usahakan agar membuat diri kita bahwa seolah-olah sudah mampu walaupun belum ada yang menarik tapi coba kalau sholat sholat kalau memang sudah tak mampu Ya sudah ndak ada di usaha untuk memampukan dan ibadah yang lain tapi kalau ibadah haji dan umroh ini kadang-kadang orang belum mampu tapi dia berusaha untuk tenaga dengan segala apa yang dimiliki berusaha untuk memabukkan karena ada rasa rindu rasa ingin cepat untuk pergi berkunjung di tanah suci baik di kota Mekkah maupun kota Madinah

kalau bisa lihat secara sebagai pengantar bahwa Allah maknanya bermaksud bertujuan secara istilah itu secara bahasa dan istilah adalah menuju rumah Allah atau Ka’bah dan Jabal Arafah pada bulan-bulan tertentu dengan amalan-amalan tertentu karena tidak sama dengan umroh haji ini hanya pada bulan-bulan tertentu saja bulan Syawal bulan berupa ada bulan Dzulhijjah ada bulan-bulan tertentu Tidak semua bulan Makanya hajinya Allah menuju rumah Allah subhanahu wa ta’ala pada bulan-bulan tertentu pada waktu waktu tertentu dengan amalan-amalan tertentu yang dimulai dengan niat ihram yang waktu yang lama kemudian nanti ada wukuf di Arafah kemudian tawaf di Ka’bah

tahallul dan lain sebagainya kemudian umrah adalah

secara bahasa dan secara istilah adalah berkunjung ke Baitullah atau ke Ka’bah untuk melakukan ibadah ibadah tertentu yang diawali dengan ihram tawaf Sa’i di antara Bukit Safa dan Marwah dengan cara-cara tertentu dan diakhiri pulang dengan tahallul

dalil haji dan umroh bahwa Haji dan umrah adalah wajib wajib apabila mengerjakan haji anak kewajiban manusia terhadap Allah yaitu orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah ini manistatho’a manistatho’a artinya Allah mereka yang mampu mampu secara materi mampu dengan biaya dan mampu untuk melaksanakan perjalanan kalau perempuan punya mahram secara hubungan darah atau mahram bermakna kelompok

kemudian umrah wajib haji umroh dan sempurnakanlah Haji dan umrah karena Allah maka menurut ulama bahwa Haji dan umrah wajib minimal sekali dalam seumur hidup tapi syaratnya adalah mampu

kemudian Apa yang dimaksud dengan talangan haji kalau kita lihat beberapa pengertian atau kajian yang sudah dilakukan oleh para akademisi maka mereka memberikan pengertian dana talangan haji pinjaman yang ditujukan untuk membantu seseorang mendapatkan porsi keberangkatan haji lebih awal meskipun saldo tabungan haji diri seseorang tersebut belum mencapai syarat pendaftaran polisi untuk kita mendaftar porsi haji mendapatkan kursi nomor keberangkatan Ini kan ada syaratnya hanya minimal 25 juta sementara kita baru punya tabungan misalnya juta atau Rp500.000 satu juta sementara antrian semakin lama semakin panjang Bagaimana Intinya kita punya dapat nomor antrian dulu

inilah yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah di dalam membantu jamaah agar bagaimana mereka mendapatkan porsi paling tidak mereka mendapatkan nomor dahulu jadi Sudah ada nomor antrian keberangkatannya dengan di pinjamkan uang tabungan tapi tabungannya tidak cukup untuk membeli pulsa makannya dibantu dipinjamkan tanya dia punya uang Rp5.000.000 kan kursi 25 nama latin jam ke-20 inilah yang 20 dikembalikan secara bertahap secara bertahap mungkin bisa Satu tahun mungkin bisa dua tahun mungkin bisa juga tahu Mungkin bisa sampai bahkan tahun di sini makan ini alam membantu memberikan

porsi keberangkatan jadi langsung dapat nomor antrian dalil-dalil dilihat dari segi manfaatnya sebagai sangat membantu sangat membantu sekali orang yang memberangkatkan tuh sebenarnya tapi uangnya tapi kalau dilihat dari segi gaji perbulannya kalau dilihat dari segi manfaatnya cuman resikonya menjadikan antrian semakin panjang Karena kemudian menjadi banyak orang yang mampu kan begitu ini salah satu daripada dampak daripada dampak sosial terhadap dana talangan haji

disebutkan dalam hidup unggulannya bahwa jangka waktu pinjaman bapaknya salah satunya beda-beda lembaga keuangan syariah tidak sama semuanya ada yang 12 bulan ada yang tahun bahkan ada sampai tahun ini misalnya paling banyak 24 juta nolnya pelunasan sesuai pokok pinjaman ini nomor 36 sesuai pokok pinjaman tanpa margin kelebihan asas pokok Inilah yang disebut dengan pinjaman koran Hasan makanya kemudian muncul fatwa dewan Syariah nasional fatwa DSN MUI mengatakan bahwa dana talangan haji ini karena dialah pinjaman memang betul-betul pinjaman tak ada tambahan ketika kita kembalikan tahun tahun cuman paling dari segi empat sini saja jumlah yang kita kembalikan kalau setahun perbulannya lebih banyak kalau tahun lebih sedikit kalau tahun semakin sedikit

biaya administrasi hanya dikenakan sekali kemudian daripada akademisi daripada ahli fiqih muamalah melihatnya bahwa tergabung antara antara jarak dengan karakter gabung antara dua angka itu aja angkat bicara dengan akan yang mana Di sini ada hadis nabi setelah mengatakan bahwa tidak boleh bersatu dalam satu transaksi menjadi dua Akan Kemudian sebagai ulama mengatakan bahwa tentang tidak boleh karena mengenakan administrasi kemudian pelunasan Sebelum jatuh tempo tidak dikenakan denda kalau kita lihat dari pada apa namanya fitur unggulan

secara secara tradisional tidak ada yang bertentangan dengan syariah Boy nomor yang ada perdebatan tentang administrasi Bagaimana bentuk administrasinya Apakah administrasinya ini sesuai dengan jumlah pinjaman yang apakah ketika misalnya mundurnya pembayaran kemudian ditambah lagi administrasinya akan menjadi polemik di sini kalau di sini semuanya sama pinjamannya besar administrasinya sama pinjamannya kecil administrasinya tetap sama yang juga menjadi polemik dalam persoalannya

makanan talangan haji adalah pinjaman tanpa tambahan namun dikenai biaya administrasi sebenarnya persoalan Administrasi dalam hutang piutang para ulama kontemporer mereka sudah mengadakan pertemuan fiqih secara internasional berkumpul para ulama dari berbagai dunia lalu kemudian mereka menghasilkan keputusan yang mana keputusan ini dinukil oleh Dr Wahbah Zuhaili fiqih muamalah al-muamalah hasil pertemuan tersebut bahwa ulama kontemporer membolehkan mengambil administrasi daripada hutang piutang secara hukum asal bahwa boleh mengambil administrasi dari hutang piutang cuman mekanisme dan bentuknya itu nanti

adalah pinjaman karet yang sesuai dengan syariah dana talangan haji ini adalah instrumen atau bentuk daripada pelayanan perbankan syariah atau lembaga keuangan syariah yang sudah sesuai dengan syariah karena berdasarkan dengan karakter utama yang menggunakan dana ini nggak ada masalah dana talangan haji walaupun masih ada perbedaan sedikit di dalamnya secara secara oleh para ulama ada biaya administrasi sepakat ulama membolehkan ini tidak ada perbedaan di antara ulama kecuali dalam masalah mengenai mekanisme pelaksanaannya yang diperankan berdasarkan kemudian fatwa dewan Syariah nasional atau Majelis Ulama Indonesia di Majelis Ulama Indonesia khusus bagian yang

memang bekerja meneliti tentang muamalah muamalah berkaitan dengan ekonomi Islam mereka mengkaji tentang persoalan Muamalat kontemporer tentang ekonomi syariah itu namanya dewan Syariah nasional namanya DSN makanya dewan Syariah nasional Majelis Ulama Indonesia persoalan ekonomi syariah soalan kontemporer dikajinya dibahasnya lalu kemudian nanti dikeluarkan Pak Tua Pak Tua berkaitan dengan yang mana dahulu beberapa tahun dipimpin oleh Profesor Doktor Kyai Haji Ma’ruf Amin yang sekarang menjadi ketua umum Majelis Ulama Indonesia dulu beliau yang keluar berkaitan dengan masalah muamalah kontemporer

kamu udah di bawah dari sini dari tingkat pusat yang ada di MUI pusat majelis dewan Syariah nasional Majelis Ulama Indonesia yang di lembaga-lembaga yang diletakkan di masing-masing lembaga negara lembaga-lembaga Sariani baik bank BMT dan lain sebagainya ada pengamannya ada yang mengawasi kalau di tingkat nasional di pusat namanya dewan Syariah nasional ini yang merumuskan Pak Tua Pak Tua secara umum tapi yang berada di lembaga-lembaga namanya DPS dewan pengawas Syariah untuk lembaga-lembaga tersebut dewan Syariah nasional Majelis Ulama Indonesia tahun 2002 sudah mengeluarkan fatwa tentang bolehnya dana talangan haji semakin panjangnya antrian kemudian timbul pelarangan dari pihak departemen yang merupakan pimpinan

bank muamalah mengatakan bahwa sudah tak ada lagi sekarang karena itu tadi menyebabkan antrian yang panjang karena tadinya orang mesinnya belum mampu dia membeli kemudian orang punya uang Rp500.000 punya dua juta langsung membeli apa namanya porsi haji langsung bisa mendapatkan antrian menyebabkan kemudian antrian Haji menjadi begitu panjang ada manfaatnya juga tapi ternyata dampak negatifnya juga besar jadi makannya berdasarkan dengan dampak negatif minyak kemudian oleh Departemen Agama dihentikan tidak boleh lagi sekarang ada apa namanya talangan haji dari lembaga keuangan syariah di Tangerang setelah mendapat yang belum bisa jangan salah mungkin kalau memang Saudi Arabia misalnya Masjidil Haram sudah jadi nanti halo

kemudian versi Indonesia dibandingkan lebih besar akan bisa mengurangi antrian secara cepat bisa lagi kita mungkin apa namanya lebih sedikit di Pekanbaru sekarang ini Kalau tidak salah 19 tahun 19 tahun kalau umur 50 tahun daftar haji sekarang ini umur 79

79 6969 artinya harus punya bonus baru-baru ini saya berangkat bonus dari segi umur gitu kalau hanya umurnya sampai sama dengan nabi 73 tapi setidaknya kalau sudah Monyet Oh sudah dapat porsi berarti itu adalah sudah setidaknya sudah menggugurkan kewajibannya karena gadis ini bukan hanya sekedar biaya dan materi tapi itu juga masuk sebagai perjalanan perjalanan Makanya juga menunggu menunggu sampai batas keberangkatan kita kalau misalnya yang belum sampai antrian kita walaupun mampu membayar sudah tapi sebenarnya kita juga termasuk masih belum mampu tanya orang sudah menyetor dalam bahasa penungguan yaitu tiba-tiba dia meninggal dunia belum Ngaji apa

tidak berdosa karena memang belum memang sudah mentok Tapi dia belum mampu secara sempurna karena belum mampu dalam perjalanannya dahulu kala ini mampu mampu melakukan dalam perjalanan ini termasuk dahulu Kalau terjadi perang misalnya sehingga mengganggu perjalanan berangkat menuju Haji maka ada orang-orang yang kemudian tidak wajib melaksanakan ibadah haji perjalanan menjadi tidak aman makanya makna istilah-istilah di sini adalah mampu dari segi materi dan mampu dari segi perjalanan termasuk lah pada saat ini antrian ini termasuk dari pada tolak ukur daripada

kalau belum jatuh tidak termasuk dampak negatif dari badan adalah menyebabkan kemudian pihak Departemen Agama melihat negatifnya besar makan kemudian dihentikan tentang nanti masih ada atau tidak

kemudian Kalau dana talangan haji diberikan untuk bisa membeli porsi keberangkatan haji Sedangkan untuk talangan umroh diberikan untuk bisa berangkat umroh perbedaan dana talangan haji bagaimana orang tua lunas dulu Ini pulang dari lembaga keuangan syariah jadi dibayar lunas dulu dalam bahasa penantiannya sampai kepada antriannya itu dia membayar sampai jadi berangkat karena mereka melihat bahwa Haji maknanya isi tahu bahwa Haji ini dia wajib berangkat ketika dia sudah mampu telunas berhenti dia sudah mau walaupun sebenarnya saya orang berangkat haji dengan berhutang boleh

Nah makanya kalau dana talangan haji di sini adalah mereka memberikan untuk membeli porsi lalu kemudian dilunasi sebelum keberangkatan Tekan lama menunggu nyanyi tahun tahun bahkan 10 tahun maka dalam masa menunggu itu mencicil sampai selesai makan yang berangka Luna jadi tidak ada dia berangkat dalam keadaan berangkat haji tidak rusak maka di sini istri tuanya sempurna istri secara materi situasi cara mampu secara materi dan mampu secara perjalanan umroh yang banyak dilakukan oleh lembaga keuangan syariah atau agen travel pada hari ini adalah diberikan memang untuk berangkat

ada selesai kalau talangan umroh memang berangkat dulu Makan dulu fasilitasnya baru setelah itu pulang baru dicuci dari segi perbedaannya makalah itu para ulama pun kemudian memberikan perbedaan dari segi dari segi bentuk daripada hukum fiqih muamalah nya Kalau dana talangan haji tadi Allah corat artinya pinjaman pinjaman murni hanya mengambil administrasi Kalau dana talangan umroh memang dia kemudian menjadi instrumen bisnis instrumen komersil karena kemudian dijadikan akarnya sebagai akad murabahah oleh lembaga-lembaga keuangan syariah mereka jadikan lembaga keuangan syariah dan kemudian mereka membeli

membeli membeli dengan tunai dengan tunai keberangkatan daripada umur tersebut kemudian dijual dengan lima hal kepada orang yang mau berangkat di sini makanya Nanti dibayar tunai oleh lembaga keuangan syariah kepada agen travel lalu kemudian nasabah membayar kepada lembaga keuangan syariah dengan lebih tinggi dan juga dengan cicilan oleh lembaga keuangan syariah makanya merombak artinya disini ada yang diperjualbelikan dibeli dahulu baru kemudian dijual maka jasa daripada travel ini dibeli oleh lembaga keuangan syariah pelayanan tadi dan lain sebagainya lalu kemudian dijual kepada nasabah Nah setelah itu baru dia makanya di sini

umroh baik dalam keadaan umroh pertama kali ataupun umrah berulang kali orang bisa menggunakan fasilitas ini karena fasilitas ini adalah sifatnya sudah jual beli murabahah mereka berangkat dulu baru kemudian dibayar setelah itu dan sesuai dengan fiqih muamalah dijual di dalam jual beli bakwan disini termasuk diantara daripada jual belijasajasa ini termasuk daripada hal yang dibolehkan oleh para ulama makanya lama memberikan legitimasi terhadap kebolehan daripada dan Assalamualaikum sifatnya daripada dewan Syariah nasional belum ada jadi belum mengeluarkan ini baru sifatnya DPS tingkat pengawas satu lembaga saja baru lembaga-lembaganya

dewan pengawas Syariah di lembaga keuangan tertentu Makanya beda Bank yang mengatakan bahwa Allah maha dana talangan umroh ini ada yang mengatakan bahwa ini Allah sejarah apa yang didapatkan oleh bank itu adalah upah terhadap menguruskan pemberangkatan segala yang berkaitan dengan administrasi daripada yang didapatkan oleh bank ini adalah sebagai sebagai kenapa-kenapa kemudian timbul perbedaan lembaga keuangan syariah yang mengatakan ini sebagai murabaha dan kemudian ada lembaga keuangan syariah ini mengatakan sebagai negara kalau mayoritas bank syariah ini adalah sebagai murabahah lemah dana talangan umroh tapi kalau Bank Muamalat dia sebagai sejarah Kenapa terjadi perbedaan dalam aplikasi dan prakteknya karena belum ada bantuan dari

harian nasional DSN yang berada di pusat yang mengeluarkan tentang Pak Tua Pak Tua yang berkaitan dengan persoalan fiqih muamalah atau ekonomi Islam yang berada sekarang ini baru berupa ijtihad bisa dari personal individu yang punya kemampuan untuk melakukan itu yang mengkaji dari Sisinya mengkaji dari sisi aplikasinya dan lain sebagainya dan juga dari pengawas pengawas lembaga keuangan syariah tertentu sehingga mengeluarkan fatwa berkaitan dengan dana talangan umroh aplikasikan talangan umroh ini biasanya dalam bentuk rumah ini yang banyak berlaku perubahan kemudian biasanya Elkasi membeli paket umroh travel agent dengan tunai kemudian dibayar dengan Cicil oleh nasabah setelah pulang umroh kepada lembaga keuangan syariah tersebut Namun sebagian juga lembaga keuangan syariah lainnya menerapkan dengan sistem sejarah

tidak ada belum ada lagi persamaan tentang berkaitan dengan apa namanya dana talangan umroh kalau tadi dana talangan haji dah selesai dan juga pelayanannya udah selesai juga karena sudah ditarik sudah dilarang sehingga sudah tidak ada lagi namun mungkin sampai sekarang masih terus ada yang mencicil karena sudah ada yang memanfaatkan yang masih ada yang belum berangkat sampai pada hari ini mereka yang menggunakan dana talangan haji karena masih menunggu proses antriannya tadi Kalau dana talangan umroh hanya masih terus bergulir Pakaian masih terus dibahas dan masih terus mencari formatnya masih terjadi perbedaan apakah dia murabaha atau keadilan apa namanya ini masih belum final individual tetap lembaga-lembaga keuangan sariater Tentukan pengawasnya ini mengeluarkan fatwa yang melegitimasi tentang aplikasi daripada

bentuk daripada muamalah kontemporer yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kita dengar pada hari ini sering menjadi polemik di tengah masyarakat yang dipertanyakan mudah-mudahan ini bisa menjadi sebagai yang memberikan manfaat dan membuka wacana kita dalam dalam memahami persoalan ini persilahkan

baik silakan apa ya

nih yang sudah Haji dan sudah sering umroh nggak tertarik untuk bertanya lagi karena udah berdampak haji dan umroh

dan kita ucapkan alhamdulillah rabbil alamin mudah-mudahan yang belum apa yang belum ngaji ngomong belum umroh kita segera akan diberikan kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk mengunjungi tempat yang mulia tersebut untuk dapat kita melaksanakan ibadah di tempat yang mulia yang berlipat ganda tersebut merupakan Kerinduan kita semua merupakan apa namanya khasiat dari kita semua sebagai orang yang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan mudah-mudahan hajat agar kita segera disampaikan oleh Allah Subhanahu Wa Alaihi Wasallam Ya Allah berikanlah kami ke rupiah untuk dapat segera menuju rumahmu ya Allah untuk melaksanakan ibadah dan juga manusia lahir Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

antara doa agar Bagaimana kita bisa disegerakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala

yang

aku menjadi orang yang dipindahkan kalau ada cairan dulu ada yang melaksanakan ibadah haji ada dulu ya mau memindahkan Park Jin dari pelalawan ada orang Haji berangkat haji pas waktu wukuf di Arafah bahwa haji itu salah satu rukun tertinggi

wukuf di Arafah selama dia gak bisa dia apa namanya pergi buku dengan sendiri tanpa cintamu diam-diam karena selama dia Wukuf itu dia mulai sembuh perlahan sedikit demi sedikit kemudian setelah itu sakit apa obatnya apa namanya online terus terjadi selama hukum Ternate diambil

Brazil Ada apa dengan jin dengan jin Audi apa katanya mau kami pindahkan Ka’bah tuh Kepala lawan katanya katanya membawa ilmu hitam pergi haji cerita-cerita dari salah seorang jamaah yang mengalami secara langsung bukan saya yang mengalami tapi jangan yang berangkat haji dari bersama dengan kawannya nih mengalami secara langsung karena membawa ilmu hitam dia waktu pergi ke sana maka Bapakmu yang mau pergi berhaji ingat-ingatlah jangan bawa ilmu hitam tanggalkan dulu semua ilmu ilmu hitam nyata kalau mau dipakai rumahnya setelah pulang di sana

awalnya kelahiran di sana pelaksanaan ibadah haji berkaitan dengan persoalan dana talangan haji dan umroh ini maka persoalan ini alam persoalan yang sudah selesai dari segi bahasa Indonesia terutama dalam masalah talangan haji Adapun persoalan walaupun dana talangan haji Ini juga masih terjadi polemik juga perbedaan tapi persoalan ini artinya bahwa banyak mengatakan boleh atau yang memperdebatkan sudah dibahas kemudian dana berkaitan dengan dana talangan umroh hanya masih bergulir tapi sebagian fatwa dan mayoritas ulama sudah membolehkan berkaitan dengan yang penting ada batasan-batasan ada yang mengatakan dia sebagai uang murabahah ada yang mengatakan dia sebagai unsur atau dan kedudukan dalam fiqih muamalah

mengawasi tentang pelaksanaan dan prakteknya di lapangan terkadang persoalannya begini terkadang dari segi empat kuah Oke dari segi hukum teori tes sudah oke tapi pelaksanaannya yang bermasalah maka disinilah diperlukannya pengawas mengawasi tentang bagaimana aplikasi dan berjalannya akad-akad tersebut dalam realitas yang terjadi terima kasih dan mohon maaf atas segala saran dan hilang kita tutup dengan doa kafaratul Majlis subhanakallahumma wabihamdika assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close