FikihTausiyah

Ustadz Abdul Somad: Hukum MLM dan Paytren

bertanya tentang MLM Bagaimana pandangan secara syar’i hukum sebagaimana yang mengatakan haram melakukan Ustad Yusuf Mansur dan mendengar MLM dia punya usaha MLM Bapak Store 3 juta maka bapak akan bisa berangkat umroh dalam sekian bulan bila bisa mengajak 3 orang akan menjadi 39 penjaga ajak 10 orang akan menjadi 30 juta bisa mengajak 30 orang akan menjadi tiga ratus juta bisa mengajak 1000 orang akan menjadi tiga bisa mengajarimu orang akan menjadi tiga trilliun anda akan punya pesawat orang itu langsung berada dalam pesawat itu dan dia tidak jelas kan kalau tidak dapat pengikut satupun duit yang 3 juta nih ke mana Itu masalahnya itu tidak balik ada 1000

orang di Pekanbaru yang bayar Rp3.000.000 3000000 kali 1000 sudah 3 miliar duit diputar

apanya yang ditanya duit awalnya Bandicoot aku sama dengan Pandawa diputar pusarnya tak balik-balik balik-balik Tribuana Pekanbaru nih orang bukan main banyak penduduknya rp1.000.200 1% nya ada 1000 orang itu sudah duit berputar 3 miliar itu lain kata dia Inpres itu Anda bulan ini berhasil karena bisa berikut ini ada MP3 tidak ada apa-apa duit gitu yang diputarnya putar putar putar salah putar lari

makan gak enaknya kalau ada tipu barang ada gambling judi ada Zul aniaya maka dia tidak bisa dibenarkan Pak ustaz saya ikut program ini punya Ustad Al Mukarom Wulan duit awalnya kalau kamu tak bisa ngajak-ngajak anggota balik balik balik balik bagaimana hukum dari paytren baru-baru Ini paytren mendapat label Halal dari MUI kalau sudah mulai mengeluarkan selesainya dan misi ketua komisi fatwa mengeluarkan pakaian dapat uang bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kemarin saya bilang akan menjelaskan tentang paytren

tentang Miracle yang berasal dari pengamatan

penglihatan

lihat-lihat nama tengah mati hingga kemudian berkembang menjadi sebuah bisnis menjadi sebuah usaha

paytren pada zaman gramatikal ah

saya Ahmad ini dulu saya sering buka-buka majalah-majalah

Nah ini dia ada Yang cuman baca majalah nikmatin saya lihat Koran itu

ada tulisan tulisan sederhana misalkan kayak gini

GSX sebanyak-banyaknya

kartu kartu Axis dan menangkan

hadiah ini itu ini itu itu sampai ke luar negeri lah mobil rumah nenek

saya tinggal dulu ya Beberapa tahun yang lalu melihat ini tuh belum nyampe juga ilmunya wong saya bukan orang berilmu 0 + Bagaimana disepakati bahwa Ar Rahman

menyuruh kita melihat-lihat

mengamati memperhatikan supaya ini mudah menjadi sebuah informasi

yang suatu saat nanti hal ini karena sudah menjadi informasi di bisa menjaga menjadi 1 2 3 4 5 6 dan seterusnya

Saya mau lihat ada apa dibalik saya lihat tv lihat lagi iklan majalah

radio ada iklan 1 Bang

yang iklannya itu ada angin besar gitu kemudian dari angin besar ini keluar mobil

keluar rumah

keluar motor keluar jalan-jalan ke luar negeri dan lain-lain hadiah

dan ada bunyinya di bawah

tingkatkan saldo bank bermaksud akan berpotensi dapat aja ini itu ini itu ini saya nggak lihat lagi main mainan

tiba-tiba berganti tahun iklannya keluar lagi

keluar lagi di iklan

keluar lagi dengan genre yang sama masih angin gua gitu masih keluar rumah keluar kemudian mobil keluar kemudian motor keluar duit ini beasiswa Apakah macam sebagai hadiah tapi tulisannya

bukan tingkatkan saldo

bagaimana mungkin saya tahu kalau tulisannya ada perubahan

Kalau saya tidak memperhatikan kan begitu tahu Eh kok buaya bukan tingkatkan saldo apa tulisannya tulisannya nanti kan bukan tingkatkan saldo ngelihat bukan tingkatkan saldo tapi tulisannya adalah tingkatkan

transaksi

Beni Purnama 5059 barangkali dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala belum satu masih capek lagi saya bukan jebolan S1 eh udah nggak perlu bilang juga tapi ini kan ngajar bukan dalam konteks de loser S1 ekonomi pada suatu bisnis ini ngajar beda ama dulu saya nggak bisa kerja nih habis cuman SMA dia itu dulunya sayang aja

beladiri kali emang nggak bakalan hadiah di hari aja Buatan tingkatkan saldo wacana dengan dia punya saldo banyak dari orang dia bisa minjem minjem duit begitu kan kurang lebih tapi kalau transaksi berarti lagi rasanya apa sih pernyataan listrik air

pendidikan bayar bayar kredit Ini kredit itu cicilan cicilan rumah angsuran mobil transaksi

mulai Saya mikir mulai Saya mikir

What this is behind that this is apa sih dibalik itu semua ternyata bisa diserang transaksi mulai lagi mencari tahu cari tahu cari tahu Subhanallah vs income

di tahun 2013 saja itu 340 triliun

saya ketika nyari tahu tuh begini nih badan orang ngelewatin tukang nasi goreng wangi udah ngundang masa lu nggak dateng lah pokoknya Lu gak punya duit atau nggak yakin lu bisa makan nasi goreng yang mau Apa kesulitan pasrah Saya punya otak sedih 40 triliun melambai-lambai lahirlah kemudian paytren

hilang ogoh-ogoh harus masuknya industri Rekayasa Industri ini harus masuk

ini semua bisa begini Bos ar-rahman seumike bisa melihat bisa memperhatikan asalnya kita memperhatikan iklannya berubah ya bukan tingkatkan saldo lagi tapi tingkatkan transaksi

lihat iklan-iklan lu dulu pusat GSC sebanyak-banyak ternyata setiap transaksi perusahaan transaksi tersebut dari hasil pengamatan saya terhadap iklan-iklan Koran majalah lihat TV perkembangan informasi makin banyak nih Suatu saat saya keluar dari rumah lewat jalan tol lewat jembatan layang tol yang ke arah Cawang

dari Tomang

truk gede Gedenya Billboard tulisannya kecil dia cuman nulis

Kami hadir di handphone anda Kami hadir di iPhone Anda Android dan kira-kira mau ngomong seperti itu siap melayani transaksi anda 24 jam 07.00 udah aku gak udah numpuk nih jangan berbagi informasi kan kan udah tanpa masuk tanpa masuk tanpa masuk betapa orang yang tadi nggak punya pengetahuan apa-apa masuk bahasa masuk pasar masuk pasar keluar lagi keluar lagi masuk lagi pasar masuk lagi pasang berbeda 7 bulan nggak dapat apa-apa tapi setelah 1 tahun mulai berbuah tas

2 tahun 3 tahun tak habis itu dia udah punya kaki kaki 7 tahun kemudian dia menjadi penguasa pasar itu secara ekonomis karena waktu yang bersamaan itu lagi gencar-gencarnya mengedukasi masyarakat tentang ekonomi kerakyatan

ya ekonomi asli Indonesia Indonesia berjamaah Indonesia berjamaah Yani Bagaimana satu opportunity

ini dinikmati oleh sebanyak-banyaknya orang karena itulah saya memilih kemudian melahirkan paytren dan Miracle

melahirkan paytren

dan Miracle dalam bentuk multi level

Yaso banyak beda pendapat pasti tapi saya akan Jelaskan sedikit sebelum kita bicara tentang materi apelnya kita bicarakan paytren dulu nanti kalau mereka lahir nih oh transaksi

mie goreng oh iya ya Umpama kata saya punya duit di ATM satu juta terus saya beli pulsa handphone nih 100000 tinggal berapa Rp900.000

gak usah beli lagi pulsa buat istri saya Rp100.000 tinggal berapa

Rp800.000 saya beli pulsa listrik Rp300.000

tinggal Rp500.000 saya kirim ke anak saya misalkan begitu atau keadaan saya Rp200.000 tinggal berapa

Tinggal Rp300.000

Seharusnya masih ada berapa

300.000 tapi anda lupa anda melakukan 4 kali transaksi Apa bener cuma Rp100.000 102

133 ketika ngambil duit tunai

tunai 300 ribu apa yang terjadi nggak bisa

tulisan di

layar ATM anda itu saldo tidak mencukupi energi menggunakan pulsa 100 100 200 listrik 300 gopek mau kirim ke adek gue 2 No 1300 coba cari tunai masuknya 300.000 enter dibilangin gak percaya gitu tuh di ATM mini 280 Setia Ke mana tuh yang sisanya sisanya itu trillium Masak saya nggak mau masuk di bisnis yang manis kalau ada yang bilang ustad kok bisnis lucu status

Suka tidak suka Anda beli pulsa kenapa nggak beli pulsa Nama saya suka tidak suka Anda pasti beli pulsa listrik bayar listrik Betul tidak bayar air

bedanya apa bedanya apa kalau beli pulsa ama yang lain Insya Allah MP4 latuharihari yang ditawarkan Metallica Enter transaksi-transaksi ama yang lain lain lain yang tadi saya bilang nanti kalau dapet ini semua

Apa bedanya bulan sama saya kita bikin diferensiasinya salah satu diferensiasi nya adalah

ente bukan cuman dapet yang namanya Facebook

tapi anda akan dapat yang namanya komisi informasi

komisi ngasih tahu orang Itulah namanya MLM ini yang ini aja nggak di punya nih ama ama konvensional punya tambah kenceng Saya ngeluarin paytren sama Papa Mama nih saya jangan di artikan sedang jualannya ini contoh dan sebaik-baik contoh Ya nanti saya salah satunya dari pengalaman sendiri saya ngomong tentang sedekah itu ada Cibulan Cibulan Cibulan bagus

nggak bisa nanya lebih dalam lagi sekolah nih nggak ada yang cerita bener banget ente gitu contohnya mani keluar ini namanya pemirsa

Subhanallah ketika ane liat Swalayan Swalayan supermarket supermarket mereka bukan cuman jualan apa yang dijual tapi juga Permisi transaksi tiba-tiba melihat kanan kiri seperti rame gitu aja gak informasi ini rame kayak lu sidang itu muncul ini muncul itu kelihatan itu

kalau beli pulsa di sini aja kalau kirim duit di sini aja itu bayar listrik di sini aja bayar air di sini aja sampai-sampai Ada swalayan yang begini Jadi swalayan yang saya lihat paket yang saya lihat main transaksi juga sampai-sampai ada kenyataan yang saya cukup bukan kaget sebel maksudnya saya kita sampai kayak begini ya jadi Ada swalayan yang kalau kita datang nggak belanja itu nggak diomelin si kasir tuh gak dapet SP

cinta datang lihat-lihat dong Nggak dikasih sp anak orang kan aku orang mau lihat belanja mau macem2 orang itu tapi bila orang itu udah beli apa beli pulpen terus bayar di kasir

dan si kasir tidak nawarin isi pulsa kamu sekalian isi pulsa apa kena espektasi kasir

Kenapa Saya merhatiin tuh

Hadits Arba’in bener ini kan perintah Allah dalam Surah qaf hafalan yang dulu hilang sama IPA UKK IPA banana warna-warna Allah amin ya Allah ya Dari kemarin saya salah lupa ini sore saja pemirsa ahay salam dari kemarin saya salah minta maaf minta maaf minta maaf saya salah menyebut ayat 8 sampai dengan 10 Ya Allah yang benar mulai dari ayat 66 sampai dengan 10 ini prosesnya hasilnya 11 n dengan ini saya merawat ya Ya nggak papa Ya udah lewat jahatnya sebagai sarana pembelajaran bercerita semua termasuk buat saya main lagi tahu salahnya

ayat 6 7 8 9 10 prosesnya nanti hasilnya adalah 11 kali 10 aja kan lama nih sebenernya

enggak 6 langsung 11 gitu loh 06.00 lewat dulu habis itu 7 7 8 8 9 9 10 ada 5

wajah juga Ketika saya perhatiin perhatiin jadi saya bukan berarti nggak dapat apa-apa itu kira-kira berhari-hari berminggu-minggu berbulan-bulan Ingatkan tahun 2 tahun kemudian lahirlah pahit rasanya nggak begitu

anak Bila anak batuk Nanti ku perhatiin anak ente di TV sering mati nenek-nenek itu kebiasaannya apa nih A P Pettarani

Dek Adek kemarin makan ini

bayangkan saudara-saudara merhatiin Allah

belajar Asmaul Husna

rahasia pembesar alat bantu buat Ente Sedangkan Ani Cuma meranti-merantian begini aja bisa dapat paytren supaya bisa diferensiasinya Ada apa bedanya kalau orang beli di Bank BNI di ATM BNI di kartu kredit beli di ini di telinga Anda bilang deh ane punya training training training ini yang tidak boleh ikut talenta jadi anggotanya APEC a new day one ayat ayat Quran surah tertentu yang bisa ikut audisi sering juga yang ente bisa ikut bla bla bla silakan aja kita fastabiqul Khairat menjelekkan tidak

saling menjatuhkan yang penting adalah saya nggak mati cepetan apa dibikin dengan cara mau tanya apa mau tau tuh asalnya bukan Iya nggak boleh teman IG kagak ada barangnya nggak ada apa-apanya tiba-tiba nanti kalo ngatur duit baru nungguin dapet duitnya nggak gitu dong Ini kan ada kerjanya kalau yang terbang dapat cashback transaksi paytren tapi kamu dapat komisi disuruh dong temennya pakai PT Kita kan sudah sudah akan menginformasikan itu di dunia konvensional ente beli buku di XX1 nama buku ini tidak ada buku bagus Love di toko X yang terbeli definisi umum TNI ke toko X pertanyaan yang dapat komisi

teman komisi diskon nggak ada apa-apa dengan digonceng pulang tapi ente ngga dapet terus ketika teman memberi tahu lagi yang lain yang lain sebenarnya Ini asik banget cuman otak itu ya udah rusak dengan mau telepon telepon yang kacau kacau yang tipu-tipu jadi kemudian jalur distribusinya memakai temen-temen pemakai sendiri jadi sesama pengguna sendiri dia yang jadi marketingnya itu makanya tombol ketikan buat dia semua pagi bagian dari sejarah sistem begitu ada orang ketiga beli buku

sistemnya akan jadi tahu dia bisa begitu karena simpulan dan kesimpulan pulang kasih pula Dapatkah ente dibagi komisinya

beli tiket di Swalayan enak Beli di Alibaba

Mbak saya nggak dikasih bikin aja Din komisi orang-orang yang membuat email dengan izin Allah bisa belanja dia hanya punya 7000 anak tahan misalkan Rp800.000 berapa gt6000 ini bagi-bagi kehilangan orang lain itu bikin perusahaan buat jadinya aneh sih bikin perusahaan elektronik semakin orang berantem

kalau kita terus-terusan lagi Solo belajar ini enak belajar mulai sekarang Coba cari tahu nanti keluar masuk Tukang pecel lele kita duduk aja di kawasan industri tawarin untuk menjalani mau ayah mau ngeliatin orang aja

Anda datang ke rumah makan padang nanti dia tahu ini nih MU ditayangkan nanti malam akan datang kita ketemu ya canda canda tentang ini lagi besok Jumat deh assalamualaikum warahmatullah prinsip bisnis kami adalah membagi keuntungan kepada jalur Mitra melalui program cashback Halo temen-temen pakai b aja sih itu wajib jadi anggota paytren minta duit balik ke situ juga kalau temen-temen ini bayar listrik pulsa PLN daerah rumah tangga pribadi sampai nanti ke sekolah belanja macam-macam maka menjadi anggota PPNI

sebab nanti sampai membayar sampai malah dapet duit kami membangun bisnis melalui kemitraan Tanpa Batas menuju 10 juta

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close