FikihTausiyahUmroh

Ustadz Khalid Basalamah: Hukum Umroh Berkali-kali dalam Satu Perjalanan

udah pertama Bagaimana dengan umroh dilakukan berulang kali dengan satu kali perjalanan jadi ada dua pendapat ulama yang pertama adalah mengatakan satu kali perjalanan satu kali ibadah jadi satu kali Haji jelas itu kalau Haji kalau umroh satu kali umroh juga ini pendapat yang pertama mereka beristidlal dengan dalil mengatakan tidak pernah terlukis kepada kita bahwasanya Nabi Shallallahu salam dan juga para sahabat umroh sampai dua kali dalam satu kali perjalanan ini seperti itu saja karena tidak pernah terlukiskan kepada kita bahwasanya Nabi SAW Sallam dan para sahabat pernah umroh dua kali dalam satu kali perjalanan yang ada malah umroh 09.00 pulang pagi ini pendapat-pendapat yang kedua mengatakan tidak

masih terbuka khusus bagi penduduk yang berada di luar kota Mekah

atau yang berada di luar Jazirah Arab secara khusus umumnya yang berada di luar kota Makkah dan Jeddah kena kota Makkah dan Jeddah ini miqot yang mereka dari rumah sendiri kirim barang dari rumah langsung saya masuk haram umroh selesai tapi selain Kota Mekah dan jeda itu mereka berihram dari Miko termasuk Penduduk Madinah selama mereka harus melewati miqot berarti masih terbuka sempatan mereka untuk melakukan ibadah itu semampunya dengan pertimbangan terutama luar Jazirah Arab ya kalau kita di Indonesia atau negara-negara yang memang pertimbangannya pertama perjalanan jauh yang kedua pertimbangannya itu apa namanya besarnya biaya dadakan

waktu yang dipakai selain jarak jauh capek misalnya jaraknya udah naik pesawat tetap sabar itu tidak Terminal adab kata nabi salam bagian ada bagiannya yang termasuk azab dari orang merasa tidak nyaman dengan saya perlu tidak capek lah sumpek dan seterusnya ini ada banyak pertimbangan itu kan jaraknya capeknya dan biayanya gitu seperti kalau kita di Indonesia misalnya sekarang umur itu tidak akan pulang dari 20 juta walaupun Emang itu sudah masuk paket 9 hari tapi Siapa saja yang bisa mengumpulkan uang 20 juta Bagaimana kalau seseorang nyaman dia hanya mampu mengumpulkan uang 20 juta dalam seumur hidupnya untuk umroh misalnya dia tinggal di Gunung Bitu sekali bisa umroh sementara ayah ibunya belum pernah umrah sebelum dan sesudah mati

umroh dan haji untuk orang mati itu Bolehkan dalam Islam dan bayinya cukup banyak yang suami berhubungan dengan masalah itu diantaranya hadits Bukhari Katana besok salam kepada seorang sahabat yang berkata Ya Rosulullah ayah saya nggak bisa lagi perjalanan jauh sudah sangat tua ada beberapa riwayatnya mengatakan sudah meninggal di dengan apakah boleh saya haji dan umroh untuknya kata nabi salam haji dan umroh untuk nyanyi dengan batu dibolehkan naskah cuma bisa biaya umroh sekali seumur hidup pada saat dia umroh ke sana kemudian ayah ibunya memang yang tadi nya belum pernah umroh sementara hukum syar’i membolehkan dia umroh haji untuk keluarga yang sudah meninggal Dia kembali lagi maka hukum seperti ini pendapat mengatakan boleh saja beda memang kalau orang itu dia travel bisanya atau nama pemilik travel di setiap minggu berangkat setiap bulan bisa berangkat atau memang dia orang kaya raya bisa berangkat setiap bulannya bisa berangkat punya kemampuan yang sudah dia jalankan pendapat pertama umroh sekali saja tapi kalau dia punya Facebook

untuk kembali lagi jaraknya jauh maka pendapat mudah mengatakan dibolehkan karena dasar hukumnya adalah umroh itu ibadah yang diperintahkan punya dalil

punya dalil lirik umroh itu adalah filenya besar kemudian mengumpulkan orang yang sudah meninggal adalah ada perintahnya berarti istimbat hukum dari dalil itu lebih ada daripada pendapat pertama yang hanya mengatakan tidak pernah terluka ini pendapat allahu alam yang ini dua pendapat kalau saya pribadi saya tidak mengatakan pendapat umum saya lebih cenderung dengan pendapat yang kedua kalau saya pribadi karena saya melihat memang sulitnya orang-orang kita untuk kembali itu ganteng memang kita harus bayar untuk bisa mengangkat pendapat para ulama dan tidak fokus pada satu pendapat hingga memang tidak aku hanya sekarang orang-orang kita banyak sekali yang tidak bisa lagi nggak bisa kebaca berangkat lagi dan tidak bisa ada kesempatan beda kalau memang ada juga orang terlalu berlebihan

misal dia udah umur Ani buat diri dia kemudian dia keluar lagi dari Mekah ke Mi Cloud biasanya kegiatan yang Nabi Shallallahu salam biasanya pernah lihat dari situ kemudian media umroh hari ini Bis besok umroh lagi lu semua lagi Nah ini mungkin yang perlu dipertanyakan berulang-ulang dalam hal-hal yang memang sebenarnya tidak tidak ada hajat untuk itu terlebih lagi kalau dia bertahallul mencukur gundul rambutnya maka mungkin akan sulit gitu kan Tapi kalau di omro berdirinya kemudian mungkin buat orang tuanya besok jam 01.00 3 hari atau seminggu kemudian sebelum dia pulang itu mungkin masih masuk dalam kategori pendapat yang pertama tadi jadi yang kedua mengatakan juga tidak dianjurkan juga orang terus satu hari kan dia kalau umur akan 2 jam selesai suatu hari di omro sampai 5 kali bisa nih makanya tidak dianjurkan karena itu akan bertolak belakang marah dengan sunnah nabi Mahalul mencukur rambut yang bisanya tapi kalau diberikan jarak waktu dan memang gitu dia lihat hajatnya penting dia nggak bisa kembali lagi Maka insya Allah tidak ada masalah uang itu yang pertamanya kalau Bunda

Bagaimana dengan travel haji umroh menawarkan jasa untuk daftar umroh dengan bekerja sama dengan bank konvensional pertama sekali kita sudah tahu Bang pemimpin adalah bank riba dan semua berhubungan dengan bank ribawi terlibat didalamnya meminjam uang nyata dengan menggunakan fasilitas nya kalau hilang dalam keadaan keadaan memang tidak ada solusi lain tapi tetap aja dilakukan maka itu berarti tetapi saya KPR mobil motor gitu kan semua kalau menggunakan bank ribawi berarti Bila saatnya tiba makanya masih punya misal minimal solusinya ada perbankan syariah misal minimal ATM saya dia sabar dia nggak usah buru-buru gitu Nah kalau memang dasarnya adalah haram untuk menggunakan uang pinjaman dari bank konvensional kelas mereka menggunakan akad utang piutang utang piutang kan kamu 10000000 Kamu bayar 12 juta dicicil 24 bulan tetap utang namanya itu yang riba itu riba Ya jelas jelas ya Ainur tiba di situ

jadi nggak boleh jadi kan nggak boleh jelas nggak benar dan Alah salah tanda misalnya mengatakan apa Innallaha thoyibun layak bagi Allah Suci bersih tidak terima kecil yang suci dan bersih kata ulama hadits adalah termasuk dana yang dipakai dan ibadah tidak akan diterima kalau menggunakan pendapatan yang haram diantaranya orang hasil korupsi dipakai umroh haji menghajikan umur atau tidak diterima Haji tersebut tersebut karena memang pakai dasarnya uang uang

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close