9 Barang yang Wajib Dibawa Saat Menunaikan Ibadah Haji

Berkesempatan menunaikan ibadah haji adalah hal istimewa bagi muslim. Pasalnya, tidak semua orang bisa melaksanakan rukun Islam kelima tersebut. Supaya pelaksanaannya berjalan lancar, Anda harus melakukan beberapa persiapan. Salah satunya, membawa 9 barang berikut ini.

Alquran dan Tasbih

Ibadah Haji - i.ebayimg.com

Ibadah Haji – i.ebayimg.com

Alquran dan tasbih merupakan perangkat ibadah bagi umat Islam. Manfaatkan momen haji dengan memperbanyak zikir dan membaca Alquran. Sejenak, tinggalkan aktivitas duniawi, lalu fokus pada ukhrawi. Hal ini selaras dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya :

“Ambillah dariku manasik hajimu, aku tidak tahu mungkin tidak ada haji setelah hajiku ini.” (HR. Muslim, Abu Daud, dll)

 Buka Pedoman Haji

Ibadah Haji - daftarhajiumroh.com

Ibadah Haji – daftarhajiumroh.com

Buku pedoman haji berisi tentang tata cara manasik haji dan doa-doa mustajab. Selain itu, panduan tersebut menjelaskan larangan dan perintah saat menunaikan ibadah haji. Selama Anda berada di Mekkah, buku ini harus dibawa. Jadi, ada pengingat ketika lupa dengan salah satu rukun haji.

Pakaian Ganti

Ibadah Haji - bp.blogspot.com

Ibadah Haji – bp.blogspot.com

Sesudah tanggal 10 Dzulhijah, biasanya seluruh peserta haji diperkenankan memakai pakaian biasa. Karena itu, bawalah dua atau tiga potong baju selama berhaji. Tak perlu khawatir soal pakaian kotor. Pasalnya, banyak jasa laundry yang siap membersihkan baju Anda.

Bekal Makanan

Ibadah Haji - slice.seriouseats.com

Ibadah Haji – slice.seriouseats.com

Umumnya, konsumsi untuk jemaah haji sudah disiapkan oleh penyelenggara atau agen travel tertentu. Namun, tidak ada salahnya Anda membawa bekal makanan sendiri. Siapa tahu, aktivitas ibadah haji dilakukan lebih awal sehingga belum sempat sarapan. Beberapa jenis bekal yang bisa dibawa, antara lain abon, biskuit atau roti kering, serta minuman.

Pakaian Ihram

Ibadah Haji - ecs7.tokopedia.net

Ibadah Haji – ecs7.tokopedia.net

Ketika ibadah haji, sediakan minimal 2 lembar pakaian ihram. Untuk pria, bentuknya berupa dua helai kain berwarna putih tanpa jahitan. Sementara itu, pakaian ihram wanita berbentuk baju yang menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Wanita tidak diperkenankan memakai cadar dan sarung tangan selama pelaksanaan haji. Rasulullah SAW bersabda :

“Hendaknya wanita yang sedang berihram tidak mengenakan cadar dan sarung tangan.” (HR. Bukhari)

Tabir Surya

Ibadah Haji - panduanhidupsehat.com

Ibadah Haji – panduanhidupsehat.com

Suhu di Negara Arab Saudi tergolong tinggi. Cahaya matahari di sana terasa sangat menyengat. Jika tak dilindungi, kulit bisa terbakar. Apalagi paparan sinar tersebut mengandung ultraviolet yang dapat merusak kulit. Karena itu, Anda harus memakai tabir surya selama berada di Mekkah.

Gunakan tabir surya dengan tingkat SPF tertinggi, misalnya, SPF 30. Kalau panasnya semakin menyengat, pakailah kacamata hitam. Benda ini berfungsi melindungi mata dari terpaan sinar matahari. Pun bisa memakai payung untuk menghalangi sinar matahari.

Tas Pinggang

Ibadah Haji - sc01.alicdn.com

Ibadah Haji – sc01.alicdn.com

Pakaian ihram tidak memiliki kantung. Itulah sebabnya, Anda harus membawa tas pinggang. Fungsi tas ini, yaitu untuk menyimpan dompet, Alquran kecil, serta buku pedoman haji. Selain itu, bisa dijadikan tempat penyimpanan ponsel.

ATM dan Uang Tunai

Ibadah Haji - ridertua.com

Ibadah Haji – ridertua.com

Tidak perlu terlalu banyak membawa uang tunai. Ambil sesuai kebutuhan, misalnya untuk membeli makanan dan membayar akomodasi. Selebihnya, Anda bisa menggunakan ATM. Asalkan kartu tersebut berlogo khusus, dana dari rekening tetap dapat diambil.

Alat Komunikasi

Ibadah Haji - 2.bp.blogspot.com

Ibadah Haji – 2.bp.blogspot.com

Bagi yang belum mengerti, pasti akan mengganti SIM card ketika memasuki Arab Saudi. Mereka beranggapan, menggunakan kartu SIM lokal lebih murah daripada SIM card Indonesia. Namun, dengan kecanggihan teknologi, memakai kartu SIM asal Indonesia justru lebih hemat.

Anda bisa berkirim pesan singkat atau suara melalui Whatsapp, BBM, atau Line dengan tarif terjangkau. Bahkan, aplikasi sosial ini dapat digunakan untuk menelepon secara gratis. Pakailah kuota unlimited agar hemat.

Itulah 9 barang yang harus dibawa saat ibadah haji. Tak perlu membawa banyak benda; ini pun cukup untuk bekal Anda sampai kembali ke tanah air. Semoga bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: