Mengenal Sosok Syekh Ali Al-Hudzaifi, Seorang Imam Masjid Nabawi

Bersama Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid agung yang sangat penting bagi umat Islam. Di dua masjid inilah, terdapat ulama besar yang menjadi imam dalam salat, sekaligus menjadi ahli agama dan panutan bagi muslim lain. Salah satu imam Masjid Nabawi yang dikenal luas oleh masyarakat musim dunia adalah Syekh Ali Al-Hudzaifi. Siapakah beliau?

Profil Singkat

Imam Masjid Nabawi - 3.bp.blogspot.com

Imam Masjid Nabawi – 3.bp.blogspot.com

Syekh Ali Bin Abdur-Rahman Al-Hudzaifi lahir pada tahun 1947 (1366 H) di Makkah dan berasal dari keluarga Islam yang sangat religius. Ayahnya yang bernama Muhammad Abdul Al-Hudzaifi merupakan seorang sarjana dan imam untuk angkatan bersenjata Saudi Arabia. Dengan latar belakang tersebut, Syekh Ali Al-Hudzaifi belajar agama dan menghafal Alquran sejak belia, terutama dari Syekh Muhammad bin Ibrahim Al-Hudzaifi Al-Amiri.

Pada tahun 1976 (1399 H), Syekh Ali Al Hudzaifi diangkat menjadi imam Masjid Nabawi. Sampai saat ini, tahun 2017, beliau masih menjadi imam di masjid tersebut, meskipun beliau sempat dipindahkan ke Masjidil Haram pada bulan Ramadan 1981 (1401 H). Dengan usia 70 tahun, beliau adalah imam senior sekaligus ketua imam di Masjid Nabawi.

Jabatan Penting

Imam Masjid Nabawi - thefrontierpost.com

Imam Masjid Nabawi – thefrontierpost.com

Selain menjadi imam Masjid Nabawi, Syekh Ali Al-Hudzaifi juga memiliki beberapa jabatan penting, di antaranya sebagai berikut.

  • Menjadi ketua Lajnah Ilmiyah Pengeditan Mushaf Madinah di Mujamma’ Malik Fahd, Madinah.
  • Menjadi anggota Komite Tinggi Mujamma’ Malik Fahd.
  • Menjadi dosen senior di Fakultas Syariah, Universitas Islam Madinah. Beliau mengajar tentang tauhid dan fiqih.
  • Menjadi pengajar tetap di Masjid Nabawi. Masjid Rasulullah ini memang bukan hanya tempat salat, melainkan juga tempat belajar.
  • Menjadi Syekh Para Imam dan Khatib Masjid Haramain sejak tahun 2014.

Selain jabatan tersebut, beliau juga seorang mufti dan muqri karena pengetahuan agamanya yang memang sangat baik.

Pendidikan

Imam Masjid Nabawi - pbs.twimg.com

Imam Masjid Nabawi – pbs.twimg.com

Melanjutkan pendidikan semasa belia, Syekh Ali Al-Hudzaifi kemudian masuk ke sekolah swasta As-Salafiyyah (setara SMP) dan Ma’had (setara SMA). Beliau kemudian masuk ke perguruan tinggi di Fakultas Syariah di Riyadh. Beliau tidak berhenti belajar setelah lulus dari Riyadh, dibuktikan dengan pendidikan lanjutan (S2 dan S3) di Universitas Al Azhar, Mesir. Pendidikan tersebut menunjukkan bahwa imam masjid Nabawi tersebut merupakan seorang yang sangat terpelajar.

Syekh Ali Al-Hudzaifi juga menguasai ilmu qiraat. Buktinya, beliau mendapatkan Ijazah Qiraah Asyrah dari Syekh Ahmad Az-Zayyaat, Ijazah Riwayat Hafsh dari Syekh Amir As-Sayyid Utsman, dan Ijazah Riwayat Hafsh lain dari Syekh Abdul Fattaah Al-Qadhi. Dengan kemampuan qiraat yang baik, banyak muslim sangat suka mendengarkan lantunan Ayat Suci dari beliau. Selain qiraat, Syekh Ali Al-Hudzaifi juga mendapatkan ijazah hadis dari Syekh Hammad Al-Anshari.

Keteladanan

Imam Masjid Nabawi - swamedium-707a.kxcdn.com

Imam Masjid Nabawi – swamedium-707a.kxcdn.com

Yang mengagumkan, meskipun memiliki ilmu yang tinggi, beliau dikenal sebagai seorang imam dengan kepribadian sangat sederhana. Pakaian beliau pun biasa saja sehingga kalau tidak tahu, orang akan mengira beliau hanyalah kakek-kakek biasa yang beribadah di Masjid Nabawi.

Selain itu, Imam Besar Masjidil Haramain satu ini juga memiliki akhlak mulia dan memiliki sikap rendah hati (tawadhu) dan menjauhi hal-hal duniawi (zuhud). Dengan sikap yang baik dan pengetahuan agama yang mendalam inilah, Syekh Ali Al-Hudzaifi menjadi panutan bagi muslim lainnya di seluruh dunia.

Itulah informasi tentang Syekh Ali Al-Hudzaifi yang telah puluhan tahun menjadi imam Masjid Nabawi dan sudah dikenal luas oleh masyarakat, termasuk di Indonesia. Bahkan saat umurnya sudah tidak muda lagi, beliau masih sangat fasih dan merdu melantunkan Ayat Suci Alquran. Semoga Allah SWT selalu melindungi beliau.

Add Comment

%d bloggers like this: