Umroh

INGIN TETAP BUGAR SELAMA UMROH? HINDARI 7 JENIS MAKANAN INI

Menjaga kesehatan saat melakukan ibadah umroh merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut dikarenakan agenda umroh yang padat dan iklim lokal di Arab Saudi yang panas akan memaksa jemaah untuk memiliki kondisi tubuh yang prima, sehingga dapat menjalankan ibadah-ibadah umroh dengan sempurna. Selain makan makanan bergizi dan beristirahat yang cukup, jemaah umroh juga harus menghindari makanan-makanan yang tidak disarankan selama di tanah suci.

Makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan diare, mual, sakit tenggorokan, bahkan memperparah penyakit diabetes atau jantung. Akan sangat tidak nyaman jika jemaah mengalami sakit akibat mengonsumsi makanan yang tidak tepat selama di tanah suci, bukan? Untuk menghindari hal tersebut, mari simak 7 jenis makanan yang harus dihindari agar tetap bugar selama umroh berikut ini.

Gorengan

Gorengan - 4.bp.blogspot.com
Gorengan – 4.bp.blogspot.com

Orang Indonesia memang tidak bisa lepas dari yang namanya gorengan. Kebiasaan itu pun terbawa ke luar negeri, termasuk saat beribadah umroh. Kebanyakan jemaah yang merasa tidak cocok dengan katering yang disediakan pihak penyelenggara umroh mencari pelampiasan dengan jajan kuliner di sekitar lokasi tempat menginap atau saat berjalan-jalan ke tempat wisata. Padahal gorengan yang dijual di warung-warung makan belum tentu menyehatkan.

Minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng pada dasarnya adalah minyak tidak jenuh. Namun, proses pemanasan yang berulang dalam suhu tinggi menyebabkan minyak tersebut menjadi jenuh dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. Gorengan dari minyak yang tidak sehat juga bisa memperparah penyakitbatuk dan sakit tenggorokan.

Makanan yang mengandung zat pewarna dan zat pengawet

Makanan yang mengandung zat pewarna dan zat pengawet - caresbakery.com
Makanan yang mengandung zat pewarna dan zat pengawet – caresbakery.com

Makanan yang mengandung bahan kimia,terutama zat pewarna dan zat pengawet, pada umumnya memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan ini akan menyebabkan gangguan kesehatan ringan hingga berat, seperti kanker, jika dikonsumsi terlalu sering.

Pemanis buatan

Pemanis buatan - jadimandiri.org
Pemanis buatan – jadimandiri.org

Mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan tidak akan bermanfaat untuk tubuh karena gula buatan yang dikonsumi tidak akan menjadi sumber energi. Pemanis buatan seperti aspartam atau sakarin tidak bisa dicerna oleh tubuh dan sangat tidak baik untuk penderita diabetes. Mengonsumsi pemanis buatan yang terlalu sering akan menyebabkan berbagai penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penurunan kemampuan penglihatan, sakit kepala, bahkan gangguan psikologis.

Minuman soda

Minuman soda - 2.bp.blogspot.com
Minuman soda – 2.bp.blogspot.com

Udara panas Arab Saudi akan membuat jemaah sering merasa kehausan. Namun, minuman soda sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam kondisi ini. Soda bersifat mengurangi produksi air liur, padahal air liur berfungsi menetralkan asam dari soda. Hal ini justru akan semakin meningkatkan rasa haus. Terlebih, soda mengandung banyak sekali gula, yang tidak baik untuk penderita diabetes.

Makanan pedas dan asam

 Makanan pedas dan asam - tokomesin.com
Makanan pedas dan asam – tokomesin.com

Mengonsumsi makanan pedas dan terlalu asam selama ibadah umroh harus dihindari. Jemaah yang memiliki masalah dengan lambung akan mengalami gejala penyakit mag yang lebih parah jika mengonsumsi kedua makanan ini. Terlebih, makanan yang terlalu pedas bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Tentunya akan sangat mengganggu jika jemaah mengalami diare dan harus selalu bolak-balik ke toilet.

Makanan bersantan

Makanan bersantan - 2.bp.blogspot.com
Makanan bersantan – 2.bp.blogspot.com

Jemaah yang berusia lanjut ada baiknya menghindari makanan bersantan. Makanan bersantan mengandung kadar lemak yang tinggi yang akan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok.

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi - radarpekalongan.com
Makanan yang mengandung kadar garam tinggi – radarpekalongan.com

Makanan berkadar garam tinggi seperti keripik tidak baik bagi jemaah dengan riwayat penyakit darah tinggi. Terlebih lagi, mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi akan menyebabkan seseorang lebih haus karenatubuh mengalami retensi air. Saat terjadi retensi air, cairan akan menumpuk di dalam tubuh, terutama di peredaran darah dan jaringan lainnya.

Demikian daftar makanan yang perlu dihindari jemaah saat melakukan umroh. Semoga dengan tips di atas jemaah bisa beribadah dengan lancar tanpa mengalami penyakit yang mengganggu selama umroh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: