FikihHajiUmroh

Inilah 10 Perbedaan Ibadah Haji dengan Umroh

Haji dan umroh adalah rangkaan kegiatan ibadah umat muslim yang dilaksanakan di Mekah dan Madinah. Meskipun sama, tetapi ada perbedaan-perbedaan mendasar yang ada pada kedua ibadah tersebut. Sepuluh perbedaan tersebut dapat dilihat dari masing-masing hal, seperti dijelaskan di bawah ini.

Hukum yang Mengatur

Perbedaan Haji Dan Umroh - image.slidesharecdn.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – image.slidesharecdn.com

Ibadah haji merupakan ibadah wajib karena termasuk salah satu dari Rukun Islam. Ditambah dengan firman Allah yang terdapat pada surah Ali Imron ayat 97. Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar hukum utama untuk menunaikan ibadah haji.

Umroh sendiri, sebagian ulama menganggapnya wajib, tetapi banyak ulama lainnya juga yang berpendapat jika umroh adalah sunah. Mereka yang berpendapat jika umroh merupakan ibadah sunah, mengacu pada hadis Jabir bin Abdillah RA.

Waktu Pelaksanaan

Perbedaan Haji Dan Umroh - hajidanumrohyulianto.files.wordpress.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – hajidanumrohyulianto.files.wordpress.com

Ibadah haji dilakukan satu kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 9 sampai 11 Zulhijah saja. Namun, ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, kecuali di taggal 9-10 dan 11-13 Zulhijah yang merupakan hari Arafah, Nahar, dan hari Tasyrik.

Tempat Pelaksanaan

Perbedaan Haji Dan Umroh - manasikumroh.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – manasikumroh.com

Secara umum, tempat pelaksanaan ibadah haji dan umroh memang seluruhnya berada di Mekah, tetapi pada ibadah haji ada beberapa rukun haji yang dilakukan di luar kota Mekah, seperti di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina.

Rukun dan Tata Cara Pelaksanaan

Perbedaan Haji Dan Umroh - badalhajimurah.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – badalhajimurah.com

Rukun yang harus dikerjakan pada saat umroh adalah ihram, tawaf, sai, dan Tahalul. Untuk rukun haji sendiri, mirip engan rukun umroh tadi hanya ditambahkan 3 rukun lainnya, yaitu wukuf di Arafah, mabit di Muzdhalifah, dan jumroh di Mina.

Jenis Haji dan Umroh

Perbedaan Haji Dan Umroh - media.ihram.asia
Perbedaan Haji Dan Umroh – media.ihram.asia

Perbedaan jenis haji dan umroh dapat dilihat dari urutan dan tata pelaksanaannya. Jenis-jenis ibadah haji meliputi, haji ifrad, haji tamattu’, dan haji qiran. Jenis umroh sendiri terdiri dari umroh mufradah, umroh tamattu’, dan umroh sunah.

Perbedaan Dam

Perbedaan Haji Dan Umroh - Perbedaan Haji Dan Umroh - media.ihram.asia
Perbedaan Haji Dan Umroh – Perbedaan Haji Dan Umroh – media.ihram.asia

Dam atau denda wajib dibayarkan oleh jamaah haji dan umroh jika kedapatan melanggar larangan atau meninggalkan salah satu rukun yang ada.

Dam pada umroh dikenakan jika jamaah melakukan:

  • – Meninggalkan tawaf wada
  • – Mencukur rambut atau memotong kuku saat ihram
  • – Memakai pakaian berjahit
  • – Memakai wewangian
  • – Menutup wajah saat ihram
  • – Memakai sarung tangan saat ihram (bagi wanita)

Adapun dam pada haji dikenakan jika:

  • – Dam haji tamattu’
  • – Dam haji qiran
  • – Dam fidyah
  • – Dam jaza
  • – Dam ihsar
  • – Dam Jima

 

Kondisi Kesehatan Fisik

Perbedaan Haji Dan Umroh - kesehatanhaji.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – kesehatanhaji.com

Dibutuhkan kondisi kesehatan fisik yang sangat prima untuk dapat melaksanakan ibadah haji. Hal ini karena rangkaian ibadahnya yang lebih banyak dan kompleks dibandingkan dengan ibadah umroh. Medan yang dilalui para jamaah haji juga tidaklah mudah. Ada tantangan dan kesulitan tersendiri yang harus dihadapi, sehingga kondisi fisik yang prima sangat wajib disiapkan.

Lamanya Ibadah

Perbedaan Haji Dan Umroh - abna.co
Perbedaan Haji Dan Umroh – abna.co

Idealnya, ibadah haji dilakukan minimal selama 4 hari yang dimulai dari tanggal 9 dan selesai pada tanggal 12 Zulhijah. Hal ini jika jamaah tersebut mengambil nafar awal sedangkan jamaah yang mengambil nafar sani, harus ditambah 5 hari lagi. Sementara ibadah umroh, dapat dilakukan hanya dalam waktu 2-3 hari saja.

Kepadatan Pengunjung

Perbedaan Haji Dan Umroh - 3.bp.blogspot.com
Perbedaan Haji Dan Umroh – 3.bp.blogspot.com

Karena haji hanya dilakukan setiap setahun sekali, maka pengunjung yang datang akan terjadi tingkat kepadatan yang signifikan di Kota Mekah dan sekitarnya. Lain halnya dengan umroh, karena bebas dilakukan kapanpun, kepadatan pengunjung yang ada tidak terlalu tinggi.

Status Di Masyarakat

Perbedaan Haji Dan Umroh - muslim.or.id
Perbedaan Haji Dan Umroh – muslim.or.id

Di Indonesia, orang yang telah berangkat haji mendapat gelarnya sendiri. Sedangkan mereka yang hanya mampu melakukan ibadah umroh, tidak mendapatkan gelar apapun. Hal ini yang menjadi perbedaan mencolok yang ada di masyarakat Indonesia.

Baik haji maupun umroh, keduanya memiliki keutaman. Jika sudah memenuhi syarat wajibnya, sebaiknya bersegeralah untuk melakukan ibadah-ibadah tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: