Dunia Islam

Inilah 7 Bukti Tak Terbantahkan Bahwa Islam Memuliakan Kaum Muslimah

Dunia barat sering kali mengkritik Islam sebagai agama yang “keras” terhadap perempuan. Mereka menggunakan kewajiban berhijab sebagai bukti bahwa Islam membatasi gerak perempuan, dan menggambarkan wanita berhijab sebagai makhluk yang kuno.

Padahal, wanita dapat memenuhi kewajibannya pada Sang Pencipta sekaligus berkontribusi di masyarakat dengan keahlian yang mereka miliki. Jauh sebelum adanya istilah emansipasi wanita, Islam telah membuktikan bahwa wanita merupakan makhluk yang mulia. Inilah tujuh bukti yang akan semakin meyakinkan Anda bahwa Islam memuliakan kaum muslimah.

Allah mengutuk orang yang benci akan kelahiran anak perempuan

Allah mengutuk orang yang benci akan kelahiran anak perempuan - perawatanbayi.com
Allah mengutuk orang yang benci akan kelahiran anak perempuan – perawatanbayi.com

Orang-orang Arab pada zaman jahiliyah punya tradisi mengubur hidup-hidup anak perempuan. Dalam Surat An-Nahl ayat 16, Allah berfirman:

“Dan apabila dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, merah padamlah mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah, alangkah buruknya  apa yang mereka tetapkan itu.”

Allah memberikan kemuliaan khusus bagi wanita yang telah menjadi ibu

Allah memberikan kemuliaan khusus bagi wanita yang telah menjadi ibu - sumbar1.com
Allah memberikan kemuliaan khusus bagi wanita yang telah menjadi ibu – sumbar1.com

Rasulullah menyebut ibu hingga tiga kali sebagai orang yang wajib dihormati dan dimuliakan. Allah pun memerintahkan hamba-Nya untuk memuliakan wanita, terutama ibu dalam berbagai ayat Alquran, salah satunya dalam Surat Luqman ayat 14:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan ibu-bapakmu, hanya kepada Akulah tempatmu kembali.”

Wanita berhak menerima mahar saat menikah

Wanita berhak menerima mahar saat menikah - cdn.brilio.net
Wanita berhak menerima mahar saat menikah – cdn.brilio.net

Mahar merupakan bukti penghormatan seorang laki-laki terhadap wanita. Hal tersebut sesuai dengan perintah Allah dalam Surat An-Nisa ayat 4:

“Berikanlah mahar kepada wanita yang kalian nikahi sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kalian sebagian mahar tersebut dengan senang hati maka makanlah (ambillah) pemberian itu sebagai makanan yang sedap lagi baik akibatnya.”

Wanita berhak mendapatkan warisan

Wanita berhak mendapatkan warisan - 3.bp.blogspot.com
Wanita berhak mendapatkan warisan – 3.bp.blogspot.com

Sebagaimana kaum laki-laki, wanita pun memiliki hak yang sama untuk mendapatkan warisan. Hal tersebut tercantum dalam Surat An-Nisa ayat 7:

“Bagi laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, dan bagi wanita ada hak dan bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bagian yang telah ditetapkan.”

Wanita merupakan karunia, bukan musibah

Wanita merupakan karunia, bukan musibah - i0.wp.com
Wanita merupakan karunia, bukan musibah – i0.wp.com

Pada masa jahiliyah, wanita dianggap sebagai sebuah malapetaka. Hal tersebut bertentangan dengan Islam yang jelas-jelas menetapkan wanita sebagai makhluk mulia. Dalam Surat Ar-Rum  ayat 21, Allah berfirman:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya  ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikannya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar tanda bagi kaum yang berpikir.”

Dijadikan sebagai nama surat dalam Alquran

Dijadikan sebagai nama surat dalam Alquran - albert.b-cdn.net
Dijadikan sebagai nama surat dalam Alquran – albert.b-cdn.net

Adanya satu surat yang diberi nama An-Nisa (perempuan) merupakan bukti bahwa Islam merupakan agama yang menghargai kedudukan seorang wanita. Dalam Surat An-Nisa, Allah menurunkan perintah untuk memuliakan wanita.

Allah memerintahkan laki-laki untuk berbuat adil kepada istri

Allah memerintahkan laki-laki untuk berbuat adil kepada istri - marefatmagazine.files.wordpress.com
Allah memerintahkan laki-laki untuk berbuat adil kepada istri – marefatmagazine.files.wordpress.com

Islam membolehkan laki-laki untuk memiliki istri lebih dari satu. Meski demikian, Allah mengharuskan para pria agar dapat bersikap adil pada istri-istrinya agar tidak timbul sikap zalim. Melalui perintah tersebut, Allah memerintahkan agar laki-laki cukup memiliki satu istri jika takut tidak dapat bersikap adil, sebagaimana yang tercantum dalam Surat An-Nisa ayat 3:

“Kemudian jika kalian khawatir tidak dapat berlaku adil, maka nikahilah seorang wanita saja atau budak-budak perempuan yang kalian miliki.

Allah telah berkata dengan sejelas-jelasnya dalam Alquran bahwa wanita merupakan makhluk yang wajib dimuliakan. Oleh karena itu, tidak alasan bagi kita untuk tidak memperlakukan wanita dengan baik dan penuh penghormatan. Yuk, tunjukkan rasa hormat Anda kepada wanita muslimah dengan membagikan artikel ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close