Dunia Islam

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Sholat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim. Dan seperti yang kita tahu, dalam mengerjakan sholat itu sendiri terdapat banyak gerakan yang harus dilakukan, mulai dari gerakan takbiratul ihram, ruku, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, hingga duduk tahiyat awal dan tahiyat akhir. Namun, pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa setiap gerakan sholat tersebut sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut adalah manfaat gerakan sholat bagi kesehatan.

Takbiratulihram

Gerakan Sholah - nu.or.id
Gerakan Sholat – nu.or.id

Gerakan pertama yang dilakukan dalam mengerjakan sholat adalah takbiratulihram. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegap, mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan bahu atau daun telinga, dan kemudian melipatnya di depan dada bagian bawah. Jika dilakukan dengan benar, gerakan ini dapat memperlancar aliran darah dan cairan getah bening di dalam tubuh. Selain itu, gerakan mengangkat tangan pada saat takbiratulihram juga dapat meregangkan dan memperkuat otot-otot bagian tangan.

Ruku

Gerakan Sholah - id.islamkingdom.com
Gerakan Sholat – id.islamkingdom.com

Gerakan sholat berikutnya adalah ruku. Pada saat ruku, posisi tubuh kita membungkuk hingga membentuk sudut 90 derajat, di mana posisi kepala lurus dengan tulang belakang dan posisi tangan menahan bagian lutut kaki. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga struktur dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf, merelaksasikan otot-otot bagian bahu hingga ke bawah, memperlancar aliran darah dari otak ke seluruh bagian tubuh, serta sebagai latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

Itidal

Gerakan Sholat - alimancenter.com
Gerakan Sholat – alimancenter.com

Itidal adalah gerakan bangun dari ruku untuk berdiri sejenak sebelum melakukan sujud. Gerakan berdiri-bungkuk-berdiri-sujud dari mulai takbiratulihram sampai sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Dengan melakukan rangkaian gerakan ini dengan benar, organ-organ pencernaan di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Sujud

Gerakan Sholat - islamidia.com
Gerakan Sholat – islamidia.com

Gerakan sujud dilakukan dengan cara menungging dan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, serta bagian kepala dari dahi sampai hidung pada lantai. Dengan posisi seperti ini, aliran getah bening akan terpompa ke bagian leher dan ketiak. Sementara, posisi jantung yang berada di atas otak menyebabkan aliran darah dari jantung menuju otak menjadi lebih lancar. Dengan lancarnya aliran darah ke otak, maka daya berpikir juga menjadi lebih baik. Bagi wanita, gerakan sujud dan ruku juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan dan kesuburan organ kewanitaan.

Duduk di Antara Dua Sujud dan Duduk Tahiyat Awal

Gerakan Sholat - nu.or.id
Gerakan Sholat – nu.or.id

Duduk di antara dua sujud dan duduk tahiyat awal ini memiliki posisi yang sama, yaitu menumpukan tubuh pada bagian pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang dapat menjadikan seseorang sulit untuk berjalan.

Duduk Tahiyat Akhir

Gerakan Sholat - img.okeinfo.net
Gerakan Sholat – img.okeinfo.net

Posisi duduk tahiyat akhir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan duduk di antara dua sujud dan duduk tahiyat awal. Hanya saja ketika duduk tahiyat akhir, kaki kiri diposisikan berada di bawah kaki kanan. Gerakan sholat ini sangat baik untuk pria karena posisi tumit menekan bagian kandung kemih (uretha), saluran vas deferens, serta kelenjar kelamin pria (prostate). Apabila dilakukan dengan benar, gerakan ini juga dapat mencegah timbulnya penyakit impotensi.

Salam

Gerakan Sholat - muslim.or.id
Gerakan Sholat – muslim.or.id

Gerakan salam dilakukan dengan cara menengokkan kepala ke arah kanan dan kiri. Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah dapat meregangkan otot di sekitar leher dan kepala serta menyempurnakan aliran darah di sekitar bagian tersebut. Selain itu, gerakan salam juga dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Itulah manfaat gerakan sholat bagi kesehatan. Agar sholat kita dapat mendatangkan manfaat seperti di atas, kita tentunya juga harus memahami terlebih dahulu ilmu sholat, dari mulai tata cara sholat yang benar, syarat sholat, rukun sholat, hingga keutamaan dari sholat itu sendiri. Sebab sungguh mustahil jika kita mengharap manfaat dari sesuatu apabila dalam pelaksanaannya saja kita masih belum sesuai tuntunan. Wallahualam bishowab.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close