Dunia Islam

Inilah Negara Dengan Pertumbuhan Islam Tertinggi di Eropa

Setelah wahyu pertama diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw., tepatnya pada 622 Masehi, sejak saat itulah perjalanan penyebaran ajaran Islam ke berbagai belahan dunia dimulai. Sampai saat ini, populasi muslim memiliki angka yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan agama-agama lain di dunia.

Jika Indonesia memiliki mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam, bagaimanakah dengan negara-negara lain? Ternyata, ada beberapa negara yang diketahui memiliki angka pertumbuhan Islam tertinggi. Yuk, lihat ulasannya berikut ini.

Turki

Pertumbuhan Islam - static.republika.co.id
Pertumbuhan Islam – static.republika.co.id

Turki adalah salah satu negara dengan pertumbuhan Islam tertinggi di Eropa dan terbesar dalam sejarah. Hal ini dikarenakan Dinasti Usmaniyah yang melebarkan sayapnya ke negara tetangga, termasuk Eropa. Agama Islam diketahui masuk pada abad ke-8 dan 9 Masehi, di mana kala itu pasukan tentara Arab tengah membangun kerajaan di kawasan tersebut.

Hingga saat ini, Turki menjadi salah satu destinasi wisata muslim populer di dunia. Ada beberapa masjid yang berdiri kokoh dan menawan, seperti Sabanci Merkez Camii, Sultan Ahmed, dan Hagia Sophia.

Albania

Pertumbuhan Islam - wesaltv.id
Pertumbuhan Islam – wesaltv.id

Negara di Eropa yang juga memiliki angka penduduk beragama Islam tinggi adalah Albania. Total populasinya sekitar 3,1 juta dengan pemeluk agama Islam sekitar 2,2 juta. Dulunya, negara ini melarang segala bentuk ibadah sampai tahun 1990-an, hingga akhirnya Albania mengalami perubahan menjadi negara demokrasi.

Pada abad ke-14, Islam masuk ke Albania. Ada dua paham yang dianut oleh muslim di Albania, yaitu Sunni dan Bektashi. Paham yang terakhir muncul pada abad ke-18 dan dibawa oleh Dinasti Usmaniyah. Beberapa masjid terkenal yang ada di negara ini adalah Muradie Mosque (Vlora), Lead Mosque (Berat), dan Ebu Beker Mosque (Shkoder).

Jerman

Pertumbuhan Islam - islamidia.com
Pertumbuhan Islam – islamidia.com

Populasi masyarakat Muslim di Jerman diklaim sebagai salah satu yang terbesar di Eropa Barat. Tercatat, sekitar 3-3,5 juta penduduk di Jerman memercayai ajaran Islam dan terus bertambah setiap harinya. Mayoritas masyarakatnya adalah keturunan Turki yang melakukan migrasi ke negara tersebut.

Ada sekitar 2.000 lebih tempat ibadah yang disediakan untuk kaum muslim dan tersebar di berbagai sudut kota Jerman. Beberapa yang indah di antaranya adalah Sehitlik Moschee, Berlin dan Freimann Moschee, Munich.

Bosnia Hercegovina

Pertumbuhan Islam - news.images.itv.com
Pertumbuhan Islam – news.images.itv.com

Bosnia Hercegovina memiliki total populasi penduduk sekitar 3,8 juta dengan penganut muslim sebanyak 1,5 juta. Pada tahun 1992 hingga 1995, Bosnia Hercegovina sempat mengalami perang antar etnis. Tercatat sekitar 250.000 orang tewas akibat konflik antara muslim Bosnia, Serbia, dan Kroasia. Peristiwa ini diklaim sebagai kekejaman terburuk Eropa setelah Perang Dunia ke-II.

Perancis

Pertumbuhan Islam - ivarfjeld.files.wordpress.com
Pertumbuhan Islam – ivarfjeld.files.wordpress.com

Perancis juga menjadi negara dengan pertumbuhan Islam tertinggi di benua Eropa. Hal ini dikarenakan penjajahan yang terjadi terhadap negara Islam pada era kolonialisme. Saat ini, banyak juga imigran muslim dari Aljazair, Afrika, dan Maroko yang menetap di Perancis. Islam sendiri menjadi agama terbesar kedua di negara ini.

Di Perancis, Anda bisa menemukan salah satu masjid terbaik dengan taman indah di dalamnya, yaitu Great Mosque of Paris yang resmi dibangun pada tahun 1926.

Spanyol

Pertumbuhan Islam - archive.li
Pertumbuhan Islam – archive.li

Islam menjadi bagian yang tidak akan terlupakan dari sejarah negara Spanyol karena sempat menjadi sasaran wilayah Kekhalifahan Umayyah pada tahun 709 hingga 1614.  Saat ini tercatat, ada sekitar 1,8 juta penduduk yang menganut agama Islam di spayol dan sebagian di antaranya adalah imigran.

Ada banyak objek wisata bersejarah yang diwariskan oleh Islam di Spanyol, seperti benteng-benteng dan kota tua yang berlokasi di Andalusia. Salah satu bangunan yang diklaim sebagai mahakarya adalah Great Mosque yang ada di Cordoba.

Itu dia beberapa negara dengan pertumbuhan Islam tertinggi di Eropa. Menarik sekali bukan? Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan Anda tentang Islam ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close