Dunia Islam

Inilah Para Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Anda pasti sudah sering mendengar sahabat Nabi Muhammad SAW. Janji Allah kepada beberapa para sahabat nabi adalah surga abadi. Selain itu, dalam sebuah firman Allah juga dijelaskan bahwa jaminan surga akan diberikan kepada orang-orang yang memeluk agama Islam pertama kali. Mereka adalah kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

Lantas, siapa saja para sahabat nabi yang dijamin masuk surga? Berikut ini ulasannya.

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Sahabat Nabi - waktuku.com
Sahabat Nabi – waktuku.com

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah sahabat terdekat Rasulullah yang masuk Islam pertama kali. Beliau adalah khalifah pertama yang juga mendapatkan gelar dari Rasulullah sebagai AshShiddiq (yang benar, jujur, serta membenarkan). Beliau wafat pada usia 63 tahun dan dimakamkan di kota Madinah, di sebelah makam Rasulullah.

Umar bin Khattab

Sahabat Nabi - 1.bp.blogspot.com
Sahabat Nabi – 1.bp.blogspot.com

Sebelum memeluk agama Islam, Umar dikenal sebagai sosok yang jago gulat dan pecandu minuman keras. Namun setelah memeluk Islam, beliau menjadi salah satu sahabat nabi yang sangat keras dalam membela agama Islam. Umar wafat usai dibunuh oleh Abu Lukluk saat ingin mempimpin salat (23H). Beliau dimakamkan dekat dengan makam Rasulullah dan Abu Bakar.

Ustman bin Affan

Sahabat Nabi - kakakpintar.com
Sahabat Nabi – kakakpintar.com

Ustman bin Affan adalah khalifah selanjutnya. Beliau berhasil mengumpulkan wahyu serta menyusunnya dalam bentuk mushaf, Alquran pada masa kepemimpinannya. Ustman bin Affan mulai memeluk ajaran Islam usai mendapat ajakan dari Abu Bakar.

Ali bin Abi Thalib

Sahabat Nabi - deweezz.com
Sahabat Nabi – deweezz.com

Ali bin Abi Thalib adalah orang pertama yang berasal dari golongan anak-anak dan memeluk ajaran agama Islam. Beliau dikenal sebagai sosok yang berani dan cerdas. Beliau wafat selah ditikam oleh pedang beracun milik Abdurrahman bin muljam usai melaksanakan salat Subuh pada usia 53 tahun. Makamnya berada di Kufah, Irak.

Thalhah bin Abdullah

Sahabat Nabi - izzatadam.files.wordpress.com
Sahabat Nabi – izzatadam.files.wordpress.com

Thalhah bin Abdullah berasal dari suku Quraisy yang dikenal sebagai salah satu konsultan Rasulullah. Beliau turut serta dalam perang Uhud dan mengalami luka parah. Thalhah menjadikan dirinya sebagai perisai Rasulullah dan mengalihkan panah yang meluncur menuju ke arah Nabi dan mengakibatkan jari-jarinya putus. Beliau wafat pada tahun 36 Hijriyah.

Zubeir bin Awwam

Sahabat Nabi - demetriusrogers.files.wordpress.com
Sahabat Nabi – demetriusrogers.files.wordpress.com

Zubeir bin Awwam adalah golongan pertama yang memeluk ajaran Islam, di mana usianya kala itu adalah 15 tahun. Dia sangat membela Islam dan tidak pernah absen melakukan pertempuran bersama kaum muslim. Zubeir adalah sosok yang sangat dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau wafat pada tahun 36 Hijriyah setelah ditikam saat menunaikan salat.

Sa’ad bin Abi Waqqas

Sahabat Nabi - ikhtibarsite.files.wordpress.com
Sahabat Nabi – ikhtibarsite.files.wordpress.com

Sa’ad bin Abi Waqqas memercayai ajaran Islam ketika dirinya menginjak usia 17 tahun. Beliau sangat mahir dalam memanah serta menunggang kuda. Sa’ad bin Abi Waqqas mengikuti hampir seluruh peperangan bersama kaum muslimin. Beliau ditunjuk sebagai gubernur militer di Irak saat periode khalifah dan ditugaskan untuk mengatur pemerintahan. Sa’ad  tutup usia pada tahun 55 Hijriyah dan dimakamkan di Baqi’.

Sa’id bin Zaid

Sahabat Nabi - 3.bp.blogspot.com
Sahabat Nabi – 3.bp.blogspot.com

Sa’id memeluk agama Islam saat usianya belum genap 20 tahun bersama dengan sang istri, Fathimah binti al-Khattab. Sa’id selalu ikut berperang bersama dengan Rasulullah pada setiap peperangan. Beliau wafat saat berusia 70 tahun (51 Hijriyah). Makamnya berada di Baqi’.

Abdurrahman bin ‘Auf

Sahabat Nabi - edubuku.com
Sahabat Nabi – edubuku.com

Abdurrahman bin’ Auf termasuk ke dalam daftar tujuh orang pertama yang memeluk agama Islam. Dia tergolong sebagai sahabat Nabi yang memiliki kekayaan melimpah tetapi tetap dermawan. Bahkan, saat dirinya diberitahukan oleh Rasulullah bahwa Allah menjaminnya masuk surga, beliau semakin semangat untuk bersedekah. Abdurrahman tutup usia pada umur 72 tahun.

Abu ‘Ubaidah bin Jarrah

Sahabat Nabi - static.republika.co.id
Sahabat Nabi – static.republika.co.id

Abu ‘Ubaidah adalah sosok yang jujur dan amanah dalam berperilaku. Beliau menganut agama Islam lewat perantara Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau dipercaya oleh Rasulullah untuk memimpin sebuah peperangan. Abu’Ubaidah wafat pada tahun 18 Hijriyah.

Nah, itu dia para sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Yuk, share ke orang-orang tercinta kamu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close