Dunia Islam

Islam dan Ilmu Pengetahuan, Bagaimanakah Korelasi Di Antara Keduanya?

Dalam pandangan agama Islam, ilmu adalah sesuatu yang suci. Ilmu merupakan cahaya yang akan menerangi kehidupan seseorang. Ibarat seseorang yang tidak dapat melihat di malam hari kecuali dengan pelita, tanpa ilmu seseorang juga tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Islam menuntut umatnya untuk mencari ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan secara umum (duniawi). Oleh sebab itu, korelasi Islam dan ilmu pengetahuan sangat erat karena manusia membutuhkan ilmu pengetahuan untuk mengelola bumi ini sesuai dengan perintah Allah SWT.

Islam sendiri memiliki banyak ilmuwan yang ahli di bidang sains, astronomi, kesehatan, politik, sastra dan lain sebagainya. Keberadaan ilmuwan muslim ini sudah ada pada zaman nabi hingga masa kekhalifahan. Berikut adalah pemaparan beberapa ilmuwan muslim beserta hasil ciptaannya.

Ibnu Sina

Ibnu Sina - 4.bp.blogspot.com
Ibnu Sina – 4.bp.blogspot.com

Ibnu Sina juga dikenal dengan nama Avicenna dan mendapat julukan sebagai Bapak Pengobatan Modern. Selain dikenal sebagai dokter, beliau juga diketahui sebagai seorang filsuf yang berasal dari Persia (sekarang Iran). Catatannya di bidang kedokteran dan filsafat ditulis ke dalam beberapa buku yang membuat beliau juga dikenal sebagai penulis yang andal.

Karangan beliau di bidang kedokteran yang paling populer adalah Qanun Fi Thib yang hingga saat ini masih dipakai sebagai rujukan di dunia kedokteran modern. Karya beliau yang lain, yaitu Asy Syifa yang terdiri atas 18 volume memuat tentang beraneka ragam ilmu pengobatan.

Al Khawarizmi

Al-Khawarizmi - 2.bp.blogspot.com
Al-Khawarizmi – 2.bp.blogspot.com

Ilmuwan muslim selanjutnya dikenal sebagai penemu angka nol, yaitu Al Khawarizmi. Selain ahli dalam ilmu matematika, beliau juga ahli di bidang astronomi, geografi dan astrologi. Al Khawarizmi lahir di Persia pada tahun 780 Masehi dan wafat di Baghdad tahun 850 Masehi. Beliau berprofesi sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi di Baghdad selama masa hidupnya. Karya besar dari Al Khawarizmi adalah Al Jabar yang mengkaji solusi sistematik dari notasi dan linier. Karya yang lain adalah Al-kitab al-mukhtasar fi hisab aljabr wal-muqobala, yakni sebuah kitab yang berisi rangkuman perhitungan (matematika).

Al Zahrawi

Al-Zahrawi - maruwiah.files.wordpress.com
Al-Zahrawi – maruwiah.files.wordpress.com

Di abad pertengahan, Islam mempunyai seorang dokter gigi dan dokter kandungan. Ilmuwan muslim tersebut adalah Al Zahrawi yang dikenal juga dengan nama Abulcasis. Beliau lahir di tahun 936 Masehi dan meninggal di tahun 1013 Masehi. Selain ahli di bidang gigi dan kandungan, Al Zahrawi juga mampu menciptakan alat bedah yang menunjang proses operasi.

Berkat kemampuannya tersebut, Al Zahrawi didaulat sebagai dokter kerajaan pada masa kekhalifahan Dinasti Al Hakam II dan Dinasti Umayyah. Saat menjabat sebagai dokter kerajaan inilah beliau menyusun sebuah buku mengenai pengobatan dan operasi gigi. Karya tersebut kemudian diterjemahkan oleh Gerordo ke dalam bahasa Latin yang kemudian dijadikan referensi di bidang kedokteran gigi selama berabad-abad.

Al Khindi

Al-Kindi - wearandcheer.com
Al-Kindi – wearandcheer.com

Al Khindi (Al Kindus) merupakan ilmuwan muslim yang menulis lebih dari 270 buku mengenai ensiklopedia. Al Khindi dikenal sebagai filsuf muslim pertama yang menguasai bahasa Yunani serta fasih berbahasa Arab. Ilmuwan barat yang mengkaji karya Al Khindi di bidang filsafat adalah Aristoteles dan Plotinus. Selain filsafat, Al Khindi juga mahir di bidang kedokteran, matematika, musik, dan geografi. Sehingga tidak mengherankan jika beliau juga dikenal sebagai ilmuwan serba bisa.

Melihat banyaknya ilmuwan muslim yang berkontribusi bagi perkembangan peradaban manusia, jelaslah bahwa korelasi antara Islam dan ilmu pengetahuan begitu dekat, bahkan wahyu Tuhan yang pertama kali turun adalah perintah untuk membaca. Pastinya ilmu pengetahuan bisa didapatkan dengan jalan membaca.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close