Dunia Islam

Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan dalam Islam Sesuai Rasulullah

Sebagai agama yang sempurna dan lengkap, Islam dan kesehatan tidak dapat dipisahkan. Islam telah menerapkan prinsip-prinsip dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia. Sebagai agama samawi terakhir yang diturunkan, Islam bertujuan untuk menyempurnakan ajaran agama sebelumnya.

Kesehatan dalam Islam sangat diutamakan, karena kebersihan sebagai cara utama menghindari penyakit, dianggap sebagai bagian dari iman. Nah, sebagai seorang muslim, kita dapat mengikuti cara nabi Muhammad SAW menjaga kesehatan.

Inilah 7 cara dari sekian banyak ajaran Rasulullah dalam menjaga kesehatan yang bisa kita ikuti.

Makanan Halal dan Baik

Makanan Halal dan Baik - daunjatuh.com
Makanan Halal dan Baik – daunjatuh.com

Nabi Muhammad tidak makan makanan yang tidak memenuhi syarat halal dan baik. Makanan halal terkait dengan urusan akhirat, sedangkan makanan baik yang bermanfaat bagi tubuh terkait pada urusan dunia. Rasulullah biasa mengonsumsi madu dicampur air yang baik bagi pencernaan.

Rasul bersabda, “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alquran” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).

Selain itu nabi juga makan tidak berlebihan. Beliau tidak makan sebelum lapar serta berhenti sebelum kenyang. Makan juga harus dilakukan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja organ pencernaan, agar bisa lebih sempurna serta kita tidak tersedak. Dalam jangka panjang, makanan yang tidak dicerna dengan baik, dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan - tipsdoktercantik.com
Menjaga Kebersihan – tipsdoktercantik.com

Nabi Muhammad SAW setiap hari Kamis dan Jumat, rutin menjaga kebersihan badan dengan memotong kuku, membersihkan cambang dan janggut, bersikat, serta menggunakan parfum. Rasullulah setiap harinya juga selalu memakai wangi-wangian dan tampil rapi dan bersih. Islam dan kesehatan, memang dua hal yang tidak dapat terpisahkan.

Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal

Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal - malangtoday.net
Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal – malangtoday.net

Rasulullah biasanya tidur selepas Isya dan bangun saat pertengahan kedua malam. Setelah itu bersiwak, wudhu, dan melakukan salat. Ini sesuai dengan penelitian bahwa mereka yang tidur 6-7 jam sehari memiliki risiko kematian yang lebih kecil, dibandingkan mereka yang tidur 8 jam sehari. Nabi juga tidur dengan tubuh miring ke kanan, lalu terkadang miring ke kiri, dan ke kanan lagi sambil terus berzikir hingga mengantuk.

Manfaat dari gerakan salat Subuh sama dengan gerakan olah raga kecil di pagi hari. Udara subuh juga lebih segar, jadi bangun sebelum subuh selain berpahala juga mendapatkan badan yang sehat.

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga - hellosehat.com
Rutin Berolahraga – hellosehat.com

Nabi gemar berolahraga dan sering mengajak istrinya Aisyah RA dan anak-anak mereka untuk berlatih berenang,  memanah, dan menunggang kuda. Nabi juga suka melakukan berbagai jenis olahraga, bahkan jago gulat dan lari.  Jadi Rasulullah selain sehat juga kuat.

Puasa Sunah

Puasa Sunah - static.republika.co.id
Puasa Sunah – static.republika.co.id

Rasulullah menganjurkan kita untuk berpuasa sunah, seperti puasa Senin-Kamis, puasa nabi Daud, puasa 6 hari di bulan Syawal. Hal ini karena puasa bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit jasmani dan rohani. Selain itu puasa juga bisa menjaga stamina tubuh dan energi, serta detoks secara total. Dengan demikian, kita bisa memiliki tubuh yang kondisinya bisa berfungsi dengan baik.

Menjaga Emosi

Menjaga Emosi - 1.bp.blogspot.com
Menjaga Emosi – 1.bp.blogspot.com

Nasehat nabi adalah agar kita jangan marah dan ini disampaikannya hingga 3 kali. Hal ini karena rasa marah bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Seorang yang pemarah lebih sering menderita penyakit seperti sakit kepala, darah tinggi, pencernaan, jantung, hingga depresi.

Bersosialisasi

Bersosialisasi - storage.googleapis.com
Bersosialisasi – storage.googleapis.com

Rasulullah memberikan contoh yang baik, agar kita memiliki banyak sahabat dan selalu melakukan silaturahmi dengan saudara. Studi  menunjukkan bahwa  seorang pria berusia di atas 70 tahun yang sering bersosialisasi, lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit jantung.

Nah, itulah kaitan antara Islam dan kesehatan,   berbagai upaya yang harus kita lakukan agar tetap sehat menurut Rasulullah SAW. Konsumsi makanan bergizi dan halal, menjaga kebersihan,  olahraga cukup, jiwa yang tenang, serta menjaga emosi, dan suka bersosialisasi dapat membuat kita jauh dari penyakit. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close