Dunia Islam

Ini 5 Alasan Mengapa Jumlah Muslim di Inggris Terus Meningkat

Dunia barat selama ini berpandangan negatif terhadap Islam, meski demikian justru jumlah mualaf di negeri Inggris semakin bertambah. Jumlah penduduk Muslim di Inggris pada tahun 2014, diperkirakan telah meningkat menjadi 3. 114. 992 orang. Sekitar 1. 554. 022 orang adalah mereka yang lahir di luar negeri.

Sementara itu sejak tahun 2001 sampai dengan 2016, telah terdapat 423 masjid baru di London. Islam di Inggris menjadi agama kedua terbesar. Sementara menurut laporan BBC, gereja-gereja di negara bagian Wales masa depannya tidak jelas.

Mereka mengalami kesulitan mendapatkan dana pemeliharaan gereja dan keberlangsungan aktivitas gereja, yang telah berusia ratusan tahun tersebut. Bahkan  sekitar 500 gereja telah tutup  dan ada yang dihentikan kegiatannya, sementara gereja lain hanya memiliki sedikit jamaah.

Mengapa demikian? Apakah paham radikalisme, ekstrem, dan terorisme, yang seolah tercermin dari Islam garis keras tidak membuat pandangan terhadap Islam menjadi negatif? Mari  kita tengok, 5 alasan jumlah mualaf terus meningkat di Inggris.

Muak dengan Imoralitas dan Konsumerisme Inggris

Muslimah di Inggris - static.republika.co.id
Muslimah di Inggris – static.republika.co.id

Sebagian besar para mualaf di Inggris adalah wanita berkulit putih. Mereka menyatakan telah muak dengan imoralitas dan konsumerisme yang terjadi di Inggris.

Banyak di antara wanita mualaf itu, telah memakai hijab bahkan ada yang menggunakan burka. Meskipun mereka mengalami kesulitan, karena dipandang negatif oleh keluarga setelah memeluk Islam.

Islam dianggap Lebih Kompatibel bagi Inggris

Muslim di Inggris - ichef-1.bbci.co.uk
Muslim di Inggris – ichef-1.bbci.co.uk

Budaya Inggris telah dianggap bergerak ke arah negatif seperti mabuk-mabukan dan menyukai alkohol, moralitas yang semakin berkurang, konsumerisme yang semakin tidak terkendali, serta permisif terhadap masalah seks.

Dengan menjadi muslim,  tidak bertujuan untuk merusak cara hidup Barat. Mereka hanya sekelompok mualaf yang bersatu dalam agama dan menganggap Islam sesuai dengan kehidupan di Inggris.

Agama Kristen di Inggris Sudah Dianggap Tidak Relevan di Masa ini

Muslim di Inggris - gomuslim.co.id
Muslim di Inggris – gomuslim.co.id

Bagi masyarakat Eropa – terutama generasi muda -, mulai menganggap agama Kristen sudah tidak relevan lagi karena tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Pajak gereja juga dianggap memberatkan, karena langsung dipotong dari gaji. Bisa dikatakan bahwa Islamphobia hanyalah rekayasa dari mereka yang kepentingannya terancam, karena pertumbuhan jumlah umat Islam di sana.

Inggris Dinilai Lebih Islami dibandingkan Negara Lain karena Kebebasan Beribadah dan Multikultural.

Muslim di Inggris - syariahcenter.com
Muslim di Inggris – syariahcenter.com

Tidak seperti negara-negara di dunia umumnya,  Islam di Inggris dipandang sebagai sebuah cinta dan keadilan. Berbeda dengan agama Yahudi dan Kristen, Muslim di Inggris merupakan sebuah komunitas baru. Jadi Islam dianggap sebagai komunitas yang hidup bersama dengan damai dan harmonis,  menghormati dan mengasihi orang lain. Bila tinggal di Inggris, nilai-nilai Islam menjadi lebih hidup.

Hak untuk Kebebasan Beragama di Inggris Diatur dalam 3 Sistem Hukum

Muslim di Inggris - media.ihram.asia
Muslim di Inggris – media.ihram.asia

Hak kebebasan beragama di Inggris diatur dalam sistem hukum konstituen, yaitu hukum nasional, Eropa, dan hukum internasional. Isinya menyatakan dengan jelas, kebebasan memeluk agama bagi setiap individu dan komunitas.

“Hak untuk kebebasan berpikir, berkeyakinan, dan beragama termasuk kebebasan untuk mengubah agama atau kepercayaan dan kebebasan, baik sendiri maupun dalam komunitas dengan orang lain dan di depan umum atau swasta, untuk mewujudkan agama atau kepercayaan, dalam ibadah, mengajar, praktik, dan ketaatan.”

Nah, itulah 5 hal yang menyebabkan pertumbuhan agama Islam di Inggris terus meningkat, meski masih menghadapi Islamphobia dari para pembenci Islam dan muslim hingga saat ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close