Dunia Islam

Islam Itu Indah, Berikut adalah Alasan Utamanya!

Islam adalah agama yang indah, tetapi banyak orang belum menyadarinya. Bukan hanya orang nonmuslim yang sering salah paham tentang ajaran Islam, kaum muslim pun masih ada yang belum menyadari betapa indah agama satu ini. Berikut adalah alasan Islam itu indah yang perlu Anda tahu.

Islam adalah agama yang diridhai Allah SWT

Islam itu indah - ummi-online.com
Islam itu indah – ummi-online.com

Islam adalah agama paling sempurna dan satu-satunya yang diridhai oleh Allah SWT. Hal tersebut disebutkan dalam firman-Nya,“sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imraan: 19).

Dengan menjadi pemeluk agama Islam, kaum muslim telah berada di jalan yang diberkahi oleh Allah SWT. Yang perlu dilakukan berikutnya adalah menjaga agar perilaku sebagai umat Islam sesuai dengan syariat agama.

Islam adalah agama pemersatu

Islam itu indah - okezone.com
Islam itu indah – okezone.com

Meskipun ada saja media sekuler yang berusaha menggambarkan Islam sebagai agama yang membiarkan adanya kekerasan dan terorisme, kenyataannya tidaklah demikian. Jika dipelajari lebih mendalam, Islam justru merupakan agama pemersatu yang mengedepankan perdamaian.

Disebutkan dalam firman Allah SWT, “dan berpeganglah kamu kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai” (QS. Ali Imraan: 103). Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa yang diajarkan dalam Islam adalah bersatu di jalan Allah SWT, bukannya perpecahan dan permusuhan.

Ajaran Islam mudah dan jelas

Islam itu indah - tqn.com
Islam itu indah – tqn.com

Dalam beragama, kejelasan menjadi hal yang sangat penting. Apabila ada yang tidak jelas, sangat mungkin muncul kesalahpahaman. Orang bisa melakukan sesuatu yang salah karena ia salah paham akan ajaran agama. Beruntunglah kaum muslim karena Islam tidak memiliki masalah demikian. Ajaran Islam mudah dan jelas, dengan sumber utama dari Alquran dan hadits nabi.

Kalau ada kaum muslim yang masih salah paham atas ajaran Islam, yang salah bukan ajarannya, melainkan orang bersangkutan yang belum belajar dengan benar. Untuk mengatasinya, kaum muslim sebaiknya belajar agama secara lebih mendalam dari ahli agama tepercaya.

Islam tidak mengajarkan pemujaan terhadap makhluk

Islam itu indah - i2.wp.com
Islam itu indah – i2.wp.com

Alasan Islam itu indah berikutnya adalah agama ini mengajarkan tentang persamaan antarmanusia. Sebagai muslim, Anda tidak perlu dan bahkan dilarang untuk menyembah sesama manusia. Hal ini terjadi karena manusia di muka bumi adalah sederajat—sama-sama makhluk yang fana—sedangkan yang abadi dan patut disembah hanya Allah SWT.

Dalam Islam, hal yang diperbolehkan hanyalah mencontoh sikap baik muslim lainnya, terutama sikap Rasulullah dan para sahabat beliau. Begitu juga ketika Anda berhadapan dengan para ulama atau ahli agama, Anda hanya boleh mengikuti nasihat dan perilaku baiknya.

Islam mengajarkan tentang persaudaraan

Islam itu indah - wordpress.com
Islam itu indah – wordpress.com

Perintah dalam Islam merupakan hal baik dan memiliki tujuan mulia. Misalnya, Islam memiliki perintah untuk menjaga persaudaraan. Umat muslim diperintahkan untuk menghormati orang tua, menjalin silaturahmi, dan menghargai tetangga. Dengan adanya perintah tersebut, kehidupan sosial seseorang akan tampak indah. Hubungan Anda dengan orang sekitar pun semakin harmonis.

Itu baru satu perintah. Islam memiliki perintah-perintah lain yang tujuannya untuk mewujudkan keindahan dalam hidup. Di antaranya adalah perintah atau anjuran untuk membantu orang-orang yang kesulitan atau sengsara, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, berlaku adil, dan masih banyak lagi.

Itulah bukti bahwa Islam itu indah. Dengan memahami keindahan Islam, ada sedikitnya tiga manfaat besar yang bisa Anda rasakan. Pertama, pemahaman tersebut akan menguatkan keimanan seorang muslim. Kedua, adanya manfaat untuk melindungi diri dari hal yang samar halal atau haramnya—disebut juga keadaan syubhat. Ketiga, pemahaman akan keindahan Islam dapat membantu Anda untuk melakukan dakwah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close