Dunia IslamKeluargaLife Style

Kamu Harus Tahu: Inilah Cara Mengenakan Jilbab di Berbagai Negara!

Gaya berjilbab ternyata tidak itu-itu saja, lho. Walau sekarang banyak pengguna jilbab yang senang berkreasi dengan berbagai gaya, tetap saja ada ciri khas tertentu yang ditunjukkan para wanita di berbagai negara. Inilah beberapa gaya berjilbab khas di negara-negara berbeda.

Indonesia

Indonesia - 1.bp.blogspot.com
Indonesia – 1.bp.blogspot.com

Pasca Orde Baru, semakin banyak wanita yang memakai jilbab untuk berbagai kesempatan. Para pengguna jilbab muda pun mulai banyak yang berkreasi dengan berbagai model. Kamu bisa melihat contohnya di sekitarmu: mulai dari jilbab segi empat, pashmina, jilbab yang dipasang dengan gaya lilit, dan sebagainya. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu acuan mode bagi Muslim internasional.

Turki

Turki - tampilcantik.com.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Turki – tampilcantik.com.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Model jilbab yang populer di Turki relatif tidak menggunakan terlalu banyak aksesori atau jarum. Biasanya, ada bentuk seperti segi tiga di bagian atas, lengkap dengan model lilit leher. Bahan jilbab yang populer adalah sutra atau yang mirip, pokoknya ringan dan lembut.

Malaysia

Malaysia - muslimah.co.id
Malaysia – muslimah.co.id

Wanita Malaysia cenderung lebih suka gaya berjilbab yang agak lebih sederhana dari wanita Indonesia, walau tetap menunjukkan kreasi cara pemasangan. Model jilbab yang disukai adalah selendang panjang, dengan warna-warna yang cenderung kalem. Akan tetapi, wanita Malaysia senang bermain dengan detail berupa lipatan-lipatan saat mengenakan jilbab panjang.

 Kuwait

Kuwait - assets.babe.news.com
Kuwait – assets.babe.news.com

Wanita Kuwait biasanya senang menggunakan jilbab yang agak pendek, dengan pemakaian model lilit leher. Ciri khas jilbab ala Kuwait adalah lipatan yang dekat dengan kening dan sedikit lebih tinggi, sehingga bagian depan kening sedikit lebih tertutup. Gaya ini membuat jilbab ala Kuwait mudah dipadukan dengan berbagai jenis pakaian.

Inggris

Inggris - butiknaya.com
Inggris – butiknaya.com

Wanita Muslim di Inggris sering mengenakan jilbab dengan gaya yang sesuai karakter mode Inggris, yaitu kalem tetapi anggun, lengkap dengan paduan busana yang serasi. Model yang disukai biasanya model selendang panjang, dengan beragam gaya pemasangan. Jilbab ini kemudian dipadukan dengan baju terusan, jaket, atau kemeja yang paduan warnanya serasi.

Rusia

Rusia - militermeter.com
Rusia – militermeter.com

Wanita Muslim di Rusia sering mengadopsi gaya berjilbab yang mirip Turki, yaitu model lilit leher, tetapi tanpa bentuk segitiga mencuat di bagian atas. Corak jilbab yang dipakai biasanya cukup ramai dan berwarna-warni, mirip penutup kepala wanita di pedesaan Rusia.

Lebanon dan Suriah

Lebanon Suriah - 3.bp.blogspot.com
Lebanon Suriah – 3.bp.blogspot.com

Wanita Lebanon dan Suriah senang mengenakan model jilbab yang cenderung sederhana, misalnya model pashmina atau selendang dengan lilitan longgar di bagian leher dan dada. Mereka biasanya lebih  menonjolkan faktor warna serta corak jilbab.

Arab Saudi

Arab Saudi - i.pinimg.com
Arab Saudi – i.pinimg.com

Arab Saudi memang mewajibkan wanita mengenakan abaya hitam bila keluar rumah. Akan tetapi, banyak wanita Saudi masa kini yang melakukan modifikasi pada abaya mereka. Misalnya, modelnya dibuat lebih berbentuk, tidak lagi panjang dan lurus. Ada juga yang menambahkan beragam ornamen dan aksesori, seperti gelang, bros, serta tas dan sepatu indah.

Somalia

Somalia - s1.bukalapak.com
Somalia – s1.bukalapak.com

Wanita di berbagai negara Afrika banyak yang mengadopsi busana nasional negara mereka sebagai contoh untuk memakai jilbab. Di Somalia, Mali, dan Ethiopia, misalnya, banyak yang mengadopsi gaya lilit mirip turban, dengan warna cerah atau corak ramai. Aksesori pelengkapnya sering berupa anting-anting besar serta kalung panjang.

India, Pakistan, dan Bangladesh

India,Pakistan,dan Bangladesh - cdn.cincinnatimagazine.com
India,Pakistan,dan Bangladesh – cdn.cincinnatimagazine.com

Jilbab khas ketiga negara ini mirip dengan kerudung tradisional untuk menghadiri acara-acara khusus. Ada banyak corak, warna, bahkan aksesori. Misalnya, salah satu gaya berkerung khas di Bangladesh adalah dengan menambahkan hiasan kepala (head piece), seperti semacam tiara tipis yang terbuat dari manik-manik atau mutiara.

Apakah kamu merasa terinspirasi? Segera bagikan artikel ini agar orang lain ikut terinspirasi untuk tampil cantik dengan beragam gaya jilbab.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: