Tausiyah

Kata Mutiara Islam untuk Muslimah Sesuai Janji Allah

Sebagian orang menganggap betapa menjadi seorang wanita—terutama muslimat—adalah hal yang berat. Terutama di era modern yang selalu menggembar-gemborkan emansipasi dan menuntut persamaan di banyak hal, muslimat justru dipandang sebagai sosok yang semakin inferior.

Daftar ‘Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan’ yang Tidak Berkesudahan

Kata mutiara islami - today.com
Kata mutiara islami – today.com

Ada banyak fakta dalam kehidupan sehari-harinya. Laki-laki lebih bebas untuk membuka aurat, sementara seorang muslimat hanya boleh menampakkan wajah dan telapak tangan. Bahkan menutupi kulit saja tidak cukup. Seorang muslimat tidak semestinya mengenakan skinny jeans, crop top, atau model pakaian wanita lainnya yang kini tengah menjadi tren.

Muslimah juga tidak semestinya pergi keluar rumah sendiri. Muslimah tidak boleh mengenakan wewangian yang semerbak di publik. Muslimah tidak perlu menampilkan kecantikannya di dunia maya dengan selfie yang hanya akan ‘mengundang’.

Tentu masih ada sederet daftar apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan muslimat. Namun sesungguhnya, Islam sama sekali tidak berusaha untuk mengekang wanita dan membuatnya menjadi lemah.

Islam Memuliakan Wanita

Kata mutiara islami - clasroom.synonym.com
Kata mutiara islami – clasroom.synonym.com

Justru karena Islam menyadari betapa berharganya seorang wanita, ada banyak batasan yang ditetapkan. Adapun segala batasan ini tidak lain untuk memuliakan dan semakin meninggikan derajat seorang wanita, jalan surga bagi para penerusnya.

Sebagai seorang muslimat, Anda tidak harus berkecil hati. Jangan terlalu memusingkan bisikan dan teriakan dari zaman yang bergerak terlalu maju—hingga seakan nyaris kembali ke zaman jahiliah. Tetaplah berpegang teguh kepada ajaran agama dan jangan terpancing oleh iming-iming dunia yang hanya sementara.

Kata Mutiara Islam untuk Muslimah

Kata mutiara islami - beforeitsnews.com
Kata mutiara islami – beforeitsnews.com

Allah telah menjanjikan balasan-balasan yang jauh lebih baik dari apa yang dijanjikan oleh manusia. Sebagai buktinya, berikut adalah kata mutiara Islam untuk muslimat dari Alquran dan hadis yang dapat Anda jadikan pedoman.

  • QS Al-Ahzab ayat 33

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah yang dulu.”

  • QS Ali Imran ayat 14

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

  • QS An-Nuur ayat 31

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’

  • HR Muslim

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita salihah.”

  • HR Al Bukhari, Muslim, dan lain-lain

“Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena kecantikannya, karena keturunannya, karena kekayaannya, dan karena agamanya. Menangkanlah dengan memilih agamanya, makat taribat yadaaka (kembali kepada fitrah atau beruntung).”

  • QS Al Mujadilah ayat 1

“Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Itulah kata mutiara Islami yang termaktub dalam Alquran dan Hadis bagi para muslimat. Karena itu, tidak perlu gelisah dengan apa yang sedang dunia coba paksakan untuk menggoyahkan iman. Sesungguhnya, Allah tidak pernah mengingkari janji yang dibuat-Nya dan Dia Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
%d bloggers like this: