Dunia Islam

5 Keajaiban Sholat Tahajud Jika Dikerjakan Secara Rutin Menurut Agama Islam

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Jika tidak karena memberatkan umatKu, niscaya aku wajibkan tahajud ke atas mereka”. Begitu besarnya anjuran untuk melakukan sholat tahajud, sampai-sampai Rasulullah SAW menempatkannya sebagai amalan sunah paling utama. Bahkan, keajaiban sholat tahajud memiliki pahala terbesar ke-2 setelah sholat fardhu. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

“Rasullullah SAW pernah ditanya: “Shalat apakah yang paling utama setelah sahalat fardhu”. Rasul Menjawab : “Shalat tengah malam (lail).” (HR. Jama’ah)

Tidak hanya itu, keajaiban sholat tahajud juga akan dirasakan oleh kaum mukminin yang senantiasa menjaga sholat malam tersebut. Dalam agama Islam, berikut adalah beberapa keutamaan dan keajaiban melakukan sholat tahajud:

Membuat Allah SWT Semakin Dekat

Keajaiban Shalat Tahajud - Hellapinay.com
Keajaiban Shalat Tahajud – Hellapinay.com

Di antara keinginan semua umat Islam adalah untuk bisa lebih dekat dengar penciptanya. Dalam hal ini, mereka yang secara rutin mengerjakan sholat tahajud akan semakin dicintai oleh Allah SWT, sebagaimana yang tertulis dalam hadis yang artinya:

“Allah paling dekat dengan hamba-Nya pada akhir pertengahan malam. Oleh karena itu, jika kamu sanggup untuk menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka kerjakanlah”. (HR. Imam Tarmidzi)

Allah SWT Pasti Akan Mengabulkan Doa-Doa Kita

Keajaiban Shalat Tahajud - Theatlantic.com
Keajaiban Shalat Tahajud – Theatlantic.com

Keajaiban sholat tahajud yang selanjutnya adalah dikabulkannya doa-doa kita. Dalam Islam, ada beberapa waktu tertentu yang memiliki keutamaan untuk mengerjakan amalan wajib serta sunah. Saat sepertiga malam adalah saat yang paling disukai oleh Allah SWT. Dengan berdoa seusai sholat tahajud, niscaya pengharapan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT, seperti yang tertulis dalam sebuah hadis:

“Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT Akan Mengangkat Derajat Kita di Sisi-Nya

Keajaiban Shalat Tahajud - Islamicblog.in
Keajaiban Shalat Tahajud – Islamicblog.in

Di antara keajaiban sholat tahajud bagi mereka yang dengan rutin mengerjakannya adalah meningkatnya derajat di sisi Allah SWT. Dengan terangkatnya derajat kita, maka semakin mulia pula kedudukan kita jika dilihat dari sisi lahir dan batin. Hal ini tertulis dalam sebuah ayat Alquran yang artinya:

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra: 79).

Menghapus Dosa dan Menghindarkan dari Keburukan

Keajaiban Shalat Tahajud - Vocfm.co.za
Keajaiban Shalat Tahajud – Vocfm.co.za

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang keajaiban sholat tahajud adalah diampuninya dosa-dosa kita. Selain itu, rutin melakukan sholat malam juga merupakan tanda-tanda seorang yang saleh, sehingga Allah SWT akan menjaganya dari keburukan.

“Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (HR. At-Turmudzi, Al-Hakim)

Meringankan Saat Hari Kiamat

Keajaiban Shalat Tahajud - Muslim Matters
Keajaiban Shalat Tahajud – Muslim Matters

Saat seluruh manusia dikumpulkan di padang Mahsyar di hari kebangkitan kelak, salah satu golongan yang mendapat keringanan adalah mereka yang melakukan sholat tahajud. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

“Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir)

Meskipun terlihat mudah, menjadikan sholat tahajud sebagai kegiatan yang rutin sebenarnya sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang memiliki iman kuat serta ketakwaan yang tinggi yang bisa merasakan keajaiban sholat tahajud tersebut dengan keikhlasan yang luar biasa. Semoga kita mampu menjadi golongan terpilih tersebut. Amin.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close