Islam

5 Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah Ini Membuat Umat Muslim Dunia Takjub

Madinah atau dahulu dikenal dengan nama Yastrib adalah kota istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Kota ini merupakan tempat Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dan memiliki banyak jejak perjalanan dakwah beliau, salah satunya adalah Masjid Nabawi. Berikut adalah keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah yang bisa membuat Anda takjub.

Kota yang penuh keberkahan dan kebaikan

Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - Airlines-Airports
Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah – Airlines-Airports

Kota Madinah dipenuhi dengan keberkahan dan kebaikan. Orang yang berkunjung ke kota ini pun merasa damai dan tenang. Daripada memikirkan kehidupan dunia, berkunjung ke Madinah akan membuat orang lebih banyak mengingat Allah SWT dan keberkahan-Nya di kota ini.

Ada beberapa hadis yang menunjukkan bagaimana Madinah adalah kota penuh keberkahan dan kebaikan. Misalnya, “keimanan akan selalu mengelilingi Madinah sebagaimana ular mengelilingi rumahnya” (HR. Bukhari).
Rasulullah juga bersabda, “sesungguhnya Ibrahim telah menyucikan Makkah dan mendoakan kebaikan bagi penduduknya dan aku menyucikan Madinah sebagaimana Ibrahim menyucikan Makkah. Aku juga mendoakan keberkahan untuk takaran dan mud di Madinah sebagaimana Ibrahim mendoakan kebaikan untuk penduduk Makkah” (HR. Muslim).

Dajjal tidak akan memasuki Madinah

Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - SimaSakti Umrah
Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah – SimaSakti Umrah

Dajjal atau sosok laknat yang akan membuat kerusakan pada akhir zaman tidak akan memasuki Madinah karena kota ini dijaga oleh para malaikat. Dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Hurrairah r.a. bahwa malaikat menjaga jalan-jalan di Madinah. Ketika dajjal akan masuk ke kota ini, para malaikat pun membalikkan mukanya.

Syafaat bagi orang yang meninggal di Madinah

keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - AboutIslam.net
keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah – AboutIslam.net

Orang yang meninggal di Kota Madinah al Munawarah akan mendapat syafaat, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah dan Al Turmudzi. Karena itu, orang yang meninggal di sini hendaknya menerima takdir tersebut dengan bahagia. Keluarganya pun harus ikhlas. Begitu pula orang yang mengalami kesusahan di Madinah, ia pun akan mendapat syafaat.

Madinah memiliki banyak nama mulia

keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - Saudi Gazette
Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah – Saudi Gazette

Nama Yastrib memiliki makna kurang baik sehingga diganti menjadi Madinah oleh Rasulullah sendiri. Nama ini yang paling dikenal sampai saat ini, disebutkan dalam berbagai hadis, dan disebutkan dalam Alquran (Surat Al Munafiquun, 63:8). Namun, ternyata, kota ini juga memiliki nama-nama lain yang mulia—menunjukkan bahwa kota ini memang dilimpahi keberkahan. Berikut adalah beberapa nama mulia untuk Kota Madinah.

  • Bait Ar-Rasul—berarti “rumah Rasul” karena memang di sinilah, Nabi Muhammad SAW bertempat tinggal sejak hijrah.
  • Daar Al-Hijrah—yang berarti “tempat hijrah” Rasulullah pada tahun 622 Masehi.
  • Ad Daar wal Iman—merupakan “kota iman” karena penduduknya beriman kepada Allah SWT dan melindungi kaum mukmin dari kaum kafir semasa hijrah.
  • Daar Al-Abrar—yang berarti “tempat tinggal orang-orang baik dan mulia”. Pemakaman orang-orang baik, termasuk Rasulullah sendiri, juga berada di kota ini.
  • Al Habibah—berarti “yang dicintai” karena Rasulullah memang menyukai kota ini. Beliau pun selalu mendoakan kota ini agar selalu diisi dengan kebaikan dan berkah.

Keutamaan salat di Masjid Nabawi

Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah - IslamiCity
Keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah – IslamiCity

Kota Madinah semakin menjadi istimewa dengan adanya Masjid Nabawi yang sekarang berdiri kokoh dan megah di dalamnya. Keutamaan beribadah salat di masjid ini adalah lebih dari 1.000 pahala, baik salah fardhu maupun sunah. Menunaikan salat Jumat di masjid ini pahalanya pun 100 kali lipat daripada di masjid lain—selain Masjidil Haram di Makkah.

Selain itu, saat berada di Madinah, umat Islam dapat melakukan salat arbain atau salat berjemaah 40 kali berturut-turut di Masjid Nabawi. Pahala bagi orang yang melakukan salat arbain adalah diselamatkan dari api neraka di akhirat kelak. Untuk melakukannya, jangan sampai Anda ketinggalan takbiratul ihram bersama imam.
Itulah beberapa keistimewaan Kota Madinah Al Munawarah yang membuat umat muslim ingin berkunjung ke sana, baik dalam rangkaian ibadah umroh ataupun haji.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: