Dunia Islam

Menjadi Keluarga Muslim Teladan

Bila Anda sudah menikah, menjadi keluarga Muslim teladan merupakan impian yang ingin diwujudkan. Memang, untuk membangun keluarga yang ‘Sakinah Mawadah Wa Rahmah’ (Samawa) bukan sesuatu yang gampang. Diperlukan sikap tadhiyah (pengorbanan), saling tafahum (memahami) antara anggota keluarga, serta dapat ikhlas dalam menerima kekurangan masing-masing.

Perlu dipahami bahwa dalam pandangan Islam, berkeluarga tak hanya sekadar membentuk keluarga atau melahirkan anak saja. Motivasi terpenting adalah untuk beribadah kepada Allah serta menjaga kesucian diri.

Pembagian Peran dalam Keluarga

Pembagian Peran dalam Keluarga - aifs.gov.au.com
Pembagian Peran dalam Keluarga – aifs.gov.au.com

Setiap orang di dalam keluarga harus memaksimalkan peran dan fungsinya masing-masing. Berikut pembagian tugas harus dijadikan rujukan oleh keluarga Muslim agar menjadi teladan yang baik.

  • Peran Ayah

Dalam keluarga, Ayah berperan sebagai seorang imam yang membimbing seluruh anggota keluarganya menuju jalan yang benar. Ia juga wajib mencari nafkah yang halal sehingga dapat menghidupi keluarganya. Selain itu, kebutuhan spiritual dan intelektual keluarga juga harus dipenuhi.

Dalam mendidik anak, ayah tentu harus bekerja sama dengan ibu agar menjadi teladan bagi anak-anaknya. Meskipun telah mencari nafkah, ayah juga harus membantu pekerjaan rumah tangga istrinya.

Alangkah baiknya, suami selalu mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk memperdalam ilmu agama. Baik mendengar ceramah-ceramah atau membaca buku pengetahuan Islam. Pengetahuan yang cukup membuat seluruh keluarga memiliki pandangan yang luas ketika menghadapi masalah.

  • Peran Ibu

Ibu memiliki tanggung jawab utama dalam mendidik anak-anak.  Karena itu, ibu dituntut tak hanya menyediakan waktu bersama tetapi juga berkomunikasi secara terbuka dengan sang buah hati.

Sebagai istri, Anda dituntut selalu mendampingi suami dan memberikan pandangan yang menyejukan sebelum suami membuat keputusan. Ia juga harus menjaga kehormatan keluarga dengan perilaku yang baik.

  • Peran Anak

Anak dalam keluarga Islam wajib hukumnya untuk menaati perintah orang tua. Ini penting mengingat pengorbanan orang tua untuk membesarkan sang anak tidaklah sedikit. Selain itu, anak juga wajib mendoakan orang tua setelah selesai menjalankan sholat 5 waktu.

Belajar dari Rasulullah SAW

Belajar dari Rasulullah SAW - 4.bp.blogspot.com
Belajar dari Rasulullah SAW – 4.bp.blogspot.com

Masalah teladan, umat Islam dapat mengacu kepada Rasulullah Saw. Tak hanya soal rohani, beliau juga berhasil menjadi suami sekaligus ayah yang sukses. Beberapa poin yang patut dicontoh antara lain:

  • Rasulullah saw. membina rumah tangganya dengan ketaqwaan serta taat sepenuhnya kepada wahyu Dalam Alquran tertulis kisah, di mana para istri Rasulullah meminta kenaikan uang belanja. Sebelum membuat keputusan, ia tidak bertindak berdasarkan kehendaknya melainkan menanti wahyu dari Allah.
  • Lingkungan rumah keluarga Muslim juga dituntut untuk bersih dan terbebas dari sampah serta serangga. Rasulullah bahkan bersabda, “Jangan kamu meniru orang Yahudi, mereka itu meletakkan sampah di halaman rumah”.
  • Dalam membangun rumah tangga, beliau menekankan harus ada landasan yang kokoh berupa ketenangan, cinta dan kasih sayang. Keluarga yang berdiri atas cinta kasih adalah pionir bagi terciptanya lingkungan masyarakat yang saling mengasihi pula.
  • Meskipun berposisi sebagai kepala rumah tangga, Rasulullah tidak pernah merepotkan istri dan anak-anaknya. Ia bahkan tidak malu menjahit sendiri pakaiannya yang robek atau mengerjakan pekerjaannya sendiri tanpa menyusahkan istrinya. Perilaku ini patut dicontoh oleh seorang suami muslim sehingga terlalu membebani sang istri.
  • Hal terakhir yang harus dilakukan keluarga muslim adalah hidup sederhana dan menghindari sikap boros, baik dalam hal makanan, minuman, pakaian hingga perabot rumah tangga. Penuhi kebutuhan kita secukupnya karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan (QS. 7:31).
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: