Dunia IslamWisata Halal

Cara Komunitas-Komunitas Muslim di Jepang Mempromosikan Islam Lewat Kreativitas

Islam memang sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk di Negeri Sakura, Jepang. Meski jumlah pemeluk agama Islam di Jepang masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan Amerika, perkembangannya cukup pesat.

Muslim di Jepang diperkirakan berjumlah sekitar 110.000 sampai 120.000 orang, dan 10.000 di antaranya adalah orang Jepang asli. Salah satu faktor meningkatnya jumlah penganut agama Islam di Jepang adalah komunitas-komunitas muslim yang semakin menjamur. Dengan cara mereka yang kreatif, mereka bisa membuat banyak orang memahami indahnya Islam.

Tradisi Buka Bersama di Bulan Ramadhan

Komunitas Muslim Jepang Buka Bersama
detik.com

Berbuka puasa bersama memang sudah menjadi tradisi bulan Ramadhan yang lazim dilakukan di Indonesia. Di Jepang, komunitas-komunitas muslim saling bekerja sama untuk membuat acara buka bersama yang meriah. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh sesama umat Islam, umat agama lain pun bisa ikut menghadirinya.

Contohnya, di Masjid Raya Gifu yang berada di Prefektur Gifu, Jepang. Komunitas Muslim di sana sering mengadakan acara buka puasa bersama dan dilakukan hampir setiap hari selama bulan Ramadhan. Beberapa orang asli Jepang nonmuslim pun ikut memeriahkan acara tersebut.

Dalam acara buka puasa bersama yang diadakan secara besar-besaran tersebut, komunitas muslim setempat membentuk sebuah tim khusus yang bertugas menyediakan konsumsi. Biasanya, tim tersebut dipilih secara bergiliran di antara komunitas-komunitas muslim dari berbagai negara yang berada di Jepang.

Selain di masjid, acara buka puasa bersama juga sering diadakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo. Dibangunnya Masjid Indonesia di Tokyo semakin memotivasi komunitas-komunitas muslim Indonesia di Jepang untuk mengadakan acara-acara yang kreatif agar bisa mengajak orang lain untuk dapat memahami Islam.

Satu Hari dalam Hijab: Promosi Hijab oleh Para Muslimah

Komunitas Muslim Jepang Hijab

‘Satu Hari dalam Hijab’ adalah cara kreatif komunitas muslimah di Jepang untuk mengampanyekan jilbab pada masyarakat Jepang. Tujuan acara ini adalah untuk menjelaskan bahwa jilbab adalah busana yang dikenakan oleh muslimah untuk menjaga kehormatannya. Selain itu, komunitas muslimah tersebut juga berusaha menunjukkan bahwa wanita yang mengenakan hijab juga bisa tampil modis.

Acara kreatif ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan masyarakat Jepang terhadap agama Islam, serta menjadi perantara untuk bertukar pikiran antara muslim dan masyarakat nonmuslim Jepang. Acara ini digelar pada bulan Januari 2017 di salah satu masjid terbesar di Jepang, yaitu Tokyo Camii. Sekitar 100 orang hadir di acara tersebut. Para pengunjung bisa mencoba hijab yang ada di sana dan mengobrol tentang Islam.

Menurut para penyelenggara ‘Satu Hari dalam Hijab’, warga nonmuslim di Jepang semakin tertarik pada fesyen Islami. Hal ini tercermin dari banyaknya pengunjung nonmuslim di acara tersebut yang turut mencoba hijab dan menikmati jalannya acara.

Islamic Cultural Festival

Komunitas Muslim Jepang Islamic Festival
japantimes.co.jp

Islamic Cultural Festival adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) dengan didukung oleh beberapa badan dan komunitas muslim di Jepang. Acara yang diselenggarakan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) ini bertujuan untuk memperkenalkan Islam kepada masyarakat Jepang lewat pertunjukkan budaya.

Acara bertema “satu hari menjadi muslim” ini tidak hanya dimanfaatkan untuk meningkatkan iman kaum muslimin, tetapi juga sebagai media syiar Islam bagi masyarakat nonmuslim di Jepang. Acara ini diikuti oleh lebih dari 140 pengunjung, baik muslim maupun nonmuslim. Para peserta bisa mencoba hijab dan abaya bagi perempuan dan taqiyah, peci, dan baju koko untuk laki-laki.

Di sini, para peserta bisa mencoba kaligrafi menggunakan bambu dan tinta. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengetahui berbagai hal mengenai Masjid Indonesia Tokyo dan melihat-lihat bangunannya, serta mencicipi makanan tradisional dari berbagai negara muslim seperti roti jala, pakora, chai, dan berbagai makanan khas Indonesia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close