Tausiyah

Ustadz Khalid Basalamah: Kunci Sukses dalam Sebuah Usaha

saya kan mulai teman dengan kisah seorang ulama sekali dengan kesalahannya dan ilmunya Namanya Muhammad bin Sirin Muhammad bin Sirin teman-teman sekalian orang terkenal dengan takbir mimpi Inggris jambu Lembah sebelum artinya yang sangat luas Muhammad di sini seorang pedagang dan teman-teman tentu bisa ambil pelajaran kalau pedagang di sambil belajar dari kisah ini

dia beli kios kalau kita toko tentunya di satu pasar di Iran karena dia beli Popok disitu makan semua orang banyak yang ikut beli di situ karena dia Muhammad bin Sirin ini kalau kita seperti sekarang Majelis Ulama Indonesia jadi apa yang dia beli orang tua anggap halal orang beli semua orang juga banyak di toko di sebelah dia karena tahu kalau ada masalah agama tinggal tanya kalau ada yang salah ditegur sama Dino Sidin dan ternyata Pedagang pedagang partai dari luar Ira kalau datang ke pasar itu nawarin kirim kirim kirim barang saya misalnya orang-orang pasar nungguin lusin beli makan mereka beli dan Ibnu Sirin pun kalau sudah beli dengan modal berapa dirham nanti musirin naikkan harganya orang pasar tempat beli oli mesin under keuntungan yang penting sudah lewat sensor jadian

ini Majelis Ulama

dianggap biasa tuh orang sudah cukup untuk memberikan fatwa ini nggak Sisi dan teman-teman sekalian pernah satu waktu ada Seseorang datang menawarkan keju dari luar Iran Hei dari wilayah non muslim

ber ber berpuluh-puluh udah banyak kemudian gentong gentong besar dibawa ke tempat itu tawarkan Ibnu Sirin pedagang banyak sukawaringin musik tidak mungkin bisa nggak mungkin itu Dan kalau dia beli orang lain cuma beli berjalan pastilah aku juga dia karena dia cuman ada satu sumber saja ini nggak ada orang lain

tawarkan lagi mikirin Modal saya sekian saya akan jual kepada anda sekian selisihnya ini ini ada penjualan dan anda bisa jual pasal Sekian dan orang pasar bisa jual sekian karena harga pasar di luar ini begini sekian mereka masih punya untuk semuanya selisih antara harga dengan harga itu bisa untung sekitar 40000 dirham waktu itu kurang lebih lanjut Allah kalau kita sendiri untung langsung teh orang-orang pasar Sungai pada ngumpul disitu nungguin using beli kita beli keju Makanan pokok orang di Jazirah Arab menamakan Kelly sama roti pakai musirin pertanyaan pertama teman-teman sekalian adalah halo ini

Makanya dengerin kata pedagang ini keju susu dikasih garam Apa masalahnya ada ini sering tidak demi Allah Keju orang-orang itu bisa dicampur dengan lemak lemak hewan yang haram babi anjing lah atau apalah gak bisa kalau kamu sebagai seorang muslim berani bersumpah atas nama Allah menjamin buat saya ini halal saya pegang perkataanmu dan kau pengunjung merupakan Allah hari kiamat saya beli semuanya

kata orang itu saya nggak bisa nih ini sumpah atas nama Allah lalu ditutup hari kiamat kan nanti ke sini awas Nggak jadi beli

orang yang diadili di pasar rupanya Ada beberapa pedagang pedagang yang kurang imannya beli akhirnya

besok paginya ada satu orang masuk ke pasarnya tokonya Ibnu Sirin beli barang2 di lahan dia beli sambil beli dia ngambil ngobrol sendiri karena asyiknya ngobrol banyak masalah hukum sekarang ini mau keluar toko lupa bayar kata industri Nusantara aku sebentar barangnya kuambil belum Kamu bayar tuh gua di rantau orang ini Saya udah bayar sehingga dia tidak bayar nanti nulis diri demi Allah kok belum bayar dia bilang demi Allah saya sudah bayar liburan orang-orang pasar teman-teman pada ganteng semua ada apa yang sering saudara kita ini datang bisa sama saya kemudian dia ambil barang di tangannya sekarang dia belum bayar 2 dirham saya suruh dia bayar dia bilang dia sudah kaya demi Allah Dia belum bayar dan dia Sumpah demi Allah di Surabaya ini nggak mungkin nggak lu kata industri hai saudara kembar

kembalikan barang itu di tempatnya atau kubayar 2 di rumahnya karena malu WhatsApp ada langsung dibayar murah-murah ini dikasih langsung mau pergi orang itu pergi orang-orang pasar tanya Wahyu di Mesir ini saksi bahasa gitu ah Ibnu Sirin

kali nggak bisa berpikir nggak bisa nangkap ini nggak nih Kemarin anda menolak 40 Irham karena cuman nggak jelas anda tinggal sekarang anda bersumpah untuk Gimana caranya Iya demi Allah saya akan bersumpah atas nama Allah atas 2 dirham itu karena saya tahu dia belum bayar berarti dia akan makan sesuatu yang haram dan akan hukum saya karena saya tahu dia belum bayar serta dia juga akan dihukum sama Allah kena makan yang haram

Ndak penting untungan bagi musirin 40.000 Irama haram haram coba-coba 2 di lantai masjid masalah maka harusnya Ingatkan masalah sederhana ya tapi lihat bagaimana orang yang sudah mengenal Tuhannya temen-temen dia hati-hati sekali

kejadian yang kedua Beberapa hari kemudian datang seorang pedagang madu ke tempat tidur sini madu ini teman-teman dibawain satu gentong besar 250 km di bawah mungkin berlipat ganda dari besarnya meja ini

datang kau ada di Mesir in saya ada madu kebetulan itu sini nggak gitu baru belanja untuk tokonya udah penuh tokonya dengan barang-barang

maka yang terjadi teman-teman sekalian Ibnu Sirin orang ini bilang ini sini Saya punya madu belilah ada situsnya nggak ada duit nggak ada toko saya saya baru penuin lihat aja penuh barang-barang yang kata orang itu Baiklah jatuh tempo masalah 3 pekan ini

surah tentang itu ditaruh teman-teman sekalian di situ malam hari waktu mau tutup toko seperti biasa kita kalau sudah mau tutup toko Ibnu Sirin lupa tuh tuh tuh tuh gentong madu itu ada kupingnya di rumah tutup ini terbuka besok pagi dia waktu buka toko ditemukan bangkai tikus ada tikus kecil rupanya maksudku madu itu melengket nggak bisa keluar mati di atas madu itu gentengnya besar sekali ya 250 kilo tikus mati disini teman-teman waktu masuk ke toko kemudian lihat tikus itu kira-kira kalau kalau anda menjadi Ibnu Sirin apa yang dibuat dengan madu itu 250 kilo madu gentong besar tikus kecil mati di atas yakin dibuang sekali masyarakat Denpasar Moon geun-young Pondok Ibnu Sirin bilang sama pegawai

angkat Di gentong bawa ke sungai aliran sungai bukan teman saya ambil alih Indonesia dan pasien di buang waktu pegawainya di sini genteng yang besar 8 orang yang angkat Leon di pasaran pasar Sumani Tinus ini mau jual madu Gema nada rendah ke sungai yang dilindungi dibuang orang pasti rindu mahal ngapain dibuang di atas madu itu maka semua saya tidak mau buang Saya tidak mau menjual manisnya kata mereka ingin tikus mati tinggal tikusnya kambing sekilo 2kilo Muang ngapain satu gentong dibuang semua apa kata orang yang sudah mengenal Tuhannya teman-teman sekalian masalah sederhana tapi pekan kata dia

demi Allah saya tidak pernah punya jaminan atas tanah yang kena dan tidak kena dengan bakterinya bangkai tikus itu

siaran Kalau kayak kalian bilang kilo 2 kilo saja di ruang yang tersisa Dari mana saya tahu malu tetesan mana yang tidak tenang Pekan lalu saya jual kepada muslimin Ternyata ada yang kena bakteri itu maka saya di demi Allah saya tidak mau jual uang sebanyak 3 minggu kemudian ini karena ini mahal ya dia akhirnya keuntungan tokonya dikumpulin untuk bayar madu ini baru terkumpul setengah dari nilai madu-madu Ibnu Sirin saya mau nagih dia belum tahu kita ketemu sebenernya pekan yang lalu dimasukkin tikus saya buang Kenapa saya takut menipu muslimin yang dikalahkan hiasan saya jadi saya belum punya uang cash baru setengahnya kalau kamu ambil setelah ini dan ambil barang kalau mau ambil barang di Semarang saya sendiri silakan

minyak sekali kan ada orang itu nggak saya mau kesini belum ada kata dia Baiklah saya info lagi 3 minggu lagi ke depan berjalan 3 minggu ternyata Ibnu Sirin juga dengan barang yang dijual di tokonya cuma bisa terkumpul tiga perempat saja uang cash cuma 3/4 saya belum bisa semuanya kata orang ini kalau begitu Indonesianya saya ke pengadilan

dilaporkan tahu siapa ini ulang tahun yang lalu saya takut membuang harus di kumpulin duit baru tiga perempat dari nilai madu itu sisanya Kalau dia mau di ambil barang nggak jadi nggak mau dia mau ke hp-nya Bali kepada pemilik Bagaimana pendapat kamu yang bilang saya yang kiri mah Ibnu Sirin hukum Agama dan hukum pemerintahan kita menyatakan Anda harus kami tahan sampai Anda bisa membayar Banjaran kira-kira teman-teman Kalau anda di posisi berdiri kita merengek-rengek maafin saya nanti saya usahakan Ibnu Sirin deh dia bilang penjara ini saya saya pantas untuk di penjara-penjara saja

udah masuk penjara penjaga penjara nya kepala penjaga penjara temen-temen tahu ini selalu datang jam angkatan Ibnu Sirin saya ini kepala penjara semua yang masuk dan keluar di sini itu akan saya kalau saya sih kalau kita sekarang tanda tangan izinkan boleh keluar Saya sekarang tanpa Anda minta saya izinkan malam hari silakan pulang ke istri anak Anda pagi datang lagi

Ibnu Sirin bilang apa rahimahullah boleh mengatakan tidak demi Allah saya tidak akan mendukung Kamu melanggar peraturan pemerintah saya kan tinggal di sini sampai Allah memberikan jalan keluar ternyata karena keteguhan pada kebenaran ini teman-teman sekalian membuat apa tersebar berita 17 industri lagi ada masalah masyarakat muslim kumpulin duit mau bantuin ngambil uang yang terkumpul teman-teman sekalian cukup untuk membayar hutang Ibnu Sirin yang satu gentong Madura yang dibuang Itu plus lebihnya bisa beli 10 gentong madu yang lain

lokasi kantin

komitmen sebentar saja dalam kebenaran ada jalan keluar wa inna maal Usri Yusro memang begitu indah Seriuslah di situ ada kemudahan pasti di kesulitan ada kemudahan harus yakin bisa kita ragu dengan masalah itu orang kalau sudah tahu itu hanya seperti teman-teman sekalian dalam kisah yang lain

Ibnu Sirin rahimahullah belum pernah mendengar ada 1 anak muda lagi mencaci-maki

hajjaj IBN Yusuf

kalau teman-teman belum tahu aja baju Syahrini nama ini kalau dalam buku buku Sejarah Islam sudah divonis buruk sekali karena orang ini dia panglima perang lah kalau kita sekarang ya mungkin Menteri Pertahanan Jenderal orang gila rumah Uya pada saat itu kalau ada orang tuanya dibunuh maupun dibunuh sama dia sahabat bisa nggak peduli ini yang membunuh Abdullah bin Zubair dia membunuh di Mekkah dibunuh di salib sama dia aja jam ini karena buruknya perbuatan yang banyak orang yang cerita buruknya tak mungkin kita sekarang Kau datang padaku Siti di jalanan ini teman-temannya suka gosip ambil pelajaran

insiden hewan dengan anak muda lagi caci maki habis itu begini begitu begini Apakah daun sirih perkataannya begini ah itu artinya diam kawah yang sedang kamu diam

mainkan Haji Akbar La ilaha sesungguhnya yang sedang kamu ceritain itu sedang menuju ke Tuhannya Dia sedang menuju kematian wa inna kain nama penemu aluminium Alfiana dan kau juga sudah menuju ke Tuhanmu kau sama dia sedang sama-sama menuju kematian dan pasti kamu dan dia pada hari kiamat dipertemukan oleh Allah di Mahsyar ketemu nih apa kata Indonesia dan nasehatnya selesai adzan Ashar hari Kamis Hujan pada saat nanti kamu sedang antri ditimbang amal dan hajjaj masih nunggu untuk ditimbang pada saat menghadapi timbangan amal itu hajat lagi nunggu belum ditimbang kau akan temukan do sayang

kecil yang kau lakukan lebih berat di sisi kamu daripada dosa terbesarnya hajat

Jadi kalau kau lagi di mana baru nanti dosa kecil pun bisa berbahaya botol bisa masuk neraka itu pada tadi malam aku lebih takut in daripada 21 saatnya hajjaj karena jadwalnya artinya kamu ati-ati perbuatanmu sendiri bisa menyala menyelamatkan bisa menjerumuskan kamu selalu dibilang oleh-oleh ini musirin nama buah khuldi berinisial Nugini setiap orang bertanggung jawab terhadap Apa yang dia lakukan

setiap orang akan bertanggung jawab terhadap Apa yang dia lakukan

walang ketahuilah kata industri dan ketahuilah pasti Allah akan mengambil dari hajar haha orang yang telah diadili ajaib 60 orang lagi orang pernah mengalaminya orang lain Allah pasti akan ambil hak orang lain dari dia pahalanya dikasih ke situ tapi jangan lupa kata industri Line juga Allah akan memberikan kepada hak-haknya dari orang yang membelinya

sampai kapanpun aku mohon ampunan urusannya sama Allah kalau gak bisa nasehatin depan mati nanti kan banyak kalau nggak jangan karena kalau aku ceritain dia kau pun nanti akan diambil pahalamu dikasih ke haji ngapain kamu kasih apa lagi ya begitulah bahasanya lalu kata dia mau lepas gila nampak kadal ijo mini saat mulai sekarang jangan pernah kau sibukkan dirimu untuk mencaci maki orang lain ada orang ngomong gitu tiap hari cuman tahu kesalahan orang lain padahal dia sendiri punya banyak kekurangan

sibuk dengan keluarganya orang istrinya orang suaminya orang anaknya orang lain pembantunya pegawainya pekerjaannya pakaian yang orang lain semua dicari kesalahannya ini apa manfaatnya banjir nggak teman-teman sekalian jangan buat musuh pada hari kiamat sekarang kalau anda Kalau antum punya masalah dengan orang siapapun teman-teman sekarang di muka bumi ini Selesaikan hari ini hari ini saat ini bubar pengajian selesaikan semua SMS WhatsApp BlackBerry minta maaf kalau punya Shalatnya orang lain kembalikan belum mampu Minta info kalau kita di akhirat kalau kita mau bayar Rp2.000.000 19.00 to Rupiah

yah ya nggak dipakai lagi di dunia ini dia mau dua juta pahala banyak juga pahalanya Berapa banyak suara kita yang diambil sama dia ngapain Kita bagi-bagi papa kalau begitu kita butuh pahala-pahala gitu makanya Imam Bukhari rahimahullah pernah mau berburu sama teman-temannya

sementara nunggu teman-teman datang belum berlatih panah latihan panah di pondok di halaman rumahnya anak panahnya Kenapa negara tetangga terjual sedikit

makanya mabuk hari bilang sama pegawainya disilangkan dengan bulan sampaikan ke teman-teman saya kalau saya nggak jadi berburu Sampaikan salam balik membantunya ahli bilang sampaikan kepada tetangga di sebelah kalau tadi tidak sengaja ya Bu hari ini Muhammad Namanya Muhammad ini apa namanya memanah kena pagarnya terus udah sedikit berapa pun dia minta gantinya pembantunya ada salam dari Muhammad gini-ginian sedikit tercintanya jangankan Panda Ini rumah saya buat dia

salah satu pengganti Mami kembali teman-teman sekalian kerja Imam Bukhari tahu berita sujud syukur kepada Allah bersabda kepada fakir miskin karena nggak jadi punya musuh hari kiamat karena pagarnya orang terkurus sedikit untungnya Sudah berapa kali injak sendalnya orang udah berapa kali pencucian air kena orang hujan gak perduli berapa kali kita rusak barangnya orang teman-temannya suka sewa rental mobil anak mobil rental minta hajat sembarangan dan tanggung jawab Carilah berita di Indonesia ini kalau ada orang ngontrak rumah kontrak dirusakin rumahnya orang nggak bisa bagaimana untuk menerima awalnya kembalikan seperti itu kalau nggak tanggung jawab hari kiamat

Saya mau menang kontrak rumah di Jakarta sebelum saya keluar Saya panggilin Tuh kan cheat semua pasti seperti itu saya makan lebih bagus lagi daripada dia mau datang dia sakit Saya belum pernah ndak ada orang ngontrak rumah saya seperti ini biasanya tanggung jawab Pak ini saya masuk berarti saya keluar bersih ini ada teman saya cerita salah satu teman di Jakarta mengatakan ada orang ngontrak bahkan di Jakarta begitu pulang begitu keluar Dicabut semua jendelanya orang Pintunya udah ngerusak mencuri ini apa ini teman-teman Al jaza Min jinsil amal kata balasan akan datang dengan kadar perbuatan seseorang hari ini mobil orang tidak pakai sembarangan beras kena lubang polisi tidur kita merasa aja besok mobil Antum akan dibuat seperti

baru beli mobil tabrakan baru ini

masuk bengkel

hari ini kita tendang seseorang menderita ditendang sama tadiinu tudaan katanya diselesaikan sebagaimana kamu berperilaku kau kan di perilaku yg Jadi teman-teman sekarang jangan hati-hati Allah Maha mengawasi dan mengontrol

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close