9 Negara dengan Kuota Haji Terbanyak Selain Indonesia

Siapa yang tidak ingin menunaikan ibadah rukun Islam yang ke 5 di Tanah Suci?

Sebagai seorang Muslim, menunaikan ibadah haji ke Baitullah merupakan sarana penyempurna ibadah yang kesempatannya senantiasa ditunggu dan dinanti. Banyak umat Islam yang rela mengantre bertahun-tahun untuk bisa beribadah ke Tanah Suci.

Meskipun negara kita termasuk salah satu yang mendapat jatah kuota haji terbanyak dari pemerintah Arab Saudi. Tetapi jumlah rata-rata waktu menunggu keberangkatan haji di Indonesia masih termasuk tinggi. Untuk bisa beribadah haji dengan program reguler, Muslim Indonesia rata-rata harus menunggu sekitar 17 tahun. Sedangkan ONH plus sekitar 10 tahun.

Keistimewaan dari pemerintah Arab Saudi ini diberikan semata-mata karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di Indonesia. Setiap tahun negara kita diberi kuota sekitar 168.000 jemaah. Tahun ini jumlah tersebut ditingkatkan menjadi 221.00 jemaah karena pembangunan Masjidil Haram telah rampung.

Selain negara kita, ternyata ada beberapa negara lain yang berkesempatan mendapatkan jatah kuota haji terbanyak dari pemerintah Arab Saudi. Penasaran apa saja negara yang dimaksud? Mari kita simak ulasannya!

Pakistan

Kuota Haji Terbanyak - expertily.com

Kuota Haji Terbanyak – expertily.com

Di dunia, Pakistan menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan kuota haji terbanyak setelah Indonesia. Pemerintah Arab Saudi memberi jatah kuota pada Pakistan sekitar 143.368 jemaah setiap tahunnya. Di negara ini tidak ada antrean untuk menunggu keberangkatan.

Hingga kini, hanya ada sekitar 17.000 jemaah yang menunggu diberangkatkan untuk memenuhi kuota tahun berikutnya.

India

Kuota Haji Terbanyak - theflagshop.com.

Kuota Haji Terbanyak – theflagshop.com.

Setelah Pakistan, India menjadi negara ketiga dengan kuota terbanyak yaitu sekitar 136.000 jemaah setiap tahunnya. Tahun 2017 ini, India mendapat tambahan kuota sehingga dapat memberangkatkan 170.025 jemaah. Berbeda dengan Indonesia, rata-rata waktu tunggu pemberangkatan ibadah haji negara ini cukup singkat. Yaitu sekitar empat tahun.

Bangladesh

Kuota Haji Terbanyak - theflagshop.co.

Kuota Haji Terbanyak – theflagshop.co.

Salah satu negara Asia Selatan dengan populasi Muslim terbanyak ini mendapatkan jatah kuota sekitar 101.758 jemaah setiap tahunnya. Tahun ini, Bangladesh memberangkatkan penduduk Muslim-nya sesuai jatah kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi. Untuk yang belum bisa berangkat tahun ini, kepastian keberangkatan masih menunggu waiting list dari pemerintah setempat.

Nigeria

Kuota Haji Terbanyak - theflagshop.com.

Kuota Haji Terbanyak – theflagshop.com.

Nigeria merupakan negara dengan kuota haji terbanyak di Afrika. Pemerintah Arab Saudi memberikan jatah keberangkatan haji sekitar 76.000 jemaah kepada Nigeria setiap tahunnya. Meskipun dibandingkan negara kita jumlah itu jauh lebih sedikit, tetapi setiap tahun jemaah yang diberangkatkan pemerintah Nigeria jauh lebih rendah daripada kuota yang diberikan.

Tahun ini saja jemaah yang diberangkatkan sekitar 51.000 saja. Melihat jumlah tersebut, bisa dipastikan tidak ada masa antrean keberangkatan haji di Nigeria.

Mesir

Kuota Haji Terbanyak - ae01.alicdn.com

Kuota Haji Terbanyak – ae01.alicdn.com

Pemerintah Arab Saudi memberikan jatah kuota haji pada Mesir sekitar 63.000 jemaah setiap tahunnya. Jumlah tersebut bisa dipenuhi pemerintah setempat sehingga setiap tahun sekitar 63.000 jemaah bisa menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Tidak ada daftar tunggu atau antrean keberangkatan haji di negara ini.

Iran

Kuota Haji Terbanyak - theflagshop.com.

Kuota Haji Terbanyak – theflagshop.com.

Jatah kuota jemaah haji dari Iran tidak terpaut jauh dari Mesir, yaitu sekitar 61.000 orang setiap tahunnya. Sama seperti Indonesia, masa tunggu keberangkatan haji Muslim Iran termasuk lama, yaitu sekitar 15 hingga 20 tahun.

Turki

Kuota Haji Terbanyak - pixabay.com

Kuota Haji Terbanyak – pixabay.com

Jatah kuota jemaah haji Turki dari Pemerintah Saudi sekitar 60.000 orang setiap tahunnya. Angka ini termasuk yang tertinggi di Eropa. Tidak ada masa tunggu atau antrean keberangkatan haji di negara ini meskipun hampir seluruh penduduknya beragama Islam.

Aljazair

Kuota Haji Terbanyak - theflagshop.com.

Kuota Haji Terbanyak – theflagshop.com.

Setelah Nigeria dan Mesir, Aljazair menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan kuota haji terbanyak di Afrika. Pemerintah Arab Saudi memberi kuota haji pada Aljazair sekitar 40.000 jemaah setiap tahunnya.

Maroko

Kuota Haji Terbanyak - rayapos.com

Kuota Haji Terbanyak – rayapos.com

Kuota jemaah haji dari Pemerintah Arab Saudi untuk Maroko sekitar 32.300 jemaah setiap tahunnya. Jumlah tersebut masuk akal mengingat jumlah penduduk Maroko yang sedikit meskipun Mayoritas penduduknya beragama Islam.

Nah, itulah beberapa negara di dunia dengan kuota haji terbanyak. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Add Comment

%d bloggers like this: