Dunia IslamWisata Halal

5 Makanan Korea yang Halal dan Lezat Ini Wajib Anda Coba

Sejak demam K-pop mulai melanda dunia, hingga kini apa pun yang berbau Korea memang terasa menarik. Namun, memang tidak salah jika Anda berwisata kuliner ke negeri ginseng ini. Pasalnya, cukup banyak makanan Korea yang halal yang bisa Anda cicipi dan tentunya cocok di lidah.

Tanpa mengabaikan kata halal, inilah 5 masakan khas Korea yang dengan mudah Anda temukan di setiap restoran di sudut Kota Seoul.  Dengan mengenal jenis makanan halal ini, Anda tidak bingung lagi saat memilih makan di restoran yang biasanya tertulis dalam bahasa Korea.

Tteokbokki: Kue Beras dengan Bumbu Pedas

Makanan Korea yang Halal: Tteokbokki
commons.wikimedia.org

Tteokbokki adalah makanan Korea sejenis otak-otak yang populer disajikan di restoran Korea. Makanan ini bahannya dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu pedas manis, yang dipotong persegi panjang berukuran sedang dan direbus. Meski sederhana, Ttokbokki rasanya enak dan bisa membuat Anda kangen.

Di Korea hidangan ini bisa disantap sebagai camilan hangat di musim dingin. Camilan ini terkadang disajikan bersama-sama masakan Korea lain di saat makan siang ataupun sekadar kumpul-kumpul dengan teman atau keluarga.

Kimbap: Nasi Campur Berbentuk Bulat dengan Isian

Makanan Korea yang Halal: Kimbap
misshangrypants.com

Kimbap adalah makanan menyerupai sushi dari Jepang, berupa nasi yang sudah diberi bumbu garam dan minyak wijen berbentuk bulat. Isinya terdiri dari daging ayam, atau sapi, ikan, sayur. Nasi dan isinya ini lalu dibalut dengan rumput laut kering yang crispy.

Kimbab  ini sering disajikan dalam menu makan siang, bahkan bisa Anda jadikan sebagai menu makan siang utama. Soal rasa, jangan ditanya lagi Anda pasti akan memasukan menu ini menjadi makanan favorit yang mengenyangkan.

Bibimbap: Nasi Pecelnya Korea

Makanan Korea yang Halal Bibimbap
splendidtable.org

Jika Anda datang ke Korea namun tidak mencicipi Bibimbap ini, bisa dibilang belum lengkap. Makanan ini berlabel halal ini seperti nasi pecel ala Korea berisi sayur-sayuran segar. Bibimbap berarti nasi campur berisi nasi, daging, dan sayuran berwarna hijau, jamur, wortel, taoge, timun, dan irisan telur setengah matang. Sebelum menyantapnya, biasanya makanan ini harus diaduk-aduk  terlebih dahulu.

Bulgogi: Irisan Daging Sapi Panggang

Makanan Korea yang Halal Bulgogi

Bulgogi termasuk makanan Korea yang halal, berupa irisan daging sapi biasanya bagian sirloin yang bagus.  Bulgogi ini menggunakan bumbu dengan minyak wijen, kecap, bawang putih, lada, dan sedikit gula sebelum dipanggang. Bumbu ini memiliki air yang cukup banyak sehingga daging sapi tersebut di panggang di atas panci datar. Rasanya jangan tanya lagi, gurih, lezat, dan manis. Penyajiannya biasanya dihidangkan bersama sayur untuk membungkus bulgogi bersama nasi di dalamnya.

Kimchi: Asinan Sayuran yang Menyehatkan

Makanan Korea yang Halal Kimchi
epicurious.com

Siapa yang tidak mengenal Kimchi yang merupakan makanan tradisional Korea terkenal ini? Kimchi ini memiliki arti  sayuran yang direndam, merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi dengan bumbu pedas. Sayuran yang dipakai biasanya sawi putih dan lobak, dicuci dan diberi garam. Lalu sayuran ini dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill,  bawang putih, kecap ikan, jahe, dan bubuk cabai merah.

Di Korea, kimchi biasanya tidak pernah ketinggalan dihidangkan saat makan. Selain itu, Kimchi juga digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lainnya. Kimchi ini rasanya pedas, asin, asam, dan menyegarkan.

Nah, itulah ke-5 makanan Korea yang halal yang wajib Anda cari, saat berkunjung ke Korea. Sekarang Anda tidak takut salah lagi, karena semua makanan tersebut berlabelkan halal.

Tags

Related Articles

Close