Dunia Islam

Makna Islam Rahmatan Lil Alamin dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Rahmatan lil alamin merupakan rasa kasih sayang, karunia, dan nikmat yang Allah SWT berikan kepada makhluknya dan seluruh alam semesta. Maka Allah menurunkan Islam sebagai rahmat melalui utusannya yakni Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa dan pembimbing jalan untuk dapat meraih rasa kasih sayang Allah di dunia maupun akhirat kelak.

Makna

Makna - wahidfounddation.org
Makna – wahidfounddation.org

Islam sebagai rahmatan lil alamin di sini menjelaskan bahwa agama Islam mengandung ajaran yang sempurna sebagai pedoman hidup manusia untuk dapat menggapai keselamatan, kedamaian, kemakmuran, kesejahteraan baik di dunia dan akhirat, itulah misi Nabi Muhammad SAW mengajarkan Islam kepada umat manusia. Namun, kemakmuran di sini buka semata ditujukan hanya untuk manusia, tetapi untuk seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini yakni manusia, tumbuh-tumbuhan, binatang, alam, serta makhluk ciptaan Allah lainnya.

Aplikasinya dalam Bermasyarakat

Aplikasi dalam bermasyarakat - aljazeera.com
Aplikasi dalam bermasyarakat – aljazeera.com

Islam adalah sebuah agama yang lengkap dan paripurna. Ia mencakup segala aspek kehidupan. Sebagai agama, Islam menuntut untuk dipahami dan diaplikasikan secara kaaffah atau lengkap dalam kehidupan. Sehingga ia tidak hanya menjadi sebuah kepercayaan dan rasionalisas saja, melainkan juga harus mencakup aktualisasi ibadah dan penyembahan dalam lingkup Hablun minal laah (hubungan manusia dengan Allah) dan pengaplikasian tata cara bermasyarakat dengan segala aspeknya dalam lingkup hablun minan naas (hubungan antar sesama manusia).

Sebagai makhluk sosial, manusia dalam kesehariannya sudah tentu berhubungan dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Sebagai umat beragama, seorang muslim tentu harus mengaplikasi nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin dalam kehidupan bermasyarakat. Aplikasi nilai Islam dalam perilaku kehidupan bermasyarakat secara teknis garis besar dapat dibagi menjadi 4 macam yakni:

  • Ukhuwah Islamiyah
    Dalam hal akidah Islam, kita adalah bersaudara dengan sesama umat muslim lainnya. Islam mengatur hal ini dalam tata cara bermasyarakat kepada sesama muslim. Contoh pelaksanaan dalam kehidupan sehari hari yang mencerminkan ukhuwah Islamiyah antara lain seperti menjaga hubungan baik dengan sesama muslim, mendamaikan jika berselisih, tidak saling merendahkan dan memaklumi kekurangan, serta berlomba menuju kebaikan dalam Islam.
  • Ukhuwah Basyariyah Insaniyah
    Sebagai rahmat bagi semesta alam, Islam mengajarkan tentang semangat persaudaraan antar sesama manusia. kita harus senantiasa berlaku baik pada setiap manusia, karena derajat kita sama di hadapan Allah, kecuali iman dan takwa yang membedakkannya. Contoh pelaksanaan dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan ukhuwah basyariah insaniyah ini antara lain seperti saling bertegur sapa, melupakan perbedaan dan merajut kebersamaan, ikhlas menerima kritikan, dan tidak saling merasa diri paling benar.
  • Ukhuwah Wathoniyah
    Islam mengajarkan sikap cinta terhadap tanah air. Dalam konsep ukhuwah wathoniyah atau kenegaraan, kita ini sebagai bangsa adalah bersaudara dan setanah air, sehingga umat muslim harus senantiasa memiliki sifat nasionalis dan mematuhi konstitusi dan perundang-undangan yang berlaku yang telah disepakati dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Mulai dari undang-undang yang disusun oleh DPR sampai peraturan di kampung-kampung pun jika itu sudah menjadi kesepakatan bersama, maka kita harus mematuhinya, sehingga sikap dengan kesadaran hukum itulah dapat tercipta persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.
  • Ukhuwah ‘ubudiyah
    Kehidupan bermasyarakat juga tidak bisa lepas dari interaksi dengan alam. Dalam ukhuwah ‘ubudiyah, Islam mengatur bagaimana hubungan manusia dengan lingkungan, hewan, dan tumbuhan. Manusia hendaknya harus bersikap baik dan menjaga alam, sebagaimana makna dari Islam sebagai rahmat seluruh alam. Contoh pelaksanaan dalam kehidupan sehari hari yang mencerminkan ukhuwah ‘ubudiyah ini bisa kita lakukan dari hal sederhana yakni menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam.

Demikianlah uraian singkat mengenai makna dan aplikasi nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil alamin dalam kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan ini dapat mendorong kita untuk lebih memahami dan merealisasikan semangat Islam yang sebenarnya dalam diri kita dan juga masyarakat. Jangan lupa share ya, berbagi ilmu biar makin banyak tahu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close