HajiTausiyahUmroh

Ustadz Abi Makki: Makna Perjalanan Haji dan Umroh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh innalhamdalillah nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh wa na’udzubillahi Min syururi anfusina Wamin Seiya tema Line yahdillahu pada mobil darah wahyu Allah adalah asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah taqrir atau Hidan wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warasuluh Amma ba’du Allahumma la Sahla illa ma ja’altahu Sahla wa anta taj’alul Hazna idza syi’ta sahlaa allahumma inna Nas aluka hubbaka Wahyu Karibo Naila Bika birohmatikaya arhamarrohimin Amin ya robbal alamin Alhamdulillahirobbil alamin mudah-mudahan pertemuan kita pada malam hari ini

disertai dengan rahmat dan berkah Allah Subhanahu Wa Ta’ala Amin ya robbal alamin kesempatan yang sangat singkat ini Insya Allah satu jam ke depan atau mungkin kurang atau mungkin bisa jadi lebih sedikit ya insya Allah kita akan melihat ataupun mengungkap kita tidak belajar manasik untuk umroh ataupun Haji tapi kita akan melihat mungkin mudah-mudahan semuanya bisa dengan konsentrasi untuk menyampaikan siroh ataupun perjalanan haji dan umroh itu apa sebenarnya yang jelas Muqaddimah yang ingin saya sampaikan pertama yang harus dipegang oleh kita seluruhnya bahwa sesungguhnya ibadah haji dan umroh ini bukan Kebetulan tapi ibadah haji dan umroh itu adalah satu rencana yang memang merupakan panggilan dari Allah subhanahu wa ta’ala ini adalah 1 yang perlu disimak dan diyakini jadi tidak tidak pantas

ada orang ketika dikatakan kamu enak ya bisa umroh ya ya jawab kamu enak ya bisa Haji dia jawab kebetulan aja waktu luang kebetulan saja dapat kuota kebetulan aja di ongkosin Tidak tidak jangan bilang kebetulan kalau haji dan umroh tapi ini merupakan panggilan maka ada orang yang daftar 3 tahun baru dapat 5 tahun baru dapatnya Piazza karena apa Karena memang ini adalah panggilan dari Allah subhanahu wa ta’ala maka dengan mengatakan para ulama menyebutkan asal mula dapat dipilah umroh tidak ada istilah kebetulan di dalam Haji dan umrah haji umroh itu bukan Kebetulan tapi apa panggilan dari Allah subhanahu wa ta’ala ini pertama lihat ini terbukti daripada apa dari kata-kata Talbiyah ketika kita ataupun Ibu Bapak tuh siapa saja semuanya ketika sudah melaksanakan ihram kita ucapkan dengan kata-kata Labbaik Allahumma Labbaik artinya apa

Ya Allah aku penuhi panggilanmu Labaik allahumma labaik Allah aku penuhi panggilanmu Berarti sebelumnya Allah sudah apa sudah memanggil jadi ketika jauh aku penuhi panggilanmu memang ini adalah Talbiyah bukti daripada kita ini adalah dipanggil oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan saya ingin katakan dengan singkat mudah-mudahan bisa dipahami karena cukup banyak yang ingin disampaikan Subhanallah kata-kata Talbiyah ini adalah satu hal konsep daripada keberhasilan seseorang baik di dunia ataupun di akhirat dalam hidup kita pahami semua tahu kalau tahu dihafal semua ntar biaya yang sudah hafal semoga haji dan umroh nya mabrur yang belum haji dan umroh Semoga bisa haji dan umroh Amin ya robbal alamin hafal Tarbiyah nya hafal coba Ya Allah aku penuhi panggilanmu

Gala Gala baik aku penuhi panggilanmu engkau yang tidak pantas aku doakan ya untuk besok utuhkanlah syarikalah gitu kan Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik selanjutnya Innal Hamda sesungguhnya Puji one mata dan nikmat lah kau al-mulk semuanya kepunyaanmu juga kekuasaan milikmu lah serigala dan tidak pantas engkau untuk diduakan ada Puji Innal Hamda wanni’mata nikmat al-mulk dan kekuasaan pegang 3 Puji kekuasaan ataupun Puji terus Raja Indra penikmat lalu kekuasaan tiga ini yang dikejar-kejar oleh manusia Iya kan banyak orang yang mengharap pujian dari orang banyak banyak yang punya jabatan tinggi Puji dengan jabatannya iya

apa-apa Insya Allah Sehat Anak Sholeh Masya Allah dengan mata Subhanallah ketika orang yang punya jabatan ini dipuji dengan jabatannya ada orang yang punya harta ingin dipuji dengan hartanya ada orang yang pintar ingin dipuji dengan keilmuannya kira-kira saya sampaikan banyak gak orang ingin mengharap pujian banyak sekali kadang-kadang untuk mengharapkan pujian dia tidak tahu untuk mengambil Halal Haram pokoknya Gimana caranya orang memuji Saya misalnya Berapa banyak orang ingin mendapatkan Puji kalau sadar Puji itu milik Allah beres dunia ini ada orang yang mengambil hak orang lain karena apa ujung-ujungnya pengen dapat pujian dari orang lain makanya Dengan mengatakan hati-hati kalau orang sudah ingin mendapatkan pujian dari manusia tunggu kehancuran daripada orang tersebut Iya biasanya rata-rata orang sombong yang ingin dipuji oleh manusia

Maka kalau orang itu sadar kalau begitu makhluk Allah milik Allah beres orang yang berhaji Serahkan semuanya Puji itulah makanya orang berhaji atau umroh siap meninggalkan menanggalkan Meninggalkan apa meninggalkan yang dicintainya di dunia meninggalkan yang dicintainya di Indonesia kalau orang Indonesia meninggalkan rumahnya meninggalkan ayahnya meninggalkan istrinya meninggalkan anaknya meninggalkan itu namanya meninggalkan menanggalkan itu adalah menanggalkan siapa dia siapa orang berebut Itu demi ingin mendapatkan pujian Anda mata orang mengejar-ngejar nikmatnya kekuasaan-kekuasaan pun milik Allah kalau seandainya orang ini paham tentang makna Talbiyah Puji milik Allah lalu selanjutnya apalagi nikmat milik Allah lalu kekuasaan mereka

beres semua serahkan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala di ujungnya dengan mata adalah syarikala Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik satu Innal Hamda wanni’mata Al Mulk laa syarikala kata-kata kasar berapa kali dua kali kenapa coba karena kalau tidak paham banget dan tidak paham benar dengan manasik ibadah haji seperti ibadah yang mana tempatnya itu hanya batu dan batu bata ke Mekah yang diputerin apa di ujungnya dimulai dari apa Batu Hajar Aswad Batu Hajar Aswad Siapa itu nanti setelah kau ada sholat dua rokaat sholat dua rokaat itu di belakang makam Ibrahim akan di rahim apa

habis itu nanti nanti ini ketika itu ke mina mina itu dibilangnya antara dua gunung Gunung Batu Bagan Batu habis itu nanti ke mana lewatnya ke Arafah Arafah ada Jabal Apa itu Jabal Rahmah di situ juga itu adalah puncaknya ketika Rasulullah kutbah Wada itu Batu bukan batu habis itu nanti ke Muzdalifah Subhanallah itupun di antara Gunung Batu selanjutnya nanti ke melontar yang dilontarkan batu dilempar batu yang dipakai melontarkan batu batu batu batu Subhanallah Iya maka dengan menyatakan kata-katanya pun telah Serigala bukan menyembah batunya ini tapi ada yang indah di situ untuk memahami yang jauh lebih dalam maknanya apa jawab ketika ada Hajar Aswad obat kata mengatakan Inna kalah hajar kamu itu demi Allahnya batu kamu ya Hanya

kamu yg tidak memberikan manfaat dan tidak akan berikan mau barat demi Allah seandainya Rasulullah tidak menciummu Aku tidak akan pernah menciummu saya melakukan ini kepada Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam saja saya melakukan ini hanya mengikuti daripada sunnah Rasulullah ini yang akan kita bahas tadi sebagai mukadimah saya sampaikan Iya lihat tadi ini sebagai mukadimah yang saya sampaikan daripada pertama kalau umroh atau haji itu bukan kebetulan yang kedua makna daripada Talbiyah yang ketiga lah serigala terulang dua kali karena hati-hati kalau seandainya semua ibu bapak dan sahabat-sahabatku juga sahabat yang di saling sapa yang berbahagia saya sampaikan pegang baik-baik tidak akan pernah merasakan nikmatnya ibadah haji ataupun umroh kalau tidak tahu sejarah apa saja ada haji dan umroh yang paling mahal haji dan umroh itu bukan ongkosnya tapi apa

greget nikmat ketika melaksanakan ibadahnya kalau seandainya merasa nikmat ibadahnya itu karena tahu silsilah sejarah yang ada saya Subhanallah punya kawan-kawan ini masalah dia punya apa namanya semacam setrikaan tapi dulu tuh pake arang tahu ya sekarang itu Berapa sih harganya besi kayak gitu berapa mungkin gak nyampe Rp100.000 gitu Iya tapi Subhanallah begitu saya pintar dengan Matan ini buat saya jangan kenapa ini sudah ada yang nawar berapa Jam 02.00 sudah ada satu juta setengah saya bilang yang ini cuma satu setengah dari besi itu sudah dipakai Kenapa karena yang mahal itu bukan setrikanya tapi apa istrinya ini setrika zaman bulan ini Taurus sekian sekian sekian

audio punya sejarahnya Subhanallah kalau kita datang melihat Ka’bah atau sejarahnya lambang-lambang saja langsung sekarang ke mana Ke ke masjid Nabawi ketika mata Assalamualaikum Ya Rasulallah Assalamualaikum Ya Rasulallah Rahmatullah wabarakatuh ucapkan Selalu Dengan mengatakan Ya Rasulullah aku berikan amanah dan kuatlah menyampaikan Islam secara Kaffah Subhanallah itu sampaikan ke sana karena tidak ada yang paling disukai oleh Rasulullah kecuali diantara umatnya bersaksi kalau Rasulullah telah menyampaikan Islam secara sempurna itu yang paling disukai oleh Rasulullah kenapakan Rasulullah ketika khutbah Wada Rasulullah mengatakan Apakah kalian telah bersiap-siap menjadi saksi kau Aku ini telah menyampaikan syariat Islam lengkap sempurna semua para sahabat mengatakan kami telah menyaksikan ya Ya Rasulallah SAW Rasulullah dengan senyuman dan bahagia dengannya kita salah

Nikon balap tupas Allahumma tingkat belah ketupat Ya Allah Sesungguhnya Aku Telah menjadi telah menyampaikan amanah yang kau berikan tentang syiar Islam maka saksikanlah olehmu dari kesaksian para sahabat ini maka tidak ada yang paling disukai oleh para Soleh oleh Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam kecuali kita mengikrarkan saksi kalau Rasulullah menyampaikan Islam secara sempurna Yaitu di kemarin tapi kalau tidak tahu tentang sejarah Rasulullah Iya tidak tahu tentang Bagaimana Rasulullah kisahnya melihat melihat Masjid Nabawi biasa saja melihat langsung ke mana maksudnya masuk ke ataupun menyampaikan salam kepada Rasulullah kepada Abu Bakar kepada Umar Bin Khattab Radiallahu anhu kenapa-kenapa tidak berpengaruh karena tidak tahu sejarahnya gak ada gregetnya Coba sekarang kita lihat

paling tidak beberapa ulama menyatakan untuk masalah Haji atau umroh ini ada tiga nabi yang harus kita buka tapi pastinya dengan singkat saya sampaikan Insya Allah membuka tentang masalah perjalanan haji dan umroh namanya sama tapi beda makna beda kejadian itu hukum dibagi 8 Pilar di Muhammad sampai perkataan yang disampaikan oleh Allah kepada siapa Nabi Adam alaihissalam diturunkan ke mana ke bumi dalam riwayat wallahualam yang namanya Hawa ala Aurel jumhur ataupun para alim ulama banyak mengatakan kalau bawain itunya di Jeddah Jeddah itu zat-zat jika itu nenek artinya Hawa di sana wallahualam beberapa daripada berkata

ahli sirah ataupun Alicia dengan menyatakan kalau ada menit turunnya di India Allah menciptakan ini Bagaimana untuk masalah Haji saat itu aja dengan kekasihnya Hawa yang telah dipisahkan oleh Allah kenapa dipisahkan Karena melakukan kekeliruan yang ada di sorga Ibu Bapak sudah tahu semua masalah ini sekarang Adam diturunkan ke bumi Hawa di Jeddah Adam ingin jumpa dengan hawa hawa pun ingin jumpa dengan Adam ingin jumpa dua-duanya maka saat itu Allah berikan perintah kepada Adam ya Adam Jika anda ingin jumpa dengan Hawa datanglah ke mana datanglah Arab Arab Arab itu artinya padang pasir Arab tu bahasa Arab Arab itu adalah padang pasir

datanglah ke Padang Pasir jalanan Nabi Musa berjalan ke Padang atau menuju ke tempat yang namanya padang pasir sambil disitulah Nabi Adam alaihissalam Punten Nabi Adam berdoa mengatakan doanya semua tahu Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana Lana kunnana Minal khosirin Ini perjalanan ketika menuju ke Mekah perjalanan maka beberapa ulama dengan mengatakan setiap orang mau berangkat ke Mekah atau Madinah Selama perjalanan dari Indonesia sini ke sana Perbanyaklah Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana Lana kunnana Minal khosirin ataupun kata-kata astagfirullah astagfirullah astagfirullah kenapa minta ampun kepada Allah yang membuat jiwa ini kotor adalah dosa sementara kita akan datang ke tanah suci Mekah dan Madinah ini tanah tanah suci disebutnya juga tanah suci Mekah dan Tanah Suci Madinah tidak pantas tanah suci Mekah dan Madinah dikunjungi oleh orang-orang kecuali orang-orang yang bersih

bersihkan diri ini sebelum masuk ke tanah suci dengan cara apa minta ampun pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala kalo ini kotor karena apa dosa dosa ketika dalam perjalanan istighfar perbanyak ataupun dalam perjalanan Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana Lana terus Nabi Adam berjalan berjalan berjalan berjalan sampai Lah akhirnya ke tempat yang namanya Mekah ditunjukkan Nabi Adam tidak tahu dengan menyatakan apa yang harus dikerjakan di sini yang dipandang pastinya apa yang dikerjakan jawab anda di padang pasir ini harus mendirikan Pondasi yang telah dibuat oleh malaikat yakni adalah Ka’bah dari Ka’bah ini adalah pondasi

dibuat oleh malaikat yang lagi Kakbah Kakbah pondasinya portal pondasi-pondasi itu dibuat oleh malaikat jadi pondasi Ka’bah ini dibuat oleh malaikat ada sejarah khusus tentang masalah ini maka Nabi Adam mana pendidikan disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala diarahkan ke sana ke sana kena sampailah ke Mekah namun tidak terlihat karena tertutup dengan padang pasir tidak terlalu didirikannya Allahu Akbar dalam beberapa perkataan ahli dalam masalah sirah ataupun sejarah ya diutuslah ataupun Allah mengutus salah satu dari pasukannya angin angin yang berputar itu namanya angin apa tuh angin puyuh apa ya Iya itu kebesaran tuh Kayaknya kegedean kalo kita melihatkan peternakan puyuh

surah an-naba tapi diangkatlah diangkatlah diangkatlah sehingga kelihatannya kalau angin itu sudah mengangkat kelihatanlah cekung di situ seperti itu wallahualam makanya sampai hari ini Ka’bah ini terlihat posisinya berada dimana bawah di bawah ya ada di bawah seperti itu awalnya ini yang tahu lembah dan lembah tertutup ditarik kelihatanlah pondasinya didirikan oleh Adam alaihissalam Jadi yang pertama kali mendirikan pondasi Ka’bah mengangkat pondasi Ka’bah itu adalah Adam alaihissalam Pondasi yang membuat adalah malaikat Berapa banyak diantara kita yang sholat setiap hari menghadap kiblat ketika ditanya yang pertama kali buat pondasi Ka’bah Siapa yang mendirikan pertama kali pondasinya siapa pondasinya dibuat oleh malaikat Lalu setelah itu diangkat bangunannya oleh Adam berdirilah pondasi ini di situlah Adam alaihissalam berdoa dengan mengatakan diantaranya

hablana Min azwajina wa dzurriyatina Qurrota A’yun Subhanallah doa Nabi Adam alaihissalam berbuatlah karena Allah saat itu ada bertanya jawab aku telah datang dan berdiri seperti ini Lalu kapan aku berjumpa dengan Hawa Lalu Allah katakan silahkan engkau mengarah ke satu tempat anda akan berjumpa dengan Hawa Berjalanlah Adam berjalan Adam tibalah di satu tempat dan Adam tertidur Saat Adam tertidur beberapa perkataan para alim ulama di situlah Adam bermimpi berjumpa dengan Hawa dan tidak pernah berjumpa dengan Hawa di dalam mimpi apalagi saat diturunkan ke bumi Adam tidak pernah berjumpa dengan Hawa saat itu ada bermimpi dalam satu tempat mimpi itu adalah karena angan-angan Adam harapan dan keinginan Adam untuk

ujung pada anak istrinya yang dicintainya tidaklah atau sudah lama tidak berjumpa harapan keinginan angan-angan dalam bahasa Arab namanya Muna umia atau minasari paham Iya Jadi kalau dibilang Mina ini beberapa para alim ulama menyebutkan Minang ini adalah dulunya tempat mimpinya Adam untuk berjumpa dengan Hawa Muna Mina angan-angan harapan keinginan Mina Subhanallah dan Adam syukur pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena dimimpikan dalam dalam mimpinya jumpa dan Hawa syukur Punten karena Adam tahu kalau orang bersyukur akan ditambah nikmatnya Mimpi yang baik disyukuri karena apa Karena agar didapatkan Kenyataannya apa jumpa dengan huruf terima kasih Engkau telah memberikan kepadaku nikmat setelah bertahun-tahun tidak jumpa dengan Allah hari ini aku bisa jumpa dengan awak Terima kasih ya Allah

Makasih dalam mimpi Aku bisa jumpa dengan Hawa Masya Allah Iya maka disitulah orang yang pertama kali mimpi siapa Iya Adam orang manusia pertama kali yang pertama kali mimpi dan jumpa dengan Hawa Masya Allah dan itu letaknya di mana saat itu ke mana ya Allah saya harus berjalan terus diarahkan membuat Ka’bah atau mendirikan Ka’bah saat ada berjalan ke Minah Awak pun bergerak diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk menuju sama untuk menuju Adam perjalanannya Adam di mina Hawa sedang berjalan setelah itu Adam berjalan terus menuju ke satu tempat halwapur sedang berjalan menuju ke suatu tempat persamaan sebetulnya berdekatan hanya terhalang dengan satu dinding ataupun terhalang dengan apa namanya gunung yang ada misalnya kalau saya sedang

pertemuan dengan teman-teman janjian di sini ada bis gak usah bisa ada kereta panjang gitu Kamu di mana Saya di samping kereta sama dari mana Champion Wetan dia di sana saya di sini ketemu kira-kira tapi tetap ngga bawa keretanya maju saling lihatnya Saya melihat Kenapa saya sebenarnya laptop dengan teman saya tapi saya terhalang Kenapa ada yang menghalangi saya apa kereta Tujuan saya untuk ketemu dia Dia juga ketemu saya telepon kamu di mana Saya di samping kereta Sama saya juga disamping kereta dekat tapi terhalang bahasa Arabnya misalnya dia namanya Muhammad Dengan mengatakan saya dengan Muhammad dekat tapi terhalang dalam bahasa yang mengatakan ikhtilaf apa itu berdekatan namun terhalang maka sampai hari ini disebut lambus daripada

itu berdekatan tapi terhalang install Apa Adam Hawa Ada Band Hawa berdampingan bersamaan nama terhalang dengan gunung yang ada di sini sehingga tidak bisa ketemu Sekarang saatnya berdekatan namun terhalang maka dikatakan sampai hari ini Muzdalifah Subhanahu Wa sampai hari dikatakan apa Muzdalifah nanti kita buka buka satu persatu akhirnya ada berhawa jumpa Ibu Bapak setelah Muzdalifah itu apa kalau kalau yang pernah melaksanakan umroh atau haji di mina Itu Muzdalifah habis itu apa

habis itu apa aroma Iya maka saat itulah ketemu Adam dan Hawa di Arafah salatia di Arafah jumpa lah Adam dan Hawa di mana dia tapi banyak yang aneh orang mengatakan Adam dan Hawa jumpanya di Arafah memang benar di Arafah tapi ada yang bilang di Jabal Rahmah jujur sampai hari ini tidak ada dalil yang shahih untuk menyatakan perjumpaan Adam dan Hawa di Jabal Rahmah tidak ada ya Jabal Rahmah itu bukan tempat perjumpaannya Adam dan Hawa Iya tapi Jabal Rahmah itu yang saya adalah tempat khutbah wadahnya Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam ketika saat khutbah Wada naik sedikit ke atas paling banyak 3 m setelah itu Rasul menghadap kiblat dan khutbah di sana khutbah wajah itu yang dilakukan Rasulullah

kata sana itu tidak disunnahkan kalaupun mau naik cukup sedikit saja 3 meter yang sudah disediakan oleh pemerintah Saudi Arabia naik ke atas di situlah ketika Rasulullah khutbah Wada tidak digunakan untuk naik ke atas makanya dikasih tanda gunung ini gunung Jabal Rahmah bukan tempat perjumpaan yang ada berhawa tapi disitulah tempat apa ku tahu adanya Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam Iya maaf ya biar rapat jumpa lah Adam dan Hawa Arafat Arafat itu saling memahami saling mengetahui kekeliruan masing-masing saling tahu terhadap dirinya bahwa dirinya salah dirinya keliru dan dirinya tahu bagaimana cara untuk menebus kesalahan ini dan dirinya tahu bagaimana cara untuk mendapatkan ingin ridho Allah subhanahu wa ta’ala Arab

ulangan apa yang akan dia bawa harus tahu Arafat Arafat harus tahu semua ini adalah kisah tentang Adam bersama dengan apa yang ada walaupun begitu kejadiannya Saya ulangi lagi Ka’bah didirikan oleh Adam berjalan Adam mimpi di mina ketemu belum mencari Pah berdekatan ketemulah di Arafah Apa hikmahnya saat perjalanan menuju ke tanah suci seperti Adam alaihissalam Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana minta ampun pada pendidikan kita tidak mungkin melakukan tapi intinya mengagungkan Ka’bah mananya apa Subhanallah cara menggabungkannya kita tidak bisa membangun Ka’bah sudah jadi sekarang Tapi apa

cara menggabungkan ya Allah Subhanallah dan setelah itu Adam Dengan mengatakan Jalan Pondasi ini aku ingin jumpa dengan apa Silahkan setelah melakukan kebaikan apapun khususnya setelah melaksanakan tawaf minta cita-cita harapan keinginan apa yang paling diutamakan Adam keinginannya ingin jumpa dengan awak Mintalah apa yang paling diutamakan mau 1234 terserah musnah ku silahkan minta di situ iya dalam hadits Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam mengatasi punting kata lo kan aku aku mau akhirat komunis Aku mau jinak total biro jodoh hidupin kompor rahim Lazada Min Mulki saya dan selanjutnya dan selanjutnya ada satu Haditsnya dengan mata di ujung ya Iya kalau lah seandainya dari mulai manusia mulai menciptakan Adam sampai manusia yang paling akhir Gandari mula diciptakannya Jin sampai Jin yang terakhir Halo semuanya meminta kepada Allah dengan permohonan semuanya meminta pada Allah pasti permohonannya beda-beda saya tanya kalau

ibu bapak ikhwan akhwat yang hadir di sini disuruh minta kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan keinginannya kira-kira keinginannya sama semua gak beda topologi dari semua semua manusia diciptakan sampai akhir memohon kepada Allah dengan permohonan yang masing-masing lalu Allah kabulkan semua keinginannya tidak ada satupun yang kau abaikan semua kabulkan apa yang disampaikan oleh Rasulullah Wasallam dalam hadis kursi illegal mix tidak bersilang itu permohonan manusia Semuanya itu tidak mengurangi sedikitpun daripada yang Allah punya kecuali seperti benda dimasukkan ke dalam air laut lalu benang itu diangkat lagi basah yang di benang itu ada permohonan semuanya dan Allah masih punya lautan yaitu Subhanallah Jadi kalau ketika di Arafah ataupun Khususnya ketika setelah tahu aku minta pada Allah jangan mengatakan anaknya kebanyakan doa Saya minta apa saja

Siapa itu apa Harapan apa yang diinginkan makanya orang keling di mina selama mabit di Mina iya orang itu malah ngobrol malah apa Malah cerita itu jangan coba tanyakan harapan dan keinginan cita-cita Apa yang diinginkannya didapatkannya apa itu banyak banyak ngomong apa yang diinginkan harapan kepada Allah apa saja Subhanallah ketika di mina lalu di Arafah atau di Muzdalifah tujuan ada pingin jumpa dengan siapa pun kan kadang-kadang kita ini ingin berbuat baik ingin ngaji ingin ngaji gara-gara macet saja gak ketemu gara-gara dan Muzdalifah hanya sedikit itu kita mau invite ngumpet-ngumpet gara-gara ada Muzadi banyak Keluar kita mau mau apa Coba kita mau sholat mau tahajud ada Muzdalifah nya Ngga ada penghalang

ngantuknya luar biasa segala sesuatu kebaikan mesti ada halangannya mesti ada halamannya maka terus lurus terus jalan itu juga ketemu kuatkan niat jadi tidak ada di antara kita yang memiliki keinginan baik kecuali situ ada halamannya sudah berdekatan terhalang saja tidak bisa makanya segala sesuatu amal baik yang ingin kita lakukan mesti ada halamannya mesti ada halamannya ada penghalang nanya aja boro-boro mau berbuat baik Baru Ada halangannya kiranya Berapa banyak ada orang sudah daftar haji atau daftar umroh gara-gara tergiur dengan bisnis yang ada di tarik lagi duitnya dicoba lebih banyak kawan saya baru 3 hari yang lalu cerita kesalahan saya ada tiga dia bilang gitu asal pertama Apa kesalahan pertama kata guru saya saya harus

jadi pesantren malah saya kerja saya tidak taat sama gue Akhirnya teman-teman saya di pesantren sekarang sudah jadi guru semuanya saya nggak saya diam aja yang kedua yang kedua Punten Punten Ibu saya menyuruh saya untuk Dengan mengatakan kata-katanya sesuatu itu enak untuk dibilangnya tapi saya tidak mau ya biasa masalah Perjodohan tapi saya tidak mau Akhirnya saya memilih apa yang saya inginkan ternyata begini yang ketiga saya sudah daftar haji saya tarik lagi karena apa Karena tergiur dengan apa bisnis dan sampai hari ini itu kacau semuanya tiga kesalahan dalam hidup saya dia bilang begitu Itu dia saya bilang sebetulnya tidak ada kesalahan yang tidak bisa diperbaiki minta ampun pada orang tua masih ada orang tua saya sudah tidak berbuat amal baik sholeh

Subhanallah walaupun walaupun sudah berbuat baik sama sekali apalagi sekarang masih ada mengajar kepada siapa untuk ngaji Quran Kalau Anda mau saya masih banyak Insya Allah datang tolong cariin dong ustad yang ini cuaca hari ini untuk ngajar di rumah masih banyak mau gak kira-kira Eh dasar orangnya Dia bilang Gak mau ah udah gak pede Astagfirullah di mana akan berubah kalau dia tidak PD lahaula walakuata illabillah jadi usikum wanafsi bitaqwallah apapun istilahnya yang saya katakan setiap mau berbuat baik ada halangannya jangankan sudah melangkah baru liat saja ada halangannya iya Maka kalau sudah ketemu artinya Arafah gak ya Biar apa jumpa di Arafah ada 1 kenikmatan yang ada paling tidak harus mengetahui Untuk apa kita diciptakan oleh Allah

diciptakan report Ibu harus tahu Bapa harus tahu kalau kita diciptakan oleh Allah tuh apa ibadah ibadah kepada siapa Allah caranya bagaimana dikasih tahu sama Rasulullah udah selesai aman Kita diciptakan oleh Allah untuk ibadah kepada siapa pada Allah Ya udah Bagaimana caranya saya mau ibadah sama Allah dikasih tahu oleh siapa Rasulullah Rasulullah yang mana Muhammad Nabi Muhammad mana itu utusan Allah yang mana yang sekarang di kota Madinah biasanya makamnya Subhanallah jadi tata cara ibadah itu hanya apa yang dicontohkan lu siapa Rasulullah karena apa Karena Rasul utusan-nya subhanallah allahuakbar ini tentang Adam simpan kisah di situ ada Ka’bah di situ ada apa ada nggak ada bus dari Padang sekarang kita lihat Nabi Ibrahim Alaihissalam Nabi Ibrahim Alaihissalam telah meninggalkan istrinya

siapa hajar bersama Putra tercintanya atau yang sangat mencintainya siapa semakin Risalah Nabi Ibrahim Alaihissalam tidak menyampaikan panjang segala macam yang namun untuk berkaitan dengan dengan tempat-tempat Haji saja nabi Ibrahim sejarahnya Nabi Ibrahim Alaihissalam berangkatlah ingin jumpa dengan anaknya yang dicintainya ada Ismail Alaihissalam datanglah bakso atau Palestin tiba di Mekah namun Subhanallah Wallahu A’lam beberapa perkataan para alim ulama menyebutkan Rasulullah tentang Nabi Ibrahim Alaihissalam bermimpi Mimpinya apa itu berjumpa dengan Nabi Ismail kangennya udah banget banget banget kangen bertahun-tahun gak jumpa besok nya mau jumpa Malam ini istri

malam ini untuk malam persiapan besok mau jumpa dengan siapa Nabi Ismail Tidurlah saat tidur Itulah Nabi Ibrahim bermimpi anaknya disembelih tahu kan kalau sejarah ini Arab film Ani Ani Ani aku kapan Dermaga taroh itu adalah kisah Nabi Ibrahim bermimpi menyembelih siapa Nabi Ismail Alaihissalam mimpinya para nabi itu hak adanya itu adalah wahyu bangun Nabi Ibrahim Alaihissalam kalau dirinya bermimpi untuk berjumpa menyembelih nabiyullah Ismail Alaihissalam dan tepat mimpi itu juga adalah Dina kalau ada di situ tadi ya Mimpinya apa jumpa dengan Siti Hawa kalau Nabi Ibrahim mimpinya di situ apa menyembelih diuji oleh Allah subhanahu wa ta’ala Subhanahu ujian Jadi kalau untuk nabi kalau untuk Nabi Adam Mina ini maknanya adalah bersyukur karena diberikan kenikmatan oleh

Allah melihat mimpi dengan Hawa kalau untuk Nabi Ibrahim itu artinya adalah ujian karena apa Karena harapannya Punten Ibu Bapak Punten ada nggak punya cita-cita keinginan harapan ada nggak di antara kita yang punya harapan dan cita-cita setiap punya harapan dan cita-cita siap untuk diuji Nabi Ibrahim Alaihissalam dengan anaknya dicintainya siapa Ismail siap diuji mana Ayo diuji sekarang ada yang ingin mendapatkan harta ada tapi diuji harta apa waktu sholat kira-kira ya berapa banyak orang yang mencari harta gara-gara Mencari harta shalatnya apa terbengkalai Iya Berapa banyak orang yang seharusnya dia Saung karena Mencari harta gak tau Irama Bantu aja atuh La haula wala quwwata illa Billah jadi maknanya dengan silahkan tapi setiap anda punya kebaikan yang ada di dalam hati anda ataupun punya tujuan ingat itu

Kakak di bentrokan cinta kepada Allah apa cinta kepada dunianya selalu begitu Ibrahim Alaihissalam buktikan kecintaannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala kalau kita mencintai rumah yang kita miliki kita mencintai harta yang kita punya kita mencintai jabatan yang kita miliki tapi Punten kita wajar mencintai istri mencintai anak mencintai orang tua tapi Punten Allah diatas segalanya jangankan dengan orang tua dan harta kalau ibu bapak datang ke Kota Madinah begitu sampai ke Kota Madinah sebelum berziarah ke makam Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam masuk ke masjid sholat 2 rakaat dulu tahiyatul masjid kenapa

wajib kepada Allah dulu baru kepada Rasul Shallallahu salam Kenapa karena Allah berikan Rizki Nabi Muhammad yang mendapatkan Rizki Allah yang menghidupkan Nabi Muhammad dihidupkan alah yang mematikan nabi Allah yang mematikan Nabi Muhammad yang wafatnya dari bahan Iya kadang-kadang orang masuk langsung jaruh lu ke makam Rasulullah tanpa ada sholat yang namanya tahiyatul masjid Allah Subhanahu Wa nanti kalau ada kesempatan apa-apa saja yang harus dikerjakan di kota Madinah dan apa-apa saja harus dikerjakan di Kota Mekah ini cukup panjang bahasa namun ini kita lihat dulu sejarah yang berkaitan dengan hajinya wallahualam selanjutnya Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim bermimpi Waduh ini ujian gambaran buat kita jangankan Punten Nabi Ibrahim Seorang nabi yang soleh ujiannya begitu berat diadukan cinta anak apa cinta Allah ternyata Nabi Ibrahim lupa tidak lulus kita diadukan cinta kepada

Aapa cinta istri cinta Allah apa cinta suami cinta Allah apa cinta Anda cinta Allah apa cinta jabatan cinta Allah cinta harta cinta Allah apa cinta apa cinta semua diadukan ibu apa merasakan di bentrokan antara pilihan cinta Allah apa cinta yang lain pernah gak kira-kira pernah sering Nah itulah Nabi Ibrahim hidup salah Ibrahimovic maknanya Dengan mengatakan semua ujian yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim sempurna dan melaksanakannya belum lagi ujian ketika Meninggalkan apa sebetulnya dari situ dulu Tapi nanti kita balik ke belakang udah tanggung kisahnya saya sampaikan dari sini itu Nabi Ibrahim data Sudah lama tidak jumpa dengan Nabi Ismail pertama Nabi Ibrahim kalau mau nabi Ibrah begitu jumpa pertama enaknya Nabi Ibrahim mungkin ah pertama kali jumpa gak usah ngomongin sembelih sembelih dulu deh masa jumpa pertama kali aku menyembelih bunga enak

gak usah lah nanti aja sudah 1 hari sudah dua hari dua tiga hari baru ngomongin masalah mimpi sembelih sembelih itu mungkin kalau kita begitu atau mungkin kalaupun seandainya ada orang berpikir kan Wahyu itu derajadnya macam-macam derajat Waluyo tertinggi itu Allah langsung menyampaikan seperti Isra Mi’raj seperti Nabi Musa langsung dari Allah tanpa ada itu tingkatan Wahyu paling tinggi yang kedua tingkatan Wahyu yang kedua itu melalui Jibril Alaihissalam dan tingkatan Wahyu ketiga itu ada melalui mimpi kalau mau di Nabi Ibrahim mungkin masih mimpi ntar tunggu dari Jibril aja kalau bener pasti Jibril datang kalau enggak biar Allah langsung bicara kepada saya kan baru mimpi-mimpi itu kan memang Wahyu tapi masih belajar tapi tidak ada bedanya Wahyu tapi istilahnya kalau dilihat dari tadi rajah Wahyu melalui mimpi itu adalah zat-zat yang ketiga tapi Nabi Ibrahim Alaihissalam tidak mengeluarkan dari

ada perintah Allah tersebut walaupun jumpa pertama kali begitu Assalamualaikum Waalaikumsalam dengan hangat pelukan Kerinduan kepada anak dan anak merindukan ayahnya langsung begitu kan ini arah film anemia Niaga Barokah faktur Mahabharata Subhanallah aku tadi malam bermimpi menyembelih mu apa yang menurutmu atau Apa pendapatmu tentang mimpiku ini mungkin anaknya Bapak yang bener aja baru kita jumpa ngomongin sembelih sembelih Iya apa yang dikatakan Nabi Ismail Alaihissalam Dengan mengatakan kerjakan Ayahku cepat jadi kalau aku ini menjadi orang bersabar Subhanallah kerjakan kerjakan ini adalah wahyu kerjakan allahuakbar hebat Jadi Punten melambangkan ujian yang akan didapatkan ketika kita ingin melakukan kebaikan dan istri sudah Soleh mungkin anak belum

istri sudah Soleh suara anak sudah sore mungkin suami belum ada gak bisa begitu Iya tapi keluarga sakinah dicerminkan di dalam kehidupan Nabi Ibrahim ketika ingin perjumpaan dengan anaknya diuji Allah apa anakmu jawab Allah biar anak gak ada masalah begitu jumpa dengan ajar Nabi Ibrahim langsung menghajar aku bermimpi kalau aku menyembelih Ismail hajar pun wanita solehah hajar pun mengatasi merpati falmar kerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah itu wanita soleha saat itu dalam beberapa perkataan disampaikan oleh para alim ulama dr Abdul Kohar aku star blue adalah ahli ataupun kesalahan dia atau Sirah Nabawiyah yang kami dapatkan beliau dengan menyebutkan kata-katanya Subhanallah dalam beberapa

sandaran yang sangat luar biasa Nabi Ibrahim secepatnya siap untuk disembelih siap mana pedang yang siap untuk digunakan menyembelihnya ada silakan pilih mana yang paling tajam wahai ayah anda dibawa pedangnya dicoba oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam sampai bulu yang di tangan ini kalau dengan pedangnya itu putus saking apanya tajamnya tapi ingin lebih tajam agar nanti Ismail Alaihissalam tidak merasakan sakit ketika disembelih Coba kalau misalnya tumpul sakit tapi kalau tajam selesaikan makan Nabi Ibrahim Alaihissalam mengasahnya Berapa kira-kira anaknya nunggu di situ hajar nunggu di sampingnya Nabi Ibrahim nah Sahid Subhanallah

mata di situ luar biasa bahwa perintah Allah lebih besar dari segala-galanya makanya ada kata-kata Allah huakbar setiap allahuakbar maknanya Allah Maha Besar apa putusan yang sekarang aku hadapi kecil urusan apapun apapun urusan Bersama siapa urusan siapa Semua kecil aku berada di hadapan Allah yang Maha Besar Allah akbar setiap gerakannya Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar luar biasa kata-kata ucapan Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar dari bahaya makan Nabi Ibrahim Alaihissalam Nabi Ibrahim Alaihissalam Nabi Ibrahim sambil mengasah ini sambil mengasah apa tadi mengasah pisau mengasah pedang sambil mengasah pedang ini Nabi Ibrahim Alaihissalam dihadapannya Nabi Ismail

harapannya lagi adalah hajar sambil mengasah dia menggabungkan nama Allah kalau seluruhnya adalah kecil dan Allah Maha Agung sambil mengasah Beliau mengatakan Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah wallahu akbar Subhanallah enakan pake ini ya Pak jadi jadi tambah merdu suaranya bakau ini lihat Iya jadi ketika Nabi Ibrahim Alaihissalam dengan pedangnya lalu di situ Ditunggu oleh anak dan istrinya sambil berlinang air mata oleh pemerintah yang air mata itu bukan berarti cengeng Bukan salah-salah menangis ketika sahabat bertanya wa anta tadi ya rosulallah kamu Rasul nabi nangis juga gara-gara anak Muhammad Rasulullah mengatakan sayangku

innalillahi wa inna Lil kelebihan Dengan mengatakan Sesungguhnya setiap orang yang punya mata berhak untuk mengeluarkan air mata dari setiap orang yang punya hati untuk bersantai Ibu punya air mata atau Ibu punya mata bapak punya mata punya juga punya mata punya airnya Kalau punya hati wajar bersedih kenapa seperti Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam innalillahi wa Innalillahi membuat aku bersedih dan ini adalah satu yang disampaikan Rasulullah Wasallam maka Nabi Ibrahim Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar Aku cinta kepada anakku Tapi engkau lebih aku cintai Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar kepada istriku Tapi engkau lebih aku

allahu akbar allahu akbar allahu Aku cinta kepada apa yang ada di dunia ini tapi lebih besar cintaku kepada Allah laa ilaha illallah wallahu akbar tidak ilah kecuali engkau dan engkau yang maha besar allahuakbar walillahilham Allah maha besar dan segala puji hanya untukmu kata-kata allahuakbar terulang berulang-ulang Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah wallahu akbar Allahu Akbar Walillah Ilham 5 kali diulang lagi diulang lagi untuk mengokohkan kekuatan yang ada Ibu Bapak kalau ibu bapak lagi gundah perasaan untuk melaksanakan apabila yang disukai oleh Allah baik yang tidak disukai oleh Allah Bunda pernah pernah gitu diam Allahu

Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah wallahu akbar Allahu Akbar Walillah Ilham Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Yusuf gitu loh aku akan tetapi untuk mengambil suatu keputusan yang benar pernah ngga allahuakbar mau tahajud bangunkan kita ini mau apa ya berangkat enggak ini berangkat Coba gerakkan Allahu akbar Allah bergerak itulah terjadi hujan dalam setiap keinginan yang kita miliki diuji kadang-kadang diuji dalam satu rumah tangga lihat selanjutnya ini berkaitan dengan Ibrahim Alaihissalam akhirnya tuh disembelih tahu semuanya walaupun berbagai macam yang ada namun intinya tidak jauh daripada

berangkat Nabi Ibrahim bersama anaknya pamit lah Nabi Ismail kepada pacar setelah pamit Berangkat lah sudah berjalan sudah terputus dari pandangan datang siapa iblis datang kepada siapa hamil yang melahirkan kamu yang mengurus tiba-tiba Ibrahim datang tiba-tiba mau disembelih Masak kamu rela begitu saja ingat Ibrahim dan nabi Ismail juga calon nabi Dengan mengatakan nabi itu kalau mau meminta kepada Allah pasti dikabulkan minta kepada Nabi Ibrahim agar nabi meminta kepada Allah ujiannya diganti jangan yang itu kata siapa iblis bagaimana kalau seandainya anak mau disembelih

bagaimana sebaiknya meminta kepada Nabi Ibrahim agar ujiannya di apa digantikan oleh hajar hajar Al Islam atau Siti Hajar cara apa-apa hanya mengambil batu di angkatan bismilahi Allahu akbar Allah Allahu akbar bismilahi allahuakbar Subhanallah untuk iblis ini tidak ada komunikasi sedikitpun Kenapa mesti tergoda dengan tipis karena ada membuka komunikasi dengan iblis iblis jangan dikasih Komunikasi itu cukup dengan jawabannya bismillah Allahu akbar Allahu akbar bismillah Allahu akbar sampai sekarang Keabadian wanita soleha ini digambarkan Punten jumroh Ula tapi sekarang ada nggak begitu jumrah Ula ingat wanita soleha nada

masker mulut marah jangan marah ya nanti ada ada pada buku sini kan saya sudah menceritakan tentang sejarahnya saja dulu tidak kalau Mana asyiknya kalau pas lagi haji umroh api dapat dipadamkan lagi dirapatkan lagi Subhanallah Makanya kalau kita lagi haji itu full Pesantren jadi mantan Pesantren apa pesantren di Makkah dan Madinah Kenapa karena setiap hari kita misi pelajar bukan manasik haji tidak bicara tentang masalah Haji yaitu cara Umroh itu sedikit tapi Ceritakan sejarah Qurannya Seperti apa Mekkah Bagaimana awalnya Madina Bayangkan saja 24 hari kita kumpul ya pasti apalagi begitu 5 hari mau Haji 6 hari muhadji itu setiap hari tiga kali pertemuan dijejelin jamaah tuh dengan apa yang pelajaran fajar telah dikumpulkan dari teman saya selesai Haji rata-rata setelah pulang haji itu ada 40 jam tausiah kita dikumpulkan dari semua yang ada 40 atau 45 jam

Kenapa Kan ini penting yang penting itu yang mahal tuh bukannya banyak ilmunya itu lah biar ada gregetnya nikmati Subhanallah Ketika dingin apa itu dan apa siapa itu apa iblis tidak bisa menggoda kepada siapa harus berangkat lagi sekarang yang digoda anaknya begitulah yang pertama kali iblis datang itu dalam rumah tangga kadang kepada istri kepada suami keadaan kepada anak hati-hati datang kepada siapa Makanya enak snail kata siapa kata iblis ibumu lagi nangis kamu balik dulu sebentar Nasehat Ibu ibumu tolong Ibu bilang Sabar sabar kalau ini perintah Allah kasihan Ibuku lagi nangis tapi Nabi Ismail Alaihissalam tidak mau

Sedetik pun harus terlambat Nabi Ibrahim untuk menyembelih nya dari bahaya jangan sampai terlambat iblis ini kalau tidak berhasil untuk melarang Nabi Ibrahim menyembelih Ismail Alaihissalam cukup untuk menghasilkan 1 detik saja itu sudah Nilai plus buat iblis Makanya lebih Ismail Alaihissalam tidak akan pernah membuat dirinya Terlambat untuk disembelih begitu dirayu jawabannya bismillah Allahu akbar Allahu akbar kekuatan anak soleh digambarkan di jumlah yang kedua Subhanallah sampai sekarang jumroh allahuakbar minimal ketika Bapak atau Ibu Bapak Khususnya ketika jumroh Ula ada doanya paling tidak minta pada Allah jadikan istri saya istri solehah kedua Jadikan anak-anak saya Soleh atau sholeh menjadi Qurrota A’yun iblis sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi tapi yang namanya

iblis yang belum digoreng siapa sekarang Ibrahim Alaihissalam Padahal kalau istrinya saja dan anaknya kuat apalagi Nabi Ibrahim tapi yang namanya untung-untungan ya begitulah gaya kamu sepakbola ini waktu tinggal 5 detik lagi kira-kira jam dari belakang tu di gojek apa dilempar ke depan itu apa namanya itu spekulasi namanya Pokoknya tenang aja makanya kata-katanya wahai Ibrahim Kamu tahu gak aku tahu kamu itu sangat cinta kepada anakmu ini bagus kamu melaksanakan perintah Allah ini tapi yang saya takutkan akan menjadi sunnah bagi setiap orang yang mencintai anaknya maka ayahnya harus menyembelih anaknya untuk membuktikan cinta kepada Allah sehingga

nanti akan jadi Sunda Ibrahim Ibrahim menyembelih anaknya kalau ibu bapak punya anak sembelih anaknya satu untuk mempersembahkan kepada Allah bahaya Ibrahim Bagaimana ini kalau begini Jadi sunnah Ibrahim nantinya minta kepada Allah Nabi Ibrahim bismillah Ya Allah Hu Akbar Allah Subhanallah jumroh Ula wustho aqobah menutup komunikasi antara ayah ibu anak dengan iblis lewat internet bisa lewat TV bisa ngga bisa sinetron-sinetron bisa sekarang anak-anak Kalau saya lagi kecil lagu anak-anak tuh banyak Do lagi sakit YouTube ada yang satu ditambah satu duduk sama depannya dudukannya ataupun ada lagu yang Si Butet cucok dari mana

dulu tuh lagu lagunya kita sekarang anak-anak kecil anak kecil sekarang dulu masalah yang namanya anak-anak Lagu Tebak Lagu Indonesia Raya itu segala macam itu yang dihafalnya sekarang semuanya udah Sakitnya Ku Disini segala macam La haula wala quwwata illa Billah Kenapa ya kalau ke minimarket di Sumbawa Besar lagu supaya ngga lagu sekarang sekarang ada yang pakai gerobak yang itu gak ada gak di sini dong sayang odong-odong begitu juga dangdutan Subhanallah yang anak kecil jatuh naik bus diputar sama Apanya banyak di belakang itu juga

Iya ini dia tapi ya itulah makanya Islam ini kalau ada alhamdulillah ada supermarket islam Gitu ya saya tidak tahu namanya lupa tapi begitu masuk tahu isinya dalamnya ada ada ada ada ada ada Jadi kalau masuk itu tausiyah isinya saya lupa tapi begitu tahu Sisinya kadang-kadang sumbangan untuk ke Palestine gini-gini dari mana Kalau masalah di daerah Depok 2 masuk ke dalam sebelah kiri itu ada via Subhanallah Luar biasa dibikin kalau mini mini market punya orang islam Gitu yang kecil tapi isinya adalah tausiah isinya ngaji kura-kura biasa kadang-kadang begitu kita bawa Bro Tapi kalau misalnya ngaji quran Amma yatasa alun Anin nabail adzim coba

La haula wala quwwata illa billahil mengerikan sekali maka tutup komunikasi sekarang Coba setelah itu rasulullah Apa maksud saya Nabi Ibrahim Alaihissalam apa setahu istri Nabi Ibrahim Alaihissalam lalu apa Nabi Ibrahim diperintahkan untuk apa membangun Ka’bah Pondasi yang sudah diberikan dulu oleh siapa pondasinya oleh siapa malaikat malaikat malaikat yang buat pondasinya didirikan oleh pertama kali kentut untuk semuanya dengan apa dengan air maka semuanya semuanya rusak tapi masih kelihatan bekasnya maka didirikanlah oleh siapa Nabi Ibrahim dengan Nabi Ismail berdiri berdiri dibuat oleh berdua ini dengan rasa cinta paling tidak kalau seandainya kita ini sedang tawaf

disana Gambarkan rasa cinta kepada keluarga agar rasa cinta keluarga ini Allah menyatukan bukan hanya sekedar di dunia tapi sampai di surga firdaus Allah Subhanahu Wa bahkan saya pernah menyampaikan dengar dari dokter ambil kali Rasulullah sampai di zaman Umar Bin Khattab Ada yang berkata Ya Allah kenapa ketika thawaf tidak dipisahkan saja antara laki-laki dan perempuan seperti di Madinah kaki perban berpisah ya Kenapa ngga dipisahkan Umar Bin Khattab ketika tawar berdampingan dengan Siti Aisyah aku akan pisahkan tapi karena saya melihat Rasulullah bersama Siti Aisyah berdampingan Maka kalau suami istri tidak takut profat pegang berdampingan seperti ini dan subhanallah sambil berdampingan begini sambil lihat Ka’bah lalu mohon yarob ini adalah istri saya jadikan istri saya sebagai benda

fungsi Dunia Akhirat itu ya Allah ini suami saya yang akan menjadi imam saya dunia dan di surga nanti kau begitu biru walafiat buku aja Sibuk nggak perlu baca tulis sekarang buat visa untukmu itu bagus memberikan bimbingan agar anda tahu nanti ketika pertama apa kedua apa tapi kalau disuruh baca di situ juga tidak menyarankan sebaiknya tetap melihat Ka’bah buku itu sebagai pedoman yang harus kita baca sebelumnya tau ada pelatih Subhanallah kalau sudah tinju mulai yang ngelatih siapanya pelatih tapi kalau sudah tidur miring nanya pelatih-pelatih tonjok-tonjokan nantinya kemana kita latihan sebelum rekening kamu sudah terserah kita

apa yang diinginkan apa yang diharapkan semua adalah kadang-kadang proses sama Biarin aja orang udah belok lu ketinggalan ini kesibukan dengan buku-buku itu baik Dibaca tapi apa saat dalam keadaan tawaf kita main sendiri saja doa yang kita inginkan didirikan pondasi didirikan saat pondasi didikan cukup tinggi cukup tinggi seperti Nabi Ibrahim Alaihissalam untuk menyesuaikan ini kurang kanan Quran cilik Nabi Ibrahim turun kalau ibu bapak ingin melihat rumah yang indah dari dekat apa dari jauh-jauh misalnya handphone handphone bagus banget tidak tahu bagaimana caranya

maksud dari jauh lihat rumahnya darimana indahnya kalau melihat rumah padahal jalan-jalan pagi-pagi pada menjauh untuk melihat rumah olahraga akan melihat indahnya itu dari mana dari coklat dari tak terlihat kau ini gimana kurang apa dan Nabi Ibrahim Berdiri dalam satu batu yang biasa Nabi Ibrahim berdiri untuk melihat Ka’bah berdiri naik ke Batu ibu dan Nabi Ibrahim melihat Ismail ini kurang ini naik turun lagi naik lagi Nabi Ibrahim ini kurang ini kurang ini turun lagi naik lagi dan batu tempat pijakan Nabi Ibrahim ketika melihat membangun Ka’bah jadilah maqom Ibrahim Ibrahim

yang ada dengan mata di Arab ini adalah kabar yang dibangun oleh dijadikan dulu pernah oleh Nabi Adam berikan oleh siapa Nabi Ibrahim Alaihissalam penuh dengan rasa cinta pada Allah dan rasulnya cinta kepada Allah Tanamkan dalam hati ini ketika tawaf bareng-bareng sama sama dengan keluarga sambil berdoa semuanya ini untuk apa menjadi apa namanya pencinta Allah Subhanahu Wata saya lanjutkan selesai Ibrahim sekarang rumahku sudah kau dirikan Panggil semua manusia untuk melaksanakan Haji Panggil manusia untuk melaksanakan ibadah haji Nabi Ibrahim bertanya mengatakan Siapa yang melaksanakan ibadah haji dijawab Sampai Kapan Sampai Akhir zaman Nabi Ibrahim mengatakan ya robb bagaimana suaraku akan sampai ke manusia akan datang

dijawab oleh Allah subhanahu wa ta’ala lihat inna ilaihi Kalau Adzan Waalaikumsalam kamu hanya bertugas memanggil aku yang akan menyampaikan panggilan itu dipahami Anda memanggil tapi aku yang akan menyampaikan panggilan itu dimana Aku panggil-panggil di mana orang itu akan berkumpul Semuanya disana nanti yang memenuhi panggilan ku semuanya akan berkumpul di tempat itu dimana makanya arofah itu semua orang berhaji wajib kemana sampai rumah hancur hancur ramalan cuara datang semuanya ke Arafah kalau ada orang berhaji Rasulullah mengatakan datama Nabi Ibrahim ke arah ma sampai di Arafah Nabi Ibrahim naik ke atas bukit yang kita tidak tahu bukitnya mana lalu Nabi Ibrahim menghadap ke kiblat untuk memanggil

manusia melaksanakan ibadah haji dengan teriakan seperti adzan kata Nabi Ibrahim sendiri Katana Bebo wahai manusia manusia bayangkan Nabi Ibrahim dalam kesendiriannya di Arafah beratnya lalu Nabi Ibrahim mengatakan innallahha Hanabi khalifah hantu Sesungguhnya Allah telah membuat rumahnya di muka bumi ini maka berhaji kalian maka tengah jalan datang untuk rumah Allah maka Nabi Ibrahim Dengan mengatakan Labaik Allahuma Labaik labbaikallah syarika laka Labbaik Innal Hamda wanni’mata rahim

maka saat itu uang untuk dari kahim dari sejati itu Allah tanamkan rasa cinta kita ke Ka’bah adalah segala-galanya ibu bapak cinta gak ada kabar rindu ke Ka’bah saya tanya Sejak kapan Sejak kapan yang belum umroh yang belum haji yang belum lihat Ka’bah kangen dan rindu rindu rindu saya tanya saya tanya Sejak kapan ada rasa cinta ke kamu itu Sejak kapan kan tadi jawabannya ada sejak Nabi Ibrahim memanggil melaksanakan Haji kita di alam ruh dan dikatakan uang menduga nikahin dari sejak Nabi Ibrahim memanggil Haji Allah simpan rasa cinta kepada orang mukmin ke kawah Subhanallah kita

gak punya jawabannya Sejak kapan kita cinta ke Ka’bah ya sejak kapan sejak kita dialami Sejak kapan sejak Nabi Ibrahim Adjie dari zaman Nabi Ibrahim sampai ke nabi nabi nabi berikutnya tidak ada satu nabi pun yang tidak melaksanakan ibadah haji tadi malam ya Jadi kita tidak tahu bagaimana sudah tahu bagaimana Adam alaihissalam tempat-tempat kita juga tahu tentang kisah daripada Nabi Ibrahim Alaihissalam Tinggal bagaimana caranya Haji gaya Rasul Shallallahu alaihi wasallam yang memadukan antara kisah Nabi Adam dan kisah Nabi Ibrahim disempurnakan oleh adiknya Rasul Shallallahu Alaihi Wassalam Sampai Rasulullah mengatakan kalimatnya Ambilah cara berhaji dengan cara yang aku lakukan seperti itu disusun rapi

cara berhaji dan Apa makna mabrur bagi orang berhaji mudah-mudahan bulan depan kita lanjutkan Iya jadi biar tahu dulu ini gimana Jadi bulan depan rumah lu tuh kayak apa sebenar Semoga dia lagi mabuk mabuk Mabuk apa Mabuk apa kita tahu dari kisah Nabi Adam kisah Nabi Ibrahim Bagaimana Rasulullah menyusunnya sehingga begini begini dan begitu itu sunnah Rasul Shallallahu Alaihi Salam tapi saya tidak menyampaikan kemana sih ini hanya sisanya setelah itu baru loncat kebab itu sebenarnya apa sih saya cuma butuh bagaimana Karena orang ingin mengadakan mabruk tapi tidak tambah bingung kan proses seperti mau beli donat nggak tahu donat bingung Saya mau beli donat si madu donat donat donat donat donat

dia tidak pernah mabruk kalau dia tidak tahu Abdul dari paham Iya tahu dulu mabruk mabruk mabruk gitu ya kadang-kadang orang mau Haji semoga Haji Mabrur mabrur apa bingung saya juga atau berdoa Kalau lagi Haji ini kan Imam doa biasa kalau doa misalnya doa allahumma misalnya doanya doanya jemaah haji ibadah haji doa Imam ya doanya yang bisanya cuma mengatakan Allahumma ahyina Bil Iman wa amitna Bil Iman zamannya amin amin amin amin amin kenceng terhadap mabrur nya tahu dia maunya terjadi insya Allah kita lanjutkan mudah-mudahan Allah pertemukan kita kembali di dalam perjumpaan selanjutnya bagian kedua Nanti insya allah Dari apa kisah-kisah tentang masalah manasik haji Iya tapi nanti manasik wajibnya rukunnya segala macam ini tidak akan dimasukkan dalam

ini tapi insya Allah kita akan langsung Bagaimana Rasulullah menyusui tentang masalah Jinny dan Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam itu apa mengatakan bagus itu seperti apa mudah-mudahan apa disampaikan ada manfaatnya salah keadilan Kita maju di sisi allah subhanahu wa ta’ala Semoga kita yang hadir majusi diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala ketenangan lahir dan batin semoga kita semuanya diberikan kenikmatan dalam beribadah pada Allah subhanahu wa ta’ala sebagai Pengumuman saja kalau misalnya ada keluarga di sini hanya tinggal menerima mungkin berapa murid lagi ya di pesantren kami yang di Tasikmalaya tahfidz Quran untuk SMP sudah dibuka aku sudah dibuka sekarang ini dia dan diasramakan insya Allah semoga asramanya segera untuk diselesaikan Insya Allah sudah dibuka jadi Juni Juli itu sudah santri mondok di sana kalau kemarin SD tidak mondok karena apa Karena satu tahun cuma satu juz targetnya tapi kalau sekarang itu sampe 1 tahun tuh harus 3 juz karena kerasnya untuk SMP

usaha untuk mencapai 1 tahun 3 juz kecuali diasramakan Jadi kalau ada yang mau daftar silahkan itu sudah dari Bekasi sudah masuk dari Depok sudah masuk anak SMP SMP SD tidak ada asramanya Iya tapi kalau mau siap di tinggalkan Eh tapi kalau saya sarankan Ya terserah kalau anak itu mau Ya silahkan SD juga kita siapa tak selamanya tapi kalau untuk SMP yang kami sudah siapkan asrama tapi kalau sd pun mungkin dari asrama tapi di rumah adik saya di kalau misalnya ada anak kecil Ini taruh aja di sana misalnya kan itu tidak disimpan dengan anak dengan tapi disimpannya dengan apa dengan dewan Kyai disimpan ya biar diurus di sana langsung seperti itu ya tapi kalau yang untuk SMP silakan iya Alhamdulillah mudah-mudahan berkah untuk menghafal Quran itu adalah satu kewajiban bagi kita semuanya ini saja dapat saya sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya lagu Minions batu-batu Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close