Mengapa Kamu Harus Ikut Latihan Manasik Haji?

Jika kamu baru pertama kali mengikuti ibadah haji, kamu harus tahu cara melakukan manasik haji dengan cara sesuai sunah nabi. Agen travel biasanya menawarkan latihan manasik kepada calon jemaah yang sudah mendaftar dan siap berangkat. Akan tetapi, kadang ada jemaah yang memilih melewatkan latihan manasik, mungkin karena sudah membaca tentang manasik.

Padahal, latihan manasik sangat penting untuk setiap calon jemaah. Berikut beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya tidak melewatkan geladiresik manasik.

Menghilangkan Kebingungan Saat di Tanah Suci

Manasik Haji - Alharamtravel.co.uk

Manasik Haji – Alharamtravel.co.uk

Ingat, membaca tentang urutan manasik dari buku atau internet tidak sama dengan mengalaminya sendiri. Saat berada di Tanah Suci, kamu akan bergabung dengan begitu banyak jemaah, dan situasi tersebut mungkin akan membuatmu gugup atau melupakan beberapa hal (apalagi jika kamu baru pertama kali melakukan perjalanan jauh). Gladi resik manasik akan membantumu mengatasi kegugupan itu.

Melaksanakan Manasik Sesuai Sunah Nabi

Manasik Haji - Umrohbackpacker.id

Manasik Haji – Umrohbackpacker.id

Pelaksanaan manasik sesuai sunah Nabi memiliki ketentuan serta urutan sendiri. Jika mengikuti latihan manasik, kamu tidak perlu ragu soal apakah langkah-langkahmu benar atau tidak. Instruktur berpengalaman serta materi panduan yang disediakan biro resmi akan memberimu petunjuk yang benar. Kamu tidak perlu ragu soal mengikuti langkah-langkah manasik sesuai sunah.

Belajar Persyaratan Manasik Secara Rinci

Manasik Haji - Musefestival.wordpress.com

Manasik Haji – Musefestival.wordpress.com

Selain mengikuti ritual sesuai sunah, kegiatan manasik juga menuntut peserta untuk menerapkan beberapa persyaratan, mulai dari bersuci, memakai kain ihram dengan benar dan nyaman, mencukur rambut di tahap tertentu, dan sebagainya. Jika ikut manasik, kamu bisa merasakan praktiknya bersama peserta lain, sehingga lebih terasa seperti sungguhan. Kamu pun akan lebih mudah mengingatnya.

Bisa Sekalian Vaksinasi Meningitis

Manasik Haji - Biro Haji Dan Umroh Munatour

Manasik Haji – Biro Haji Dan Umroh Munatour

Meningitis adalah salah satu penyakit yang wajib diwaspadai ketika berada di Tanah Suci. Ketika mengikuti program latihan manasik, kamu biasanya juga mendapat vaksinasi meningitis. Hal ini diwajibkan bagi seluruh peserta haji, dan kamu tidak perlu repot soal jadwal vaksinasi, karena semua sudah terangkum di dalam program latihan manasik. Pergi ke Tanah Suci pun terasa aman.

Mengetahui Cara Manasik Jika Punya Kondisi Khusus

Manasik Haji - Labbaik

Manasik Haji – Labbaik

Apakah kamu (atau anggota keluargamu) punya kondisi khusus seperti penyakit tertentu? Jika ya, kamu bisa memelajari cara mengatasi kesulitan yang mungkin timbul selama proses manasik dalam geladiresik. Lebih baik memelajari semua yang penting saat latihan, daripada menunggu sampai sudah berada di situasi sebenarnya dan malah kebingungan. Instruktur latihan manasik juga akan mengajarimu cara mengatasi kondisi darurat saat di tengah proses manasik.

Apa Saja yang Harus Kamu Siapkan?

Manasik Haji - Islami.co

Manasik Haji – Islami.co

Supaya siap ikut latihan dan manasik yang sesungguhnya, sebaiknya kamu mempersiapkan perangkatnya jauh-jauh hari. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan:

  • Sepatu sandal nyaman dan kuat. Jika baru dibeli, sebaiknya sudah agak lentur, agar tidak menimbulkan lecet.
  • Atasan dan bawahan kain katun putih polos.
  • Ikat pinggang untuk mengikat kain ihram pria.
  • Sarung tangan polos yang nyaman.
  • Celana dalam panjang (untuk pria dan wanita).
  • Kaus bersaku untuk menyimpan uang (dipakai di balik baju ihram).
  • Kantong untuk menyimpan kerikil.
  • Handuk kecil.
  • Mukena dan jilbab panjang langsung pakai (untuk wanita).
  • Pakaian ihram katun sejuk ukuran kecil (jika membawa anak).
  • Tas kecil untuk membawa air minum.

Sukses menjalankan ibadah haji secara lancar tanpa masalah adalah impian semua calon jemaah. Jika kamu ingin kegiatanmu selama di Tanah Suci lancar, jangan segan mengikuti program latihan manasik haji yang diadakan jasa penyedia perjalanan haji dan umrohmu.

Add Comment

%d bloggers like this: