Dunia Islam

Manfaat Nikah Muda

Saat ini, banyak orang yang masih bersikap skeptis pada pernikahan di usia muda. Umumnya mereka belum mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai “apa sih manfaat nikah muda”

Ada yang berpendapat bahwa dengan menikah di usia muda, kebebasan mereka akan terenggut. Ada juga yang beralasan ingin kuliah setinggi mungkin–kalau perlu sampai jenjang S3. Selain itu, alasan finansial juga sering menjadi alasan untuk menolak ide ini. Rasanya lebih baik berkarir dan mengumpulkan uang dulu, baru menikah.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan semua alasan tersebut.Apalagi, memang ada beberapa kasus pernikahan dini yang tidak berjalan baik dan menyisakan perceraian atau hubungan yang tidak sehat lainnya.

Kenyataannya, masih banyak pasangan muda yang menikah karena terpaksa (baik menuruti keinginan orang tua atau akibat terlanjur terjerumus pergaulan bebas alias zina). Kebanyakan dari mereka sejatinya belum tahu benar apa esensi dari pernikahan itu sendiri.

Jika merujuk hadis Rasulullah saw., ada perintah untuk para syabab (pemuda) untuk menyegerakan menikah, yaitu:

“Wahai pemuda, barang siapa di antara kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab ia dapat mengekangnya.” (HR. Bukhari)

Manusia memang akan selalu punya banyak kemauan. Tapi, kalau sudah akil baliq dan dianggap mampu–baik secara materi maupun emosional–kenapa tidak? Bila memang sudah siap dan mantap dengan pilihan menikah muda, sebaiknya jangan lagi ditunda-tunda.

Lalu, apa saja sih, manfaat dari menikah muda itu? Bagi yang sudah menginginkannya, semoga semakin mantap setelah membaca artikel ini. Bagi yang masih ragu, semoga segera diberi ketetapan hati untuk menjalankan ibadah suci ini.

Dapat lebih menjaga diri dari dosa.

Dapat lebih menjaga diri dari dosa. - ayobuka.com
Dapat lebih menjaga diri dari dosa. – ayobuka.com

Dengan menikah muda, Anda dapat lebih menjaga diri dari dosa zina, seperti zina mata, zina hati, maupun zina anggota tubuh lainnya. Jika keinginan tersebut sudah muncul.tetapi  belum juga bisa menikah atau menemukan jodoh, puasa bisa menjadi solusi untuk meredam hasrat zina tersebut.

Insyaallah bisa lebih berbahagia.

Insyaallah bisa lebih berbahagia. - genmuda.com
Insyaallah bisa lebih berbahagia. – genmuda.com

Bagi yang belum menikah, jangan langsung merasa sedih atau tersindir dulu. Ini hanya berlaku bagi mereka yang mengambil manfaat nikah muda dengan cara yang benar atau sesuai syariat. Ada kepercayaan bahwa usia muda belum banyak dipengaruhi ego dan ambisi pribadi, sehingga sama-sama berjuang dan lebih rida dengan rezeki yang masih sedikit.

Dapat lebih puas bercinta.

Dapat lebih puas bercinta. - 3.bp.blogspot.com
Dapat lebih puas bercinta. – 3.bp.blogspot.com

Inilah kenyataannya: semakin muda, semakin lebih kuat fisiknya. Tidak bisa dimungkiri bahwa stamina bercinta juga lebih besar dibanding pasangan yang lebih tua (berusia 30 tahun ke atas). Anggap saja ini masa pacaran setelah menikah. Lebih halal dan lebih aman. Bahkan saat punya anak pun, Anda dapat melatih mereka untuk mengalami dua sisi kehidupan: senang maupun susah.

Dapat lebih mengontrol emosi.

Dapat lebih mengontrol emosi. - msstudiotv.com
Dapat lebih mengontrol emosi. – msstudiotv.com

Memang, manusia berbeda-beda. Ada yang dewasa lebih cepat, ada yang tidak. Yang lebih cepat justru terjadi setelah menikah. Prioritas berubah, tidak lagi soal diri sendiri.

Ingin merasakan manfaat nikah muda, namun belum kesampaian? Umroh saja.

Jika ingin segera merasakan manfaat nikah muda, cobalah untuk meminta secara langsung kepada Allah dengan melaksanakan ibadah umroh.Beribadah umroh dapat membantu doa Anda dikabulkan. Siapa tahu, setelah melakukan ibadah suci di rumah Allah, Anda bisa bertemu jodoh yang selama ini dinanti-nantikan.

Pastinya, jangan lupa sediakan biaya yang cukup untuk pergi ke sana. Ini jauh lebih baik daripada berbelanja habis-habisan untuk mempercantik diri, dengan harapan menarik lawan jenis.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: