Dunia Islam

Tak Hanya Berpahala, Berikut 5 Manfaat Sedekah dalam Islam

Agama Islam mengajarkan kita untuk selalu berbagi dalam kebaikan. Termasuk pula menyisihkan sebagian harta untuk disucikan dengan infak, sedekah dan zakat. Nyatanya, sedekah bukan hanya mendermakan harta kita kepada orang lain yang tidak kita kenal. Seorang Ayah yang melakukan kewajibannya untuk mnafkahi keluarga pun merupakan sedekah.

Kita tidak boleh memilih siapa saja yang akan kita beri sedekah. Misalnya, kita tidak mau bersedekah kepada orang-orang yang kita benci. Bahkan, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallambersabda: “Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan.”

Ternyata, selain berpahala, masih ada banyak manfaat sedekah dalam Islam, seperti berikut ini:

Meningkatkan Rejeki

Meningkatkan Rejeki - theheureka.com
Meningkatkan Rejeki – theheureka.com

Mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki untuk berinfak dan bersedekah tidak akan membuat kita lantas menjadi miskin. Justru, Allah berjanji akan melipatgandakan rezekihamba-Nya yang rajin bersedekah dari arah yang tidak disangka-sangka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah” (HR. Al-Baihaqi).

Tak jarang kita kehilangan sesuatu, baik dalam bentuk barang maupun uang. Dan seringkali pula kita mendengar kalimat “mungkin kurang sedekah” yang keluar dari mulut seseorang ketika mengalami kehilangan. Bisa jadi, kehilangan yang kita alami adalah teguran dari Sang Pencipta untuk kita lebih rajin bersedekah, wallahu alam.

Mempermudah Terkabulnya Hajat

Mempermudah Terkabulnya Hajat - 1.bp.blogspot.com
Mempermudah Terkabulnya Hajat – 1.bp.blogspot.com

Siapa sangka, ternyata mudah terlaksananya segala hajat yang sedang kita rencanakan adalah salah satu dari sekian banyak manfaat sedekah. Dengan dibarengi Salat Hajat, niscaya segala hajat baik yang kita niatkan bisa segera terlaksana. Dalam sebuah hadis shahih, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “Barangsiapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih cepat dari gerakan sedekahnya.”

Menjauhkan Diri dari Penyakit

Menjauhkan Diri dari Penyakit - wddty.com
Menjauhkan Diri dari Penyakit – wddty.com

Tubuh senantiasa sehat dan jauh dari penyakit, terutama penyakit hati, adalah manfaat sedekah lainnya yang bisa kita rasakan. Alkisah, pada masa Rasulullah SAW, Abdullah bin Mubarak pernah menderita sakit lutut yang tak kunjung sembuh selama 7 tahun lamanya. Ia telah mencoba berbagai macam pengobatan, tetapi tak juga mampu menyembuhkan lututnya.

Suatu hari, Ibnu Al-Mubarak menyuruhnya menggali sumur. Ia berharap, mata air dari sumur yang digali akan menyembuhkan penyakit tersebut. Abdullah pun melakukannya dan lututnya pun sembuh dari sakit yang telah dideritanya selama 7 tahun. Dari kisah ini, kita tahu bahwa sedekah juga merupakan salah satu obat yang mampu mengurangi segala penyakit, termasuk pula penyakit hati seperti iri dan dengki.

Melindungi Diri dari Bencana

Melindungi Diri dari Bencana - i0.wp.com
Melindungi Diri dari Bencana – i0.wp.com

Kita tidak pernah tahu kapan dan dari mana bencana atau musibah datang menyapa. Kita hanya perlu percaya bahwa Allah memberikan semua itu untuk membuat diri kita menjadi lebih pantas dan lebih baik di mata-Nya. Namun, kita selalu bisa melindungi diri dari segala bentuk bencana, salah satunya dengan bersedekah.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” Juga, Imam Ibnu Qayyim AL-Jauziyyah pernah mengatakan, “Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang luar biasa untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun dilakukan oleh pendosa dan bahkan orang kafir.”

Menghapus Dosa

Menghapus Dosa - rumaysho.com
Menghapus Dosa – rumaysho.com

Manfaat sedekah yang terakhir adalah meringankan dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Namun, dosa-dosa tersebut tak lantas terhapuskan begitu saja. Kita harus tetap memohon ampunan dengan bertobat dan melakukan segala amal perbuatan baik dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Yuk, rajin bersedekah!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close