Dunia Islam

5 Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan Tubuh Kita

Salah satu amalan sunnah yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT dan rasul-Nya adalah melakukan sholat tahajud. Jika dipikir-pikir, mengapa Rasulullah menyeru umatnya untuk bangun di tengah malam dan melakukan sholat? Sesungguhnya, tidak ada sia-sia dari segala hal yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW kepada kita. Manfaat sholat tahajud ternyata tidak hanya hadir dari segi spiritual, tapi juga jasmani.

Meskipun kebanyakan dari kita sering mengalami kesulitan dan mengeluh untuk bangun pada malam hari, membuka mata, kemudian menyeret tubuh untuk berwudu, hal-hal tersebut memiliki tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa manfaat sholat tahajud yang bisa kita rasakan dari segi kesehatan:

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat Sholat Tahajud - Sciencedaily.com
Manfaat Sholat Tahajud – Sciencedaily.com

Melakukan sholat tahajud berarti “memaksa” kita untuk bangun saat dini hari atau sepertiga malam. Menurut penelitian, waktu tersebut adalah saat-saat terbaik untuk menghirup oksigen. Mengapa demikian? Pasokan oksigen mulai pukul 3 dini hari dipercaya mampu memberi efek baik bagi kesehatan karena belum tercemar oleh beragam polusi. Dengan kadar oksigen yang cukup, peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi semakin lancar.

Menurunkan Kadar Hormon Kortisol

Manfaat Sholat Tahajud - Commons.wikipedia.org
Manfaat Sholat Tahajud – Commons.wikipedia.org

Tinggi atau rendahnya kadar hormon kortisol dalam tubuh memengaruhi tingkat stres. Jika kadarnya tinggi, seseorang akan lebih mudah mengalami tekanan, depresi, dan terserang penyakit, begitu pun sebaliknya.
Dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa siswa pondok pesantren Hidayatullah, terdapat 23 dari 41 siswa yang ternyata melakukan sholat tahajud selama 1 bulan secara rutin. Hasilnya, mereka yang rutin sholat tahajud memiliki kadar hormon kortisol lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat Sholat Tahajud - Odishatv.in
Manfaat Sholat Tahajud – Odishatv.in

Saat hormon kortisol dalam tubuh kita menurun, secara otomatis ketahanan tubuh terhadap tekanan atau stres pun semakin kuat. Manfaat sholat tahajud bagi kesehatan terbukti mampu meningkatkan kemampuan individu secara signifikan dalam menangani berbagai masalah. Hal tersebut juga berpengaruh pada kestabilan pikiran kita, meningkatnya konsentrasi, serta mempertajam daya ingat.

Mengurangi Risiko Terkena Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Sholat Tahajud - 123Dentist
Manfaat Sholat Tahajud – 123Dentist

Gaya hidup yang tidak sehat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Terlebih lagi jika kita kurang olahraga. Gaya hidup modern membuat orang semakin malas bergerak, terutama karena teknologi yang selalu ada di genggaman tangan. Nah, sholat tahajud bisa mengatasi persoalan tersebut.

Manfaat sholat tahajud bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko tubuh terserang penyakit, dari mulai penyakit kronis seperti jantung, sampai sakit pinggang. Mengapa demikian? Rutin mengerjakan sholat secara tidak langsung membuat persendian tubuh merenggang. Gerakan-gerakannya dipercaya mampu melancarkan peredaran darah dan membesarkan rongga paru-paru.

Bermanfaat untuk Meditasi dan Relaksasi

Manfaat Sholat Tahajud - Huffingtonpost.com
Manfaat Sholat Tahajud – Huffingtonpost.com

Saat kita bangun di pagi hari, kita bisa menikmati dunia untuk diri sendiri saat orang lain masih terlelap. Menurut para ahli, menyepi atau menarik dari hiruk-pikuk duniawi bisa bermanfaat untuk membuat pikiran lebih tenang. Biasanya, kebanyakan orang akan melakukannya dengan metode meditasi.

Sebenarnya agama Islam memiliki solusi yang lebih ampuh untuk “mengasingkan” dan menenangkan batin melalui sholat tahajud. Saat semua umat manusia sedang terlelap, kita bisa berkomunikasi dengan sang pencipta serta berkeluh kesah dengan leluasa.

Manfaat sholat tahajud tidak berhenti sampai di situ saja. Sebuah hadis mengatakan bahwa orang-orang yang rutin sholat tahajud akan terpancar aura kecantikan atau ketampanan dari wajahnya. Tentunya, kebaikan tersebut tidak hanya dilihat dari segi fisik, tapi juga batin. Semoga kita bisa menjadi umat yang mampu menjalankan sunnah Rasulullah SAW untuk sholat tahajud. Amin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close