Dunia Islam

6 Keutamaan dan Manfaat Silaturahmi

Menyambung tali persaudaraan atau bersilaturahmi merupakan salah satu amalan baik yang dianjurkan dalam Islam. Pasalnya, silaturahmi merupakan salah satu upaya untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar sesama muslim. Bahkan, dalam salah satu firmannya yang tertulis dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 1, Allah Subhanahu Wa Ta’alamemerintahkan kita untuk selalu menjaga hubungan silaturahmi dan melarang keras meninggalkannya.

 

Silaturahmi tak hanya sekadar pertemuan dan bersalaman serta saling bertanya kabar kepada sanak saudara dan teman. Ada banyak keutamaan dan manfaat silaturahmi yang bisa kita dapatkan, seperti berikut ini:

Salah Satu Pembuka Pintu Rezeki

Salah Satu Pembuka Pintu Rezeki - islamicity.org
Salah Satu Pembuka Pintu Rezeki – islamicity.org

Kita pasti kerap kali mendengar ungkapan “Silaturahmi membukan dan melancarkan rezeki.” Ungkapan tersebut ternyata benar adanya. Saat kita berkunjung ke rumah kerabat atau teman, biasanya kita membawakan mereka buah tangan, entah itu berupa makanan ringan atau buah-buahan. Di sana, kita pun akan mendapat jamuan yang sama.

Bahkan, bisa jadi kita akan pulang dengan turut membawa bingkisan dari tuan rumah. Inilah yang dinamakan rezeki, karena bentuk rezeki tak harus berupa harta. Kesehatan dan pemberian dari orang lain pun termasuk rezeki dari Allah yang harus kita syukuri.

Mencegah Depresi

Mencegah Depresi - deherba.com
Mencegah Depresi – deherba.com

Mencegah depresi adalah manfaat silaturahmi berikutnya. Belakangan ini, berita mengenai kematian akibat depresi semakin marak kita jumpai. Namun, tidak banyak yang tahu, bahwa depresi bisa dicegah dengan bersilaturahmi. Dengan bersilaturahmi, kita bisa berkomunikasi dan mengutarakan semua permasalahan yang kita miliki dengan teman atau sanak saudara. Dengan demikian, kita tidak merasa seolah sedang sendirian.

Bentuk Ketakwaan kepada Allah

Bentuk Ketakwaan kepada Allah - musthofa-bupati.com
Bentuk Ketakwaan kepada Allah – musthofa-bupati.com

Allah menganjurkan kita untuk bersilaturahmi, karena salah satu ciri orang beriman adalah menjaga silaturahmi. Dengan melakukannya, kita pun telah melakukan satu lagi anjuran-Nya. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan sesama muslim berarti kita pun sedang menjalin silaturahmi dengan Allah. Dan Allah sangat menyayangi umatnya yang menjaga silaturahmi.

Pahala yang Berlipat Ganda

Pahala yang Berlipat Ganda - muslim.or.id
Pahala yang Berlipat Ganda – muslim.or.id

Ternyata, manfaat silaturahmi tak hanya terasa untuk kehidupan duniawi, Allah pun menjanjikan bekal akhirat yang berlipat untuk umat-Nya yang menjaga silaturahmi. Bahkan, pahala yang diperoleh seorang muslim yang menjaga tali silaturahmi besarnya seperti memerdekakan budak. Memang benar, jika bersedekah dan bersilaturahmi memiliki kenikmatan dunia akhirat yang luar biasa.

Salah Satu Pembuka Pintu Surga

Salah Satu Pembuka Pintu Surga - healingandlovedotcom.files.wordpress.com
Salah Satu Pembuka Pintu Surga – healingandlovedotcom.files.wordpress.com

Ada banyak cara yang diberikan Allah untuk menuju surganya, seperti mendirikan salat tepat waktu, rajin bersedekah, melakukan puasa sunah pada hari Senin dan Kamis, memuliakan orang tua, menjadi muazin bagi laki-laki, dan menjaga tali silaturahmi.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairaradiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallaambersabda: “Pintu-pintu surga dibukakan tiap Senin dan Kamis, Allah mengampuni dosa-dosa hamba selama tidak musyrik. Kecuali orang yang antara dia dan saudaranya ada kebencian, maka diintruksikan: Tangguhkanlah kedua orang ini (ampunannya), sampai keduanya damai.”

Memperpanjang Umur

Memperpanjang Umur - hellosehat.com
Memperpanjang Umur – hellosehat.com

Tidak hanya sedekah, memperpanjang umur pun menjadi salah satu manfaat silaturahmi. Salah satu hasil penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang suka bersosialisasi cenderung memiliki umur yang lebih panjang jika dibandingkan dengan mereka yang lebih suka menyendiri.

Hal ini dikarenakan, sendirian dapat memicu munculnya stres dan depresi yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan memicu terjadinya demensia. Bersilaturahmi disinyalir mampu mengurangi beban masalah dan stres yang ada pada diri kita. Dengan demikian, pikiran akan lebih rileks dan tubuh pun senantiasa terhindar dari penyakit.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close