Ketahui Masa Berlaku Visa Umroh dan Cara Membuatnya

Kamu pasti sudah tahu kalau visa berfungsi sebagai izin menetap dalam periode tertentu di suatu negara, termasuk untuk umroh. Mengetahui masa berlaku visa umroh sangat penting agar kamu tidak terjebak masalah karena tinggal terlalu lama di negeri tujuan (terutama jika kamu umroh ala backpacker). Berikut informasi yang harus kamu ketahui tentang visa umroh dan masa berlakunya.

Berapa Lama Kamu Bisa Berada di Mekah?

Masa Berlaku Visa Umroh - Indeksbenta.com

Masa Berlaku Visa Umroh – Indeksbenta.com

Izin tinggal yang diberikan kepada pemilik visa biasanya sekitar 60 hari, dan ini berlaku untuk perjalanan seperti wisata, kunjungan kerabat, bisnis, dan sebagainya. Akan tetapi, visa umroh umurnya lebih pendek. Jika kamu bukan warga negara Arab Saudi, visa umroh hanya berlaku selama 30 hari. Periode ini juga berlaku ketika kamu sedang tidak menjalani ibadah umroh.

Karena periode yang sempit itu, kamu harus pandai mengatur waktu saat berada di Arab Saudi. Semua kegiatan yang melibatkan keluar-masuk negara tersebut harus berada di dalam jangkauan periode visa umroh. Jadi, semua kegiatan umrohmu harus sudah selesai sebelum waktu 30 hari berakhir.

Jika kamu mengikuti program umroh Ramadhan, dan ingin semaksimal mungkin dalam kegiatan tersebut, kamu harus menyelesaikan semua kegiatan umroh sebelum Idul Fitri. Tinggal di suatu negara ketika visamu sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah, misalnya dicurigai sebagai imigran ilegal.

Proses Mengurus Visa Umroh

Masa Berlaku Visa Umroh - Abinaya Wisata

Masa Berlaku Visa Umroh – Abinaya Wisata

Pengurusan visa reguler biasanya memakan waktu sekitar 90 hari sejak tanggal pengurusan. Akan tetapi, untuk visa umroh, waktunya tidak sepanjang itu. Kamu juga tidak perlu pusing mengurus sendiri, karena ada biro travel yang melakukan proses itu. Kamu hanya harus menyediakan persyaratannya, seperti:

  • Foto paspor terbaru sebanyak 6 lembar (3 lembar ukuran 3×4, dan 3 lembar ukuran 4×6).
  • Fotokopi KTP.
  • Sertifikat pernyataan dari masjid setempat (untuk yang tidak memiliki nama khas Muslim).
  • Paspor yang masih berlaku minimal selama 6 bulan sejak penyerahan permohonan aplikasi visa.
  • Surat nikah asli bagi suami istri.
  • Kartu Keluarga asli bagi yang membawa keluarga.
  • Akta kelahiran asli bagi yang membawa anak.
  • Surat mahram (pendamping sah perjalanan) bagi wanita berusia di bawah 45 tahun.
  • Buku dan sertifikat meningitis (masa berlaku tidak boleh kurang dari 10 hari atau lebih dari 3 tahun).

Apakah Mengurus Visa Umroh Lama?

Masa Berlaku Visa Umroh - Alhijaz-indowisata.com

Masa Berlaku Visa Umroh – Alhijaz-indowisata.com

Walau pengurusan visa umroh biasanya tidak selama visa biasa, tetapi ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi berapa lama visamu jadi. Misalnya:

  • Kelengkapan dokumen.
    Jika kamu menyerahkan dokumen lengkap sejak awal, proses pengurusan visa juga akan lebih cepat, karena pihak yang mengurus bisa segera mengirim datamu ke pihak penyelenggara umroh (Muasasah) di Arab Saudi.
  • Faktor libur resmi.
    Pengurusan visa umroh melibatkan pihak-pihak di negeri pemohon serta Arab Saudi. Jika waktu pengurusan bertepatan dengan beberapa libur resmi, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi, hal ini bisa memengaruhi kecepatan pengurusan visa.
  • Masalah teknis.
    Berbagai masalah teknis seperti sistem yang mengalami gangguan sehingga offline, persediaan stiker, hingga adanya ketidakcocokan data dapat memengaruhi keluarnya visa umrohmu.

Jika semuanya lancar, visamu sebenarnya bisa diperoleh dalam waktu kurang dari sehari. Apalagi, Kementerian Agama sudah menetapkan bahwa pengurusan visa hanya bisa dilakukan sehari sebelum tanggal keberangkatan, bukan beberapa minggu sebelumnya seperti dulu.

Dengan mengetahui masa berlaku visa umroh serta syarat pengurusannya, langkahmu untuk bisa melakukan ibadah umroh akan semakin lancar.

Add Comment

%d bloggers like this: