Umroh Haji

Berapa Lama Masa Berlaku Visa Umroh dan Apakah Memungkinkan untuk Diperpanjang?

Umroh atau haji kecil adalah mengunjungi Kakbah untuk melaksanakan serangkaian ibadah sesuai syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam Alquran dan sunah Rasulullah.

Meskipun hukumnya sunah muakad, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Muslim agar menunaikan ibadah umroh apabila mampu secara fisik dan harta. Oleh sebabnya, tak heran jika banyak jemaah umroh yang mendatangi Kota Makkah setiap harinya.

Untuk bisa berumroh, selain biaya tentu ada banyak hal lain yang juga perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah visa. Visa merupakan dokumen atau surat yang dikeluarkan oleh suatu negara yang memberikan izin kepada seseorang untuk masuk ke negaranya dalam periode waktu dan tujuan tertentu.

Visa umroh sendiri berbeda dengan visa reguler. Jika visa reguler memiliki masa berlaku yang cukup lama (dalam hitungan tahun), masa berlaku visa umroh ini hanya selama 30 hari saja.

Cara Mendapatkan Visa Umroh

Masa Berlaku Visa Umroh - PT. Anugerah Quba Mandiri
Masa Berlaku Visa Umroh – PT. Anugerah Quba Mandiri

Untuk mendapatkan visa umroh tidaklah susah. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk mengurus pembuatan visa:

  • Paspor asli yang masih berlalu minimal 7 bulan dari tanggal keberangkatan. Nama yang tertera di paspor minimal 3 suku kata. Jika nama Anda hanya memiliki 2 suku kata, maka Anda bisa mengakalinya dengan membagi 2 salah satu suku kata nama atau menambahkan bin/binti diikuti nama orang tua.
  • Apabila Anda memiliki nama non Muslim, maka Anda harus menyerahkan sertifikat dari masjid atau pusat Islam yang menyatakan bahwa Anda adalah seorang Muslim.
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 dan 3×4 dengan background putih dan tampak wajah 80%, masing-masing sebanyak 3 lembar.
  • Kartu keluarga dan buku nikah asli bagi suami istri.
  • Akta kelahiran bagi anak di bawah usia 17 tahun.
  • Kartu kuning sebagai bukti bahwa Anda telah mendapatkan vaksin meningitis.
  • Calon jemaah wanita yang berusia di bawah 45 tahun wajib didampingi suami atau mahramnya dalam pembuatan visa umroh. Apabila tidak didampingi, maka wajib melengkapi diri dengan surat mahram. Sementara, jemaah wanita yang berusia lebih dari 45 tahun tidak wajib didampingi oleh suami atau mahramnya, cukup menyertakan KTP asli.
  • Tiket perjalanan yang sudah dikonfirmasi.
  • Jadwal lengkap perjalanan umroh.
  • Handling contact person atau nomor telepon dari orang yang bertanggung jawab atas perjalanan umroh yang hendak Anda lakukan.

Selain persyaratan dokumen di atas, biaya juga menjadi hal lain yang perlu Anda persiapkan. Adapun dana untuk pembuatan visa umroh ini sendiri bervariasi, tergantung dari agen travel atau penyedia jasa pembuatan visa yang Anda pilih. Namun biasanya berkisar mulai dari USD 75 sampai USD 150, atau sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta.

Apakah Visa Umroh Memungkinkan untuk Diperpanjang?

Masa Berlaku Visa Umroh - Sports.my
Masa Berlaku Visa Umroh – Sports.my

Meskipun masa berlaku visa umroh hanya terbatas sampai 30 hari saja, namun sejak tahun 2016 Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan kebijakan baru yang memungkinkan perpanjangan visa umroh dengan cara mengonversinya ke visa turis. Ini artinya, bagi Anda yang masih ingin tinggal di Arab Saudi setelah melaksanakan ibadah umroh, Anda akan mendapatkan tambahan waktu sekitar 30 hari untuk berwisata, ziarah, menghadiri konferensi, dan lain sebagainya.

Untuk cara memperpanjang masa berlaku visa umroh sendiri, Anda bisa langsung membicarakannya dengan agen perjalanan umroh yang telah Anda pilih. Pastinya mereka akan dengan senang hati mengurus segala keperluan yang Anda butuhkan. Selamat melaksanakan ibadah umroh!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: