Dunia Islam

Selain Nabawi, Ternyata Ada 5 Masjid Bersejarah Lainnya di Madinah

Bagi kaum muslim, barang kali tempat di Madinah yang paling ingin dikunjungi adalah Masjid Nabawi. Masjid suci ini memang dibangun oleh Rasulullah dan merupakan tempat beliau melakukan ibadah dan dakwah. Jadi, memang tidak mengherankan kalau orang kemudian ingin beribadah di masjid ini, apalagi dengan adanya keutamaan salat di sana—di antaranya salat arbain.

Namun, sebagai kota suci yang sangat penting bagi umat Islam, Madinah masih memiliki masjid-masjid lain dengan sejarah panjang. Berikut adalah lima masjid bersejarah di Madinah yang harus Anda tahu.

Masjid Quba

Masjid Bersejarah Di Madinah - Islaminstalbans
Masjid Bersejarah Di Madinah – Islaminstalbans

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah. Letaknya ada di sebelah tenggara Kota Madinah. Tahun pembangunannya adalah 622 Masehi atau 1 Hijriyah, yaitu ketika Rasulullah melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah.
Sebelum memasuki pusat kota Madinah, beliau mendirikan masjid di area Quba. Karena itulah, masjid ini kemudian dinamai Masjid Quba. Disebutkan dalam Surat At-Taubah ayat 108, masjid ini dibangun atas dasar takwa.
Masjid Quba mengalami perluasan pada abad ke-20. Dalam prosesnya, masjid lama dirobohkan terlebih dahulu sebelum kemudian didirikan kembali masjid yang lebih besar. Masjid ini berwarna putih, berbentuk persegi, dan memiliki empat menara, satu pada masing-masing sudut masjid.

Masjid Al-Jum’ah

Masjid Bersejarah Di Madinah - Wikipedia
Masjid Bersejarah Di Madinah – Wikipedia

Masjid bersejarah di Madinah berikutnya adalah Masjid Al-Jum’ah, didirikan di atas tempat Rasulullah melakukan salat Jumat pertama di Madinah setelah beliau melanjutkan perjalanan hijrah dari Quba. Selama ratusan tahun, masjid ini mengalami berulang kali perbaikan dan perluasan.
Kemudian pada 1409, Raja Fahd bin Abdulaziz memerintahkan pembangunan ulang masjid ini agar muat lebih banyak jemaah—sekitar 650 orang—dan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti madrasah dan musala wanita. Masjid ini juga memiliki menara yang tinggi dengan arsitektur menawan hati.

Masjid Al-Fath

Masjid Bersejarah Di Madinah - Panoramio
Masjid Bersejarah Di Madinah – Panoramio

Masjid Al-Fath atau lebih dikenal dengan nama Masjid As-Sa’bah (Masjid Tujuh) merupakan kompleks masjid yang didirikan di sisi selatan Gunung Sila’. Rasulullah pernah melakukan salat di masjid ini pada masa Perang Ahzab. Di salah satu masjid, Rasulullah juga berdoa agar musuh perang kalah dan Allah SWT menjawab doa tersebut dengan mengirim angin yang menghancurkan tenda dan perbekalan musuh.

Meskipun disebut tujuh, sebenarnya hanya ada enam bangunan masjid. Penyebabnya, dahulu Masjid Qiblatain ikut dihitung. Sekarang ini, Masjid Qiblatain berdiri sendiri dan sering dikunjungi oleh jemaah yang datang ke Madinah.

Masjid Qiblatain

Masjid Bersejarah Di Madinah - Tribune.com.uk
Masjid Bersejarah Di Madinah – Tribune.com.uk

Sudah pernah mendengar tentang Masjid Qiblatain? Masjid bersejarah di Madinah satu ini merupakan satu-satunya masjid di dunia yang memiliki dua arah kiblat. Kiblat pertama mengarah ke Masjidil Aqsha, sedangkan yang kedua mengarah ke Ka’bah di Masjidil Haram.
Perubahan arah kiblat tersebut dilakukan sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 144. Masjid ini hanya berjarak sekitar 8 km dari Masjid Nabawi. Masjid ini berwarna putih, baik eksterior maupun interiornya.

Masjid Al-Ghamamah

Masjid Bersejarah Di Madinah - En.wikipedia.org
Masjid Bersejarah Di Madinah – En.wikipedia.org

Masjid Al-Ghamamah berada di sebelah barat daya Masjid Nabawi dan merupakan tempat terakhir Rasulullah melaksanakan salat Id. Namanya, Ghamamah yang berarti awan, diberikan pada masjid ini karena terdapat awan yang melindungi Rasulullah dari terik matahari ketika beliau salat.
Seperti masjid-masjid bersejarah lain di Madinah, Masjid Al-Ghamamah mengalami beberapa kali perbaikan dan pembangunan. Saat ini, masjid tersebut berbentuk persegi panjang dengan sebuah kubah terpasang di atas pintu masuknya. Kubah-kubah lain di masjid ini berada di atas aula salat dan mihrab.
Itulah masjid bersejarah di Madinah selain Nabawi yang juga pernah digunakan oleh Rasulullah. Semoga kita semua dimampukan untuk berkunjung ke masjid-masjid tersebut.

Tags

Related Articles

Close
%d bloggers like this: