Dunia Islam

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui saat Mendidik Anak secara Islami

Di dalam Alquran dan sunah nabi, segala sesuatu terkait kehidupan baik di dunia dan di akhirat telah diatur dengan jelas, termasuk cara mendidik anak. Jadi, sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua, untuk dapat mendidik anak secara Islami. Hal ini karena kegagalan dalam mendidik anak, bisa berakibat anak menyimpang dari ajaran Islam.

Memang tidak dapat dimungkiri, jika lingkungan dan sifat anak sendiri juga memengaruhi perkembangannya. Namun cara mendidik orang tua, lebih berperan dalam perkembangan perilaku dan pembentukan karakter anak. Jika sejak lahir anak dididik secara Islami, setelah dewasa mereka bisa menjadi anak yang saleh dan taat beragama.

Empat Hal Cara Mendidik Anak Sesuai Ajaran Rasulullah

Cara mendidik anak dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah SAW, bisa dibagi dalam 4 hal yaitu :

Mendidik Anak Tentang Tauhid

Mendidik Anak Tentang Tauhid - gushaironfadli.com
Mendidik Anak Tentang Tauhid – gushaironfadli.com

Tauhid merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Jika seseorang memiliki tauhid dalam hatinya, maka dia telah meyakini bahwa Allah SWT merupakan satu-satunya Tuhan yang wajib disembah. Jadi sebagai orang tua, Anda wajib menjelaskan tentang tauhid ini kepada anak dengan cara yang mudah dipahami.

Anak memiliki imajinasi tinggi, jadi Anda bisa menceritakan tentang kisah nabi yang menunjukkan kekuasaan Allah. Anda juga harus mengajak anak, untuk menerapkan sikap baik yang tersirat dalam kisah tersebut. Ajak anak untuk dapat merenungkan asal penciptaan manusia oleh Allah dan bagaimana kuasa Allah terhadap kita.

Mendidik Anak untuk Mengenal Ibadah Salat

Mendidik Anak untuk Mengenal Ibadah Salat - images.lpcdn.com
Mendidik Anak untuk Mengenal Ibadah Salat – images.lpcdn.com

Dalam mendidik anak dalam Islam, sudah menjadi kewajiban untuk mendidik anak melakukan ibadah salat. Apalagi nabi memerintahkan secara langsung  tentang pendidikan salat ini sejak dini. Namun, mendidik anak untuk salat dilakukan melalui beberapa tahap. Dimulai dari mengajarkan dan membiasakan anak untuk salat, memerintahkan anak salat, dan perintah untuk memukul anak jika membangkang saat diperintah untuk salat.

Tahap mengajarkan anak salat harus dilakukan sebelum mereka berusia tujuh tahun. Hal ini disebabkan saat anak telah mencapai usia tujuh tahun, telah diperintahkan untuk melakukan salat.  Jika anak sudah mencapai usia sepuluh tahun,  maka telah wajib untuk mengerjakan salat. Jika anak merasa enggan, Anda bisa menasihatinya dengan baik. Bila tidak mempan juga, Anda boleh memukul mereka untuk membuat  jera, namun tidak menyakiti.

Hak-Hak Anak Berkaitan dengan Syariat Islam

Hak-Hak Anak Berkaitan dengan Syariat Islam - cdn.klimg.com
Hak-Hak Anak Berkaitan dengan Syariat Islam – cdn.klimg.com

Dalam syariat Islam, anak-anak memiliki hak yang telah diatur dalam sekumpulan hukum dan pemenuhannya menjadi bagian dari ibadah dan ketaatan pada Allah SWT. Islam juga mengajarkan kepada kita untuk menganggap bahwa anak adalah perhiasan dunia, jaminan bagi orang tua di hari kiamat, serta sebagai aset masa depan umat manusia di dunia ini.

Hak anak yang seharusnya dijamin dalam Islam meliputi hak untuk hidup, hak mendapatkan nama baik, hak penyusuan dan pengasuhan, hak mendapatkan kasih sayang, serta hak mendapatkan perlindungan dan nafkah dalam keluarga. Termasuk juga hak pendidikan dalam keluarga, serta hak mendapatkan kebutuhan pokok sebagai warga negara.

Mengajari Anak Ibadah yang Wajib dan Sunnah serta Amalan Lain

Mengajari Anak Ibadah yang Wajib dan Sunnah serta Amalan Lain - 4.bp.blogspot.com
Mengajari Anak Ibadah yang Wajib dan Sunnah serta Amalan Lain – 4.bp.blogspot.com

Saat anak mulai memasuki usia akil baligh, anak harus sudah diberitahu tentang kewajiban salat, puasa Ramadan, membaca Alquran, menghormati orang tua, menuntut ilmu, bersikap  santun terhadap orang tua, saudara, dan teman-teman.

Selain itu, Anda juga harus peduli hal lain seperti lingkungan dan teman-teman anak, dengan siapa mereka bergaul. Lalu Anda juga harus memerhatikan bacaan dan hobi mereka. Anda bisa memberikan buku kisah Islami bagi bacaan anak. Dalam perkembangan selanjutnya, bila anak mulai berbohong dan melakukan perbuatan terlarang dalam agama, cegah dan lindungi mereka hingga bertobat.

Nah, demikianlah 4 hal dalam mendidik anak dalam Islam, yang perlu Anda cermati. Dengan demikian, jika anak dewasa nanti bisa menjadi anak yang saleh dan berbakti. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close