Dunia Islam

Prinsip Mendidik Anak Sesuai Quran dan Sunah

Islam tidak hanya mengatur perkara ibadah saja, tetapi juga urusan-urusan muamalah termasuk cara mendidik anak. Agar dapat mendidik anak sesuai dengan petunjuk Allah swt., orang tua perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai kedudukan anak dalam perspektif Islam. Setidaknya ada 3 posisi anak dalam pandangan Al Quran yang pelu diketahui.

Anak Sebagai Amanah

Anak Sebagai Amanah - i2.wp.com
Anak Sebagai Amanah – i2.wp.com

Sesungguhnya anak-anak bukanlah milik kita. Mereka adalah titipan (amanah) dari Allah kepada para orang tua. Oleh karena itu, mendidik anak merupakan kewajiban bagi orang tua yang akan dimintai pertanggungjawabannya kelak.

Anak Sebagai Generasi Selanjutnya

Anak Sebagai Generasi Selanjutnya - educenter.id
Anak Sebagai Generasi Selanjutnya – educenter.id

Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya dapat melanjutkan perjuangan orang tuanya terdahulu. Di tangan anaklah masa depan Islam diletakkan.

Anak Sebagai Tabungan Amal di Akhirat

Anak Sebagai Tabungan Amal di Akhirat - meetdoctor.com
Anak Sebagai Tabungan Amal di Akhirat – meetdoctor.com

Jika seseorang meninggal dunia”, sabda Nabi Muhammad saw., “Maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak yang saleh”. Agar anak menjadi pemberat timbangan kebaikan di akhirat, maka tugas orang tua untuk mendidiknya menjadi anak yang saleh.

Anak Sebagai Penghibur bagi Orang Tuanya.

Anak Sebagai Penghibur bagi Orang Tuanya. - paikesekilluperekeskus.ee
Anak Sebagai Penghibur bagi Orang Tuanya. – paikesekilluperekeskus.ee

Kehadiran seorang anak di antara suami dan istri menjadi perhiasan bagi keluarga. Dia dapat menjadi penghibur di kala lelah dan susah melanda.

Anak Sebagai Ujian bagi Orang Tuanya

Anak Sebagai Ujian bagi Orang Tuanya - islamidia.com
Anak Sebagai Ujian bagi Orang Tuanya – islamidia.com

Semua nikmat yang Allah berikan kepada kita sesungguhnya merupakan bagian dari ujian yang diberikan Allah. Apakah kita dapat menjadi hamba yang bersyukur atau justru ingkar. “Sesungguhnya harta dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS. At-Taghabun: 15).

Pendidikan anak memegang peranan penting dalam membentuk karakter anak. Pembentukan karakter anak yang baik akan menghasilkan pribadi muslim yang taat dan memiliki integritas tinggi. Bila kita menelaah Al Quran dan sunah, maka dapat disimpulkan terdapat 3 prinsip atau dasar dalam mendidik anak sebagai berikut:

Pendidikan Akidah

Pendidikan Akidah - i.ytimg.com
Pendidikan Akidah – i.ytimg.com

Akidah merupakan fondasi bagi setiap muslim dalam berislam. Pendidikan akidah pun bertujuan menanamkan tauhid kepada anak sejak dini, sehingga menjadi pendidikan paling pertama yang harus disampaikan kepada anak.

Dari beberapa pelajaran yang diberikan oleh Luqman kepada anaknya, ketauhidan adalah pelajaran pertama yang disampaikan. “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah”, kata Luqman kepada anaknya, “Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13).

Pendidikan Ibadah

Pendidikan Ibadah - 3.bp.blogspot.com
Pendidikan Ibadah – 3.bp.blogspot.com

Manusia sesungguhnya diciptakan untuk beribadah kepada Allah swt. Hal ini sebagaimana tercantum pada surah Adz Dzariat ayat 56, “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.

Pendidikan yang satu ini sangat penting diterapkan agar setiap ibadah yang dilakukan setelah mencapai masa balig diterima oleh Allah swt. Ada dua syarat diterimanya ibadah di sisi Allah swt, yaitu ikhlas karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah saw. (ittiba). Pendidikan ibadah sejak dini akan membentuk kebiasaan beribadah yang benar hingga dewasa nanti.

Pendidikan Akhlak

Pendidikan Akhlak - webblogkkn.unsyiah.ac.id
Pendidikan Akhlak – webblogkkn.unsyiah.ac.id

Imam At Tirmidzi meriwayatkan hadis yang berbunyi, “Tidak ada suatu pemberian yang diberikan orang tua kepada anaknya yang lebih utama dari pemberian budi pekerti yang baik”.

Pendidikan akhlak merupakan penanaman nilai, norma, dan moral kepada anak sehingga akan terbentuk karakter seorang muslim. Pendidikan akhlak yang paling baik adalah dengan memberikan suri teladan kepada anak.

Ketiga prinsip di atas selanjutnya dapat dikembangkan dengan berbagai metode sehingga memunculkan konsep islamic parenting. Bagaimanapun, orang tua perlu menyadari bahwa hanya Allah-lah pemilik semua hati. Oleh karena itu, doa orang tua untuk anaknya adalah kunci kesuksesan dalam mendidik anak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close