Dunia Islam

Mendirikan Agen Travel Haji dan Umroh Sekaligus Mendapatkan Pahala

Setiap tahun, jumlah jemaah haji dan umroh dari Indonesia semakin meningkat. Meskipun jumlah jemaah haji dibatasi oleh kuota dari Arab Saudi, tetapi tidak menghalangi para calon jemaah untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini. Di sisi lain, keterbatasan kuota haji membuat banyak masyarakat memilih menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu.

Meskipun merupakan ibadah sunah, tetapi umroh bisa menjadi pengobat rindu bagi mereka yang ingin dekat dengan Allah swt. dan mengunjungi Tanah Suci.. Dengan begitu banyak calon jemaah umroh dan haji, maka dibutuhkan agen travel haji dan umroh yang dapat diandalkan dan tepercaya.

Hampir setiap tahun bermunculan agen travel haji dan umroh baru. Namun, hanya yang mendapatkan izin travel umroh resmi dari pemerintahlah yang bisa memberangkatkan jemaah secara legal. Jika Anda berminat untuk mendirikan travel haji dan umroh, berikut cara-cara untuk mendapatkan izin resmi dari pemerintah.

Memiliki Agen Perjalanan Wisata

Izin Travel Umroh - Caaneo.on.ca
Izin Travel Umroh – Caaneo.on.ca

Sebelum Anda mendirikan agen travel haji dan umroh, Anda diharuskan mendirikan agen perjalanan wisata. Selain memiliki izin sebagai agen perjalanan wisata dan beroperasi minimal 2 tahun, agen travel Anda juga sudah harus memiliki kemampuan teknis seperti: SDM, manajemen, serta sarana dan prasarana untuk menyelenggarakan perjalanan haji dan umroh.

Memiliki Kemampuan Finansial yang Kuat

Izin Travel Umroh - Sfgate.com
Izin Travel Umroh – Sfgate.com

Penyelenggaraan travel haji dan umroh menghabiskan dana yang tidak sedikit. Karena itu, Anda diwajibkan untuk memiliki kemampuan finansial yang mumpuni. Sebagai bukti terkait kemampuan finansial Anda, Anda harus memperoleh jaminan dari pihak bank.

Memiliki Komitmen Menyelenggarakan Travel Haji dan Umroh

Izin Travel Umroh - Mediaindonesia.com
Izin Travel Umroh – Mediaindonesia.com

Kementerian Agama memiliki standar pelayanan minimum yang harus dipenuhi oleh
setiap agen travel haji dan umroh—sekaligus menjadi landasan komitmen pihak penyelenggara. Standar pelayanan itu tercantum dalam PMA 18 (Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah). Lebih jelasnya mengenai PMA 18 tahun 2005, dapat Anda simak langsung di situs web haji.kemenag.go.id.

Mengajukan Izin Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PPIHU)

Izin Travel Umroh - Huffington Post
Izin Travel Umroh – Huffington Post

Untuk mengajukan izin sebagai panitia penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, Anda diharuskan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 396 Tahun 2003 dan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji nomor D/348 tahun 2003, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2012, yaitu:

  • Anda sebagai pemilik/pengelola Agen Perjalanan Wisata harus beragama Islam.
  • Memiliki surat rekomendasi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.
  • Setelah itu, Anda harus memiliki salinan izin usaha perusahaan yang dilegalisasi dinas pariwisata provinsi atau pemerintah daerah tempat Anda tinggal.
  • Melampirkan susunan organisasi agen perjalanan wisata milik Anda.
  • Melampirkan Surat Keterangan Domisili Agen perjalanan Wisata milik Anda
  • Menyerahkan jaminan sebesar 100 juta rupiah atau surat garansi dari salah satu bank pemerintah.

Sebagai informasi, izin PPIHU hanya berlaku selama tiga tahun. Lewat dari waktu yang ditentukan, pemilik travel umroh dan haji harus melakukan perpanjangan izin. Pelayanan penyelenggara umroh dan haji pun ditinjau

kembali oleh pemerintah, apakah memenuhi standar atau justru terjadi praktik yang tidak diinginkan.
Pada dasarnya, mendirikan agen travel haji dan umroh memang tidak gampang. Namun, setelah melalui perjalanan panjang dalam mengurus perizinan, Anda dapat memperoleh keuntungan ekonomi sekaligus ladang pahala yang terus-menerus melimpah.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close