Tausiyah

Ustadz Khalid Basalamah: Mengapa Allah Memberi Kita Penyakit?

berudu Billahi minas syaiton nirojim Bismillahirrohmanirrohim ya kalau nabi salam saja sakit apalagi jika tidak ada orang subur hidup sampai mati nggak pernah sakit itu nggak mungkin cuma tinggal berat atau ringannya saja

ada sakit-sakit kata para ulama yang sifatnya memang umum Allah Subhanahu Wa Ta’ala datangkan aku umumnya orang seperti flu demam sakit kepala sakit gigi semua orang kena

ngomongnya begitu nggak mungkin orang Tunggu dulu nggak pernah sakit kepala nggak mungkin orang nggak pernah demam sungguh hidup nggak mungkin nggak pernah flu batuk sudah ini sudah standar Allah sementara datangkan gunanya tujuannya untuk memberikan penjelasan kepada hambaNya tentang nikmatnya kesehatan

ada Penyakitnya datang disebabkan karena perbuatan hamba itu

ini kita bagi dua ada yang disebabkan dari diri dia sendiri yang disebabkan dari pendapatan dia bisa berdiri sendiri begini ada orangnya ugal-ugalan balap-balap adanya tabrakan patah kakinya

perbuatan dia sendiri orang narkotika sengaja suntik-suntik badannya dia sendiri yang buat masa pergaulan bebas hamil diluar nikah disini bikin malu rusak ini namanya

nggak perlu terjadi nggak boleh Allah sementara larangan dalam al-qur’an Allah berfirman audzubillahiminasyaitonirojim hapus hapus jangan biasakan diri kalian tapi maaf saya nggak ingat di ayat dan surah apa ini tapi jelas ada kemauan berbunyi pada tuh Klik uang Pulsaku jangan binasakan diri kalian makna Ini kata ulama tafsir Jangan pernah dirumuskan diri kalian pada hal yang merusak nama kalian merusak fisik kalian merusak harta kalian atau merusak martabat kalian nggak boleh nggak boleh orang sengaja mempertaruhkan hartanya nama baiknya nggak mau kita tahu ini bahayanya nggak usah ngirim jangan sama sekali rusak itu kan itu akibatnya ada

kita buat sesuatu akibat makan Sudahlah jangan masuk ke zona yang berbahaya buat kita nggak nggak boleh sama sekali jangan binasakan dirimu jangan biasakan diri jangan jerumuskan diri pada yang bahaya tubuh kita harta Kita keluarga kita martabak kita semua nggak boleh Harun dan istrinya hamil 5 minggu saya boleh kalau Bapak Ibu sengaja merusak nama baiknya mempertaruhkan hanya karena pergaulan bebas bisa itu haram loh pergaulan zina nya haram jadah masuk pesan yang rusak nama dosa boleh kita rusak nama baik kita kita baik-baik kok terhormat ngapain kita rusak hartanya sengaja dimasukkan pada hal-hal yang haram seperti orang main judi nggak jelas diantar hilangkan putuskan putuskan Minta antar untuk apa bertahan sampai Kita bertaruh arti kita lebih baik kita simpan pakai pada saat perlu untuk apa kita dirumuskan badan tidak perlu ini semua maksud mempertaruhkan rumah

Anda mempertaruhkan fisik kita ini semua tidak boleh ini yang pertama yang kedua adalah disebabkan karena pendapatan dia income

nah ini biasanya income ini dia sengaja memasukkan harta Haram atau syubhat kepada dia ini Jadi Penyakit ini

jadi penyakit nabi yang ini penyakit-penyakit kronis ini

penyakit kronis bahaya sekali

apa saja struktur apalah penyakit-penyakit berat ini umumnya kalau di Muhasabah dari income dan kalau resep dari kami dari para dai dai resepnya untuk sembuh dari penyakit kronis bukan edit foto jadi Muhasabah kira-kira kita minta sama Allah petunjuk sholat sujud nama allah minta di sholat tahajud ya Allah berikan petunjuk penyebab penyakit hambanya apa kalau kita merasa ada cenderung mengingat pernah kita punya ini kamu yang salah pernah nipu orang masalah riba sitokinin niat membersihkan diri dengan itu itu luar biasa cepat sekali karena ternyata ini datang karena itu Perlak perlakuan itu pelakon ini kita tebus ini selesai Seperti telah

Berapa banyak teman-teman medis yang kaget dengan sembuhnya penyakit kronis banyak sekali

dan berapa banyak pernis keramik penyakit kronis yang tidak bisa ditangani oleh medis sepertinya memang jadi harus dipahami nih makanya dalam hadis nabi sasaran yang lain tidak akan beranjak kaki seorang Hamba hari kiamat sebelum beli susu ceritanya empat hal masa mudanya gimana dihabiskan hartanya dari mana dia dapat ke mana dia keluarkan khusus harta ditanya 2 dari mana dia dapat sumbernya Halo Bunda ke mana dia keluar kan dia mengeluarkan juga Yuk harus ada tujuan nggak boleh kosong begitu saja

apa ini foya-foya habis itu atau mendukung maksiat

dia aja temennya dibiayai temennya di nginep di hotel berzina saya traktir teman saya sudah Kalau dapatnya Salah Salah alamat nggak boleh

ini harus diketahui

maksud juga di dalamnya ada tiga ada yang ketiga saya tadi lupa sampaikan tapi ada yang ketiga disini penyebab penyakit juga adalah perilaku yang kita lakukan pada orang lain tapi syaratnya menyakiti ya misal kita Memukul orang kita juga nanti dipukul

ada orang penampar dia juga ditampar ada orang menendang dia kan kita namanya qisos dalam agama

dalam hukum syariat Allah pun dibalas yang sama ada orang Pondok giginya orang jatuh diluar ditonjok resikonya begitu jadi jangan heran nanti dia tabrakan yang hancur aku bilang saja pada ponjok orang jatuh di sini orang gimana balasan datang ada hadis yang mulia kata nabi serta latihan kondisi para ulama tidak ada seseorang yang menghinakan atom menurut kecuali dia akan ditimpa hal yang sama sebelum diamati bisa begini Jangan sampai ini ya kalau ada orang Bapak Ibu bilang begini kamu pencuri ada temennya dia bukan pencuri tuduhan ini kalau kita nggak segera bersihkan minta maaf sama dia segala macam pasti sebelum kita meninggal kita akan Mencuri itu sunnatullah dari dibantai

jangan tunjukkan sembarangan bodoh orang kecuali pasti jelas depan mata deteksi segala macam kalau nggak nggak usah dan tidak usah terlalu berlebihan saya akan akan kita tidak punya Tuhan Allah ini mengawasi semua ubun-ubun kita demi Allah yang ngawasin dalam salah satu dua di kata-kata bijaksana menasehati adik ubur-ubur juga ada di genggaman Allah setiap saat bisa Butuh seseorang bisa pinjamkan Kakinya bisa tabrakan bisa mati nggak usah terlalu berlebihan ada orang ini boleh saya maksudnya Biarin aja kita ikhtiar

atur ada sesuatu kita bisa dapat kita buktikan buktikan ini tetap untuk berlaku vitamin makin berat dia melakukan fitnah maka makin berat hukuman buat ya kebutuhan orang menganggap isi bulan bisa ditipu bisa tuh pengajian bisa ditipu semua naik kepake banyak nih punya Abang Gibran hukumannya jika sekali beda hukumannya dengan 10 kali Sina semakin berlalu seseorang badan usaha makin berat makin berat jadi harus digarisbawahi pokoknya jangan pernah sakiti fisiknya orang lain Saya sudah bilang kalau Ibu dan Bapak sekalian diajak bertengkar tinggalkan kalau begini kamu 2 jam sudah terserah saya benar iya sudah kamu benar-benar Bapak tinggal nggak usah bertengkar nggak perlu nggak ada gunanya bertengkar Ayo kita emosi juga ini kita kata-katanya di Makassar dia kasar kita kasar di aduh sakit Aduh sama bersitegang nggak usah

kalau kita lewatin saja mungkin ada sedikit sakit hati sudah ndak Bapak tahan sudah pergi aja Sabar ya sudah belajar sabar termasuk dia bertengkar lagi maunya cobaan dari Allah sudah tinggalkan ikhtiar kita itu nggak usah ribut aku sebentar ada hak kita diambil baik sakit itu besok tuntut dengan cara apa yang bisa kita tuntut tidak usah habis itu bersih tidak ada gunanya kalau sampai seseorangpun membahayakan maka bisa saja ada orang yang membahayakan orang lain aku langsung hukum banyak banyak kasus terjadi begitu luar biasa salah satu kemarin kita sempat ada acara pengajian tabligh akbar di Makassar

udah sudah lagi Sementara berjalan 40 tapi tak baru hanya ada satu orang datang entah benar atau nggak tapi mengaku Seperti apa alat keamanan terus kayak marah-marah gitu katanya gitu

Subhanallah baru ditanya mana ketua panitia ini dia lagi di atas motor Entah kenapa dia sendiri menggas motornya jatuh giginya jatuh berdarah segala macam

kekuasaan kita tidak tahu innamal’amalubinniat bahaya sekali nggak perlu kita masuk ke sananya orang lain sudah jadi hamba Allah yang patut kita jadi diri kita sendiri udah makan udah kita sendiri nggak usah cari tahu sesuatu yang dijangkau oleh mata Kalau benar dukung kalau salah Sekali lagi saya bilang jangan campur urusan orang lain nggak perlu tahu tetangga ganti AC baru tahu nggak beli mobil baru atau nggak nggak usah jangan tetangga beli AC kita yang kedinginan Sudah berapa kali saya bilang ada mobil baru antar lutut ngintip beli apa itu Biarin dia mau beli apa Biarin dia mau ke rumahnya Seperti apa saya saya Inilah saat ulang tahun nasehat kontrak ya iya saya mau apa-apa bukan itu bukan itu Malu nanti orang lain tuh kan ada sesuatu yang salah Gak ada yang

hamdulillah kita nikmati apa yang ada Allah kasih selesai nggak ada sesuatu yang perlu di kita merasa malu gengsi sama orang nggak ada di bagi seorang mukmin harus dipahami Po ini kembali ke masalah tadi jadi ada penyakit atau penyakit pasti akan Kenapa semua orang yang standar batuk flu demam ya apa lah ya ini sudah umum ada penyakit yang tidak umum Nah ini sebabnya 3 tadi penyakit yang tidak mudah sebabnya tidak bisa karena

apa tadi penyebabnya diri sendiri dia sengaja tabrak in orang dia sengaja jatuh biasanya ada orang begitu senang di Saudi tunggu bongkar ada orang gara-gara mau jual narkotika di Saudi dia sampai sini aja tabrakan kakinya di lihat mobil ditabrak kakinya patah kakinya diamputasi pakai kaki palsu ternyata gigi palsu dipakai untuk Taruna ketika ketangkap rumahnya kan kalau dia pakai kaki palsu kan lewat-lewat Apa alat Tentukan bunyi nggak apa-apa kalau sudah punya surat dokter tapi lama-lama sudah sekian lama di jalan polisi Jadi curiga kok nyala terus biasanya orang yang kerja di Saudi itu harus ada izin dari sponsor untuk bolak-balik bolak-balik

tiba-tiba manusia bilang coba saya mau pergi sekali kamu nggak tahu kenapa polisi waktu di wawancarai bilang saya nggak tahu kenapa saya mau bilang itu coba cek tagihan juga ini sudah kehendak saya nggak mau tahu harus buka buka ternyata dan narkotika bagi Tuhan apaan itu apa gunanya ada orang juga gitu di Saudi gitu sama dia tangannya tentang patah itu aku pakai gips kemudian pas lewat bunyi tapi ngapain Subhanallah kuasa Allah dimaksud kamar mandi kepleset jatuh pecah ketawa narkotika mau sembunyi dimana sih itu mau kemana lagi bete hebat apa sih ini buat apa semakin kita pasrah kepada Allah makin kita ikut peraturan bagi kita jadi hamba Allah yang baik makan enak loh sebenernya buat masalah dalam hidup ini nggak usah buat masalah untuk apa

penyebab diri sendiri atau income yang haram mendatangkan penyakit kronis atau mengganggu orang lain menyakiti secara fisik atau kata-kata semua berlaku pada kita selamanya kita Jelaskan hadis Nabi SAW salam Kama tadinu tudanu sebagaimana kamu berperilaku kau pun akan dibalas

saya sudah sempat kirim kan kemarin apa di Indonesia Kalau nggak salah ada yang RBT yang sudah direkam suara itu diantaranya ada yang kita rekam dan memang disengaja disebarin untuk menjadi dakwah di pada saat ada panggilan masuk ini mah panggilannya itu termasuk habis dari balasan perbuatan selalu dengar ingat karena tadi hujan sebagaimana Kau di barat berpindah aku akan dibalas yang sama hal ini ku puji ku akan digunjing besok hari ini kopinya besok akan difitnah hari ini pemukul bentuk akan dipukul tidak bisa lolos nggak bisa lolos jangan buat nggak usah masuk ke sana itu

baik

kemudian tentu berhubungan juga nggak masalah sakit pelajaran yang kita ambil adalah nabi Shaleh wasallam bersabda dalam sebuah hadits

Allah tidak turunkan penyakit

kecuali Allah datangkan obat bersamanya jadi tidak benar itu pernyataan yang mengatakan Penyakit ini tidak ada obatnya itu mungkin penelitian sementara paramedis kan banyak penyakit yang dulu dianggap tidak ada obatnya sekarang ada tapi yang jelas kita sebagai seorang muslim tahu tidak ada tidak ada penyakit biduran obatnya itu hadits shohih Allah tidak menurunkan penyakit kalau misalnya Allah turunkan bersamanya obatnya maka bertobatlah Wahai hamba-hamba Allah perlu kita nggak boleh berobat

nggak usah nggak mau minum vitamin sekarang karena saya pikir apa namanya nggak usah lah nggak perlu terus menjadi abu perlu Kenapa nggak dipakai pada masalah selama bahannya Kalau ada masalah ini tidak penting dalam masalah pengobatan tidak ada penyakit dari Allah turunkan bersamanya kecuali Allah turunkan persamaan obatnya ini pasti nggak mungkin tidak kalau kata nabi Samson dan bertobatlah Wahai hamba-hamba Allah setiap sila ke

Ingat siapa yang bergerak Dian dapat

tempat bahasa Arab

artinya menghayal orang dikenal orang mau berprestasi lalu Tidak ada hasil karyanya dia mau sembuh dan Bidadari setirnya gimana mau menikah tapi tidak ada ikhtiar berdoa berusaha memperbaiki namanya Apa sih orang yang tidak ada di rumah Saya mau jadi orang tidak punya nama gue nggak mungkin yang bergerak dia kan dapatkan dalam bahasa dapat dapat bahasa Arabnya dikatakan tahapan PIL hati-hati barat bergeraklah beraktivitas la berusahalah berkreasilah karena digerak itu di kreasi itu di kreativitas itu ada berkah

asal baik Allah Insya Allah akan kasih ya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close