Dunia Islam

Menjadi Muslim Produktif, Ini 11 Kiat yang Bisa Anda Lakukan

Seorang muslim sudah seharusnya menjadi sosok yang produktif, sebab dalam sebuah hadis disebutkan bahwa “mukmin yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi sekitarnya.” Karena itulah diperlukan semangat berkarya untuk bisa menebar manfaat bagi semua. Berikut ini cara untuk menjadi muslim produktif:

Rajin dan Tepat Waktu

Menjadi Muslim Produktif - Grant Cardone TV
Menjadi Muslim Produktif – Grant Cardone TV

Dalam ajaran Islam ditekankan agar kita selalu disiplin, misalnya, kita diajarkan untuk melaksanakan salat pada awal waktu. Hal tersebut mengajarkan kita untuk bersegera dalam melaksanakan suatu hal dan menghindari kebiasaan menunda-nunda.

Selalu Belajar

Menjadi Muslim Produktif - The New School
Menjadi Muslim Produktif – The New School

Belajar merupakan ajaran Islam yang sangat penting. Banyak ayat suci Alquran maupun hadis yang menekankan hal ini, sebab dengan belajar kita bisa meningkatkan kualitas diri dan kualitas karya kita.

Bersungguh-sungguh dalam Bekerja

Menjadi Muslim Produktif - Freepik.com
Menjadi Muslim Produktif – Freepik.com

Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan berbeda hasilnya dengan yang dikerjakan setengah hati. Karena itulah kita harus mengetahui apa passion kita supaya bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan penuh semangat.

Mendayagunakan Teknologi

Menjadi Muslim Produktif - Quatrostrategies.com
Menjadi Muslim Produktif – Quatrostrategies.com

Untuk mengefektifkan pekerjaan, kita bisa memanfaatkan teknologi. Misalnya, jika dulu kita hanya bisa menggunakan surat berbentuk fisik untuk berkirim pesan, kini kita bisa melakukannya via surat elektronik (email) maupun aplikasi chatting yang jelas lebih cepat dan lebih efektif.

Bangun Pagi Hari

Menjadi Muslim Produktif - Redbooth
Menjadi Muslim Produktif – Redbooth

Dalam Islam, kita sangat disarankan untuk bangun sebelum fajar. Tujuannya supaya kita bisa melaksanakan salat Subuh. Lebih baik lagi jika sebelumnya kita bisa melaksanakan salat Tahajud. Bangun pagi hari merupakan ciri seorang muslim produktif, sebab saat pagi masih segar adalah saat yang tepat untuk segera melaksanakan kegiatan. Sebuah hadis juga menyebutkan bahwa pagi hari merupakan waktu terbukanya pintu rejeki.

Selalu Beribadah

Menjadi Muslim Produktif - Rumaysho.com
Menjadi Muslim Produktif – Rumaysho.com

Seorang muslim yang produktif akan selalu menjalankan ibadahnya, baik yang wajib maupun sunah. Kesibukan pekerjaan tidak akan menjadi penghalang untuk selalu mengutamakan ibadah. Selain salat lima waktu secara berjamaah, setiap muslim juga sangat dianjurkan untuk melaksanakaan salat Tahajud, membaca Alquran, zikir, melaksanakan salat Rawatib, melakukan salat Dhuha, dan selalu bersedekah.

Soal Hasil Serahkan kepada-Nya

Menjadi Muslim Produktif - Movements.net
Menjadi Muslim Produktif – Movements.net

Muslim sejati memiliki sikap mental untuk selalu berusaha semaksimal mungkin baru kemudian menyerahkan hasil-Nya kepada Allah swt. Sikap tawakal ini adalah bentuk keyakinan kita bahwa ada Zat Mahakuasa yang menentukan hasil apa pun yang sudah kita usahakan. Manfaat lainnya adalah menjauhkan diri kita dari stres ketika hasil yang didapat tidak sesuai harapan.

Memiliki Perencanaan

Menjadi Muslim Produktif - Lifesienews.com
Menjadi Muslim Produktif – Lifesienews.com

Setiap muslim hendaknya memiliki rencana terkait apa yang akan dilakukannnya esok hari. Perencanaan tersebut dapat memandu agar kita tidak kehilangan fokus dan arah.

Berolahraga

Menjadi Muslim Produktif - Mahdaeb.TV News
Menjadi Muslim Produktif – Mahdaeb.TV News

Untuk mendukung kinerja optimal dibutuhkan fisik yang sehat. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berolahraga secara rutin, setidaknya selama 20 menit setiap hari dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar.

Istirahat

Menjadi Muslim Produktif - Dreams
Menjadi Muslim Produktif – Dreams

Istirahat yang cukup akan memengaruhi produktivitas Anda. Oleh karena itu, setiap muslim disarankan agar jangan sampai lupa untuk beristirahat. Waktu istirahat yang mencukupi akan berpengaruh terhadap kesegaran fiisik dan pikiran Anda saat bekerja.

Fokus

Menjadi Muslim Produktif - Sandglaz Blog
Menjadi Muslim Produktif – Sandglaz Blog

Setiap muslim harus fokus dalam mengerjakan segala hal agar hasilnya maksimal. Perihal fokus ini sebetulnya sudah diajarkan secara tersirat dalam ibadah yang kita lakukan setiap hari. Seperti ketika melaksanakan salat, kita harus fokus hanya untuk beribadah dan tidak memikirkan yang lainnya.

Demikianlah 11 kiat untuk menjadi muslim produktif. Anda bisa mempraktikkan tips-tips tersebut untuk menjadi muslim yang lebih berdayaguna dan mampu menebarkan manfaat kepada sesama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close