Dunia Islam

Merawat Kesehatan ala Islami: Habbatussauda Sang Penyembuh Segala Penyakit

Suatu waktu – diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim, Ibnu Majah, dan Al-Bukhari –  Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Makanlah habbatussauda ini, sungguh padanya terdapat obat dari berbagai macam penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut.

Habbatussauda adalah jintan hitam yang tumbuh di iklim panas dan kering. Salah satu daerah yang paling mudah ditanami jintan hitam adalah di Timur Tengah. Maka dari itu, jintan hitam sudah dikenal sebagai pengobatan penyakit dan perawatan kesehatan selama lebih dari 2.000 tahun di daerah tersebut.

Tanaman biji-bijian ini memiliki nama latin Nigella sativa. Sebelum dikeringkan, tanaman ini berupa bunga putih dengan benang sari berwarna kuning. Biji dari bunga inilah yang digunakan sebagai obat. Sudah banyak penelitian yang dilakukan para ahli di berbagai negara berkaitan dengan fungsi jintan hitam atau habbatussauda ini bagi kesehatan.

Habbatussauda mengandung senyawa omega 3, 6, dan 9. Selain itu, di dalamnya terkandung juga fitosterone, saponin, alkaloid, dan asam amino esensial. Habbatussauda juga memiliki kandungan nutrisi kompleks seperti riboflavin, thiamin, kalsium, zat besi, fosfor, niacin, folacin, dan lain-lain.

Kesemuanya memiliki khasiat yang terkenal baik untuk tubuh, di antaranya:

Menetralkan Kadar Racun di Dalam Tubuh

Menetralkan Kadar Racun di Dalam Tubuh - 1.bp.blogspot.com
Menetralkan Kadar Racun di Dalam Tubuh – 1.bp.blogspot.com

Kandungan saponin dalam habbatussauda bisa membantu untuk membersihkan kadar racun yang selama ini menumpuk di dalam tubuh. Cara bekerjanya adalah dengan melindungi organ hati dari racun yang berbahaya.

Memelihara Kesehatan Kulit

Memelihara Kesehatan Kulit - hellosehat.com
Memelihara Kesehatan Kulit – hellosehat.com

Jika sudah berbentuk minyak, jintan hitam atau habbatussauda ini bisa dioleskan ke kulit untuk memberikan kelembaban dan mencegah penuaan dini. Selain itu, minyak habbatussauda juga bisa mengatasi peradangan sehingga bagus untuk mengurangi jerawat atau bekas luka di kulit.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Memperkuat Sistem Imun Tubuh - static.webkesehatan.com
Memperkuat Sistem Imun Tubuh – static.webkesehatan.com

Berbagai mineral dan kandungan di dalam habbatussauda bisa memperkuat sistem imun tubuh. Ini juga membuat tubuh lebih kuat dalam menghadapi peradangan. Jadi, tubuh bisa lebih cepat pulih dari infeksi serta tidak mudah terjangkit penyakit menular.

Memperlancar Air Susu Ibu

Memperlancar Air Susu Ibu - lancarasi.net
Memperlancar Air Susu Ibu – lancarasi.net

Kandungan lemak tidak jenuh di dalam habbatussauda membuatnya bagus untuk produksi Air Susu Ibu (ASI). Ibu hamil dan menyusui dianjurkan meminum habbatussauda secara rutin untuk menjaga pasokan ASI dalam tubuh ibu untuk bayi.

Bermanfaat Sebagai Anti Kanker dan Anti Tumor

Bermanfaat Sebagai Anti Kanker dan Anti Tumor - 3.bp.blogspot.com
Bermanfaat Sebagai Anti Kanker dan Anti Tumor – 3.bp.blogspot.com

Jintan hitam memiliki senyawa fitokimia yang bernama thymoquinone dan thymohydroquinone. Berbagai penelelitian sudah membuktikan bahwa kandungan tersebut bisa menurunkan kadar pertumbuhan sel tumor dan kanker sebesar 52%.

Zat-zat lain yang terkandung di dalam jintan hitam juga dipercaya dapat menghalang zat karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh sehingga bagus digunakan sebagai perawatan penyakit kanker.

Biasanya, habbatussauda sudah dijual dalam bentuk kapsul yang berisi serbuk jintan hitam ini. namun, ada juga beberapa produsen obat herbal yang menyediakan jintan hitam yang masih utuh berbentuk biji.

Selain itu, terdapat pula minyak yang terbuat dari habbatussauda yang bisa dioleskan ke kulit dan rambut. Apa pun bentuknya, habbatussauda tetap memiliki khasiat yang sama luar biasanya. Habbatussauda sendiri tidak memiliki rasa dan bau yang tajam sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi.

Untuk perawatan, sebaiknya minum habbatussauda satu kali dalam sehari. Jika untuk pengobatan, dosisnya harus disesuaikan tergantung keadaan penyakit yang diderita.

Selain kelima khasiat di atas, masih banyak lagi efek positif yang dimiliki habbatussauda. Bukan hanya isapan jempol semata, fungsi dan kemampuannya untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan melalui penelitian laboratorium resmi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu lebih lanjut mengenai beberapa khasiat dari habbatussauda, kan. Yuk, share hal ini kepada orang-orang terdekat agar mereka bisa merasakan khasiat yang sama!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close