HajiTausiyahUmroh

Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah: Miqat Penduduk Madinah

ya Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah washalatu wassalamu ala rasulillah hari ini nih tepatnya tanggal Romadhon 1438 Hijriah kita bersama 38 rombongan akan menuju ke kota Mekkah Al Mukarom kita sekarang lagi di dunia dzulhulaifah tempatnya Penduduk Madinah dari sini kita akan melaksanakan Shalat tahiyatul masjid Sholat Dhuha lalu kita akan berniat Rasulullah Shallallahu Alaihi diperintahkan oleh Jibril ketika Haji untuk sholat di tempat ini mengatakan Sholihin ada di Wadi Mubarok kau berada di rumah dengan kepala kartun mah udah

ya kita menuju ke dalam masjid

jadi di masa Rasul Shallallahu salam masjidnya belum ada hanya lembah-lembah aja tapi di sini banyak air sehingga para sahabat itu mandinya di sini ya kalau kita kan mandi di hotel tuh para sahabat mandinya di sini berbenah di sini baru berangkat yo Bismillah

Masya Allah hawanya hangat Ajil ekstensi dan Seruway dan gila ya ini kita lihat menuju ke masjid jadi tepatnya penduduk Cina orang-orang yang lewat dari Madinah walaupun bukan berzina maka mereka ambil Parisnya dari sini dia kini keutamaan kalau jemaah umroh di Nagoya saya kalau jemaah langsung turun jeda Selan mau ke Mekah Terkadang mereka di alam lam insya Allah kita lihat ini Masya Allah Masya Allah ah ayah Nagita minimal jamaah Una

taibah hamdulillah Masjid Nurul Aini

dipersiapkan untuk jemaah yang hendak mandi ada tempat tempat khusus untuk mandi memang ada tempat untuk wudhu ibu-ibu di sebelah kiri bisa berkumpul sebelah kiri sini nah tiba tolong diperhatikan untuk masuk masjid kiblatnya karena ada jemaah masuk musik yang penting shalat fajar tidak mengarah ke kiblat keramik kelihatanlah Maka insya Allah kita akan berkumpul di tempat ini Bu Ibu silahkan paling tidak 24 rokaat kalau kita akan tumbuh di tempat ini Bapak Bapak jangan jangan lupa untuk niat tetap didalam hati lillahita’ala tapi lafazkan mengatakan Labbaik Allahumma umratan yang buat Sebutkan umroh

buat siapa umroh buat Ayahku murah buat eh ternyata itu disebut tari pulang sendiri-sendiri cuma ke rumah ya silakan

Bapak ada yang ingin ditanyakan bacaannya Labbaik Allahumma umratan siapa Sebutkan nama buat siapa seperti itu nggak bisa mobile by kalau mau umroh tetangga-tetangga suruh mah nggak boleh satu umroh Satu orang terbakar borongan boleh Pagi Trans7 semua punya Bapak Ya Allah bismillah kita berangkat ya ini ini kurma hijau yang katanya buat siapa Buat yang kepingin punya anak ya Ya Allah Masya Allah itu ada yang kering halal dimakan Masya Allah kita lihat di sebelah sini

ini kita lihat nih Masya Allah kalau kita perhatikan jenis kerumahnya beda ini buat yang itu agak lonjong Masya Allah ya karena itu ada yang ngambil kita lihat nih ada orang yang motong akhirnya rusak bisa bisa matiin ini lihat nih kayu ini ini sudah putus ini sebenarnya ini dia mati karena orang motong nya seperti itu nggak Nggak bisa nggak bisa lihat ini ini rusak itu karena ada yang motong padang harus digunting ya jadi kering kayak gini nggak papalah kita bawa duit contoh ibu-ibu

yang kepingin akhlak loker ibu ibu ibu jasad bismillah baca doa masuk masjid Selat wassalamu ala rasulillah Lia buah Rahmatika Pavilion Coba lihat di sini

luas banget

nasi Ninja Mak anakmu tunjukin pohon pohon pisang anak-anak dzulhulaifah ini letaknya di lembah jadi subur kita lihat nih Nih ada beberapa pohon pohon pisang dan berbuah Masya Allah Jakarta di lembah jadi dikulitin Lembah tempatnya air kalau hujan itu Turunnya ke sini Wa di WA di tempatnya Madya

subur nih Masya Allah bisa piara kambing Abu taqo di sebuah desa tahyatul masjid Dhuha terus niat eh enggak ini ada Jadi sholatnya itu jadi shalat ihram itu kayak kita masuk masjid shalatnya qobliyah Masjid itu akan menjadi tahiyatul masjid ini yang kita sampaikan tadi ketika kita sholat dhuha kemudian kita berniat maka shalat tadi jadi salat Sunnah ihram ini yang penting itu niat setelah setelah beli ehem kan Rasul Shallallahu Alaihi Salam tidak mengkhususkan salat untuk eh Tapi beliau salat setelah itu

Eh lo maka di sini akhirnya ditimbulkan itu jadi salat Sunnah ihram Barakallah fikum masing-masing niatnya masing-masing nanti di bet kita Ingatkan Kembali

Black

kaki berjamaah ini kita lihat kondisi masjid di Holifah sepi ya Banyak orang yang tidak ingin umroh di siang hari

Rasulullah SAW sama dengan Asia baru packaging dalam perjalanan itu sebagian dari azab ya dan dalam kondisi bulan ramadon perjalanan yang cukup panjang tentunya orang merasa lelah dan Kebanyakan orang berangkat di malam hari dan sebenarnya sunnahnya Safar itupun di malam hari karena Rasulullah Shallallahu salam mengatakan email albo tutu Adelaide sesungguhnya bumi itu di malam hari seperti dilipat

jadi jarak yang jauh Ketika ditempuh di malam hari maka itu seperti lipat jadi jemaah tidak harus berhenti di masjid ini yang ini oma artinya kalau ada orang lewat naik bus kemudian Sebelum lewat mukminat dia berniat dia berniat ihram itu artinya bukan pakai baju ihram jadi ihrom itu bukan pakai baju ihram tapi niat untuk masuk di dalam ibadah umroh itu sendiri Katakan orang itu telah berakhir Om jadi kalau mau main naik bus ketika sampai dzulhulaifah dia mengatakan dia berniat dalam hatinya dia mengatakan Labbaik Allahumma umratan tanpa dia berhenti di mesjid ini tanpa dia sholat di masjid ini Mbah biasa tidak ada masalah karena berhentinya di tempat ini itu hanya anjuran dari Rasul Shallallahu salam tapi yang jelas orang yang umroh tidak boleh

Melewatkanmu chord Kecuali Dia sudah berihram di tempat itu ini umpamanya ada jemaah yang lupa berihram kau tahu sampai 40 kilo melewati Nikon Apa solusinya balik untuk niatin kok nggak harus turun Ingat tidak harus turun di tempat ini dia balik ke miqot kemudian dia berniat atau kalau dia melanjutkan perjalanan tanpa dia mau balik maka dia punya kewajiban membayar membayar jam membeli seekor kambing dipotong dan dibagikan kepada penduduk Mekah dan kalau kita lihat ya Sepi pada hari ini hari Jumat hari hari Jumat apalagi sekadar di hari Jumat ya tidak dianjurkan pada hari Jumat itu karena ada sholat Jumat Namun karena kita dalam kondisi yang yang tidak kita inginkan sebenarnya kita ingin sholat jumat di Masjid Nabawi Namun karena sekarang Romadhon ada buka bersama ada

tarawih yang Hal itu menyebabkan kepadatan di jalan di kota Mekkah Al Mukaromah dan ditutupnya banyak jalan sehingga jemaah akan sulit untuk sampai ke hotel apabila kita berangkat setelah Jumatan maka kita nanti akan sholat dhuhur dan Ashar dijamak tanpa sholat jumat sudah sholat semua

sudah berniat Labbaik Allahumma umratan Apa artinya Labbaik saya menyambut panggilan Jadi kau orang dipanggil bulan jawabannya lebih-lebih saya datang nih saya sambut panggilanmu maka kita datang ke sini untuk menuju ke kota Mekah ini pintu gerbang paling jauh di pintu gerbang menuju rumah Allah paling jauh adalah pilihan Allah memilih kan buat Rasulullah SAW wassalam yang paling panjang sehingga perjalanan itu akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan rasa lelah yang dicapai artinya kalau cuma 25 km KM ya pahala kita sesuai tapi kalau Berapa jarak Madinah ke Mekah 435 KM itu sampai kau tanya lagi mungkin kau sampai perbatasan haram tidak sampai maka banyaknya bertalbiyah Bismillah

yang udah yang mau keluar kita sambil jalan keluar

ya ingat dianjurkan ketika Sholat itu sholat pakai Sutra sehingga ketika ada orang yang lewat tidak memutus salat mereka Rasulullah salah salah mengatakan Iria salah hatiku pagi Selendang Sutra

lirik

kemana ahlan wa sahlan ya khomsin Nia Ibnu

Masya Allah Masya Allah Ya udah udah di luar nih sebelah baca doa keluar masjid apa sudah salat wassalamu ala rasulillah Allah memiliki sebuah pabrik 

Masya Allah Ni lihat buah kurma nya tuh

box office

kebun jadi apa Iya tapi Insya Allah Insya Allah kalau mau ambil ya lebih baik tiga kali nggak masalah kalau memang perlu ya Lakukan sesuatu yang baik jamaah kita akan melihat batas tanah tanah haram jadi Rasul Shallallahu salam mengatakan mabaina Airin WhatsApp antara Bukit Safa dan Bukit Air itu tanah melihat disitu ada seperti

Apa itu bukan yang ada kayak bukan menara setengah apa namanya itu apa tuh bahasanya tuh tugu-tugu yang modelnya seperti melengkung itu batas tanah haram

yang di atas kita lihat ya itu-itu batas tanah haram Aini bikin ikan jambal air di sebelah sini Jabal Nur itu di balik gunung uhud Jagapura Jagapura Mak gapura kan buat masuk gitu kan Ini bukan buat masuk sekedar tunggu ya Sekali tubuh jadi dikasih batas tanah haram sehingga ia melihat yang melengkung di situ ada melihat menara habisnya menara ada kelihatan itu batas tanah haram itu batas tanah haram Apa di sini ada

dikatakan ini Jabal Jaber lahirnya Jabal Tsur itu di balik gunung uhud bukitnya itu kayak telur telur itu sapi jantan Jadi kalau dilihat dari jauh itu seperti di sapi jantan sedang tidur maka disebut banyak air atau Raya nanti akan anda tunjukkan harrah batu-batu yang bekas Gunung Merapi ya ini tahun 500-an 560 atau 650 jamannya Ibnu Katsir menceritakan Bagaimana kejadian ketika meletus itu dan rasul saw akan mengatakan lihat aku bisa tidak akan terjadi kiamat sampai keluar api di Jazirah Arab yang menerangi onta onta yang ada di Busyro yang ada di Siak

jadi pernah keluar itu malam hari terakhir jarak antara Madinah sama Busro itu kira-kira 700 km

itu yang di bus Rosalia Tanon tadi malam hari terlihat dari terang itu loh ketika itu Penduduk Madinah pada ketakutan ya Masjid Nabawi itu penuh orang-orang yang salat yang ruku sujud lagi berdoa dan mereka takut kiamat terjadi seperti itu

kalau sekarang kan orang nggak nggak jadi takut lagi

jadi tontonan kayak kalau ada orang tabrakan katanya yang nolongin cuma dua orang yang sisanya

ambil HP mengabadikan subhanallah subhanallah terbukti terbukti ngomong Ya Tuhan lhw semua ucapkan Rasul SAW wassalam ya gedung-gedung yang menjulang tinggi bayangkan ini bukan dia bukan di Eropa ini di Arab Saudi sabda Nabi Ali Surat As Syam itu wa anta Khoirul Fatah tahu siapa kamu lihat orang yang tidak beralaskan kakinya orang yang pakaiannya ya tidak tidak lengkap mungkin orang-orang berduit pengembala kambing mereka Allah yang hidupnya awalnya miskin berlomba-lomba meninggikan bangunan

jadi Abu Dhabi itu ada satu tempat gedungnya pencakar langit semua kosong

Ini sekedar buat berbangga-bangga kan

Jadi tiap kau bilang itu punya gedung tinggi punya gedung tinggi belum ada penghuninya Biasanya kan orang itu bikin kan ada penghuni ini bikin dulu gampang kok mini nanti mungkin cucunya dia tuh apa itu tanda-tanda kiamat kata jadi untuk berbangga-bangga kan aja untuk cerita kita punya gedung ya jadi Setiap keluarga itu oh gila setiap mobil itu punya gedung dengan nama mereka

ikan yang ada di Abu Dhabi apa yang disampaikan Rasul shalat di Masjidil Haram gedung NU bikin di kita buat apa gitu gedung tinggi ini dibutuhkan ketika tanahnya sedikit artinya mau nggak mau bangunan harus ke atas di Arab buat apa gitu kalau di Masjidil Haram wajar karena masih diharamkan tempatnya sedikit butuh jemaah haji yang banyak umrohnya gedungnya tinggi tapi di Jeddah mana ada apa tinggi-tinggi padang pasir masih luas nah nah kita lihat itu orang jualan ihram jualan sabu di sini jualan tas karena banyak di antara mereka yang jadi rumah itu pakai baju biasa jadi di sini dia beli beli sabun dia mandi di sini

setelah mandi dia ganti ROM perangkat penduduk-penduduk sini untuk pendiri sini tapi kalau rombongan kalau mandi di sini leluhur kita berangkat hari mau buang air besar dulu apa udah lengkap yang lagi ada yang mau duit yang mau ke toilet toilet Yamaha

nggak papa nek kenek bus pak gembus Iya ke sana sudah sana yang mau naik ke bis pokok laporan aja lihat ada disitu ibu-ibu udah lengkap Kayaknya gue punya ilmu pelet

Assalamualaikum

Masya Allah

yang mau foto

agama di tempat ini Biasanya kita lihat ada kantor kecil itu kayak gini Jadi nggak gitu itu tertulis market atau et Al Islamiyah Al Maidah artinya pusat penyuluhan Islam di lapangan jadi jemaah umroh dan haji itu terus terang banyak yang bekal ilmunya sedikit mereka yang ilmunya sedikit kadangkala pembimbing di rombongan juga tidak memberikan pencerahan yang cukup sehingga ibadah umroh yang seharusnya sempurna apa gini ibadah seumur hidup sekali Mungkin tidak seperti salat yang kita tiap hari lakukan tapi umroh ini ada orang yang sekali berangkat itu sudah nggak balik lagi apa Lagi haji yang menjadi rukun Islam maka diperlukan ilmu pemerintah Arab Saudi hajar tentang hal itu sehingga mereka bikin Pusat

penyuluhan biasanya di situ ada Ustadz yang menjawab pertanyaan-pertanyaan kemudian ada buku-buku yang diterjemahkan hampir kepada semua bahasa dari bahasa Cinanya bahasa Prancis bahasa Inggris bahasa Indonesia diterjemahkan ke berbagai bahasa untuk memberikan kemudahan Tapi sayangnya banyak diantara kita yang tidak suka membaca padahal ayat yang pertama turun ya kalau pacar kita sibuk baca Facebook kita sibuk baca Twitter kita baca Whatsapp kita baca berita tapi ketika urusannya dengan ilmu kita malas membaca kita ngajak apa katanya ustad nya apakah ada pembimbingnya maka Tolong dibaca dipelajarin ketika ada sesuatu yang kurang pahamnya maka di situ bertanya Allah mengerti kan selalu ada di kritik untuk kakak lamun tanyalah kepada orang yang berilmu Ketika engkau tidak salam kenal doakan semua nih agar bisa datang ke kotamu

datang ke Masjidil Haram jarah ke mesjid Nabawi ke makam Rasul Shallallahu Salam ke makam Bakti keuangan lewat nih Muzdalifah lalu mengatakan Labbaik Allahumma umratan De menuju ke Mekkah Al Mukaromah sebagai tamu Allah ingat kamu Allah akan mendapatkan jaminan dan salah gender

Assalamualaikum Waalaikumsalam

ya Allah jamaah udah selesai

ya kita berangkat

berangkat berangkat

Assalamualaikum

assalamualaikum

masalah ini Hawanya panas ya yang membikin panas ini nantinya ini kalau dulu dari tanah ini dari apa nih

bukan keramik batu ini granit lantai batu granit kemudian memantulkan panas yang sangat ya ingat ketika kita sudah niat disini nih udah larangan Islam itu berlaku semua kan kita lihat ngapain disediakan di sini perlengkapan orang yang umroh ada sandal dari plastik pada sabun ada buku ada gunting kuku Ada apa namanya tuh Silet ada peniti ada sabu lengkap semua itu jadi orang yang pakai baju biasa datang ke sini sama dia bisa pelan-pelan

kita lihat nih Silakan naik ibu-ibu bapak-bapak

Wah kita lihat nih mobil dirubah jadi toko mereka jualan baju eh OK kita lihat baju ihrom yang ada di sini kamu Alim ini 25 real yang ini 40 real ini 30 real ini mau ini mahal Nias loading paling mahal paling mahal to meet in Pakistan tulisannya 110 jadi mulai main homestay Sri ilmiah nasional Masya Allah Azza kelahiran di balik vtiga Roxy oleh boleh

10 real pakai sabuk Silahkan ambil kita lihat nih Kondisi saya tidak terlalu padat kondisinya panas Berapa panas hari ini masih mau nggak salah 40-an kita lihat di Masya Allah Masya Allah Ya gimana kita udah masuk ke the best

Assalamualaikum Waalaikumsalam

Masya Allah gimana gimana Bu takok aman-aman Iya Kita tunjuk ini bagaimana kondisi Surf Biasanya orang-orang pada jualan nggak ada deh

tangan kita naik bismillah Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Subhanahu Wa makun Allahu mukminin wa inna illahi Robbi Namun semua udah udah baik hitung ingat kata usah tadi papa nggak boleh pakai kaos kaki nggak boleh pakai penutup kepala nggak boleh pake apa-apa cuma dua lembar lembar

kain sampai ada sebagian penulis yang mengatakan orang yang berihram itu tidak boleh bercermin

entah itu shohih atau tidak Tapi yang jelas paling tidak seorang itu merupakan siapa dia apa posisi dia jabatan dia dia datang ke sini ketika bersama-sama mengatakan baik Allahumma umratan sebagai apa sebagai tamunya Allah dan hamba Allah

tangkap bismillah ini kok tidak ada orang yang memang kosong ingat Labbaik Allahumma umratan lalu kita dianjurkan banyak-banyak berita dia Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik Innal Hamda wanni’mata lagu Al Mulk laa syarikala Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka

Innal Hamda wanni’mata lakon Murid syarikala Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik Innal Hamda wanni’mata langkah awal mula syarikala Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik Innal Hamda wanni’mata belakang masalah ini yang namanya mulai kita meninggalkan rusak sebelah kiri sebelah sebelah kiri bapak lihat aja

part of haram area itu tanda akhir dari arah termasuk besaran Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam berangkat dari Masjid Nabawi menuju ke gunung united 3-0 Lio baru berganti Baru mandi Baru pakai wangi-wangian gimana gitu deh Pasar udah tergelincir matahari beliau sholat dulu di Masjid Nabawi sholat dhuhur tanpa dijamah sama Ashar sholat dzuhur kemudian melanjutkan perjalanan ke sini Tapi kalau beliau berangkat sebelum tergelincir matahari lalu sampai sini masuk waktu dzuhur di sini beliau sudah jamak qashar

padahal jaraknya baru 11 kilo tapi itu jarak sudah berpisah dari kota sehingga seorang musafir sudah diperbolehkan untuk jamak qashar yang puasa mau berbuka ketika sudah berpisah dengan kotanya diperbolehkan untuk untuk berbuka jamaah Semua masih puasa Abdullah tiba-tiba datang Kenapa kita mengatakan Labbaik Ya Allah Berarti ada panggilan Allah memanggil Nabi Ibrahim Alaihissalam ketika menyelesaikan bangunan Ka’bah Ibrahim always Robbana taqobbal Minna innaka Anta sami’ul selesai bangunan Ka’bah dibangun Lalu Allah memerintahkan kepada Nabi Ibrahim

Oh ya Ibrahim pakai cincin Nabi Ibrahim kau bangun kok undang orang-orang untuk berangkat orang-orang diundang untuk berangkat maka diundang lah Nabi Ibrahim mengajarkan Ya Allah di mana aku akan mengundang mereka suaraku tidak sampai kepada mereka apa kata Allah dikatakan dan riwayat ituin nama ada ikan badut tugasmu itu menyampaikan nama adik candida tugasmu itu memanggil dan Tugasku menyampaikan panggilan itu maka kita termasuk diundang dan dipanggil sama Allah sehingga tatkala dateng kita mengatakan Labaik allahumma labaik Allah aku datang untukmu orang ketika bertalbiyah di situ tauhid dia dia muncul kan kalo dia datang karena Allah Subhanahu Ta’ala tidak ada sekutu bagi Allah

di surat

lam yakunil ladzina kafaru surat Allah mengatakan wama umiru illa liya’budun Mukhlisin mereka itu orang-orang tidak diperintahkan kecuali untuk beribadah kepada Allah muhlisin bukan sembarang ibadah tapi ikhlas

Iya terus jangan dong diatas tahu ini maka para jamaah kita katakan Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik Innal Hamda wanni’mata Sesungguhnya semua pujian wanita segala nikmat kadangkala masih ingin dipuji ingin disanjung ingin dihargai padahal yang memiliki pujian itu hanyalah wanita kalau kita bicara kita berbuat baik kita mesti nikmat sama orang Sesungguhnya nikmat yang ada pada dirimu dari siapa dari Allah kau bisa ngasih kita nih sekarang bisa umroh Apa karena kebaikan kita karena Allah baik sama kita awasi kita Rizky menggerakkan hati kita kita daftar untuk berangkat umroh dan kesehatan sama kita maka semua nikmat itu dari Allah Allah mengatakan wa maa biqoumin Pemilu tidak ada satupun nikmat yang ada pada diri kalian

melainkan itu dari Allah

lagu Bollywood itu semua milik bahkan kepemilikan kita bicara kepemilikan bapak-bapak ibu-ibu punya rumah punya mobil punya motor Punya tabungan punya anak punya usaha ingat semuanya itu milik Om maka kita mengatakan sekarang nih Innal Hamda wanni’mata lihat kawan dan kepemilikan itu milik kita nggak punya apa-apa cuma sebagian orang pulang rumahnya terbakar nauzubillahminzalik anaknya tabrakan sekarang tidak bertepian membersihkan diri kita membersihkan hati kita dari segala ketergantungan kepada selain Allah serta dan kita katakan semuanya milik Allah semuanya kembali kepada Allah Innal Hamda wanni’mata laki-laki Kalau tidak ada sekutu bagi Allah silahkan para jamaah kita udah mau meninggalkan chord

kamu di nah ini ada cek poin di depan kita lihat sebelah kanan Bapak ini yang namanya arah Lihat batu item-item tuh yang nutupin tanah itu harganya kita lagi bangunan rumah orang-orang Arab zaman dulu

lihatkan hari ini sudah bagus bangunan mereka dari batu ya karena memang banyak batu di sini namanya harus gimana kuda unta tidak bisa melewatinya karena tajam dan biasanya di bawahnya itu suburkan Ini ada pembersihannya dan kita akan melihat halo banyak sekali di perjalanan antara Mekah antara Madinah Dan Cooke sebelah kanan kita ini mau dibikin apa ini kayaknya sebelah kiri jamaah

rel kereta api Buka atau ini lagi muter nih jalan-jalan tidak perbaikan bikin jalan Kayaknya emang Alhamdulillah sepanjang perjalanan 430 meter kita tidak akan ketemu gerbang tol nya dia tuh yang bayar harus pakai uang pak atau bayar pakai apa sekarang di tol pakai daging aja ketika orang itu bertakwa kepada Allah Arab Allahumma film Korea tentang binatang Mutmainnah Yaris kuharapkan menggunakan bahasa adalah ibadah Jumat mengatakan Allah membikin permisalan sebuah negeri yang awalnya tentram yang awalnya aman gara-gara kubur pada Allah Allah timpakan kepada mereka rasa lapar dan beserta

tidak tahu bagaimana di negeri kita orang semua takut dengan PK takut dengan Sisi takut dengan macam-macam kekuasaan asing yang akan menyapu itu azab dari Allah kita kita tidak ingat sama Allah semata dan semoga para jamaah pulang dari umroh nih bahwa secercah cahaya bawa Lentera monster angin kampungnya rumah diterangin dengan cahaya umroh dia keimanan dan ketakwaan dia dia di tempat kerjanya di ada waktu Cahaya dapat terjadi dimanapun dia berada dengan ini harapannya negeri kita menjadi baldatun toyyibatun warabbun mana cukup kan sebagian sudah mulai berganti doanya udah mulai merem tapi ingat terus bertalbiyah Labbaik Allahumma Labbaik labbaika la syarika laka Labbaik innalhamda

one aja lawan Manusia Serigala

Washington Post

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close