7 Hal Ini Dipercaya Sebagian Orang Indonesia : Fakta atau Mitos Haji?

Meskipun bersifat keagamaan, kegiatan ibadah haji tidak terlepas dari hal-hal unik dan aneh. Bahkan, sebagian besar orang Indonesia memercayai kebenarannya. Seperti apa keyakinan yang mereka miliki? Fakta atau hanya mitos haji? Simak ulasannya berikut ini.

Doa Orang yang Baru Pulang Haji Pasti Terkabul

Mitos Haji - 1.bp.blogspot.com

Mitos Haji – 1.bp.blogspot.com

Jemaah haji yang baru pulang ke tanah air diikuti 40 malaikat; itulah keyakinan orang Indonesia. Karena itu, warga berbondong-bondong ke rumah jemaah untuk meminta doa. Tak hanya itu, mereka pun berebut mencium tangan jemaah. Katanya, kalau melakukan hal tersebut, bisa ketularan naik haji. Jadi, keberuntungan itu doa atau tangan si jemaah?

Masuk Surga karena Mencium Hajar Aswad

Mitos Haji - google.co.id

Mitos Haji – google.co.id

Faktanya, hajar Aswad diturunkan oleh Allah SWT dari surga. Ketika itu, Dia memerintahkan Nabi Ibrahim a.s. untuk mengambilnya sebagai fondasi kakbah. Namun, fakta itu dipahami dalam makna berbeda oleh sebagian jemaah haji. Mereka meyakini, bisa masuk surga setelah mencium hajar Aswad. Padahal, terlalu berambisi menyentuhnya di tengah lautan manusia, sangat berbahaya. Jemaah bisa terdesak, jatuh, atau malah terinjak-injak. Anehnya, ambisi itu mendarah daging sampai sekarang.

Berjalan Jauh Tanpa Alas Kaki Bisa Menghindarkan Bahaya

Mitos Haji - deherba.com

Mitos Haji – deherba.com

Keyakinan ini dimiliki oleh jemaah haji asal Bima, Indonesia. Fakta yang beredar, kaki seorang nenek melepuh setelah menjalani ritual nyeleneh tersebut. Ia berjalan kaki sejauh 1 km dari tempat tinggalnya. Awalnya, tidak terjadi apa pun pada sang nenek. Namun, kaki mulai terasa perih saat tiba di tanah suci. Bahkan, kian memerah dan mengelupas sehingga ia tidak bisa mengikuti beberapa kegiatan ibadah. Nah, lho, sudah jelas, kan? Mana yang lebih berbahaya?

Percikan Air Zamzam Bisa Melindungi dari Siksa Kubur

Mitos Haji - cdn.metrotvnews.com

Mitos Haji – cdn.metrotvnews.com

Air zamzam memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh makhluk hidup. Pasalnya, air tersebut belum banyak terkontaminasi oleh zat-zat kimia. Rasulullah SAW pun menegaskan dalam sabda Beliau :

“Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim berkata; Abdullah bin Mu’ammal berkata; bahwa ia mendengar Abu Az Zubair berkata; Aku mendengar Jabir bin Abdullah radliallahu ‘anhu, ia berkata; Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Air zamzam (berkhasiat) sesuai dengan niat (tujuan) diminum (oleh penggunanya).” (HR. Ibnu Majah)

Sayangnya, banyak jemaah memaknai secara berlebihan. Mereka memiliki keyakinan; mencuci kain ihram dengan air zam-zam bisa menghindarkan dari siksa kubur. Bagaimana jika yang naik haji itu seorang koruptor? Lalu, pulang haji melakukan korupsi lagi. Masih berlakukah mitos tersebut?

Jimat dari Kerikil di Tanah Suci

Mitos Haji - twt-thumbs.washtimes.com

Mitos Haji – twt-thumbs.washtimes.com

Beberapa jemaah kerap melakukan ‘ritual’ ini ketika di Mekkah. Mereka mengambil batu-batu kecil yang tersebar di sekitar Kakbah. Konon, batu tersebut bisa menjadi jimat terampuh. Padahal, perbuatan itu bisa mengantar ke pintu kemusyrikan. Naudzubillah min dzalik.

Lempar Jamrah untuk Memerangi Setan

Mitos Haji - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Mitos Haji – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Salah satu rangkaian ibadah haji adalah lempar jamrah. Kebenarannya, kegiatan ini merupakan simbol untuk memerangi setan. Namun, banyak jemaah yang menggunakan batu-batu besar untuk dilontarkan. Padahal, ada ratusan ribu jemaah lain berdiri di barisan depannya. Bahkan, beberapa ada yang terluka akibat terkena lontaran jamrah.

Doa Terkabul Jika Merajuk di Depan Kakbah

Mitos Haji - pbs.twimg.com

Mitos Haji – pbs.twimg.com

Pemandangan ini kerap terjadi pada kegiatan ibadah haji. Banyak jemaah merengek dan menangis sambil mengusap-usap dinding Kakbah. Mereka percaya, tindakan tersebut bisa membuat doa dikabulkan. Meskipun sudah diperingatkan oleh ulama, sebagian besar jemaah tetap melakukannya.

Itulah tujuh hal yang dipercaya oleh sebagian orang Indonesia seputar ibadah haji. Faktanya, semua itu memang terjadi di lapangan. Namun, mitos haji atau bukan, kembali pada pemahaman Anda sebagai muslim. Wallahu ‘alam.

Add Comment

%d bloggers like this: