Dunia Islam

Motivasi Islam: Inilah Janji Allah SWT untuk Hamba-Nya yang Sedang dalam Kesulitan

Hidup memang tidak selalu berjalan mulus. Ada banyak momen ketika perjalanan hidup terasa seperti menempuh jalan yang terjal dan berliku-liku. Kesedihan dan kesulitan datang pada siapa saja. Memang begitulah hidup—semua orang pernah mengalaminya.

Saat ujian datang, jangan sampai Anda berputus asa. Ingatlah Allah dan janji-Nya untuk semua hamba yang sedang dalam kesulitan. Jadikan janji tersebut sebagai pegangan dan motivasi Islam, di antaranya yang berikut ini.

Pertolongan Allah SWT sangat dekat

Janji Allah - bersamadakwah.net
Janji Allah – bersamadakwah.net

Saat sedang kesulitan, ada kalanya orang ingkar atas nikmat-nikmat yang telah datang kepadanya selama ini. Apa pun yang ada dalam hidupnya tiba-tiba terasa sebagai suatu masalah yang berat. Perbanyak istighfar dan teruslah berdoa ketika Anda sedang mengalami hal di atas. Ingatlah bahwa pertolongan Allah SWT sesungguhnya sangat dekat, sebagaimana janji-Nya:

Apakah kamu mengira akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al-Baqaraah: 214).

Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya

Janji Allah - 1.bp.blogspot.com
Janji Allah – 1.bp.blogspot.com

Dalam sebuah ayat disebutkan, “mintalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan…” (QS. Al Mu’min: 60). Artinya, ketika Anda menginginkan kesulitan untuk diangkat dari hidup Anda, yang perlu Anda lakukan adalah meminta kepada Allah SWT. Caranya adalah berdoa dengan bersungguh-sungguh—tentunya didukung dengan ibadah dan sikap yang baik.

Janji Allah SWT tentang mengabulkan doa juga disebutkan dalam ayat lainnya di dalam Kitab Suci, yaitu: “dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa” (QS. Al Baqaraah: 186). Jadikan janji Allah SWT yang bersifat pasti ini sebagai motivasi Islam tertinggi.

Ada kemudahan bersama kesulitan

Janji Allah - zonabombong.files.wordpress.com
Janji Allah – zonabombong.files.wordpress.com

Telah disebutkan dalam firman-Nya,“karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al Insyirah: 5-6). Dalam setiap masalah yang Anda hadapi, ada hal-hal baik yang menyertainya. Tentang hal ini, juga disebutkan dalam ayat lain, “Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan” (QS. Ath Tholaq: 7).

Anda sebagai manusia biasa barangkali belum melihat hal baik tersebut secara langsung, tetapi hal itu pasti ada. Karena itu, ketika menghadapi masalah atau musibah, jangan berprasangka buruk terhadap Allah SWT.

Ujian adalah cara Allah SWT meninggikan derajat hamba-Nya

Janji Allah - rumahgua.files.wordpress.com
Janji Allah – rumahgua.files.wordpress.com

Kesulitan yang Anda hadapi memiliki hikmah yang sangat besar. Ujian hidup ternyata juga merupakan cara Allah SWT untuk meninggikan derajat hamba-Nya, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits. “Tidakkah seorang mukmin terkena duri dan lebih dari itu, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya. Atau dihapuskan kesalahannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan hikmah besar yang ada di balik ujian tersebut, sangat disayangkan kalau Anda putus asa dan tidak meminta pertolongan Allah SWT. Justru saat sedang menghadapi ujian, Anda sebenarnya sedang diberi kesempatan untuk menggugurkan dosa-dosa.

Nah, setelah mengetahui kalau ujian dan cobaan diikuti oleh kemudahan atau kelapangan, bahkan dapat mengangkat derajat seorang hamba, mengapa harus terus bersedih hati?

Ingatlah bahwa janji Allah SWT selalu pasti—tidak akan diingkari. Jadikan firman-Nya sebagai pegangan, maka Anda tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan dan perasaan negatif. Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, Anda dapat menghadiri majelis untuk belajar motivasi Islam secara lebih mendalam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: