Muassasah di Arab Saudi: Sejarah, Kantor Perwakilan, dan Tugas

Muassasah di Arab Saudi memiliki peran penting dalam pelayanan administrasi calon jemaah haji. Organisasi ini satu-satunya penyelenggara haji dan umrah yang ditunjuk oleh Kementerian Haji Arab Saudi. Berdiri sejak tanggal 3 Mei 1984, Muassasah berhasil meningkatkan kualitas layanan haji. Yayasan tersebut menurunkan 38 Maktab untuk meringankan tugas Muassasah.

Nah, masing-masing Maktab mengurusi 2.000-3.000 jemaah. Tugas pokoknya adalah membantu Muassasah dalam menyediakan pondokan, mengelompokkan jemaah, serta menyimpan dokumen. Maktab ini pun tersebar di beberapa wilayah yang menjadi lokasi kantor perwakilan Muassasah.

Kantor Perwakilan Muassasah

Muassasah di Arab Saudi memiliki tiga kantor perwakilan. Masing-masing memiliki nama Muassasah yang berbeda. Berikut ulasan selengkapnya.

Mekkah

Muassasah di Arab Saudi - cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Muassasah di Arab Saudi – cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Kota Mekkah merupakan markas besar Muassasah Thawwafah. Anggota Muassasah Thawwafah terdiri dari, Lajnah Taufidziyah, Pelayanan Umum, dan Dewan Pengurus. Mereka bertugas mengawasi jemaah haji ketika melaksanakan rukun haji.

Daerah tugas Muassasah Thawwafah, meliputi Mekkah dan Masya’ir. Ketika di Mekkah, mereka berperan menyiapkan akomodasi bagi jemaah. Pun menyediakan konsumsi dan tanda pengenal. Muassasah Thawwafah wajib melaporkan kondisi jemaah setiap saat kepada petugas keamanan.

Tugas Muassasah Thawwafah yang tidak kalah penting adalah menyiapkan mursyid. Sebutan mursyid sama artinya dengan guru agama. Setiap rombongan atau kelompok haji harus memiliki satu orang mursyid. Bahkan, saat perjalanan menggunakan bus, mursyid wajib mendampingi.

Manakala Muassasah Thawwafah berada di Masya’ir, mereka bertanggung jawab membuatkan tenda untuk jemaah. Mereka pun menyematkan papan nama di setiap perkemahan. Dengan dibantu Maktab, Muassasah Thawwafah bertugas menjaga keselamatan jemaah. Jika ada jemaah meninggal dunia, organisasi ini wajib memakamkan.

Madinah

Muassasah di Arab Saudi - arminarekasurabaya.files.wordpress.com

Muassasah di Arab Saudi – arminarekasurabaya.files.wordpress.com

Di Madinah terdapat Muassasah Adillah Muahhadah yang memiliki tugas hampir sama dengan Muassasah Thawwafah. Mereka wajib menyambut jemaah dan mengantar sampai ke penginapan. Muassasah Adillah Muahhadah juga bertanggung jawab terhadap pemeriksaan kelengkapan jemaah. Misalnya, mengecek paspor, visa, serta menyediakan sarana transportasi.

Kalau ada jemaah yang tersesat atau terpisah dari rombongan, Muassasah Adillah Muahhadah wajib melaporkan pada pihak keamanan. Organisasi ini pun harus melayani kebutuhan jemaah, seperti mengangkut barang dan mengantar konsumsi.

Muassasah Adillah Muahhadah juga bertugas menyambut jemaah yang berziarah ke makam Rasulullah SAW. Mereka memandu dan melayani para jemaah. Selain itu, bersama dengan Muassasah Thawwafah, menyiapkan mursyid di setiap bus rombongan jemaah haji.

Jeddah

 Muassasah di Arab Saudi - www2.kemenag.go.id

Muassasah di Arab Saudi – www2.kemenag.go.id

Untuk menyambut kedatangan jemaah haji dan umrah, di Jeddah terdapat Wukala (Maktab yang dibawahi Muassasah). Saat jemaah memasuki gerbang Arab Saudi, mereka memeriksa paspor. Setelah diperiksa, paspor tersebut dikembalikan kepada jemaah. Selanjutnya, akan dicek ketika tiba di Mekkah atau Madinah.

Wukala bertanggung jawab atas ketersediaan transportasi dari Jeddah ke Mekkah atau Madinah. Mereka menyiapkan beberapa armada untuk mengangkut rombongan jemaah. Di samping itu, Wukala juga menempatkan anggotanya di bandara atau pelabuhan. Tugasnya adalah mengangkut barang-barang milik jemaah.

Maktab Zamazimah dan Naqobah

 Muassasah di Arab Saudi - cdns.klimg.com

Muassasah di Arab Saudi – cdns.klimg.com

Maktab Zamazimah dan Naqobah berada di bawah koordinasi Muassasah. Masing-masing memiliki tugas penting yang menyangkut kegiatan distribusi dan transportasi. Misalnya, Maktab Zamazimah; tugasnya mengemas dan membagikan air zam-zam ke seluruh jemaah.

Kemudian, ada Naqobah yang bertanggung jawab menyediakan pengemudi bus. Mereka wajib menyiapkan peta, mengangkut tas jemaah ke dalam bus, serta mengganti kerugian atas kehilangan barang. Naqobah juga harus menjaga kenyamanan dan keselamatan jemaah selama perjalanan.

Demikian ulasan mengenai Muassasah di Arab Saudi. Mereka berjasa besar dalam menyukseskan penyelenggaraan haji dan umrah. Kini, Muassasah membuat lini per kawasan negara sehingga tugasnya lebih ringan.

 

Add Comment

%d bloggers like this: