Tausiyah

Ustadz Adi Hidayat: Kapan Musik Halal dan Kapan Haram

Bismillahirohmanirohim

bye bismillah kita mulai dengan beberapa poin dulu yang kita turunkan abstraknya Seperti apa kita keluarkan definisinya dulu jangan jangan banyak membahas tentang musik tapi nggak sepaket definisinya apa atau jangan-jangan kata musik dah pernah disebut di zaman Nabi tapi disebut dengan istilah istilah yang berbeda setiap ada perbedaan istilah diksinya akan menuntut kita untuk memahami sesuatu berdasarkan sifatnya bukan berdasar pemahaman kita dari sini kita turunkan turunkan kemudian peristiwa di zaman nabi dari sini kita keluarkan dalilnya dari dalil kita keluarkan pendapat ulama dari pendapat ulama kita turunkan perbandingan mantapnya dari perbandingan mazhab atau pendapat ini kita turunkan kemudian targetnya mana yang paling kuat di antara pendapat Ini dari tadi ini muncul kesimpulan

kesimpulan Ini baru masuk pada pilihan dari pilihan ini di situlah anda menentukan pilihan sesuai dengan konteks pembahasan yang kita bahas jadi ada satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan sembilan poin yang kita bahas dan cukuplah di sini ada berapa SKS untuk bisa membahas ini Baik fokus baik-baik lagi di pembahasannya masih 9 poin ini ya Anda nggak bisa tiba-tiba melahirkan kesimpulan Apa itu musik hukumnya haram enggak bisa kalau tidak bisa mohon maaf kalau anda tempat kuliah di beberapa kampus di Timur Tengah bisa baik di Mesir Al Azhar di Libya kuliah dakwah ditulisnya situnya misal ataupun di mana Apa itu TOEFL dan sebagainya itu soalnya kalau ujian kadang-kadang cuman satu tapi satu itu jangan dikira mudah untuk menjawab apa hukumnya musik Anda jawab haram nilainya nol jawaban

mesti diurutkan dengan 9 poin ini apa persoalan musik itu apa definisinya Bagaimana peristiwanya apa dalilnya Apa pendapat ulama tentang dalil ini bagaimana perbandingan ya bagaimana ke sini artinya Apa kesimpulannya itu apa pilihan anda disitu setelah itu baru dapat nilai bisa 10 halaman Jadi sekarang udah turunkan duduk persoalan abstraknya dalam fiqh ikhtilaf ditemukan dalam Khazanah pemikiran Islam sampai dengan kondisi kekinian pandangan pandangan berbeda tentang hukum musik sebagian secara garis besar itu bisa dibagi dua bagian ada yang pro kita katakan dalam Pro artinya Edi membolehkan musik dalam praktek kehidupan boleh ini pun ada dibagi dua bagian ada yang membolehkan dengan syarat-syarat toko kondisi tertentu

boleh terikat ada juga yang cukup ekstrem kuburnya boleh tak terbatas artinya boleh saja tanpa ikatan boleh mutlak ada lagi di sini yang kontra terhadap musik kontrak di sini artinya tidak mendukung yang pertama tadi ini pun kemudian kita turunkan menghadirkan hukum haram haram ini pun dibagi dua lagi ada haram yang mutlak mutlak haram gak boleh sama sekali Jadi kalau pulang dikatakan musik haram hukumnya istri nggak boleh dimakan dan sebagainya ini hukum yang pertama dan kedua haramnya hari jadi tidak mutlak muka Iya dalam keadaan tertentu ada yang tidak diharamkan ada pengecualian di sini terikat kita lihat

Jadi dua hal ini baik yang pro membolehkan dengan dua turunannya ataupun yang kontra kemudian dengan dua turunannya haram dengan dua turunannya yang jadi persoalan perbedaan pandangan dari ulama ini yang sebetulnya sudah tuntas bahasanya dimunculkan lagi dalam setiap perkembangan zaman disampaikan kepada kalangan awam dan uang tidak memahami Bagaimana ulama menyimpulkan hukum tahu-tahu sudah mendapatkan keterangan dari guru-guru tertentu yang mengajarkan yang ikut pengajaran di sini maka menyimpulkan boleh yang ikut di sini menyimpulkan haram yang paling terbesar dia kadang-kadang karena keinginan kuat untuk memegang pendapat yang ini tidak pernah membuka dalil-dalil yang ini juga demikian yang ini tidak pernah menerangkan dalil-dalil yang ini apa persoalannya ketika menerangkan yang ini yang dikuatkan yang ini saja sementara yang diambil di sinyal lemah lemah nya sama yang ini juga diambil di sini yang kuat kuatnya kemudian di sini kita

bukan yang lemah lemahnya yang jadi masalah timbulah kemudian kebingungan di kalangan awam yang jadi persoalan dari bingung nih jadi perbedaan lebih persoalan lagi dari perbedaannya jadi perselisihan yang lebih masalah lagi dari perselisihan sampai tidak tegur sapa yang ada murid yang bisa menilai guru-gurunya menghalalkan musik Ya beda Manhaj mengharamkan musik yang bukan golongan saya Masya Allah Tes golongan Siapa yang jadi masalah karena itu Pagi ini kita coba bahas urai dengan maksimal dua persoalan ini kita hadirkan turunan dia Kenapa ada yang Polo apa dalilnya Kenapa ada yang kontra apa dalilnya Setelah itu kita perbandingkan baru di situ kita simpulkan jelas ini belum belum saya jelaskan bagaimana bisa jalan saya baru buka gitu ya bye Jangan sampai karena suara tadi dalam shalat tidak jelas membuat anda semakin tidak jelas ya ayo ke turunkan dulu ke sini

Yuk kita sepakat dulu apa itu musik harus disepakati dulu karena kalau kita tidak sepakat definisinya akan liar pembahasannya karena itu setiap ulama ketika membahas sesuatu itu selalu menurunkan batasan yang disebut dengan ta’rif namanya definisi luas lahan apa menurut bahasa apa menurut istilah misal bisa Apa artinya bisa Ilo mampu dapat baik secara bahasa itu banyak-banyak bisa mampu bisa berarti mampu dapat bisa berarti racun yang melekat pada hewan tertentu baik Nah sekarang kita harus batasi dalam batasan apa kita membahas tentang kata bisa ini turunkan ini secara bahasa kalau saya ingin bahas dalam dunia hewan maka Apa yang dimaksudkan Pacul umumnya ini umumnya ini tapi kalau saya bahasa dalam dunia motivasi dan sebagainya

Panggil dipahami dengan racun endemis bisa berbahasa orang itu tidak pasti yang pertama yang ini karena itu nanti dalam bahasan bahasan syariat pun itu ada turun dan misalnya sunah-sunah dalam pengertian Apa guna dalam pengertian ilmu hadits sunnah dalam pengertian fisi atau sunnah dalam pengertian Ushul fiqih 3 ini bisa bedakan Anda pahami setiap sunnah itu maknanya akan sama tidak dalam setiap ada dalam Ushul fiqih beda kemudian dengan dalam ilmu hadits akan lain sekarang persoalannya Ketika anda membahas tentang musik Apa definisi musik yang dimaksudkan dalam hadits-hadits nabi salam dan ayat-ayat al-quran jangan-jangan tidak seperti yang kita Gambarkan sekarang Nah untuk melacak itu semua kita keluarkan peristiwa yang terjadi di masa nabi supaya Anda paham hukum yang dimaksudkan di masa nabi di Kalau turun ayat atau hadis atau peristiwa jangan diukur dengan masa kita dulu Kembalikan dulu pada peristiwa dimaksud baru kita paham Maksudnya apa jangan anda Ukur

proses pernikahan nabi dengan sesuai dengan konteks adat kekinian masuk dulu ke suasana masa nabi Bagaimana kebiasaan orang pada saat itu di muka bumi Bukankah di Eropa terjadi pernikahan dengan anak-anak kecil dimakan ada yang 6 tahun ada yang 7 tahun ada yang 8 tahun dan itu terus berlangsung Jadi bukan hal kemudian yang aneh kalau nabi menikah dengan Sayyidah Aisyah Dalam usia yang sangat ini dan kemudian di pergauli dalam masa ketika masa hanya muncul artinya Apa kebiasaan tu sudah jamak terjadi tapi nabi memberikan satu contoh yang dahsyat dengan turunnya bimbingan dari Allah Apa itu pernikahannya bukan ingin menyalurkan hasrat seksual semata di situ tapi ingin membuka pelajaran kumat di masa depan Kenapa Nabi di minta menikahi Sayyidah Aisyah nyata salah satu hikmahnya karena beliau punya kemampuan kepintaran yang luar biasa cepat menangkap pembahasan sehingga ketika dinikahi oleh Nabi tujuan utamanya untuk mengambil pelajaran dari nabi semaksimal mungkin karena nanti ada sedikit yang tidak bisa disampaikan langsung oleh nabi pada kalangan

khususnya Bagaimana mengambilnya Sayyidah Aisyah dalam keluarga Nabi tidak semua sahabat bisa masuk ke rumah nabi siapa yang bisa menenangkannya keluarga terdekat nabi ternyata Sayyidah Aisyah disiapkan setelah Nabi meninggal beliau menjadi pengajar Adakah saudaranya sama dengan keturunan tidak kan yang disiapkan dari situ adalah proses transformasi dan transfer pengetahuan pada generasi setelahnya Nah kalau anda baca seperti ini bisa lebih paham dalam memahami hukum sekarang kita bahas Bagaimana keadaan Suku ketiga untuk menentukan ini keadaan di masa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam termasuk umat jahiliyah sehingga kita dengan itu bisa mengetahui definisi musik dengan lebih baik di sebelah saya izin Hapus dulu yang ini bapak dan ibu sekalian teman-teman yang mulia orang-orang jahiliyah secara umum memiliki tiga aktivitas Utama 1

di antara mereka ada yang kesibukan yaitu berdagang orangnya disebut tajir tajir itu hanya pembisnis Masya Allah Masya Allah padahal misalnya dosen tadi itu bahasa Arabnya pengusaha Cuman karena banyaknya dulu orang berusaha menghasilkan harta yang banyak sehingga disebut sebagai orang kaya 313 usah 2 ada di antara mereka yang aktivitasnya Maaf terlibat dalam perdukunan dana pensiun perdukunan ke Hana dan sihir pekerjaannya bikin-bikin mana ya kemudian bikin jimat-jimat dan sebagainya ada diantara mereka yang kesehariannya itu memang sebagai Pujangga penyair artis bikin

jersey disebut dengan Sheryl jamaknya suara bikin SIM awas itu bukan sekedar puisi nanti kita semua aktivitas di masa kehidupan jahiliyah inilah yang kemudian mendapatkan respon dari Allah subhanahu wa ta’ala dengan mengutus Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan membekali beliau dengan Alquran untuk mengobati yang baik-baik realitas sosial masalah masalah yang muncul dikalangan jahiliyah dengan tiga aktivitas utama ini misal mereka berdagang kadang-kadang sering banyak hutang dagang yg ada riba misalnya ketika riba dipraktikkan pada saat itu turun Kemudian ayat-ayat dari Alquran untuk merespon praktek riba perundangan misalnya suara kedua al-baqarah ayat 275 sampai dengan 200 misalnya 79 ya ketika mereka curang dalam timbangan turun Quran surah Al Mutaffifin wailul Lil muthaffifin ayat ayat Quran

umur untuk merespon aktivitas-aktivitas yang menyimpang di masa kehidupan itu apa mengaku yang baik-baik yang bisa dipertahankan bisa teruskan teman-teman kah aneh misalnya perdukunan praktek sihir ketika kemudian itu terjadi turun ayat-ayat membantah tentang sihir dari mulai dikisahkan zamannya Nabi Musa terus-terusan sebelumnya pedalaman misalnya Nabi Sulaiman setelahnya makan turun Al Baqarah Quran surat ke 2 ayat 102 menerangkan tentang asal mula sihir menenangkan praktek sihir melarang perdukunan dan sebagainya turun ayat Alquran membantah tentang ini ayat 102 Maaf demikian kebiasaan para penyair Pujangga artis yang sering membuat sir sihir ini tidak tanggung karena ini kebiasaan terbesar mereka dan komunitas Allah yang mereka Ternyata bukan cuman dagangnya bukan hanya sekedar yang kedua ini tapi ternyata masyarakat jahiliyah pada saat itu dikenal di antara wilayah

ahli sastra yang luar biasa penyakit yang sangat dahsyat yang semua apa yang dilihat apa yang didengar itu secara selalu ya kah insting mereka bisa membuat puisi sastra dan nyanyian pada saat ketika maka turunlah Kemudian untuk merespon langsung surah dengan namanya surah ke-26 disebut dengan a suara waktu sebaik-baiknya perhatikan saya ingin fokus ke yang ini dulu ini saya Simpan yang ini saya simpan saya tutup saja karena bukan bahasan kita ini bab di Muhammadiyah nanti ini papsi aqidah Saya mau lihat yang ini saja ada kaitan dengan pembahasan kita pada hukum musik nah ini ketika membuat sir sir sir sir ini terbagi pada beberapa orientasi ada beberapa jenis 1 bisa ada

yang terkait misalnya untuk meratapi seseorang ratapan ratapan disebut dengan rasa Michelle syairnya MBL keris Pangeran Pujangga Pangeran artis tokoh yang paling hebat di pada saat itu dari sejak zaman jahiliah dia punya tentang rasa ada seseorang ditinggal kekasih kemudian rumahnya hancur sampai dia meratapi itu semua begitu melihat orang itu seketika langsung bikin SIM kita nanti Minecraft Habibi Muhammad Zidni di Sakti di bawah ini aku Lisa How many cukuplah sudah jangan kemudian kau mengenang melamunkan kau keadaan ditinggal kekasih dihancurkan rumah-rumah muka Ayo move on hadirkan kehidupanmu yang lebih baik muncul rata-rata ada lagi misal yang kedua ada namanya pemerian pemerian pemerian itu untuk persoalan-persoalan mengajak supaya mabuk sambil banyak yang terkenal di sini teman-teman Sekalian mohon maaf bisa generasi generasi setelahnya dari mulai sebelumnya ada

habis dzuhur sampai dengan setelahnya ada ada Abu luas yang kita kenal dengan Abu Nawas ada Fals tak muncul singer nggak orang mabuk ayam bilang I love you Tina Tina well well well well move on Dina Yuk Kita mabuk teman-teman sekalian supaya kita minum dengan enak jangan khawatir akan celaka karena celaka bagi orang yang shalat fawailulil musholin bukan bahwa Indonesia kirim file itu untuk orang sholat Idul ilmu Shaolin tidak ada uang untuk orang mabuk Papa Indonesia kirim bikin dia supaya Ngajak orang untuk mabuk-mabuk orang ngajak sholat Dia ngajak mabuk turun ayat surat diturunkan syair tentang mabuk-mabukan melihat namanya Adik air misalnya teruskan lagi ada yang disebut dengan hamesa hamesa itu yang dibuat untuk motivasi para prajurit para pejuang-pejuang atau orang-orang akan berperang jadi begitu mereka mau berangkat ke medan perang itu sudah mereka mengeluarkan ciri-ciri supaya semangat ayo ayo ayo

kehidupan yang penuh dengan virus kan ada tulisan Maaf Ghazali to sir sihir yang dibuat untuk merayu perempuan perempuan atau sebaliknya untuk saling berhubungan satu dengan yang lainnya singkatnya ada kaitan dengan zina ini ke tempat ini 1234 ini diistilahkan dalam bahasa bahasa syair dengan memerhatikan baik Baik nanti di kata kuncinya hal yang tidak ada manfaatnya jamak dari kata tahun Saka dengan kata lain yang ada jenis singer in ketika disenandungkan disampaikan teman-teman sekalian fokus maka dia memiliki jenis berbeda dengan yang ini kalau yang ini sifatnya negatif yang melalaikan yang kedua di Syifa

sifat positif makan yang paling unit Rasul pun menyanjung itu dan pernah memberikan bagian dari budaya sorban yang melilit pada beliaunya untuk diberikan hadiah pada orang yang pernah berpikir dengan singer jangan jenis yang kedua ini apa diantara yang kedua ini pertama namanya ada yang disebut dengan ibadah mahdhah itu qasidah kumpulan syair untuk mengangkat sisi positif yang bisa diteladani pujian-pujian positif misal ada seorang bernama bin Zuhair asalnya memusuhi nabi makan keluar dari nabi halal darahnya kemudian setelah itu dia bertobat ketika mendengar itu dia bertobat memperbaiki keadaannya cuman dia tidak bisa merubah karakternya karena tabiatnya seorang penyair pengin kandung dia ya karena tidak bisa merubah kebiasaannya tipikal yang masih dalam konteks dia penyair maka dia mendalami terus airnya tapi merubah dari yang sifatnya mencela menghina disebut dengan hajat sebelum turunkan tadi

si untuk celaan dirubah menjadi ibadah maka datanglah dia kepada nabi untuk menyampaikan tobat jadi hadapan Nabi Shaleh salam bertobat kepada Allah lu dia membuat status yang sangat terkenal yaitu Mandarin Rasul Allah Nurul Musthofa UBC mohon I don’t miss you feel like melulu sungguh rasul itu menjadi cahaya bagi setiap orang yang mengikutinya bagaikan kilatan kilatan pedang pedang Pedang Allah subhanahu wa ta’ala yang sangat tajam jadi jangan dilihat tajam pedangnya maksud beliau itu awalnya saya berbuat salah sampai mendapatkan 4 Pro untuk hukuman mati dengan pedang yang sangat tajam tapi dengan kasih Rahmat rasul salam dari Allah subhanahu wa ta’ala Ketika saya bertobat pindahlah pedang tajam itu kepada cahaya yang bisa diikuti tiba-tiba dari yang tajam berubah menjadi rahmat kepada saya pujian kepada nabi salam ketika disampaikan kalimat itu Nabi kemudian melepaskan bertanya dipakaikan kepada-nya Dan menyanjungnya inilah contoh orang tobat yang baik

orang berbuat skill di hadapan Nabi di Pujiono Nabi Shaleh salam diberikan hadiah dihadapannya nah qasidah ini misalnya Muncul lagi Michelle Anastasia yang positif yang baik pernah dengan kalimat ini Thola’al Badru Alaina bintania didendangkan disampaikan pada saat nabi perang dari pulang ta bu disampaikan dibacakan lah si kancil yang dimaksud kan ada lagi yang memuji-muji alam mohon maaf Ketika anda melihat misalnya suasana musim semi pohon-pohon mulai bagus tumbuh bunga-bunga tiba-tiba muncul dan kalimat-kalimat yang indah atau Masya Allah adalah Hei musim semi telah tiba bunga-bunga mulai muncul checking merekahnya Kalau Anda lihat seperti orang-orang yang tertawa udah biasa positif dirinya Yang saya maksudkan

dari suasana ini ketika mereka membuat SIUP bapak dan ibu sekalian turunlah ayat al-quran untuk menyikapi dua jenis si Rini turun Quran surah ke-26 As syu’ara ayat 224-227 disebutkan langsung dua golongan ini satu di kelas 1 dipuji mana yang dicela golongan yang pertama ini turun Quran surat 26 ayat 224 ya What’s wrong with the radio homofon dan para penyair itu para pujangga itu para penyanyi kandung pada penyanyi itu umumnya seringkali larut dalam kesehatan larut dalam kesehatan antara Anda fungsi khuldi Wahdaniyah imun tidak kau Perhatikan Kalau mereka mau mencari inspirasi inspirasi kadang-kadang datang ke lembah-lembah pada saat itu yang dimaksud Lembah kalau sekarang tempat yang sepi sunyi mojok mojok dari lirik lama nggak ada kerjaan nggak nggak silaturahim nggak Ngerjakan yang baik baik nggak

ajakan yang manfaat tidak ada aktivitas hanya untuk mendapatkan lirik saya kadang-kadang lampu sudah nyala dia sengaja matiin Kalo kita kan mengharap menyala-menyala itu yang kita harapkan dia nggak dimatiin Kenapa dimatikan mencari inspirasi saya kadang-kadang melalaikan hal yang bermanfaat bahkan solatkan yang tertinggal bacaan aktivitas kadang tertinggi yaitu dicegah oleh Quran dan hebatnya ketika turun ayat ayat positif ayo salat diturunkan ayat mabuk Ayo kita ibadah dia turunkan ayat untuk hal-hal yang tidak bermanfaat Ma lagi namanya maka ini yang ditolak oleh Alquran turun ayat kemudian menjelaskan kebiasaan mereka mencela perbuatannya tapi lihat baik-baik begitu masuk ke ayat 226 ayat 227 akhir dari ayatnya infoin ya langsung ke ayat 227 nya Ilal ladzina amanu tapi ada di antara para penyair itu para pujangga penanjung gitu orang-orang yang beda dengan yang pertama dia gunakan syair-syairnya dia gunakan lirik liriknya

aman untuk menguatkan iman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk melahirkan menjadikan orang Ingat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Masya Allah dipuji oleh Quran wanita sorry Min ba’di mampu dan mereka mendapatkan kemenangan telah banyak mendapatkan penyiksaan penyiksaan dari yang lain ya teman-teman ayat 227 ini itu menampilkan hal yang berbeda yang ini mencoba yang ini memuji dan mengangkatnya ini penolakan ini pengakuan sekarang persoalannya Apa hubungan dengan musik Anda mesti tahu bahwa untuk membuat itu disebut sebuah syair syaratnya 4 ini sudah saya Tuliskan disini ya nanti saya berikan gambarannya berkemah ya Nah dansa yang paling tahu mana yang harus dihapus kadang-kadang ketika dihapus bukan bagian yang saya inginkan dan membuat kita lelah

menulis kembali semoga Allah ampuni dosa-dosa nya

yang cukup dulu mas ya ini orangnya kamera baik kembali ke sini fokus lihat baik-baik syarat sihir itu ada empat fokus baik-baik ya satu syair syaratnya 41 ada yang disebut dengan Afkar namanya ada ide yang ada substansinya konteks apa yang mau disampaikan di jangan dikira kalau singer itu hal-hal yang biasa saja ada ada ada ide pokok yang mau disampaikan kalau orang bahas tentang khamar adanya apa Kayak orang mabuk di Kalibata intinya itu ada orang ingin motivasi kepada keburukan masa yang penting bisa mohon maaf tidak ini bisa disampaikan dan orang bisa diajak dengan kalimat-kalimat Ini Afkan dua hal-hal sisi imajinasi tidak akan kalimat kali

disebut dengan singer disebut dengan lirik yang bagus kalau tidak punya daya imajinasi yang kuat karena itu mohon maaf orang kalau bersih yaitu tidak akan mungkin langsung pada kalimat biasa Di akan mulai dengan kalimat-kalimat gambaran dulu secara umum lu masuk pada konteks jaringan bahasa yang sangat dalam kadang-kadang Satir di dalamnya Aini khayal namanya gaya bahasa yang pasti ada seorang bernama Digo Azni ialah orang yang kemudian bisa meneliti mana para pujangga yang fasih yang tidak pasti setiap anda akan membuat restoran dulu pada beliau kasih kalau ketemu nggak apa sih perbaiki lagi terus ih setoran al-quran ada cheatnya tadi begitu datang di taksi online APK taksi taksi taksi bagus lakukan dijauhkan di Tidak semua orang yang datang besinya bisa disebut dengan itu sempurna yang keempat musik

musik bukan musik musik musik syarat air disebut Dia memiliki musik apa musik yang dimaksudkan di sini musik yang dimaksudkan adalah irama-irama berbentuk kuas dan dan kavya keselarasan di ujungnya dan ada irama-irama yang terdengar di situ syarat daripada syair salah satunya musik Dia memiliki irama dan dia punya formula-formula nya kelak dikenal dengan bahan ada 16 rumus formula sesuatu disebut dengan misal ada namanya togel rumus togel togel undang-undang Bukhari vol 71 tahun masa itu ada majas mustahil mustahil mustahil mustahil mustahil mustahil dan wajib pada tumbuhan formula yang keluar dari formula

maka ditolak dia sebagai kalau tidak punya Irama seperti Irama ini tidak diakui sebagai tempat dari sihir adalah musik fokus baik-baik sekarang sudah mulai sampai kita pada intinya fokus jadi ketika seseorang membuat sihir dia harus memenuhi empat unsur ini satu Diantara empat Gilang unsurnya maka dia keluar dari definisi yang disebut dengan cara apa kaitan pembahasan kita pembahasan kita akan menuntut pemahaman Ketika anda menyebut musik dan kebiasaan-kebiasaan di masa itu perhatikan baik Baik nanti ayat-ayat Quran yang turun hadis-hadis yang disampaikan oleh Nabi Sulaiman Alaihissalam seluruhnya merespon kebiasaan masyarakat Arab dalam konteks kehidupan bermusik mereka dalam isinya contoh Buka Quran surat ke 31 Luqman Ayat yang ke 6 Tapi kan baik-baik masih ingat tadi sir sir yang tidak bermanfaat yang ngajak mabuk yang godain pasangan

orang dan sebagainya disebut apa tadi malam ada di kata apa dia tidak baik Sir yang disampaikan ini maaf diucapkan atau pakai alat kalau tidak tahu katakan apa kabar baik yang disampaikan ini ucapkan tuh pakai alat diucapkan diucapkan dirangkai diucapkan dirangkai diucapkan dalam bahasa Arab sesuatu yang diungkapkan diucapkan disebut dengan hadist dan hadas hadas Ayu hadits-hadits sesuatu yang disampaikan bukan dalam pengertian ilmu hadits niat baik baik diet turun ayat Quran perbuatan yang pertama ini waminannasi Majas dari lafal hadits 99 dan ada sementara orang yang ketika diturunkan ayat-ayat Allah untuk mengajak dia pada Kebaikan dia malah membalas dengan membuat sir sir

yang mengajak orang berpaling dari ayat-ayat Allah itu dia begitu diajak untuk sholat mereka bikin ayat-ayat untuk mabuk diajak untuk infaq mereka bikin ayat-ayat untuk pencurian dalam bentuk cair dan sebagainya disebut lah oleh Quran Hadits lawan dari sifat Malaysia Hadi Sundari sifat singer ya Awas kenapa saya sampaikan ayat ini pertama kali karena nanti ada yang menukil ayat ini digunakan untuk pengharaman musik secara keseluruhan yang konteks tidak terkait dengan turunnya ayat ini apa maksudnya kejadian pertama ketika ayat yang diturunkan untuk merespon keburukan-keburukan yang muncul dari sini yang digunakan untuk menyesatkan orang dari jalan-jalan salah satu tujuan Nabi SAW wassalam sedang berdakwah tiba-tiba datang para penyair untuk mencegah beliau cowok celak celak celak sampai masuk Islam dan seorang sahabat bernama Hasan bin Tsabit seorang penyair jadilah Pujangga nabi untuk meng kantor celana celana itu yang jadi

persoalan ketika mereka mencela turun ayat Quran di sini untuk menggambarkan bagaimana buruk kecelakan cepetan mereka Yuk kita buka selanjutnya setelah surah an-najm 53 Quran surah 53 ayat 59-60 1 kemudian Quran surah ke 69 surat al-haqqah ayat 41 sampai dengan ayat 43 nabi menyampaikan ajakan dakwah tiba-tiba mereka menertawakan telah menertawakan padahal ayat-ayat tentang kiamat tentang taubat ditertawakan oleh mereka Dan hebatnya ketika mendoakan Mereka bernyanyi-nyanyi dengan nyanyian yang nyanyi nyanyi nyanyi nyanyi nyanyi Ada iramanya tidak ada yang namanya ada suaranya tidak ada nggak ada orangnya nggak ada suaranya

bernyanyi dia kembalikan sini ketika mereka mengolok-olok lagi turun ayat Al minhaj Al Hadid ayat dengan ayat ayat Quran diturunkan ini buat akun yang ada temen eh malah ketawa bukan meresapi Wa Antum Hamidun eh malah membuat si untuk bernyanyi-nyanyi yang mengolok-olok ayat ayat ini di mereka membuat sinyal mengolok-olok ayat Quran bernyanyi bersenandung di Mesir itu disebut dengan saya Midun dalam bahasa Yaman tempo dulu dan itu artinya you know like than you know Perginya bernyanyi sayang Idul Adha bahkan maaf Di antara celananya kepada nabi ada yang belum habis sebagai tukang sihir ada yang mengapit sebagai dukun karena Quran itu bukan ayat Allah tapi Quran cuman Senandung jimat-jimat turun Al Quran misalnya pola 69 ayat 41-42 nya membantah pernyataan itu warna abu-abu

Maulid Syair kali Lembayung Bali Dek Ulik alamat Al zakaroni Muhammad bukan seorang penyihir Muhammad bukan seorang dukun tapi ayat-ayat Quran untuk mengajak anda berbuat baik dalam kehidupan kesimpulan cepatnya adalah satu musik yang dimaksudkan pada era Nabi Sulaiman Alaihissalam itu lengkap dengan kebiasaan para penyair yang membuat sihir di kalau disebutkan musik yang dimaksudkan ini ada yang lain paham dan tidak dibagi dua ada yang ditolak oleh peran ada yang tidak ditolak oleh Quran ada yang kemudian di cek oleh Nabi ada yang kemudian jus dipuji oleh Nabi Sulaiman alaisalam di sini baik sekarang saya ingin hapus beberapa bagian untuk menerangkan turunan dari sini di sini lah inti persoalan kita tolong fokus ke sini Vila disimpulkan pelan-pelan fokus jika disebutkan musik dalam konteks keterangan

this dan ayat Quran maka yang dimaksud apa yang dimaksud dari sini lah nanti turun misalnya lirik ada Senandung bahkan ada nyanyian Dina istilah ini matikan baik-baik istilah ini nanti memunculkan banyak banyak istilah kalau negatif disebut dengan tahun kemudian Adam Alaihi jamaknya Senandung nyanyian disebut dengan login Yahoo ada yang positif dan tidak di sini yang menghasilkan hadist hadist dan ayat ayat Quran untuk mengangkat membenarkan konteks yang dilakukan pada saat itu dia ada yang positif dan negatif baik sampai sini dulu pelan-pelan fokus baik-baik lihat baik-baik ketika membuat Sir ada unsur musik yang ada liriknya Senandung ada nyanyiannya dibagi dua bagian ada yang bertemu

tangan dengan nilai agama ada yang bisa menguatkan nilai agama yang menguatkan turun ayat dan hadis untuk memujinya yang kemudian menjauhkan turun ayat ayat dan hadis untuk mencegahnya pantai pakai alat atau tidak Halo yang tidak pakai alat angkat tangan yang pakai alat angkat tangan yang gua bahwa ada matanya hamdulillah Sekarang berarti kan ini yang saya sampaikan ini yang belum pakai alat sekarang apakah pada saat itu bebas dari alat ternyata tidak ada bahkan beberapa yang menggunakan alat bisalah ada yang pakai rebana ada di kenal dengan Tom Run atau pembuluh pada anda pernah lihat gendang besar kalau dan peperangan ya bisa ada acara-acara film film kolosal dokumenter begitu mau perang dipukul kendang yang berbentuk seperti benda itu baik pernah lihat yang ketika ada nyanyian kemudi

pakai rebana tang tung tang tung tang tung tang tang tung tang tung tang tung tang ada seperti itu pernah dengar baik di saya itu disebut dengan pop dun sudah ada masa dulu Sudah ada ada yang kemudian dari kayu namanya dan diberikan ke Senaru di situ ya disebut gitar tempo dulu kita tuh dari bahasa Arab uttaran Emangnya dari bahasa Arab bukan lautan lautan buat nyamuknya Utara

ntar jadi gitar itu bukan dari bahasa Inggris asalnya diambil dari bahasa Inggris bahasa Inggris kami dari bahasa Arab hutan asalnya Hut Artha Gading terkini senar-senar yang dilekatkan pada kayu dan dipetik biasanya sampai 30 di situ ketika dipetik ini alatnya berubah namanya menjadi mahasiswa zamannya disebut dengan Makasih mak Ziva Ziva jamaknya disebut dengan masa sekarang ini inti yang paling penting dari pembahasan kita ada para penyair yang mereka dalam syairnya hanya menggunakan kata-kata saja ada para penyair yang dalam syairnya diiringi kemudian dengan alat-alat diantara alatnya adalah bahan atau belum ada alat peti kemas Ziva zamannya dengan Makasih nak 2 hal ini pada masa Islam di zaman Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam itu pun masih berlangsung dan menariknya 2 negatif ataupun positif juga

terjadi di masa Nabi Shallallahu Alaihi Salam setelah masa Islam yang bersyair masih ada contoh saya ambil yang positif dulu misalnya itu ada di Hadits Hadits yang Shahih riwayat al-bukhari riwayat Muslim riwayat Abu Daud bahkan sebagian disesuaikan oleh Syeh Muhammad nashiruddin al-albani dan telah saya rangkum di sini ada sekitaran sampai 5 sampai dengan 9 hadis yg bisa saya berikan contoh saja ya dia nyoba Nulisnya pakai nomor hadits 6892 baik teman-teman Haditsnya dari Muara ya hadisi ruwaida satu kali ada dua orang yang berdendang di hadapan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di hadapan sahabat Abu Bakar As Siddiq di hadapan sahabat Utsman bin Affan mereka berdendang nyanyi-nyanyi ada liriknya ada iramanya Ada macam-macamnya apa yang terjadi ketika mereka sedang berdendang tapi tidak melarang mereka tapi ketika Umar datang Umar Bin Khattab Radiallahu ta’ala Anhu datang ke dan dilemparkan lah kamu

rebana yang mereka pegang dilemparkan oleh mereka lalu nabi mengatakan datanglah Umar yang saat kemarin datang setan akan takut kepadanya setan akan takut kepadanya artikan hadist menunjukkan dua pesan sekaligus ada yang dibenarkan ada yang tidak dibenarkan apa yang dibenarkan pertama yang dibenarkan adalah keadaan ketika mereka menyanyi bersyair di hadapan nabi salam tidak ada kalimat-kalimat yang langsung disanggah oleh Nabi kalaulah seketika itu haram tentu nanti akan mengatakan jangan begindang dihadapan saya itu haram tinggalkan tinggalkan tapi yang paling menarik Kenapa Ustad saat Kumar masuk kemudian dilemparkan alat-alat itu karena sebagian dari alat-alat yang digunakan pernah digunakan di tempat-tempat yang lain atau tempat-tempat Yang maaf mengarahkan pada maksiat contoh tidak sedikit orang-orang menggunakan gitar kemudian gitar Yang saya maksudkan Yang tempo dulu dan rebana untuk mengiringi perbuatan perbuatan maksiat yang terjadi pada saat itu contoh mohon maaf fokus ini itu dulu

Arab kalau mau maksiat mereka akan datang mengenakan jubah terbaiknya untuk menunjukkan status sosialnya biasanya menggunakan sutra laki-laki pakai Sutra datang hujan dia bawa Maaf ya perangkat-perangkat mabuk dari Yang Perasaan kurma perasaan anggur dan sebagainya setelah itu di sertailah dengan penyanyi-penyanyi biduan-biduan sambil diiringi dengan alat alat musik ada yang pakai rebana ada yang pakai kemudian kita gitar yang dipetik Pada masa itu sebagian bersenandung sebagian yang mabuk ada yang zina dan sebagainya dari situlah nabi pernah mengeluarkan hadits di masa yang akan datang itu telah dihapus karena di seperti itu jangan mabuk lagi Jangan diingat lagi turun ayat melarang zina turun ayat melarang memakan sampai empat tahapan turun ayat melarang hal-hal yang tidak bermanfaat setelah itu sepi semua itu Tapi katanya Abi akan muncul di masa datang diantara umatku yang menghalalkan lagi proses seperti itu digabungkan da4 Tadi mereka menghalalkan zina mereka menghalalkan menghalalkan Sutra dan mereka mahal kan masih nabi bukan menyebut musik bahasa hadis jamaah haji kenapa tadi menyebut Makasih karena sebagian alat

itu ada yang digunakan pada yang negatif mengiringi orang untuk berbuat maksiat di Kalau Anda menemukan Habis itu habis itu bukan Berbicara masalah hukum mutlak musik bukan habis itu ingin bicara tentang konteks maksiat yang terjadi di masa nabi yang sering diakibatkan oleh penggabungan antara alat-alat musik dengan tujuan tujuan maksiat Coba anda cek kalau orang muncul dengan bilang Mori tas dengan alat-alat yang tadi disertai dengan alat-alat musik pasti ujung-ujungnya kalau tidak keliru silahkan kalau anda tidak percaya Silahkan di sampingnya ada minuman menggunakan suasana glamorous ada alat-alat musik di sampingnya ada yang nyanyi pasti minimal akan terjadi Maaf ya kalau tidak istilah joget bersamaan kalau tidak kemudian mabuk-mabukan apa yang terjadi ujung-ujungnya zina itu persoalan terbesarnya silakan cek bukan pada tempat tempat menampung seperti itu ya misal ada sebagian tempat-tempat disebut dengan diskotik ada klub malam dan malam bukan siang belum ada Club Siang Dian ada Kelap malam ada diskotik ada macam-macam cetakan apa yang terjadi begitu musiknya setel

alat-alatnya ada untuk mabuknya ada musiknya ada alatnya ada orang menggunakan pakaian pakaian yang borjuis sukanya memang sudah nggak ada tapi yang dipakainya luar biasa sama-sama sama-sama alat kesombongan Muncul itu bergabunglah semua elemen ini inilah yang menyebabkan hukum haram turun 2 jadi fokus alatnya sudah ada kemudian nyanyian yang tanpa alat juga ada tapi hukum-hukum yang disampaikan oleh Nabi keluar dua bagian dari nabi ada yang mengharamkan hadits yang menghalalkan contoh kedua secepatnya bisa dibuka kita setelah ini kita selesai satu kali nabi melihat Sayyidah Aisyah kemudian ketika beliau melihat Sayyidah Aisyah di rumah beliau masuk ke dalamnya kasih sedang dihibur oleh dua orang yang bantu beliau Jariyah beliau ketika dingin menggunakan

pukul-pukul nyanyi nyanyi nyanyi nyanyi dan sebagainya datanglah sahabat Abu Bakar As Shiddiq radhiallahu keadaan ketika beliau datang beliau tidak suka dengan itu nanti saya catat Ini kan ini nanti di antara yang saya pegang salah satunya karena beliau senangnya dengan Quran senangnya dengan hal-hal yang baik baik berupa hadits dan sebagainya dia terlalu suka dengan masalah-masalah musik jadi begitu masuk belum katakan apabila Mas murni telepon lagi baitin nabi salam kok ada Senandung Senandung setan maksudnya ini saya nggak suka ini nih Kok ada yang haram di rumah Nabi Shallallahu salam Abu Bakar memahami setiap musik itu haram apa kata nabi Hadits selesai katanya Abi Abu Bakar Janganlah usil dengan menghukumi mereka ini hari raya untuk mereka biarkan mereka bersenandung racikan Abu Bakar menghukum yang haram perbuatan dua orang jadi yah tadi nabi mengatakan tinggalkan black and biarkan mereka bernyanyi kan ini hari raya untuk mereka Ayo main ini hari raya untuk mereka biarkan mereka bernyanyi 3 lihat baik-baik 3 teman-teman sekalian dalam Bab pernikahan tiba-tiba ada Shahab

makanan yang menikah suasana sepi yang diperintahkan pada Saidah Aisah Aisah Kenapa tidak ada orang-orang yang bernyanyi Kenapa tidak ada orang-orang bersyair bukan kau orang ansor senang kalau ada pesta sepertinya ada yang berjajar yang bersih ya tapi malah memerintahkan keluarkan tutup pukul 02.00 pukul rebana dan buat ciri-ciri yang bagus untuk menghibur mereka hiburan-hiburan urusan-urusan yang sifatnya dalam kebaikan nabi meminta dihadirkan bukan meminta dihilangkan ini yang paling menarik turunkan hadis-hadis ini jadi dari hadits-hadits yang terlihat membenarkan musik ini munculnya golongan Pro disini dikeluarkanlah hadis hadis dari Nabi yang membenarkan tentang Musik tadi bisa kata orang rebana tidak boleh Kata siapa Kata nabi malah disuruh pukul rebana maka dikeluarkanlah hadis-hadis nabi untuk menguatkan ini jadi lah ini hadis penguat untuk jangkrik musik baik kata siapa dilarang dalam pernikahan yang tadinya dilarang ditayangkan nanti malam aja untuk memainkan itu ini menunjukkan bahwa musik boleh hadis yang kedua

Kata siapa dilarang eh kan turun ayat Quran surat ke 26 ayat ke-27 di situ di situ ayat 227 di situ pada suara pemusik dipuji oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk masuk ke dalam surga Masya Allah muncul Hadid ayat yang ke 3 ayat Alquran ayat ayat ini diambil oleh golongan pro dan mereka lirik inilah ayat-ayat dan hadits yang membolehkan tentang musik muncullah kesimpulan musik boleh menurut mereka tante di sini satu di Kalau Anda menemukan orang yang membolehkan musik boleh jadi kesemuanya akan kembali kepada hadist hadist dan ayat ayat ini inilah landasan yang menjadikan mereka berpikir bahwa musik itu halal dan benar dalam pandangan agama jelas ada ayat-ayat yang mencela sekaligus hadits-hadits yang menghinakan musik dan para pemusik misal tadi suara Quran surat ke 26 ayat 224 ya

di situ para pemusik dicela seringkali menghadirkan kesesatan seringkali menghadirkan khayalan-khayalan tidak disukai oleh Quran kata mereka haram hukumnya 2 ton ayat Quran Surah Luqman misalnya tadi yang saya bacakan turun Quran surah an-najm tadi yang saya bacakan di situ semua mencela dan menyebut musik perbuatan yang tidak bermanfaat maka mereka menyimpulkan haram hukumnya 3 adanya hadis-hadis Nabi Shallallahu salam yang jelas menyandingkan musik dengan aspek keharaman seperti zina nomor dan sebagainya kata mereka karena musik disandingkan dengan zina musik disandingkan dengan kamar yang asalnya haram maka mutlak hukum musik haram seperti hanya di sini keluarlah kemudian hukum dari mereka menghukumi musik sebagai hukumnya haram persoalan diet baik-baik saya Sebutkan dua kubu xtreme2 saya belum Sebutkan mana pilihan yang raja diantara ini semua fokus para ulama ketika melihat hadis-hadis ini

dan ayat-ayat Quran mereka terbagi pada Beberapa golongan ada yang berpendapat haram mutlak untuk kehati-hatian sudah karena ayat ayat yang turun hadis-hadis yang ada itu tidak banyak yang memuji tapi lebih banyak yang memalingkan dari itu maka mereka berpendapat bagi saya haram hukumnya haram itu maksudnya saya nggak ingin kerjakan itu saya ingin terkait dengan manfaat yang jelas manfaatnya saja kurang jelas manfaatnya hadits dan manfaatnya musik nggak banyak manfaatnya saya tinggalkan Itu semua saya konsisten dengan ini saja maka mereka berpegang teguh dengan hukum keharaman musik Kalau Anda menemukan maaf maaf ya kelompok yang haram nggak boleh sama sekali dan sebagainya ini yang diambil ayat-ayat dan hadis hadis yang tadi saya bacakan pemahaman hukum musik haram mutlak pasangannya begitu disampaikan seperti itu tiba-tiba yang terjadi di Temukanlah hadits-hadits nabi membolehkan tapi kan dalam pernikahan ada hadis nabi yaitu Sorry Tapi kan Abi pernah masuk kepada Rumah Sakit Annisa ada yang bersenandung tadi itu benar hadisnya

Bagaimana pendapat anda kalau itu dikecualikan kalau itu dikecualikan boleh dalam konteks itu saja akhirnya yang tadinya haram turun sedikit haram kecuali sama kalau mau dibawa ke konteks kekinian haram mutlak itu haram nya Tapi tiba-tiba ketika sedang sholat tang ting tung ting tang ting ting ting ting ting tang ting tung handphonenya bunyi itu musik itu musik kecuali handphone

misalnya mau muncul turunan disini fokus baik-baik fokus-fokus kita Sedang membahas persoalan maka disinilah kemunculan Kecuali Kecuali di sini apa pengecualian dalam Bab nikah boleh itupun diikat dengan hal-hal yang tidak banyak yang melalaikan nya boleh dalam Bab nikah terpanjang musiknya tidak terlampau berlebihan bahkan diserahkan ke mana saja yang gak boleh atau Acapella saja jadi yang pakai piano tetap haram yang pakai gitar tetap haram yang boleh pakai rebana saja Nah jadi kalau anda ikut golongan seperti ini jangan heran kalau kalian ke pernikahan yang ada cuman rebana ya kalau misalnya menggunakan Acapella tidak menggunakan piano dan sebagainya maka ini yang dimaksudkan barangkali mengambil hukum yang pertama dan anda tidak harus mencobanya kita menghormati perbedaan ada masalah kalau Anda berkata tujuannya baik ada masalah karena mereka ingin saya ingin berhati-hati yang ini saya kerjakan yang ini saja yang ini saya takut salah takut salahnya menjadikan mereka mengambil sesuatu yang mereka pahami dengan baik

satu kaki kemudian golongan yang ini tidak sependapat kita bandingkan Mari kita lihat Anda menyebutkan haram mutlak tapi pakai kecuali setiap yang haram mutlak kalau dikecualikan itu pasti haramnya haram pada zatnya pada asalnya sudah alam lihat baik-baik bisa babi apa apa hukumnya haram ada kecualinya nggak kasian apa ada kecualinya Buka Quran surat ke 5 ayat ke 3 Al Quran Surah ke-2 Al Baqarah 173 nya ada pengecualiannya kecuali kalau sedang terpaksa terpaksa misal anda pergi ke Cina di Cina bisa nggak ada makanan tempat Anda datang tidak makanan ya kalau sama sekali kalau ada nggak makannya bisa meninggal yang ada cuman babi kalau tidak makanan meninggal boleh makan babi di situ Bagaimana bisa dimakan potong dulu kemudian ambil dagingnya masak dulu dan makanlah kemudian secukupnya yang membuat hilang laporan

makan babi besar begitu tak jadi babi hukum asalnya hukum asal dari babi itu haram asalnya cara mutlak dikecualikan nya kalau sedang darurat jadi semua yang haram mutlak itu kalau dikecualikan saat darurat saja kalau tidak darurat dia tidak halal tetap malam sekarang mohon maaf mohon maaf aku sini mana dalil yang mengatakan kalau pernikahan itu darurat

Gantungkan darurat Bapak saya mohon izin Besok saya menikah Pak Kenapa darurat Jika Itu Bukan hukumnya Sunnah Soalnya ada yang mau banyak orang mengatakan hukum nikah itu beda dengan hukum makan babi kalau yang tadi itu darurat sifatnya kalau nggak makan saya meninggal tapi kalau nikah kan lain hukum asalnya bukan haram bahkan jadi nggak bisa hukum yang mubah hukum yang sunnah itu dijadikan darurat untuk menampilkan yang haram dinikahi Asia nggak sama di sini ada kekurangan dalam hukum di sini ada yang tidak tepat di sini di Kalau anda ingin mengelikan seperti hukum yang tadi masih ada persamaan dalam kaidah Ushul fiqih itu dinamakan dengan kaidah alat yang tidak sama maka hukumnya talak talak ingat baik-baik ya turunkan dulu Ustad itu kan ijma’ ulama 4 mazhab mengharamkan musik penarikan kalimat empat mazhab mengharamkan musik Mari kita lihat

Saya pernah keluarkan beberapa artikel teman-teman dan saya simpulkan semua arti kalimat bahasa Indonesia rata-rata mengambil referensi dari artikel Arab yang saya telah turunkan di sini print out-nya ada di sini semua dan dalilnya sama semua ini ngambilnya dalilnya sama Korannya hadisnya macamnya ada disini semuanya saya keluarkan diantara yang dikutip adalah perkataan Imam SKS yang disebut di situ dijilid yang ke 4 halaman 92 disebut kalimat Imam Syafi’i dan dengan kalimat kias yang luar biasa perhatikan baik-baik di situ disebutkan kalimat bahwa Imam Syafi’i tidak membenarkan wasiat dengan alat musik tidak membenarkan aksinya dengan alat musik bahkan kata beliau kalau ada alat musiknya diwasiatkan to batal hukumnya ini menunjukkan kata-kata beliau Imam Syafi’i Imam hukumnya haram bagi alat musik pakaian adat dari Imam Syafi’i keterangan kalaulah kemudian Maaf ada orang-orang yang mencuri alat musik maka tidak di hukum qisas nggak usah dipotong tangannya kan dia mencuri sesuatu yang diharamkan pantai di sini

kalimat itu saya mencoba meneliti sampai jam 02.00 saya carikan nggak disebutkan di bagian apa itu dimaksudkan dan itu yang menyalin juga beberapa kalangan ada yang gelarnya cukup tinggi ada yang sampai ke SD dan sebagainya dan sebagian pernah juga mentahdzir saya dan seterusnya nggak ada masalah kita Kumpulkan dan kitab keluarkan saya sampai bilang kepada staf kami Tolong berikan cari buku al-umm kalau di situ Sebutkan album 9 jilid kita buka setiap jadinya ditemukan Jeep yang keempat kita cek dalam kitabnya apa yang terjadi Ternyata saya punya keyakinan kuat yang bersangkutan belum tentu melihat di sekitarnya hal yang dimaksud di kitab itu bukan hal yang disampaikan oleh yang bersangkutan yang dimaksudkan pembahasan lain dalam konteks berbeda tapi kalimatnya dipotong sehingga salah lah kesimpulan yang ada contoh saya bukakan jilid yang ke 4 halaman 123 mungkin beda cetakan ditetapkan yang dimaksudkan dituliskan halaman 92 saya cek halaman 92 ternyata tidak ada kalimatnya baik lihat baik-baik ya

dan Nayla Jutsu Minato waktu yang dijuluki harinuan Maya judulnya dalam aksi Maya Suzuya juuzou bab tentang wasiat pada satu hal yang unik sifatnya keadaan tertentu boleh keadaan tertentu Tidak boleh jadi ada benda yang diwasiatkan untuk ahli waris benda ini unit sifatnya dia saat yang bersamaan bisa diwariskan bisa tidak diwariskan apa di antara pembahasan yang di banyak dibahas depannya ada wasiat tentang pemberian anjing ada anjing apa hukumnya dalam madzhab Syafi’i tohara mutlak dalam adalah mutlak baik yang paling menarik setelahnya pembahasan tentang warisan menggunakan alat-alat musik dicontohkan langsung di sini bisa dihubungi yang sering dipukul bisa seperti rebana

dan kemudian alat-alat musik yang dipetik kalau sekarang gitar dan semacamnya teman-teman apa kalimat al-imam asy-syafi’i nya dipotong kemudian jadi kalimat willingness ML film tajus Andi dipotong sama situ dan kalau wasiat tentang alat musik itu hanya dimaksudkan untuk alat pukul alat musik saja maka waktu tidak boleh menurut saya batal teruskan disambung lagi Kemudian wa inkaana layar Tulalit Barbie batu lavender WiFi Alcatel konfirmasi Sambil kuliah ini yang dikutip sampai sini saja yang dikutip sampai sini saja deh kalimatnya paking karet lagu Wa inkaana lahir di Indonesia Kalau wasiat itu dimaksudkan alat musik yang biasa dipukul kalau terjemahannya dipotong maka maknanya berubah kalau yang diwasiatkan itu adalah alat musik yang biasa dipukul

menurut saya hukumnya batal wasiat kata Imam Sejati kata beliau ingin mengatakan dialihkan potongannya dengan terjemahan menurut yang menerjemahkan dipahami kata Imam Syafi’i kalau warisannya berupa alat musik maka itu batal hukumnya ini menunjukkan alat musik hukumnya haram demikian kesimpulan yang menyampaikan hukum haram Padahal di bab ini kalau dibaca keseluruhan Imam asy-syafi’i membagi dua alat musik yang diwasiatkan alat musik pertama sama alatnya sama-sama rebana tapi yang pertama dipukul untuk yang bermanfaat seperti motivasi orang pada kebaikan konteks dulu untuk berperang Perang Jihad di ketika mau jika didorong bikin syair Hasan bin Tsabit dipukul mana tang ting tung kentang dipukul dan sebagainya kata Imam Syafi’i kalau itu yang diwariskan maka halal hukumnya alatnya sama boleh tapi kalau yang diwasiatkan kali Wais diwasiatkan kemudian atau menjadi warisan hanya alat musik yang digunakan untuk yang lain saja yang ini untuk nyanyi-nyanyian yang tidak bermanfaat untuk mabuk mabuk

Ok diarahkan pada yang maksiat itu yang dimaksudkan kata beli obat paten di luar sia Batal wasiatnya di kalimat itu dari Imam Syafi’i bukan ingin mengukur My Music haram mutlak bukan di Makassar ingin mengatakan alat musik yang dimaksudkan jika dipakai untuk hal-hal kepentingan maksiat dan kan yang tidak maksiat boleh dilakukan untuk persoalan ahli waris atau untuk wasiat diberikan pada generasi setelahnya dimaksud saya ada orang-orang yang mengutip pendapat para ulama tapi tidak merujuk kitabnya dalam Apa itu disampaikan ternyata ketika para ulama Imam Syafi’i itu tidak terlalu menyayangimu sih tapi yang paling hebat beliau itu ahli sihir dan punya teman namanya Diwan Imam Syafi’i punya kumpulan-kumpulan sihir tapi karena konsernya kepada Vicky konsen pada al-qur’an tanpa banyak menjauhi yang seperti ini tapi hukumnya ada di teman-teman Kalau anda melihat para ulama mengatakan misalnya kalimat-kalimat kami jauhi musik kami tinggalkan musik Munculkan hadis-hadis yang tadi pada umumnya walaupun mereka punya sihir dan sebagainya Itu karena kebiasaan mereka dekat dengan Alquran dan dekat

hadits dan orang orang ahli Quran tidak akan bertemu frekuensi Quran dengan frekuensi musik ya kalau saya pribadi bisa kalau anda tanyakan kalau saya pribadi saya tidak terlalu menyukai musik karena ketika seorang dekat dengan musik itu tidak akan senang walaupun musik-musik nya ada manfaatnya makanya silakan cek Anda senang musik atau kesulitan menghafal Quran dan frekuensinya tidak sama di situ tapi bukan berarti menjadikan musik haram bukan karena ada bagian-bagian tertentu yang dibenarkan dalam Alquran Apa itu ada orang yang memang bakatnya ada di situ makanya di situ dia mudah sekali membuat diri dia mudah sekali memainkan Irama dan sebagainya kata Quran dari Pak Adi pakai yang maksiat Kenapa tidak dipakai yang halo halo seperti Hasan bin Tsabit menggunakannya seperti kambing juga diberi hadiah oleh Nabi Salam makanya muncul semacam Maher Maher Zain muncul semacam itu Islam dan sebagainya macam-macam dan sebagainya kalimat-kalimat lirik-lirik yang mengarahkan kepada nilai-nilai kebaikan tapi tidak disatukan dengan yang maksiat liriknya memang bagus Ayo sholat ayo sholat ayo sholat ayo salat yang

di bawah joget istilah lain sebagainya Itu barangkali mencampurkan dua hal yang tidak bertemu satu dengan yang lainnya diberi judul Nada Dan Dakwah nggak ada satu dakwah satu tapi antara nada dengan dakwah kita nyambung kalimatnya benar nada dakwah kalau dengan nada itu ada nilai-nilai kebaikan yang tidak menghadirkan unsur manusia jelas ya jadi aku kalau bohong sungguh daerah bisa-bisa aja ya udah itu kan sudah salah liriknya salah orangnya juga salah apa Kesimpulannya kesimpulannya adalah turunkan dulu di kalau kita bandingkan saya kan belum berbicara tentang pilihan anda itu silakan dipilih yang bagaimana nggak ada masalah saya mau bicara kesimpulan ya kalau kita bandingkan para pendapat ulama akan ditemukan pada Perbandingan perbandingan berdasar turunan ayat dan hadis tadi maka pendapat ulama yang mengharamkan mutlak dengan alasan tadi untuk kehati-hatian saja yang kedua adalah Ada pendapat haram dengan cara

kecuali karena ada pengecualian pengecualian di sini Yang ketiga kemudian dengan Bolehkan mutlak karena diambil hadits kebolehannya saja yang keempat ada kebolehan dengan syarat kalau musik yang dimaksudkan mendukung kepada nilai-nilai kebaikan yang dibenarkan oleh agama di luar itu maka semuanya masuk pada kategori yang tidak dibenarkan Nah dari empat ini bagaimana kita menimbulkan terjadinya yang paling gampang para ulama membuat hukum umum di tariklah Garis dari kiri ke kanan dari sini kesimpulan terakhirnya tengah-tengahnya disebut Muba fokus tadi ke kiri jadi macro tadi lagi jadi hari ini tadi ke kanan kiri sendiri hukum asal ya jangan kaitkan musik dulu hukum asal pernah ke sini jadi wajib akustikan baik-baik hukum

5 mobil tarik kirim aku paling kecil lagi jahanam paling kanan Sunda balikan lagi jadi wajib kita kan musik pada porsinya jika tidak ada hubungan sama sekali dengan maksiat dan tidak mengajak Juga misalnya secara langsung pada ketaatan yang standar-standar saja maka dihukumi mubah di sini bisa lagu-lagu kebangsaan yang sifatnya tidak ada lirik maksiat dan sebagainya di Saudi ada lagu kebangsaannya Indonesia ada lagu kebangsaannya dan dengan nilai-nilai itu disampaikan nilai-nilai kebangsaan suatu bangsa misalnya maka itu masuk pada kategori yang ini saja karena itu hampir tidak ditemukan Ulama di setiap tempat walaupun mengharamkan Tapi anehnya agak susah memberikan fatwa haram pada lagu kebangsaan yg bisa cek di Saudi Arabia Pernahkah Anda mendengar udah masa Orde Baru fatwa haram hukumnya lagu kebangsaan kalau disampaikan selesai urusan kehidupan yang tidak mendengar sayang

kartu merah dia kenapa

agak aneh memang saya pakai jas malam anda ribut saya sampaikan yang tadi bukti Masya Allah luar biasa kita menyesuaikan penampilan Ayah kalau lihat gorong-gorong ya pakai kaos dengan kalau pengajiannya pakai pakaian yang sesuai sesuai swing jangan lihat pakai batik ke pengajian pakai kawasan Nyambung kan bisa nggak ada yang lain hubungan ke sini kita bicara musik sekarang lihat sini kalau dari musik itu kemudian Maaf dia tidak langsung terkait dengan maksiat tapi di situ ada yang membuat diri kita itu masih ingat salat masih Quran dan sebagainya tapi malas beraktivitas dalam urusan urusan keduniaan larut dalam itu maka Minimal dia jatuh hukum makruh di situ makanan menyimak lagu dan sebagainya dibuat khayalan-khayalan tapi sholat masih ingat sholat ingat kerjakan salatnya baca Quran juga Iya cuman sayang kadang-kadang misalnya dalam pekerjaan yang lebih manfaat kadang-kadang tidak dikerjakan karena larut penting

seperti itu makruh hukumnya ini kalau sudah masuk pada aspek yang dilarang dengan musik bukan lagi salat yang dikerjakan kamu ingat sholat Dia mah saya ingat tapi ngga dikerjakan banget cuman gak dikerjakan ada yang sama sekali nggak ingat salat ada yang langsung bermaksiat di situ alat-alatnya sudah ada di dalamnya ada gitarnya dan macam-macamnya sampingnya Apa minumannya juga Adek bukan minuman biasa begitu minum bermasalah ada tabletnya juga bukan tempat biasa begitu dimakan ada persoalan di situ dan seterusnya mabuknya Adha mohon maaf soalnya ada di situ Di nanya juga ada di situ yang kalau berdendang Maaf ya pelakunya saja sudah masuk dengan cara maksiat Makassar banyak pun pasti akan bermaksiat berada Lihat konser konser musik yang diawali pada penyanyinya dengan proses yang salah dengan bermaksiat di situ maka akan menghasilkan para peserta pun yang larut dalam waktu datangnya yang di bawah apa yang di bawah Tolol yang maksiat minuman yang tidak jelas arah yang tidak jelas juga juga tidak jelas tidak jelas maka jelas itu hukumnya

Al Mukmin yang judulnya memang bagus ketika ditepuk yang diarahkan salah ya saya tidak harus Sebutkan itu kan nanti jadi masalah lagi kita dipahami saja tapi kalau Kemudian dari situ ada nilai-nilai kebaikan yang dibawakan mengarahkan pada nilai-nilai agama yang memang disitu domainnya dia disitu bakatnya hidupnya di situ siapa contohnya jangan ambil contoh sekarang sambil contoh di masa nabi namanya Hasan bin Tsabit Hasan bin Tsabit bahkan langsung dipuji oleh Nabi Shaleh salam pak Adi Nanti kan kerja begitu ada yang mencelakakan tampil membela Nabi SAW SAW dengan Bahkan di situ dibutuhkan untuk membela nilai-nilai Islam karena konteks sangat dibutuhkan naik hukumnya bukan sekedar mubah ada nilai sunnah di situ karena golongan-golongan itu tidak bisa mendengar yang lain kecuali makan bisa jatuh pada hukum yang sangat luar biasa walaupun di jalan sangat jarang bisa masuk pada kategori wajib kalau memang itu jadi wasit lah satu-satunya untuk memahamkan orang tentang Islam contoh

bertemu dengan Profesor Sydney Hamid asli dari Kanada tidak sedikit orang Kanada masuk Islam karena mendengar lirik likey Selamat kan emang dunianya disitu kadang sering dengar Justin Bieber macam-macam dan sebagai salah satu kali dengan elektrik Isma gitu mendengar dia penasaran karena dia ahli musik jadi nggak jadi masuk Islam karena mendengar Didik Didik Islami Emang poinnya cuman itu dipakai yang lain nggak bisa diajak dengan kalimat gak bisa didakwahi ngga bisa dengan toleransi juga nggak bisa dengan kalimat-kalimat baik gak bisa diputar nggak bisa begitu dengan lirik masuk Islam pertanyaan saya Apa hukum yang seperti itu apakah anda katakan malam kalau status masuk Islamnya dengan cara yang harus bagaimana Kok ini sistem haram maka dari situ jangan cepat menyimpulkan sesuatu apa lagi padahal yang tidak Anda ketahui ulama saja berbeda pendapat dengan orientasinya tapi masih memberikan ruang pada yang lainnya dan yang paling luar

biasa adalah ketika anda ingin menulis sesuatu Coba lihat tuh referensinya sehingga bisa bisa ada kesimpulan yang Paripurna di sini jangan asal dikeluarkan kalimat cara membuat kemudian orang-orang jadi bingung dengan apa yang kita sampaikan karena situ silakan Anda lihat disikapi dengan baik dan ulama sepakat di sini Jika alat-alat yang digunakan untuk manfaat makan buah itu misal paragraf peraga untuk anak TK anak-anak SD Bukankah orang-orang sekarang mengajarkan Maaf baca Quran baca kalimat-kalimat hijaiyah dengan menggunakan nyanyian Alif Ba Ta Sa Jim Ha Kho dengan ada musiknya nggak ada nggak ada Tuhan masamu Bagaimana dan dunia anak berbeda dengan dunia orang dewasa silakan tanyakan pada pakaian anak-anak main psikologi mereka lain senang mendengar ada yang iramanya senang melihat sesuatunya makanya ketika dibelikan sesuatu dengan pendidikan yang tadi cepat mereka karena itulah dulu dulu orang-orang mengajarkan anak-anak itu salah satunya dengan irama irama yang diambil dari teori-teori musik tapi dialihkan kepada konteks pelajaran bukan musik musik musik

Oh masih tetap 16 rumus disebut dengan bahan formulanya sama tapi dialihkan bentuknya contoh jadilah Alfiah Ibnu Malik Alvia sampai sekarang dipelajari di pesantren semua Pesantren bahkan pesantren Salafi mempelajari tidak ada satupun ulama Salaf mengatakan Alvia haram kenapa karena nilainya pada pendidikan nilai-nilai bahasa Arab padahal Allah itu disusun dengan sihir rumusnya aja di situ ada iramanya kalau mau nelepon Muhidin kasta Kim Woo Shinhwa film Mahabharata ditulis vitamin hospital kata2 dan namanya tapi tidak ada satupun mengatakan haram kenapa karena nilai-nilai tadi dialihkan pada hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan adalah ilmu Hadis pada ilmu Quran pakai setir tapi menarik nya tidak ada satupun ulama mengatakan Alvia hadits haram Alfiah

Alquran haram tidak ada Asia Quran bukan Qurannya tapi sisiknya untuk memahami ilmu hiburan teman-teman hadits yang jadi masalah ketika Quran ditinggalkan hadits ditinggalkan dibawalah notasi letak itu pada keperluan Maksiat lagi disusun alat-alatnya karena kebanyakan dipakainya orang umumnya memahami kalau ada alat itu lengkap dengan matanya hubungi cenderung untuk menjauhinya muncul rumusan ada masalah c d e f g a b c d abcd abcd abcd abcd abcd abcd abcd abcd abcd efgh kunci b kunci kunci kunci F dan dan sebagainya ditarik kemudian konotasi ke piano ada doremifasolasido asalnya dari mana tadi bahasa Arab mi sol la si do re mi fa sol sol do re mi fa sol la si do

Saya tidak bercanda Kalau anda cari ini asalnya ini semua asalnya ini semua dari notasi-notasi dari ilmu sihir asalnya ditarik dan yang menemukannya orang Islam Sekali lagi anda coba main lah kalau ada Rizki main ke Melbourne toko mebel lampu merah 9 digit

ane Masuk ke Melbourne main ke Islamic rezim-rezim kalau kita datang ini posisinya di sini anda datang dari sini lewat sini ane nggak bisa disini disini disini disini tukang kebab sendal pelayan perempuan belum nikah masih ada peluang masuk sini ini tangga ke atas anda jangan naik tangga lurus ke sini aja nanti ruangan ini nanti ada Hasanah Islamic galeri disitulah teman-teman anda temukan Bagaimana terkumpul hasil peninggalan orang Islam karya karang Islam di antaranya pada karya tentang Prototype pesawat Abbas bin firnas di atasnya langsung diberikan gambarnya ada karya-karya bisa enak dan ada karya-karya disebutkan catur di situ ada alat musik Islam disebut alat musik Islam di masjid

zaman dulu dan ditemukan lokasi termasuk catur papan catur nya aja catman itu ditemukan oleh siapa orang terus ya udah dibelikan notasi Dagang Islam raja dari kata Malik kemudian ada Fatih lagi di situ ada kemudian Kuncung dan semua itu ada istilah istilahnya kunjungannya lurus Ini ada yang seperti ini ada yang putih ada yang hitam dan baik yang putih lurus begini yang hitam begini Nggak bisa lulus di sini aja begini Kenapa dengan jalannya miring Kuncung yang termasuk disini ada notasi tadi doremifasolasido dari mana diambilnya Anda bisa foto itu bisa foto bisa lihat-lihat dan seterusnya ada bisa diambil nanti ada masuk lagi lurus lagi di sini ada kaca di kaca itu ada wallpaper-nya wallpaper dari syajaratun ya jadi generasi keturunan nabi dari nabi Adam terus sampai ke bawah sampai ke Nabi Muhammad sebelum ada silsilahnya di situ bisa diturunkan lagi di maksud saya adalah Ayo coba kita luaskan wawasan

dan kesimpulan terakhirnya adalah perginya mana yang terkuat diantara ini selalu yang paling kuat yang pertengahan karena kita diminta oleh Allah untuk mengambil bagian pertengahan abad pertengahan Quran surah ke 243 wakilnya dikerjakan Aku mantan awas apa yang tengah-tengah jadi kalau kita melihat proporsional saja jangan jangan hantu mengharamkan murah tapi Antum Butuh sesuatu untuk bermanfaat dalam bidang Antum jangan jangan kalau kamu tetapi ada maksiat yang berbahaya di situ karena itu jika memang dengan musik itu Anda bisa mendapatkan manfaat yang dibutuhkan untuk mendukung agama Anda boleh ambil bagian dari porsi itu Tapi kalau nggak ada manfaatnya Saran saya tinggal kan kadang-kadang manfaat dalam kehidupan Anda ya kalau saya pribadi saya tidak terlalu menyukai menyukai hal seperti ini saya belajar itu untuk menjelaskan hukum bukan ingin ikut kemudian terlibat dalam hal-hal yang dimaksudkan tidak saya mempunyai jurusan saya di bahasa Arab ya spesialisasi senang Alquran karena saking cintanya dengan Quran Saya belajar bahasa Quran bukan tuk bisa bahasa Arab tapi mendalami bahasa koran maka kami pelajari itu Dandy jurusan bahasa Arab pasca

kan makanya kami punya argumentasi untuk menyampaikan Asep menjadi 5 tahun di tripoli saya Pelajari tentang ini tentang syair tentang rumus tentang macam-macam sampai Apa unsur Syair dan seterusnya sampai ditemukan lah kalimat ini anda kalau nggak belajar tentang ini ada nggak akan paham kenapa kalimat Quran turunnya dengan lahwal hadits Kenapa di sini ada madahi kenapa ada Majid Kenapa tidak disebutkan kalimat musikal yang dimaksud musik pada saat itu apa yang tadi kami turunkan bukan berarti di otoritatif bukan ada juga yang lain yang mungkin punya pendapat yang penting kita saling menghormati yang salah itu adalah yang terlalu fanatik dengan pendapatnya dan menjadikan perpecahan dalam kehidupan Anda boleh punya pilihan Tapi Tidak harus memaksakan tidak ada pada orang lain tetapi kita sama-sama anda pakai kaos orang lain pakai kaos bukan berarti kau harus pakai kaos orang lain tidak harus ukuran ada di pakai kekuatan orang lain saya ukurannya misalnya begini mungkin XL apa kamu ngecek paketan Kausa dipakai kaos oleh masih bisa Nggak bisa Nggak bisa Yang penting sama-sama pakai kaos yang salah nggak pakai baju

the Pooh ini dimulai hari ini tapi saya selalu memberi catatan Kalau anda mau jadi ahli Quran sudah selesai nggak ada hubungan dengan musik anak frekuensi musiknya kan sama dengan kecuali dalam hal yang tadi saja yang membantu untuk delay delay ya pengaktifan Quran seperti Huruf saja atau ada ma koma koma digunakan kalau dulu disebut dengan nada Bayati Bayati adalah menantu diterapkan di sekolah dan suka ada itu ada Rosa Damayanti ada hijaiyah dan seterusnya kalau singkatan lupa Nda itunya Kalau kami hanya mendalami bacaan bacaan Murottal kemudian menghafal dan sebagainya Mungkin ada yang mau jauh ada itu yang dihadirkan di MTQ dan seterusnya nggak ada masalah tapi kalau hal-hal yang sifatnya tidak bermanfaat Saran saya tinggalkan kali tunggal dan manfaat dalam kehidupan kita akan sampai sini

kalau sudah sepakat saya sampaikan jelas paham sekarang jadi Apa hukum musik Masya Allah satu bilang mau bantu bilang haram bilang ini masalah nanti kesimpulan terakhirnya Apa hukum musik gratis

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close