FikihTausiyah

Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Kok Bisa Musik Haram?

bicara masalah musik

apa tidak termasuk berlebih-lebihan orang yang mengharamkan musik

kok bisa sesuatu yang nyaman

yang menghantarkan tidur kita membuat hati ini menjadi menghayal

Kok bisa haram saat kita ajak dengar suara suara burung itu halal suara suara yang indah kok ada orang yang ngomong musik itu haram dari mana bisa kemudian Apa masalah ini bukan masalah khilafiyah kalau memang ada ulama yang mengatakan haram Mungkin ada yang mengatakan halal juga

sebelum jawab ini

Tekken menceritakan kejadian

berapa tahun yang lalu Rp1.000

300

15 Hijriah

20 tahun yang lalu

anak belajar di sebuah pesantren

pesantren itu namanya

nggak papa mas betina Pesantren nanti diedit aja kalau memang nggak boleh ya 

pesantren pesantren Al Irsyad Al Islamiyah di kota Bondowoso

jauh di ujung timur sana sebuah Pesantren Modern

belum kenal Sunda pesantren

tapi guru-gurunya top hebat-hebat

lima tahunan sekolah pesantren

kita dididik untuk mencintai musik

gigi Dik untuk mencintai musik bahkan kita tiap pekan ada acara apa marawis sambil joget-joget kita juga jadi main terompet main macem-macem karena ketika itu buat kita musik gitu Hah Kyai kita di pondok itu jangan ditanya kelasnya kelas nasional tuh hebat bahkan nama beliau harum tertulis di buku-buku sejarah

Den di pesantren kita kita punya klub drumband paling terkenal bahkan pernah main di istana

kita nggak pernah tahu buat kita musik lepas tahun Pesantren terjadi keributan

keributan itu terjadi

ada ustad-ustad yang ngomong musik haram

akhirnya terjadi dialog antara dua pesantren pesantren Al Irsyad Al Islamiyah Bondowoso dan Pesantren Al Irsyad Al Islami Tengaran Salatiga

dialog terjadi antara dua pesantren yang Bondowoso benar-benar Masya Allah mereka itu kalau musik bukan cuma diajarkan di itu mencintaimu ketika itu yang namanya main terompet main apa anak-anak udah pada pinter pinter semua terjadi dialog-dialog itu seru kita kan masih ksatria kita nonton dari jendela di sebuah perpustakaan semua kitab nya pada gede-gede semua yang dibawa masya Allah mana yang menang ditekan

password Isya imamnya itu baca surat Al Hujurat ya ayyuhalladzina amanu lah cepat di mobile ini ya Ilahi wa rasulihi orang-orang yang beriman jangan kalian tuh melampaui melangkah in Allah dan rasulnya bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala itu yang dibaca anak ingat sampai sekarang ini mungkin masalah itu perdebatan yang tidak ketemu

ujungnya pada saat ini menarik jadi pembicaraan Antara Kalian terus Apakah ini masalah khilafiyah yang akhirnya kita sebagai orang awam bisa memilih wah ini kan sama-sama Jalil apa ini masalah fitiya saja Apakah ini mutlak ini harus mengikuti yang atau yang B

gimana jamaah kita jawabkan siap anak ceritanya belum selesai makan di mana

Ok jawabannya ada di cerita ini kalau mereka debat ternyata di pesantren kita itu ada beberapa teman dari Al Irsyad Anna yang pindah yang dia kenceng kita punya guru-guru

yang mengabdi dari Al Irsyad itu Pesantren kita bener-bener mereka memusuhi namanya musik maka terjadi ada bentrok di dalam Pesantren itu sendiri antara kubu yang menghalalkan dan mengharamkan anak ditanya ketika itu anak ingat anda sebagai ketua OSIS nyalah di pesantren kita tiap sore di pesantren itu tiap sore mesti nyetel musik tapi sama gurunya nggak boleh ada

nggak boleh aja syairnya jadi instrumen ya instrumen aja disetel kita main bola olahraga apa itu disertai

suatu saat ketika anda nyetel dateng temen

dari pesantren di sana

yang baik menurut inti musik itu apa hukumnya

hanya ngomong ada dua pendapat yang satu mengatakan haram dan menyatakan halal dan Ana milik yang halal

kita namanya anak-anak waktu itu kita yang penting Oh ini kan berarti Villa bolehlah orang semua punya keypadnya gede-gede itu kan sama tuh kitabnya anak kecil sama dia nggak ngerti masalah hukum pada waktu itu bahkan kita sudah mendarah daging walaupun kita nggak jadi musisi ya belum kita karena kita mau jadi ustad cuma ustad yang suka musik jadi seperti itu

sudah berlalu kejadian itu tetap

namun seorang

muslim dan dituntut untuk belajar untuk mengkaji Apa benar Siapa istri eh itu kita boleh memilih setiap ada perselisihan kita boleh memilih seperti itu kita sebagai seorang hamba harus hati-hati ternyata tidak semua laki-laki tidak semua perselisihan itu bisa diterima kecuali memang ada ruang untuk beda pendapat di situ apakah musik ini termasuk yang ada ruang untuk villa pendapat itulah yang kemudian ana mengkajinya anak belajar kan kita di pesantren kita didik untuk bisa baca kitab

ternyata perselisihan itu

tidak bisa diterima

kenapa

imam yang empat

kita bicara imam yang empat Siapa yang bisa menyebutkan imam yang empat bersama tanggal Matinya

Masa nggak ada mah jatuh di sebelah sono tombol

imam yang pertama

Abu Hanifah

150 Hijriah alhamdulillah Yang kedua

imam Malik bin Anas

179 betul anak-anak koreksi betul nggak ada lihat Disini

204 Hijriyah

Imam Ahmad

241 tidak masalah salah satunya kasih Bapak Masya Allah Masya Allah

itu imam yang empat

dari mulai Abu Hanifah 01.50 pada 150cc itu lahir Imam Syafi’i 80 Hijriah meninggal 01.50 pas meninggalnya Abu Hanifah lahirlah Imam Syafi’i maka dikatakan materi Imam Bukhari dan Imam meninggal seorang imam dan dilahirkan kembali seorang Imam Imam Syafi’i rahimahullah kemudian Imam Malik 179

kemudian Imam Syafi’i 2004 dan Imam Ahmad 241 Subhanallah itu imam yang berpendapat haram memilih mazhab yang mana Anda ini kalau empat yang harus ada mazhab lain kata dia mazhab zhahiri itu ngomong Halal Ibnu hazm nih Ibnu hazm ini menyatakan halal Coba kita lihat kapan Ibnu hazm lahir

dan kapan

imam yang terakhir meninggal

sapi melahirkan

mading tahu anak harus nyampe juga zaman

Ibnu hazm ini beliau dilahirkan tahun 384 Hijriah imam yang terakhir meninggal Kapan 241 jadi 143 tahun ya 143 tahun kemudian lahir Ibnu hazm

dia meninggal tahun 456 jadi perbandingan meninggalnya dengan meninggalnya Imam Ahmad 200 tahun kira-kira Ibnu hazm ini berpendapat bahwa saya musik itu halal

Mama ngomong kira-kira bisa diterima nggak ya

kamu ikut hawa nafsu anak waktu itu anak akan ikut Ibnu hazm tapi setelah dipikir-pikir masak imam yang empat nih salah

kemudian satu Imam nih bener

pendapat dia itu ternyata membuktikan semua dia mengatakan

dalam kitabnya Al muhalla Ibnu hazm yang menyebutkan kira-kira 21 hadits tentang musik kemudian dia mengatakan kata dia

tunggu nih Mana perkataan Ibnu Hasan Maruya film Semua hadits yang diriwayatkan tentang musik ini adalah batil nggak benar dan palsu

Kok bisa masa imam yang empat nerima Hadits palsu sama hadits batil

anak jadi bingung kayaknya nggak

maka kita lihat Bagaimana pendapat ulama tentang hadis hadis yang katanya Ibnu hazm semuanya batil dan palsu ternyata Ibnu hazm ini seorang alim ulama yang besar tapi dia bukan ahli hadits

sosok ahli hadis yang lebih dari beliau Imam Bukhari umpamanya Imam Bukhari meriwayatkan Hadits Ibnu Hibban Pengarang kitab shahih Ibnu Hibban hadits yang ngomong Sepertinya harus dikaji lebih dalam lagi Apakah benar yang katanya Ibnu hazm itu semua hadits tentang musik itu bawel

dan palsu kalaupun ada yang shohih ya nggak Sorry itu nggak ada penyebutan musik itu nggak ada maka di sini

kita tidak akan merendahkan Ibnu hazm

Ibnu hazm sosok ulama senior dan ketika kita mengkoreksi pendapat Ibnu hazm kita tidak mengkoreksi pendapat itu dengan pendapat kita

ngapain sih Gitu loh baru jadi ustad udah berani jelek-jelekan Ibnu hazm Maaflah kita menjelek-jelekkan Ibnu hazm kita berbicara tentang agama nih kita membandingkan antara pendapat yang mengatakan halal dan haram bukan masalah makruh ini antara satu di ujung neraka yang satu juga jujur

yang mengatakan haram berarti dia

Ya sudah yang melakukannya bisa masuk neraka yang mengatakan halal kalau ternyata dia menghalalkan yang haram maka dia juga berbahaya urusannya ketika menghalalkan yang haram ini buku-buku yang banyak sekali tapi tetap buat anak Abu Hanifah Imam Malik Imam Syafi’i dan Imam

Ahmad bin hambal beliau lebih agung buat anak ditanya orang awam mau ikut sama orang-orang kan biasanya taqlid kan ya ikut-ikutan kita mau ke sana Ini nggak tahu dalil cobalah Anda kepingin tahu siapa sih yang berpendapat ini Imam Syafi’i Alhamdulillah udah ane ikut Masa sih nggak apa-apa karena kita mungkin nggak bisa untuk mengkaji Jalil tapi dilihat antara imam imam itu Mana yang lebih bertaqwa mana yang lebih berilmu dalam permasalahan yang sedang diperdebatkan itu

jangan dulu

semua ulama setelah Ibnu hazm taqlid

ulama mutaakhirin yang ada sekarang dari ulama-ulama Azhari mereka itu hanya menyambung perkataannya Ibnu hazm menguatkan perkataannya Ibnu hazm Imam Sebutkan imam yang menghalalkan musik itu Ibnu hazm jadi semuanya itu jadi akarnya Ibu Hazel nggak ada diskon Gimana besok juga mamanya Abu Zahrah ulama Mesir kemudian Muhammad Al Ghazali ulama Mesir yang di buku-buku mereka mereka menyebutkan bahwa saya musik itu halal selama tidak membuat orang itu lah lain gitu ya

itu halal Siapa Imam mereka Ibnu hazm jadi pokoknya ini di rumah aja kalau kita bisa mengkaji pendapatnya bila jam selesai semuanya selesai semuanya karena ada di pokoknya Bagaimana pendapat Imam itu dia mengatakan itu tadi semua Syekh Albani mengatakan hadits dhaif kalau semuanya kalau banyak itu bisa jadi alasan adiknya banyak sekali nggak ada tuh maka kita lihat Bagaimana pendapat pendapat ulama hadis tentang hadis-hadis musik itu

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close