Dunia Islam

Perkembangan Muslim di India dan Sejarahnya

Saat ini jumlah penduduk Muslim India mencapai 172 juta jiwa atau 14,2% dari total populasi penduduk India yang mencapai 1 miliar lebih. Meski jumlah penduduk muslim di sini cukup banyak, mereka adalah minoritas karena penduduk di sini mayoritas memeluk Hindu dan juga Sikh.

Masuknya Islam ke India

Muslim india - indianexpress.com
Muslim india – indianexpress.com

Islam memasuki kawasan India pada abad ke-7 masehi. Masuknya Islam ke kawasan ini terjadi akibat perdagangan. Para saudagar yang berasal dari kawasan Gujarat perlahan-lahan menyebarkan Islam dengan melakukan dakwah-dakwah kecil. Para penduduk yang tertarik dengan Islam akhirnya memutuskan menjadi mualaf dan mempelajari Islam dengan lebih banyak.

Pada abad ke-7 dan ke-8, penduduk di kawasan India khususnya di bagian tengah dan utara didominasi oleh dua golongan. Pertama adalah penduduk asing yang berasal dari kawasan Timur Tengah dan penduduk asli yang memutuskan memeluk Islam dan mengamalkan ajarannya dengan benar.

Setelah Islam mulai berkembang dengan pesat di India, kelompok masyarakat yang memiliki kekuatan membuat kerajaan Islam. Dua kerajaan kecil yang menjadi cikal bakal peradaban Islam di India adalah kerajaan Ghori dan Ghazna. Dari dua kerajaan ini akhirnya bermunculan lagi kerajaan baru yang lebih kuat. Selama ribuan tahun, kerajaan Islam menguasai kawasan perdagangan, mengembangkan seni, dan militer.

Kerajaan Islam Terbesar di India

Muslim india - indianexpress.com
Muslim india – indianexpress.com

Salah satu kerajaan yang memiliki banyak pengaruh selama kurang 325 tahun adalah kerajaan Mughal. Kerajaan Islam terbesar di India ini mengembangkan banyak aspek di India. Sebagian besar wilayah India dari utara hingga selatan (kecuali Bangladesh) telah menjadi kekuasaan dari kerajaan Mughal.

Sayangnya, kekuasaan yang kuat ini akhirnya runtuh karena beberapa penyebab. Pertama, terjadi perebutan kekuasaan sehingga kekuatan inti dari kerajaan ini semakin lemah. Lebih lanjut, Inggris mulai melakukan penjelajahan di sini dan menggerogoti kekuasaan kerajaan. Saat kerajaan ini semakin lemah Inggris mulai menguasai banyak aspek sehingga India menjadi negeri jajahan.

Runtuh dan Mundurnya Peradaban Islam di India

Muslim india - dawn.com
Muslim india – dawn.com

Memasuki era modern ketika India akhirnya bisa merdeka dari Inggris, muslim di sini semakin tertekan. Para ekstremis Hindu yang ada di sini kerap melakukan tindakan kekerasan sehingga berbuntut ketakutan yang mendalam. Akhirnya jumlah Muslim India terus menurun karena mereka tidak mau kehilangan nyawa dan akhirnya memilih bergabung dengan mayoritas.

Muslim India juga selalu diidentikkan dengan kemiskinan. Saat ini jutaan penduduk India yang beragama Islam tinggal di kawasan kumuh. Mereka selalu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan Pendidikan. Diskriminasi terus tumbuh di India sehingga muslim di sini semakin tersudut dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Di negara bagian Kashmir yang dahulu pernah dikuasai oleh kerajaan Islam justru lebih parah. Kawasan ini adalah medan perang antara Muslim India yang ingin merdeka lalu bergabung dengan kawasan Pakistan dan juga pemerintah setempat yang tidak segan-segan melakukan kekerasan kepada warga.

Selama beberapa tahun hingga sekarang, Muslim India di kawasan Kashmir terus dianggap sebagai pembangkang dan pemberontak. Aksi baku tembak dan penangkapan sering terjadi di sini. Penduduk yang dianggap sebagai pemberontak akan dibawa oleh militer untuk dihukum dengan berat. Beberapa mantan pejuang Kashmir bahkan pernah disiksa tanpa diadili terlebih dahulu.

Dengan keterbatasan yang ada, Muslim India terus bertahan hingga sekarang. Beberapa LSM di India yang bergerak di bidang keadilan terus berjuang agar penduduk minoritas ini mendapatkan perlakukan yang baik. Mereka tidak ingin kalau penduduk muslim yang ada di sini jadi terusir seperti yang dialami oleh muslim Rohingya dan muslim di kawasan Suriah yang sampai berguguran nyawanya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close