Dunia Islam

Potret Perkembangan Muslim di Thailand

Meskipun bukan agama mayoritas, populasi umat muslim di Thailand terus meningkat. Dari total 70 juta penduduk yang ada, 10 persennya telah memeluk agama Islam. Ternyata Islam bukan lagi merupakan hal baru bagi negeri Gajah Putih ini. Kesultanan Pattani yang merupakan kerajaan Islam pernah berjaya dan menguasai sebagian besar wilayah di Thailand.

Diketahui Islam sudah masuk ke Thailand sejak abad ke-17, seusai kedatangan Sheikh Ahmad Qomi, seorang pedagang dari Iran pada tahun 1602. Banyak warga asli yang menjadi mualaf. Namun proses penyebaran Islam sempat terhenti karena dalam kerajaan terjadi pergolakan politik akibat perang saudara. Belum lagi kerajaan Thai Buddha menaklukkan Pattani pada 1786 Masehi.

Setelah itu, kerajaan Thai menerapkan beberapa ajaran yang  harus ditaati oleh muslim Pattani. Ajaran tersebut bahkan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Islamiah. Misalnya meletakkan sesaji di rumah-rumah, raja dianggap sebagai keturunan dewa, serta perlakuan istimewa bagi para biksu. Pemberontakan pun sering terjadi, bahkan hingga kini masih ada pertentangan karena perbedaan prinsip tersebut.

Muslim Masa Kini di Thailand

Muslim thailand - cloudfront.com
Muslim thailand – cloudfront.com

Kegiatan beragama umat Islam Thailand tidak pernah mendapat hambatan dari pemerintah. Bahkan pemerintah memberi perhatian ekstra dengan mengangkat seorang Mufti yang bergelar Syaikhul Islam. Mufti berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendidikan. Tugasnya mengatur kebijakan yang berkaitan dengan masyarakat muslim Thailand.

Tradisi keagamaan muslim di Thailand tak jauh beda dengan tradisi muslim pada umumnya. Mereka melakukan zikir berjamaah, salawat, dan nasyid. Mayoritas mereka mengikuti mazhab Syafi’i. Terdapat kurang lebih 3.500 masjid yang ada di seluruh negara. Masjid dibangun di wilayah-wilayah yang didominasi oleh muslim, seperti perbatasan Malaysia dan wilayah selatan Thailand.

Pemeluk Islam di Thailand terus meningkat. Di Bangkok misalnya, penganut agama Islam berada di urutan nomor 2 setelah Buddha. Bahkan totalnya, mencapai 82 persen dari total umat Islam Thailand. Banyak dari mereka yang berdomisili di daerah timur Bangkok dan sebagian besar berasal dari Pattani. Yang lainnya adalah pendatang dari luar Thailand.

Saat berada di Thailand, kaum muslim memang harus berhati-hati memilih makanan. Ketersediaan makanan halal memang minim namun mudah dijumpai di beberapa lokasi tempat umat Muslim bermukim, pusat perbelanjaan, universitas, dan area sekitar masjid.

Bila berbelanja kebutuhan pokok di supermaket atau toko serba ada, tidak perlu khawatir. Pemerintah Thailand telah menetapkan regulasi mengenai sertifikasi dan label produk halal yang diatur oleh badan khusus. Kini orang yang menjabat sebagai pemimpin Halal Science Center Chulalongkorn University, Thailand adalah Winai Dahlan, yang merupakan cucu dari Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Meskipun terkenal dengan kehidupan malamnya, pariwisata Thailand juga menawarkan tempat-tempat yang masih memelihara tradisi muslim. Sebut saja wisata kelas dunia, Phuket, yang menawarkan tempat-tempat yang kental budaya Islam.

Di pulau Panyee misalnya, untuk menyaksikan pemandangan laut yang eksotis ,pengunjung tidak boleh membawa makanan, minuman serta binatang yang diharamkan dalam Islam. Tak sampai di situ saja, pasar Bang Tao yang terletak di sepanjang jalanan desa Surin, diramaikan dengan bazar warga muslim tiga kali seminggu.

Dalam bazar, Anda tak hanya menjumpai berbagai makanan halal. Beberapa kegiatan keagamaan, seperti mendengar ceramah, pengajian Alquran, dan nasyid bisa Anda ikuti bila berkunjung pada hari bazar. Satu hal yang perlu diapresiasi dari umat muslim di Thailand adalah mereka saling mendukung untuk menopang hidup sekaligus memelihara agama yang dianut. Kelompok belajar pun dibangun dengan sistem madrasah.

Demikianlah potret kehidupan umat muslim di Thailand. Semoga menjadi pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close