Dunia IslamFikih

3 Hal yang Harus Anda Ketahui agar Tidak Menjadi Musyrik

Kata musyrik diadopsi dari Bahasa Arab, maknanya menyekutukan atau menduakan Allah SWT. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musyrik adalah sebutan untuk orang yang melakukan perbuatan syirik. Sementara itu, syirik diartikan sebagai tindakan nyata atas pengakuan kekuatan selain Allah SWT.

Siapa pun bisa menjadi musyrik jika memiliki keimanan yang tipis. Karena itu, Anda harus memperhatikan tiga hal berikut ini untuk menjauhi perbuatan syirik.

Memahami Bahaya Menjadi Musyrik

Apakah Anda pernah melihat orang menyembah sapi? Perbuatan inilah yang dinamakan syirik karena menyekutukan Allah SWT dengan hewan. Padahal, makhluk tersebut diciptakan untuk menjadi makanan bagi manusia. Sayangnya, sekelompok musyrik menghancurkan kemuliaan itu.

Allah SWT tidak akan mengampuni dosa musyrik yang enggan bertobat hingga akhir hayat. Ia bisa masuk neraka dan kekal di dalamnya. Sebagaimana firman Allah SWT melalui Alquran :

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya Surga dan tempatnya ialah neraka, dan tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun.” (QS. Al-Maidah : 72)

Mengenali Macam-Macam Syirik

Seseorang bisa menjadi musyrik karena melakukan hal-hal yang berbau syirik. Perbuatan tersebut terdiri dari dua macam, yaitu syirik besar dan kecil. Berdoa kepada selain Allah SWT dan bersekutu dengan jin merupakan contoh syirik besar.

Selanjutnya, ada syirik kecil yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu zhahir dan khafi. Syirik kecil memang tidak membuat seseorang meninggalkan Islam. Namun, perbuatan ini mengurangi keyakinan terhadap keesaan Allah SWT. Misalnya, bersumpah atas nama selain Allah SWT, bersikap riya’, serta sombong.

Menghindari Perbuatan Syirik

Setelah mengetahui bahaya menjadi musyrik, sebaiknya hindari segala perbuatan syirik. Rasulullah SAW sangat meresahkan umatnya karena bisa melakukan syirik tanpa disadari. Contoh syirik yang paling kecil adalah bersikap ria. Hal itu terungkap dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil. Mereka para sahabat bertanya : “Apakah syirik kecil itu, ya Rasulullah?” Beliau Shallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Yaitu riya” (HR. Ahmad)

Lalu, bagaimana cara menghindari perbuatan syirik? Berikut ini ada 3 cara yang bisa diterapkan.

Berzikir dan Mendirikan Salat

Berzikir dan Mendirikan Salat - islamicity.org.com
Berzikir dan Mendirikan Salat – islamicity.org.com

Zikir dan salat merupakan ibadah untuk mengingat keberadaan Allah SWT. Melalui zikir, hati senantiasa terasa tenang. Sementara itu, dengan melaksanakan salat, Anda bisa memanjatkan doa-doa. Keutamaan salat disebutkan dalam Alquran Surat Al-Ankabut, berikut artinya :

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)

Menghindari Dukun

Menghindari Dukun - dukunpeletampuhterbaik.files.wordpress.com
Menghindari Dukun – dukunpeletampuhterbaik.files.wordpress.com

Cara kedua adalah menjauhi dukun, klenik, atau ilmu hitam. Pasalnya, ketiga hal ini sangat dekat dengan perbuatan syirik besar. Ketika manusia terjerumus ke dalam dunia tersebut, mata hatinya pasti terkunci. Ia tak bisa melihat kebenaran dan petunjuk dari Allah SWT.

Menggunakan Akal Saat Menghadapi Masalah

Menggunakan Akal Saat Menghadapi Masalah - 2.bp.blogspot.com
Menggunakan Akal Saat Menghadapi Masalah – 2.bp.blogspot.com

Setiap orang pasti memiliki masalah berbeda. Besar atau kecilnya masalah tergantung persepsi masing-masing. Supaya tidak terjerumus dalam syirik, hadapilah dengan akal. Hindari jimat, pesugihan, atau hal-hal gaib yang menyesatkan. Anda harus berserah diri dan meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT.

Itulah tiga hal yang harus Anda ketahui mengenai musyrik dan hubungannya dengan syirik. Sejatinya, tidak ada satu makhluk pun yang mengetahui rahasia di langit dan bumi, kecuali Allah SWT. Wallahu a’lam bish-shawabi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: