Oleh Oleh Haji yang Harus Anda Beli untuk Keluarga dan Kerabat

Bisa pergi ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah haji adalah impian semua orang. Bahkan ada yang menabung selama puluhan tahun dan antre untuk mendapatkan nomor hajinya keluar. Setelah kesempatan bisa terbang ke Tanah Suci datang, mereka akan bersuka cita dan ingin membagi kebahagiaannya itu dengan keluarga dan kerabat. Nah, salah satu bentuk membagi kebahagiaan yang dimaksud adalah membeli oleh oleh haji.
Berikut rekomendasi oleh oleh haji yang bisa jemaah haji beli untuk dibagikan secara mereta.

Air Zam-Zam

Oleh Oleh Haji - Anthesisgroup.com

Oleh Oleh Haji – Anthesisgroup.com

Oleh-oleh utama yang harus dibeli ketika melaksanakan ibadah haji adalah air zam-zam. Oleh-oleh ini biasanya sudah jadi satu dengan paket pesawat dan haji. Setiap orang akan dijatah sekitar 10-20 liter. Kalau kuota oleh-oleh air zam-zam yang jemaah dapatkan kurang, mereka bisa membelinya di Tanah Air. Dewasa ini sudah banyak penjual air zam-zam di Indonesia mulai dari yang botol kecil hingga jeriken yang besar.

Kurma

Oleh Oleh Haji - Lagizi

Oleh Oleh Haji – Lagizi

Kurma adalah oleh-oleh kedua yang harus ada setelah pulang dari Tanah Suci. Jemaah bisa membeli kurma terbaik dari sana dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Pertama, membawa kurma terlalu banyak cukup membebani koper sehingga ada kemungkinan ada tambahan biaya. Sisa kurma yang akan diberikan kepada saudara atau disajikan kepada tamu bisa dibeli di Indonesia. Di kawasan pasar besar atau kampung arab di beberapa kota seperti Surabaya, Yogyakarta, hingga Jakarta menyediakan kurma dengan berbagai pilihan jenis.

Tasbih

Oleh Oleh Haji - Tasbih Asma Nur Hikmah

Oleh Oleh Haji – Tasbih Asma Nur Hikmah

Tasbih adalah oleh-oleh selanjutnya yang bisa diberikan kepada keluarga. Untuk membelinya, jemaah haji disarankan beli di Indonesia. Beberapa jenis tasbih yang dijual lebih mahal di Tanah Suci ternyata buatan Indonesia juga. Jadi, daripada membeli barang banyak dijual di Indonesia bisa dialihkan ke oleh-oleh lain. Jemaah haji bisa meminta keluarga yang masih berada di Tanah Air untuk membelikan tasbih terlebih dahulu. Di beberapa pasar aksesori, harga tasbih bisa lebih terjangkau kalau beli dalam jumlah banyak.

Sajadah

Oleh Oleh Haji - Grosir Kulakan

Oleh Oleh Haji – Grosir Kulakan

Selain tasbih yang banyak diberikan kepada tamu dan keluarga, sajadah juga menjadi salah satu oleh oleh haji yang banyak dicari. Biasanya jemaah haji memesan terlebih dahulu di Indonesia sebelum berangkat sehingga setelah sampai lagi di Indonesia, mereka bisa langsung memberikannya ke kerabat yang datang. Sajadah sebenarnya juga dijual di Arab Saudi, tapi kalau membeli dalam jumlah banyak di sana akan membebani jemaah. Selain, kualitas sajadah yang ada di sana juga belum tentu bagus jika dibandingkan dengan sajadah yang dibuat di Indonesia.

Parfum

Oleh Oleh Haji - Parfumezone

Oleh Oleh Haji – Parfumezone

Oleh-oleh lain yang kerap dinantikan oleh banyak kerabat adalah parfum. Arab Saudi dikenal baik memproduksi minyak wangi yang sangat harum. Jemaah haji bisa membeli minyak wangi ini di sana dengan jumlah yang terbatas. Tidak semua maskapai penerbangan juga mengizinkan jemaah membawa benda yang wanginya menyengat ke dalam kabin. Kalau jemaah pengin membeli dalam jumlah banyak bisa membelinya di Indonesia. Ada banyak produsen minyak wangi yang siap menyuplai cairan wangi ini dalam jumlah banyak dalam botol kecil. Selain itu, jemaah juga bisa memilih aneka wangi-wangian sesuai dengan seleranya. Misal wangi melati, wangi jeruk, dan kayu-kayuan.
Inilah oleh oleh haji yang bisa dibeli oleh jemaah haji untuk diberikan kepada sanak saudaranya. Kalau Anda yang pergi ibadah haji ke Tanah Suci, oleh-oleh apa yang akan Anda pilih?

Add Comment

%d bloggers like this: